Red atau white wine sama enaknya

wine

Ini cuma sekedar sharing foto2 saat wine tasting di Vinplus kawasan kemang Jakarta yang menyajikan koleksi lebih dari 800 label anggur dari berbagai belahan dunia. Kalau suka menikmati wine, tempat ini wajib dikunjungi karena koleksinya sangat lengkap dengan suasana yang cozy untuk tempat hang out. Bagi yang ingin menimba pengetahuan tentang wine, saya menyarankan untuk menyambangi hotel Four Seasons Jakarta Hotel Jakarta di jalan HR Rasuna Said karena mereka punya sommelier (ahli wine) yang sudah menjadi juara di tingkat inernasional. Silakan lihat foto2nya :

wine7.jpg

Dua jenis wine yang dibandingkan dengan metode yang simpel saja :

  1. Looking : lihat warna wine-nya bukan dibagian bawah, tapi di pinggir atas (rim). Orang yang sudah ahli bisa melihat intensitas wine hanya dari warna, kalau saya sih boro2, namanya juga baru mencoba.
  2. Swirling : putar perlahan gelasnya ke arah yang berlawanan jarum jam untuk menguatkan aromanya. Biasanya digunakan gelas khusus wine yang besar agar aromanya lebih terpancar.
  3. Smelling : cium aromanya, nah ini adalah bagian favorit saya karena selalu ada sensasi tersendiri. Penciuman setiap orang selalu berbeda dan tidak ada standard tersendiri, jadi simpulkan sendiri aroma apa yang tercium saat pertama kali kita hirup dari gelas.
  4. Tasting : Ini bagian inti, teguk sedikit jangan langsung diminum, rasakan disetiap bagian indera di lidah kita aroma, rasa, dan intensitasnya.

Itu saja metode wine tasting yang dikenal dalam dunia perangguran, dan bagaiaman rasa kedua wine tadi. Hhhm, enak saja, he3x. Maklum saya sih bukan ahli masalah wine, cuma sekedar hobi mencicipi saja dan baik red maupun white wine semuanya punya aroma tersendiri yang sedap diminum untuk menemani santap malam kita. Bagi yang serius ingin mendalami masalah ini bisa melongok ke situs Wine Spectator karena mereka punya tutorial bagus bagi pemula seperti saya.

winef.jpg

Ribuan wine dari ratusan label yang ada di Vinplus.

wine4.jpg

Jangan anggap enteng harga sebuah gelas khusus untuk menyajikan wine. Merek terkenal seperti Riedel bisa berharga setengah juta yang paling murah, bukan selusin, tapi cuma sebiji.

wine3.jpg

Yang ini sih teman saya yang lagi bergaya, bukan pembeli wine.

wine9.jpg

Good wine is a good familiar creature if it be well used (William Shakespeare). Enjoy your wine.

* * * * *

Posting lain :

Tags: , , ,

11 Responses to “Red atau white wine sama enaknya”

  1. finallywoken Says:

    Wine di Indonesia sangat, sangat, sangat mahal! Waktu di Cork&Screw Desember kemarin saat pulang kampung saya hendak mentraktir kawan-kawan dengan Barolo wine, favorite saya. Hampir pingsan saat dengar harga 2 juta. Terakhir di Scotland saya beli di wine shop, barolo tahun 1989 (hampir 20 tahun loh), cuma 35 pounds, alias 700 ribu. Itu sudah dianggap mahal, karena kalau barolo yang saya taksir di C&S jakarta di sini cuma seharga 200 ribu, kalau beli di supermarket, dan seinget saya di Scusa (Jakarta Intercon Hotel) dijual 500-600 ribu.

    Jadi sekarang kalau pulang ke Indonesia agak sakit hati kalau beli wine…

  2. ton6312 Says:

    Makanya mbak, saya nge-wine kalau lagi di luar aja. Robert Mondavi yang biasa dibeli dengan harga paling mahal US$ 15 di sini jadi berlipat-lipat. Memang menyakitkan ya? Hiks.

  3. Anita Says:

    Kalo punya kenalan di Australian Embassy sih bisa titip dengan harga (sangat) miring mas….

  4. ton6312 Says:

    Wah baru tahu tuh, sekalian mau coba new world wine mereka. Thanks for the tip. BTW, sekalia aku link blog-nya ya?

  5. Alcohol Drinks Not Drugs » Red atau white wine sama enaknya toni wahid Says:

    […] Read more about this topic from the author here. […]

  6. Yudi Blis Says:

    Wine disini rasanya cukup menyenangkan dengan kualitas terbaik disajikan dengan pelayanan yang cukup memuaskan. yang paling saya nikmati ditempat red&white kemang adalah susana di dalam yag membuat kita merasa nyaman saat kita sedang meminum wine…. luar biasa……..

    Hi Yudi, salam kenal. Buat kongkow2 emang enak banget, atmospherenya membuat betah kan?

  7. infogue Says:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/red_atau_white_wine_sama_enaknya

  8. barron Says:

    wine??indonesia??hahahaha..mahaL sekaLi,,udah ajah ganti sama anggur merah yg ada ditukang jamu!!

    kLo di banDUng coba ajah ke 7sins kLo pGn nge-wine..tapi ajak-ajak yah….

    Boleh, kapan2 kalauke Bandung ye …🙂

  9. zertia Says:

    Yah, selagi tinggal di California, aku puas2in minum Napa/Sonoma wine deh, secara harganya murah dan pasokan wine dari old and new world wine lumayan gede. Kalau ke Indo, mendingan aku sekoteng tasting aja deh, daripada sakit hati ngeliat harga wine di wine bar🙂 Thank you for the article….nice one loh.

    WIne dari California itu asyik2 dan rasanya lebih berani menurut saya. Murah pun🙂

  10. ibnu Says:

    Jakarta, 29 Desember 2009

    Kpd penggemar WINe,
    saya punya beberapa koleksi Red Wine akan saya jual, umur diatas 10th beberapa merk dari Italia, France,Australia, California, Spain, harga Nego.
    Bila berminat hubungi saya via SMS Only 08158836106

  11. lina Says:

    7sin nya skrg udah gak ada ya katanya

Comments are closed.


