Ngopi Ala Alfonso Bialetti

Bosan dengan kopi tubruk yang banyak ampas? Coba alat cantik ini, namanya Moka Express, diciptakan oleh Alfonso Bialetti dari Itali. Alat sangat populer di sana dan ditemukan selalu di setiap rumah untuk menciptakan kopi dengan intensitas yang hampir menyamai mesin espresso. Mau tahu caranya?

bialeti1.jpg

Alat yang saya punya sudah berusia sekitar tiga tahun, jadi tidak terlalu cantik penampilannya, tapi ia tetap setia menghasilkan kopi keras ala Itali. Terdiri 4 bagian, pertama adalah heater (1) atau pemanas yang disambungkan dengan listrik. Nomor 2 adalah tempat air, ukurannya bisa bermacam-macam dari satu gelas hingga yang berkapasitas 12 gelas. Yang ketiga adalah tempat kopi, dan terakhir adalah kopi yang dihasilkan dari alat ini.

Prosesnya sangat sederhana seperti pada gambar di bawah ini :

bialetti1

Setelah selesai, siapkan kopi kesukaan kita kira-kira 10 gram untuk akalt yang saya miliki karena Moka Pot terdiri dari berbagai ukuran.

bialetti2

Ini bagian yang tricky dan jangan sampai keasyikan melihat kopi yang keluar dari spout-nya hingga telat mengangkat dan mengakibatkan overheat. Suhu yang terlalu tinggi dari pengalaman saya akan membuat rasa kopi lebih burnt atau sedikit gosong. Biasanya saat ruang atas sudah sepertiga terisi penuh saya mengangkatnya dari alat pemanas dan membiarkan hingga kopi terisi penuh.

bialetti

Coba satu foto lain dari web saya cikopi.com

Tidak usah saya jelaskan karena gambarnya sudah berbicara banyak, bukan ? Tapi secara umum rasa yang dihasilkan oleh Moka Pot terasa lebih pekat atau intense dibanding dengan kopi tubruk biasa, sedikit menyerupai espresso walau dengan krema yang tipis. Tak heran kalau Moka Pot tetap menjadi pilihan untuk menyeduh kopi khususnya di Italia.

Selamat menikmati kopi ala Itali dengan menggunakan Moka Espress. Eh, tapi yang hamil jangan ngopi ya sesuai dengan posting saya di sini.

* * * * *

Tentang kopi dan teh :

About these ads

Tags: , , , , , , , ,

35 Responses to “Ngopi Ala Alfonso Bialetti”

  1. Gunawan Says:

    kalo nyari Moka Expres di jakarta / Bandung dimana yah ??

  2. ton6312 Says:

    Maas Gun, maaf walau saya orang Bandung, tapi belum tahu dimana alat ini bisa dibeli, tapi coba di cari di mal2 besar di sana, moga2 bisa ketemu.

  3. Gunawan Says:

    Iya nih susah banget nyarinya .. kalo french press sih banyak tapi rasanya ya ngak jauh dari kopi tubruk tapi tanpa ampas hehe (walaupun saya lebih suka french press di banding pake saringan kertasnya coffee maker) …btw. kalo bikin pake moka express dari rasa beda banget ngak sama espresso yg dibuat di cafe2 ??? soalnya kalo beli mesin espresso yang mirip di cafe2 kemahalan bos hehehe

  4. ton6312 Says:

    Sangat beda dan jauh lebih strong dibanding French Press, kalau suka espresso, alat ini harus dimiliki. Mesin espresso memang mahal, saya juga pengen beli Rancilio Sylvia yang 5 jutaan, tapi belum sampe nih budget-nya. Duuuh, buat yang serius, hobi kopi memang mahal ya?

  5. hbudip Says:

    ya tolong dong info tempat jual alat ini di Jakarta or Bandung, pengin banget nih…

  6. ton6312 Says:

    Pak Budi, coba di Electronic CIty SCBD, nama tokonya Rumah Kita. Dulu mereka masih punya stock, dicoba saja.

  7. aaqq Says:

    salam kenal pak..
    saya penikmat kopi juga.. dan baru 3 bulan ini saya pake “moka express”.. tapi tanpa listrik jadi ditaro langsung di atas kompor.. dan hasilnya: memang lebih dahsyat dari coffee maker biasa! :)

  8. ton6312 Says:

    Salam kenal juga pak Aaqq. Wah ternyata alat ini cukup banyak penggemarnya, thanks untuk masukan moka eskspress yang gak menggunakan sumber listrik.

  9. thetoomuchcoffeeman Says:

    senang rasanya ketemu banyak peminum kopi sungguhan, bukan peminum susu dengan rasa sedikit kopi :)

    untuk yang di bandung, mokapot aluminum saya pernah lihat ada di toko subur kalipah apo ukuran 3-4 cup….juga pernah lihat di House of Culinaire Jl. Braga….harga mulai di bawah 100rb
    cuma kalo yang aluminum buatan Cina ini saya rasa kurang baik, selain kasar buatannya takutnya juga nanti kopi yang dihasilkan ada trace rasa aluminum..

    saya sendiri punya yang 1 cup stainless steel Bialetti…..

    inovasi terbaru dari Bialetti mokapot ada penambahan alat kecil seperti katup di ujung tempat kopi keluar yang gunanya untuk menghasilkan buih seperti ‘crema’.

    cuma Bialetti harganya agak tinggi, mulai sekitar 400 rb untuk yang 1 cup

    di Superhome PvJ juga ada mokapot stainless steel produknya IKEA ukuran 4-6 cup kalo ga salah, harganya hampir 500 rb.

    kl di Jakarta bisa didapat di Tian Liong Glodok Kota…

    have a good cup then…..

    Sama2 pak, saya juga senang ketemu penggemar kopi. BTW, thank banget infonya, dari komen di atas, banyak yang tertarik untuk memiliki alat ini.

  10. dwi Says:

    aku lg pesen moka express sama temenku yang di bandung tp dia jg belum tau dimana belinya. untung ada mas ‘d2muchcoffee :) yang kasih info tempat beli alat itu. thanx banget infonye
    tp btw…moka express vs moka pot itu satu alat dua nama atau memang dua alat yang berdeda?bingung ni…kalo beda, ditempat yang direkomendasikan itu ada moka expressnya juga gak?
    oya terakhir nih, berapa lama membuat kopi pake moka express?

    Hi Dwi, yang saya tahu kedua istilah itu sama saja. Proses pembuatan kopi dengan menggunakan alat ini tidak berlangsung lama, apalagi kalau yang menggunakan pemanas dari kompor gas, kurang dari lima menit sudah siap di sluruuuup. Have a strong coffee there and enjoy.

  11. dwi Says:

    kalo moka pot product itali dari bahan aluminum (bialetti aluminum,red) dimana tempat membelinya dan harganya kira2 berapa?
    Aku pengen punya bialetti aluminum (mungkin lebih murah dari bahan stainless steel) dengan kapasitas 4 cup. Soalnya (maaf sebelumnya) aku kurang cocok dengan product china.

    tolong banget infonya ya. Aku gak sabar pengen nyoba moka pot nya. :(

  12. dwi Says:

    kalo moka pot product itali dari bahan aluminum (bialetti aluminum,red) dimana tempat membelinya dan harganya kira2 berapa?
    Aku pengen punya bialetti aluminum (mungkin lebih murah dari bahan stainless steel) dengan kapasitas 4 cup. Soalnya (maaf sebelumnya) aku kurang cocok dengan product china.

    tolong banget infonya ya. Aku gak sabar pengen nyoba moka pot nya. :( :(

  13. anton Says:

    Saudara2 ada yg bisa memberi tahu dimana yg jual moka express alfonso bialetti? tian liong glodok & electronic city senayan sekarang entek ayak! Salam

  14. unmacchiato.blogspot.com Says:

    moca bialetti ada di beberapa butik appliances di jakarta, harganya masih cukup mahal karena impor.

    salam
    unmacchiato.blogspot.com

  15. coffeemania Says:

    salam sukses…mau tanya electrolux espresso itu mereknya apa?dan beli dimana?kalao boleh tahu harganya..terima kasih.

    Salam juga. Mereknya ya Electrolux yang memproduksi mesin espresso. Kayaknya mereka sudah gak memproduksi lagi deh :)

    • levi Says:

      terakhir lihat electrolux espresso di mal metropolitan 2 bekasi, di toko elektronik sperti electronic solution gitu. harga 1.3jt

      Yup, harganya emang segitu :) sayang saya gak pernah menemukannya lagi :(

  16. haryo Says:

    saya suka blog nya mas wahid, bnyk info bs sy gali dan nambah ilmu. sy mau tanya dimana komunitas kopi pd ngumpul, ajakin kt donk. sy maniak kopi, bs ber cangkir2 sy sruput tiap hari, mknya sy pengin belajar lbh bnyk lg. thx

    Makasih, silakan dinikmati my boring pieces ini :)

  17. agus Says:

    Dear all,
    Kmrn aku baru beli produk moka express terbaru (Combi Duo), expresso + Capucccino (keluaran forever italia juga) di sole agent, rencana mau buka warung kp jg neh, btw sole agent tsb juga kasih trik dan peluang usahalho…lokasi di Mall of Indonesia Klp Gading depan careefour,..mas wahid, komintas kopi Indonesai ada ga? mhn info y
    thanks,

    Semoga sukses dengan bisnisnya Mas Agus. Komunitas kopi anyak kumpul di Kaskus bar, silakan di klik link-nya. :)

  18. agus Says:

    Mas Toni,
    Kakak saya punya warung kopi yg rame bgt di tulung agung jawa timur, dia mau kirimkopi tulung agung ke aku, aku pingin mas toni coba rasakan kopi tersebut dan kasih kommenttar, saya bisakontakas dimana neh?, thks

    Saya akan kirim lewat email Mas. Thanks.

  19. aphiet Says:

    salam kenal pak,
    saya berencana buka usaha warung kopi
    dengan konsep pinggir jalan utk tempat nongkrong mahasiswa jogja…yang terkenal dengan biaya ‘ngirit’ (hemat) tapi setidaknya rasa gak kalah banget sama cafe or resto….
    lalu, bagaimana menurut bapak, mesin kopi apa ya yang paling cocok dngn konsep saya, budget terbatas, dan menu (hot and ice).

    terimakasih, salam.

    Salam kenal gai pak. Saya sering juga nongkrong di warung2 kopi yang menyajikan menu serius, artinya bukan kopi asal seduh. Alat yang biasa mereka gunakan bervariasi, bisa Vietnam Drip, French Press, atau Stove Pot. Semua alat ini paling berharga ratusan ribu, tapi bisa menghasilkan kopi pekat ala espresso. Bila mau ditambah mesin, bisa membeli untuk kelas prosumer, maksudnya dengan budget 2-3 juta bisa membuat espresso seperti di cafe2. Mereknya bervariasi, silakan cari di toko2 atau internet yang kira sesuai dengan kebutuhan. Sediakan grinder yang bagus dengan budget 50-60% dari mesin espresso. Mesin giling kopi merupakan faktor penting untuk menghasilkan espresso yang nendang. Itu saja dulu dan selamat berbisnis.

  20. coffeemania Says:

    Mas aku udah beli moka express.it’s good cuman kurang untuk bikin milk froth bisa rekomend milkfroth manual spt bodum,bonjour..yang bagus mana..pake baterai apa model french press, bd nggak FP milkfroth dengan FP kopi? dan beli di jktnya dimana nih

    Tergantung mau yang praktis (pake listrik) atau manual. Tentu yang pake listrik hasilnya lebih memuaskan dibandingkan dengan yang manual.

  21. pluto Says:

    kira2 harga moka express berapa y?
    klo cr d daerah Sby d mn?

    thx.

  22. DONNY Says:

    Hallo Salam kenal, saya domisili di Malang, kalo ada yang tahu dimana ya ada yang jual di daearh jawa timur. atau sukur2 bisa bantu beliin,tar tak gantiin. Terima kasih. Salam satu Jiwa

  23. sujono Says:

    teman saya beli di kaskus, harganya Rp.99.000.- (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1162132), ok banget katanya.

    Thanks Sujono.

  24. PIEN Says:

    alat buat coffe diatas sekitar sebulan yang lalu saya beli di stand JI-EXPO hall B kemayoran,biasanay sebelahan stand starbuck dan assosiasi kopi ind.Harganya aluminium 300-1jt,stainless lebih mahal 2x tapi tdk over dari 3jt.Variant nya byk.

  25. eggy siagian Says:

    Salam kenal semua,

    Sekitar 2 tahun yg lalu saya membeli moka express ini di ranch market buncit, utk 2 cup, harganya sekitar 400 rebu. Berhubung belom punya budget utk membeli Rancilio Sylvia, alat inilah yg menemani saya menikmati starbuck siborong2 dan kok tong siantar yg nikmat itu.

    Blog yg informatif pak toni, salam kenal. Mampir2 lah k web saya. Kita hunting foto sambil nyeruput kopi yuk. :-)

    Hi Eggy, salam kenal juga. BTW, your blog stunning with all wonderful pictures.
    Suatu saat kita memang kita harus ngopi bareng … :)

  26. Alfian Says:

    Kalau mau cari moka pot BEALETTI or FOREVER or China product, just call me 021 32100689, harga cocok bisa dikirim.

    Kebanyakan pembaca ingin memebeli eceran, apa bisa ? Thanks infonya.

  27. inflow coffee & chocolate cafe Says:

    to bro alfian, ak dapet mocca pot malah di kota kecil ambarawa, di toko laris, iseng2 hunting eh malah dptnya di sono…harganya idr 46,yah lumayan buat koleksi & bikin kopi ala bialetti…

  28. BUDIONO KWEE Says:

    Salam kenal para coffee lover,
    Sebulan yang lalu saya beli Bialetti MOKA EXPRESS di Pasar Atom, Surabaya, harganya Rp500ribu, ada beberapa macam, yang saya beli itu yang paling murah, yang pakai handle kayu lebih mahal, harganya Rp750ribu.

  29. budi wijaya Says:

    Hallo salam kenal semua,
    mau bagi info nih. Dua minggu yang lalu di display Starbuck Grand Indonesia saya ngeliat ada 1 set Bialetti Dama Moka Express 6 cup. Harganya ditawarkan Rp 400rb + bonus 1 pack coffe bean. Tidak terlalu jauh beda harganya menurut saya, dibanding dengan kalo mesan lewat amazon.com.
    Kalo tertarik buruan, soalnya kata baristtanya itu stock terakhir :-)

  30. andi sanaf Says:

    Hi Mas Toni Wahid
    Sy juga suka minum kopi walaupun mungkin blm bisa disebut penikmat kopi yg expert bisa bedain rasa masing jenis kopi. Sy beli coffee syphone setelah tertarik ngliat barista di cafe tator bikin kopi (juga barista di la tazza mal ambasador). Apakah dengan alat ini rasa kopinya akan sama dengan menyeduh kopi pakai Moka Express tsb diatas?
    Thanx

    Hi Mas Andi … Ini pendapat saya pribadi lho, menurut saya intensitas atau kepekatan kopi yang diseduh dengan Moka Pot lebih kental dibandingkan dengan Syphon Filter. Kopi sangat ditentukan selera pribadi, selama anda menikmati dari Syphon, that’s the best coffee for you.

    • andi sanaf Says:

      thanx mas Toni, wah … saya telat nih browsing di blognya mas Toni, saya dah keburu beli syphon …

      Wajib beli Mas buat para penggemar kopi. Gak nyesel :)

  31. Andry Sose Says:

    Mas….Bialetti Coffee Espresso saya yang untuk 1 cup karet seal tengahnya itu udh rusak..sehingga coffee makernya nggk bisa ke pake…apa ada yang tau dimana jual spare parts nya? Saya coba google nggk ketemu2x…:) Makasih…:)

  32. Caffettiera itu cantik | Cikopi Says:

    [...] tulisan kedua (tulisan pertama Ngopi ala Alfonso Bialetti) mengenai alat kopi yang punya istilah banyak, caffettiera (Itali), Moka/Stove Pot, dan Espresso [...]

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: