Kopi dari Jakarta : Warung Tinggi

Bagi yan ingin mengetahui tentang kisah Kopi Warung Tinggi (WT) silakan berkunjung ke blog Koen’s Coffee. Ini kopi dari Jakarta dijual seharga 6.250 per bungkus (250gr)yang saya peroleh dari warung Indomaret. Jangan lihat harganya, tapi ini kopi yang tidak kalah rasanya dengan kopi lokal lainnya. Mungkin mereka kurang gencar melakukan promosi seperti perusahaaan2 kopi lainnya sehingga namanya jadi sayup2 terdengar. Mari kita bandingkan rasanya dengan dua metode pembuatan, seduh biasa ala kopi tubruk dan dengan menggunakan alat French Press. Yup.

Musuh utama kopi adalah udara, jadi selalu simpan ditempat yang kedap udara tanpa pencahayaan. Umur kopi rata2 hanya seminggu, jadi belilah dalam jumlah yang sedikit dan simpan di tempat yang tertutup sangat rapat. Lebih bagus kalau ada kemasan one way valve yang didesain untuk mengeluarkan udara, tapi udara luar terhalang masuk. Bisa ditemukan di tempat roasting kopi.

Cukup satu sendok dan tuang air panas, selesai. Suhu yang disarankan sekitar 80-90 derajat atau kira-kira  dua menit setelah air mendidih.

Sekarang dengan french press :

kup8.jpg

Saat air sudah dituang, aduk perlahan dan tunggu hingga maksimal 4 menit sebelum plunger ditekan, baru dituang.

kup9.jpg

Jadi apa bedanya dengan kedua metode di atas? Sama saja, namun untuk yang diseduh langsung agak sedikit repot dengan ampas kopi yang susah turun. Sedangkan french press menawarkan kemudahan karena kita bisa menikmati kopi tanpa ampas.

Kopi Warung Tinggi menawarkan aroma kopi yang cukup keras, namun wanginya selalu mengingatkan terhadap harum kopi yang dibuat oleh orang tua saya. Segar.

Enjoy.

Tags: , , , , ,

21 Responses to “Kopi dari Jakarta : Warung Tinggi”

  1. masnyus Says:

    Podium…
    Sayang saya ndak suka ngopi…. hehehe

  2. jeff Says:

    maaf,saya merupakan orang yang menghargai citarasa kopi.

    saya tertarik dengan penyeduhan kopi menggunakan french coffee press.

    dimana saya dapat membeli alat semacam itu? berapa kisaran harganya?

    terima kasih sebelumnya.

  3. ton6312 Says:

    Yang punya saya mereknya Bodum, bisa dibeli di Ace Hardware atau Starbuck dengan kisaran harga 200-400 ribu rupiah. Enjoy.

  4. catoer Says:

    Bodum, saya rasa ngga ada merk lain yang bikin french press. yang kalau boleh tahu adalah dimana cari alat kopi bakar (biasa dari itali) di Indonesia…mantep tuh metodenya

  5. ton6312 Says:

    Dulu saya pernah lihat di Rumah Kita, letaknya di Electronic City kawasan CBD Jakarta.

  6. STAIRWAYtoHEAVEN Says:

    kopi ini ternyata emang enak
    slain emang mo bikin warkop sederhana, selain juga kopi aceh [ulee karaeng] yg sdh di dapat
    kebetulan banget liat2 ini, gak sengaja “nemu” french press, hehehehe, gak sampe 100.000 tuh
    rencana mulai bulan april klo gak ada halangan, mo buka warung JeJe kopi di depan pasar grogol, nyuguhinnya pake french press lho
    ini skr sdg latian2 di warung JeJe nya sebelom nti april “keluar” menu kopi benerannya

    Buat cafe Jeje, mau mampir ah. Serius nih.

  7. STAIRWAYtoHEAVEN Says:

    Buat cafe Jeje, mau mampir ah. Serius nih.

    kapan pak ?
    info2 dong sebelum mampir yah ?
    baru nemu lagi nih, kopi gayo, legendanya kopi yg dr aceh
    selain kopi yg dari aceh, yaitu ulee kareng, tengku aceh & yg terakhir gw bisa dapet, kopi GAYO, juga nyiapin kopi wartin lho, plus arabica murni 100 % hehehehe wangi banget
    ada lagi kopi aceh yg memang sdh jenisnya robusta itu dimasak sampe tinggal separuh, wuih “keras” banget rasanya

    kapan datang pak ? ayuh kita cobain bersama2 …..

    jangan lupa hubungi gw dulu ya spy jangan selisih jalan malah dtg jauh2 malah gak ketemu
    boleh hub appointmen kalo mo dtg ke 921 33 667 or 937 67 667 ya

  8. susanto bean Says:

    Pak MAu nanya kalo mau beli kopi ini apakah ada tempat khusus yang jual Trus apakah cuma bisa didapatkan di Jakarta, soalnya saya mahasiswa di jogja,???
    Mohon Infonya pak..
    Terima kasih …… Salam Kopi….Merdeka

  9. STAIRWAYtoHEAVEN Says:

    Pak MAu nanya kalo mau beli kopi ini apakah ada tempat khusus yang jual Trus apakah cuma bisa didapatkan di Jakarta, soalnya saya mahasiswa di jogja,???
    Mohon Infonya pak..
    Terima kasih …… Salam Kopi….Merdeka
    by susanto

    kopi warung tinggi bisa di beli di indomart
    saya sdh coba cari & lumayan gampang diperoleh kok

    tp kalo yg dimaksud kopi aceh, baik ulee kareng atau gayo, saya minta rekanan di aceh sana utk bisa kirim ke warung JeJe utk dijual ke tamu penikmat kopi secara langsung & gak menjual per bungkus

    begitulah kira2

    maaf sdh beberapa lama gak berkunjung kesini, jd replay nya telat

  10. anto Says:

    Wartin…, mmm….sedap dan harganya sangat terjangkau. merupakan salah satu kopi favorit saya. karena karakternya yang low acidity, jadi ngga bikin perut mules. paling cocok dimasak pake Ibrik, seperti bikin Turkish Coffee.
    complainnya cuma satu, selalu datang dlm factory grinding yang terlalu halus dan ini kurang cocok buat espresso machine. sering menimbulkan clogging di porta filter, juga di Bodum French Coffee Press saya.

    Bener pak, halus banget, makannya mesin saya suka ngadat alias airnya gak mau ke luar waktu ekstraksi. Selebihnya ini kopi yang sedap untuk dinikmati.

  11. Jul Says:

    mereka ada coffee shop di

    Jl. Sekolah Tangki No. 26, Jakarta Barat 11170, INDONESIA
    Telp.(62-21) 6256843/875, Fax.(62-21) 6499132

    infonya dapet dari website online. Toko mereka dekat Jayakarta Hotel dan Food Place Hayam wuruk.
    Di tokonya sih asik ya, banyak tipe coffee yg bisa dicoba. Ibu yg di tmpt juga bae. Dapet banyak info ttg kopinya

    Thanks infonya Jul.

  12. Rizzy Says:

    saya udah mampir di toko Warung tinggi di daerah hayam wuruk.
    mereka nge – roost sendir biji kopinya. dashyat emang.
    buat yg doyan kopi, cobain deh, kopi Jantan, Kopi Betina dan Kopi Excellent mereka. emang lumayan mahal, tapi Worth it banget kok.

    kalo ada dana lebih, beli juga raja kopi : Kopi Luwak dari lampung. (maybe the coffe in the world)

    tabik..

  13. novianto Says:

    duh…enaknya punya warung kopi, apakah ada tempt pelatihan pembuatan kopi dari berbagai negara didunia plus makanan penemannya…..coz kalo ada tolong email/facebook kesini pangeran.one@gmail.com

  14. Sochib Says:

    Permisi mau numpang coment, saya sdh coba kopi wartin, lumayan sedap dan harganya terjangkau.

  15. imonkong Says:

    Do you like Indonesian Coffee? visit http://churrachia.blogspot.com/. thanks

  16. Andi W Says:

    Mas, saya berterima kasih atas info yg informatif ttg kopi expresso.

    saya sedang mencari grouphead gasket untuk electrolux ees200
    foto mesinnya—> http://tw.page.mall.yahoo.com/item/p0279442731
    mohon di sharing kalau ada yg tahu.

    terima kasih banyak….

  17. fahmi! Says:

    wah enaknyaaa… saya belum pernah ngincipi kopi warung tinggi ini. tapi setiap ke bandung saya nggak pernah lupa beli oleh2 sebungkus kopi aroma dari jalan banceuy. hyuk ngopiii…🙂

  18. Bodong Says:

    Kalau saya masih enak kopi solong Jasa Ayah (ulee Kareng) juga dari pada Kopi Ulee Karengnya. Saya mau cari Lepo Kopi dari Gayo katae tmn aku enak ada info g? Saya juga blm pernah coba warung kopi tinggi, di surabaya ada g kalau ada mohon infonya.

    Tks.

  19. ahdharfauzi Says:

    Untuk kopi lepo gayo asalnya dari daerah asal saya di dataran Tinggi Gayo Takengon Aceh Tengah, Bagi Yang berminat bisa hubungi saya di 085260868658 atau email ke pelong01@gmail.com, harga 1 Kg 100.000, 0.5 Kg 25.000, ongkos kirim di tanggung yang pemesan

  20. Oshi Says:

    Saya saat ini memilih kopi ulee kareng sebagai pilihan kopi saya, karena menurut saya selain wanginya khas, kekentalannya juga berbeda dengan kopi ‘yang biasa saya beli di toko’ yang saya minum sebelumnya.

    Mungkin ada rekan2 yang bisa mengulas lebih jauh tentang kopi aceh ini?

Comments are closed.


