Menikmati Turkish Coffee

turk.jpg

Teman saya memberikan oleh2 kopi yang langsung di bawa dari Turki dan ini untuk pertama kali saya mencoba jenis kopi ini. Orang Turki memasak kopinya dengan alat yang dinamakan ibrik, seperti sebuah panci kecil yang bergagang panjang dan langsung di masak di atas api. Sebelumnya ia memberitahu saya cara memasaknya agar seusai dengan tradisi yang telah mereka lakukan selama berabad-abad. Karena saya tidak punya ibrik, maka saya gunakan teko ! (yang punya cuma itu sih).

Walapun menggunakan teko, prinsipnya sama saja, ini foto2nya :

tur21.jpg

Saya menyiapkan 400 cc air untuk dua gelas kopi, tambahkan gula dulu (ini menurut mereka), lalu masukan kopi secukupnya, dan jerang di atas api.

tur3.jpg

Lihat prosesnya yang berangsung cukup cepat, jadi anda harus siap2 mematikan kompor kalau tidak ingin busa kopi luber ke luar. Inilah kopinya :

tur4.jpg

Bagaimana dengan rasanya ? Very bold & strong, mungkin inilah kopi yang terkeras yang pernah saya rasakan, tapi masih tetap enak untuk dinikmati saat kedinginan karena hujan yang tidak berhenti sejak sore tadi. Mau coba ?

* * * * *

Tentang kopi & teh :

Tags: , , ,

8 Responses to “Menikmati Turkish Coffee”

  1. Aree Says:

    Karena tidak punya ibrik, saya juga jadi pakai sejenis teko untuk Greek/Turkish coffee. tapi harus pakai alat sekecil mungkin, kalau tidak crema-nya tersebar terlalu tipis. Dan masaknya harus tiga kali lepas api dan pasang kembali sampai crema-nya jadi tebal. Repot sih, tapi hasilnya… Hmmmmmm!!!!

  2. deora Says:

    dear sir
    here i am, turkish cofee enjoyer, dsini namanya ‘BON-BON’, kopi turki sngt di sayang ma orang2 arab, slain setrong, dia ga nyusahin perut klo di minum intervally time to time daily, asal ga bnyk gulanya’]. freshing n relaxing!, nama arabnya gahwa turk’.

    met kenal, dari saya, aura di kuwait. salam to family bpk at home.

    Hi Aura, salam kenal juga sebagai sesama penggemar kopi. Nice to hear coffee lover from here. 🙂

  3. trion3 Says:

    hai, salam ngopi..
    kenalkan saya Triono..asal Temanggung, Jateng..

    kebetulan saya mempunyai usaha pengolahan kopi robusta bubuk bernama trion3 coffee
    kopi kami olah secara tradisional+higienis:dengan alat tradisional(sangan dari tanah liat, centong kayu untuk roast),
    dengan menggunakan pemanasan dari kayu bakar(kayu kopi, mahoni, jati)..

    merk dagang kopi saya adalah:
    kopi RAJA the traditional coffee
    (kopi RAJA adalah racikan antara kopi robusta jawa terbaik dari pegunungan Temanggung dan kopi sirsah(kopi nangka/kopi londo)yang tumbuh langka di Temanggung).
    dibuat dari biji2 kopi pilihan matang pohon, dan penyortiran yang ketat.

    harga perkemasan(100gr) : Rp.10.000,-*
    beli 10 bks ke atas diskon 10%

    saya juga melayani pembelian masih dalam bentuk biji(mentah maupun matang)
    harga biji robusta mentah siap roast : Rp.30.000/kg*
    harga biji robusta matang : Rp.80.000/kg*
    harga biji sirsah matang : Rp.100.000/kg*

    selain tersebut di atas, saya juga menyediakan kopi special yaitu kopi luwak robusta jawa.
    harga biji robusta luwak cangkang kotor : Rp. 250.000/kg**
    harga biji robusta luwak mentah siap roast : Rp. 400.000/kg**

    * harga belum termasuk ongkos kirim
    ** harga sudah termasuk ongkos kirim

    demikian info dan penawaran dari saya
    kalau anda berminat dan penasaran akan sensasi citarasanya,
    silakan hub saya di 081392357535 (telp/sms)
    atau e-mail ke spider_boel@yahoo.co.id

  4. dhanithekid Says:

    mungkin dijaman dahulu kala pedagang turki menyebarkan ilmunya diranah jawa, didaerah kawasan timur tengah (baca: perbatasan jateng jatim) sama persis proses pembuatan kopinya, mereka menyebutnya kopi KOTHOK, emang nendang rasanya.

  5. BUDIONO KWEE Says:

    dear coffee lover,
    dimana bisa beli IBRIK di Indonesia? bila ada yg tahu? Thanks.

  6. Galih Suharjan Says:

    Kok mirip sama kopi Aceh ya cara buatnya? Apa beda?

  7. Melliza Ratih Says:

    Dear Sir/Madame,

    Saya adalah penggemar turkish coffee, mungkin bisa minta informasi dimana memperoleh turkish coffee atau memesannya untuk dirumah? Saya sudah cari ke Kemchiks dan lain lain barang tersebut sudah lama kosong. Thank you.

    Regards,
    Melliza Ratih

  8. Melliza Ratih Says:

    Jika ada informasi dimana saya bisa pesan turkish coffee tersebut terutama daerah jakarta bisa hubungi saya di 08161998662.

    Thank you,
    Melliza Ratih

Comments are closed.