Kalau Hamil Jangan Ngopi

kupi.jpg

Saya tidak pernah menemukan statistik berapa banyak perempuan Indonesia yang mengkonsumsi kopi dalam sehari. Jangan tanyakan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) embahnya data di Indonesia. Saya yakin mereka tidak punya niatan bikin suvei masalah kopi dan perempuan, atau yang lebih hebat lagi bikin sensus berapa banyak wanita hamil yang mengkonsumsi kopi dalam sehari. Wuih. Tapi Dr. De-Kun Li dari lembaga non profit kesehatan Kaiser Permanente di Amerika berhasil melakukan survei tersebut, setidaknya terhadap seribu orang perempuan yang hobi nyeruput kopi dalam kaitan dengan keguguran janin. Mau tahu hasilnya?

Saat kehamilan banyak perempuan menghindari mengkonsumsi kafein, zat yang terdapat kopi dan berbagai minuman ringan dalam kemasan. Kafein dapat menimbulkan rasa mual berlebihan dari kadar normal yang biasa terjadi pada kehamilan di tri semester pertama. Bagi para pecinta kopi, rasa mual tersebut bukan halangan untuk menghentikan kebiasaan ini, dan merekalah yang menjadi objek penelitian ini.

kupi2.jpg

Bagaimana hasilnya ? Singkat saja, wanita hamil yang suka ngopi dianjurkan untuk membatasi konsumsi kafeinnya maksimal satu gelas per hari, atau lebih baik menghentikan secara total. Hal ini dikarenakan kafein menyebabkan sang jabang bayi menjadi stress dan mengurangi pasokan darah yang mengalir melalui plasenta. Kedua sebab ini bisa berakibat fatal dan menjadi salah satu faktor terjadinya keguguran.

So, stop your coffee for your baby, at least for 9 months.

* * * * *

Posting terkait tentang kopi & teh :

Advertisements

Tags: , , ,

6 Responses to “Kalau Hamil Jangan Ngopi”

  1. Stethoscope_guy Says:

    Penelitian terbaru mengatakan minum kopi dengan kafein >200 mg/hari meningkatkan risiko keguguran 25% lho.. Untuk lengkapnya klik aja di alamat blog saya..di http://www.indonesianmedical.blogspot.com

    Regards.

  2. ton6312 Says:

    Thanks info lanjutannya. Salam.

  3. fay Says:

    kalo mau hamil juga jangan ngopi dong

    Well some people are addicted dan mereka susah menghilangkan kebiasaan ini, jadi kalau moderate sih masih OK. Happy blogging di blog-nya yang baru.

  4. Aulia Says:

    Masa sih ngopi bisa menyebabkan keguguran??? Saya mengeluhkan sakit kepala yang hampir setiap hari saya alami yang sangat mengganggu kepada dokter kandungan saya. Lalu dokter saya mengizinkan saya untuk minum kopi (boleh setiap hari) daripada saya harus menegak obat pusing. Jadi mana yang benar?

    Boleh percaya atau tidak, tapi itu hasil penelitian ilmiah. Salam

  5. Luluch Says:

    Mu sharing aja, saya seorang dokter dan penggemar kopi,sekarang sedang hamil 7 bulan. Selama kehamilan saya tetap mengkonsumsi kopi,cuma dikurangi menjadi 1 cangkir sehari. N alhamdulillah so far kehamilan berjalan dengan lancar.

  6. Shangkala Says:

    Kopi enak banget! Susah klo ninggalin. Tapi klo ngurangin..segelas buat bedua ato rame-rame..ha ha ha bole juga…

Comments are closed.


%d bloggers like this: