Semarang

smg

Jalan jalan ke Semarang selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Inilah salah satu kota yang menjadi primadona investor asing di Indonesia yang diindikasikan dengan banyaknya migrasi perusahaan manufaktur dari Jakarta ke daerah ini. Bagi saya kalau urusan kantor sudah selesai maka acara selanjutnya adalah ngelayap pelosok kota ini sekaligus menikmati kuliner lokalnya. Foto2 arsitektur di bawah ini sepertinya sudah bisa menggambarkan betapa vibrant-nya kota ini. Enjoy.

1. Gereja Belenduk

smg3

smg5

smg4

Sebuah gereja Kristen yang berusia lebih dari dua setengah abad, berlokasi di kawasan kota lama Semarang. Bangunan indah ini bentuk aslinya berupa rumah tradisional Jawa, tapi direnovasi total menjadi bentuk yang sekarang di tahun 1753 oleh H.P.A. de Wilde dan W.Westmas. Orang menyebutya sebagai gereja Belenduk sebuah istilah lokal dari kata “mblenduk” karena bentuk kubah yang berupa setengah lingkaran.

2. Lawang Sewu

smg6

Bangunan horor yang namanya ngetop karena cerita2 hantu yang bergentayangan. Lokasinya berada di pusat kota dan dibuka setiap hari untuk para wisatawan yang ingin menikmati kesan spooky sebuah bangunan tua bekas gedung administrasi Belanda. Tiket masuknya 10 ribu, kalau mau menggunakan guide silakan memberikan tip sekedarnya. Karena luas dan gelapnya bangunan ini, sangat direkomendasikan untuk ditemani guide. Maksudnya kalau kesasar di tempat gelap dan tidak tahu jalan balik kan berabe.

smg7

smg9

smg8

Wisata horor ini dibuka hingga tengah malam dan banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing yang ingin merasakan kehadiran si dia.

3. Vihara Buddha Gaya Watugong

smg2

Beralamat di jalan Perintis Kemerdekaan km 14, berhadapan dengan Kodam Diponegore di kawasan Banyumanik Semarang. Pagodanya yang menjulang  39 meter merupakan yang tertinggi di Indonesia dan dihiasi dengan patung puluhan Dewi Kwan Im yang menghadap ke berbagai arah mata angin.

smg10

smg11

smg12

Kuliner Semarang sudah tidak asing lagi kan ?  Lumpia, wingko babat, bandeng, soto, koee lekker paimo, yang semuanya bikin ngiler. Itu saja laporan perjalanan kali ini.   Salam🙂

* * * * *


Tags: , , , , ,

13 Responses to “Semarang”

  1. Elyani Says:

    Ton, seperti biasa foto2nya fenomenal..3 thumbs up (abis dua gak cukup)!🙂 Ke Semarang dalam rangka apa? kerja atau kerja sambil jalan2? kalo gak salah Gap juga ada factory disana ya? Therry pasti jadi pingin ke Semarang kalo lihat foto2 ini🙂

    Thanks El, foto2 mu di Flickr semakin cemerlang pun. Dalam rangka kerja atuh, tapi sambil wara wiri cari makanan dan objek foto. Kita tunggu comment neng Therry🙂

  2. Elyani Says:

    oh ya tempo hari aku coba bikin lumpia disini..beli kulitnya di oriental store..tapi gak sama dengan yg biasa aku buat di Jakarta. Kulit lumpia disini kurang tipis dan gak serenyah yg biasa dijual di pasar tradisional atau super market di Jakarta.

    Kayaknya yang buatan Vietnal ya El, lebih tipis pastinya.

  3. yunie jusri djalaluddin Says:

    Nice angle n article…salut… Setiap menceritakan suatu kota membuat pembaca ingin menjadikannya tujuan wisata dan dengan gambar yg bagus tidak perlu banyak kata…krn bahasa gambar menerangkan dgn sangat baik… terima kasih…:-)

    Makasih Yun, hatiku berbunga😀

  4. Yoga Says:

    Foto arsitektural dan foto makanannya betul-betul bagus. Seperti biasa foto makanannya bikin drolling…😀

    Mestinya lebih banyak foto makanannya ya ?

  5. thesaintdevil Says:

    lumpia nya lagi donk om Toni… biar tambah ngiler dech.. wuahahah!!
    nice article ditambah dengan penyajian foto yg menarik… well done om!!

    Sandy, selamat blog barunya ya. Foto2 di sana keren abis, emang kreatif pisan. Bangga sayah🙂

  6. Elyani Says:

    Ton, kulit lumpia disini buatan Cina…menurutku kurang enak karena frozen. Kalo di Jakarta kan kulit lumpia yg fresh tiap hari juga ada di pasar tradisional. Bakpaonya juga gak enak karena frozen…bukan itu saja, rasanya juga gak maknyus. Mungkin musti ke tempat yg jual dimsum baru berasa enak ya. Aku sekarang lagi keranjingan motret lagi Ton karena cuacanya lagi bagus…mudah2an penyakit malasnya gak datang lagi ya. Biasalah aku itu kan orangnya edan eling😉

    Yang frozen mah emang gak enak El, gak suegerrr.
    Eh itu foto2 di sana ditambahin ya, kulinernya, people, landscape, pokoknya yang menarik buat kita2.🙂

  7. tiara Says:

    jadi pengen belajar fotografi dengan bapak….

    dengan foto-fotonya bapak,saya bisa buktikan ke teman-teman saya,,,foto tanpa objek hidup bisa tetap terlihat menarik dan hidup

    Thanks Tiara, yup belilah buat investasi.

  8. Hery gunadi Says:

    Seperti biasa.. Fotonya Ok bangeut. Pa Toni, kulinernya ada yg kurang yaitu site map nya, saya pernah ke semarang satu thn yl tp krn ga tau ‘dimana’ ya makan seadanya.. Jd kl kesana lg ada panduan kuliner yg maknyuss gitu..termasuk kota Palembang yg lalu.. Thx.

  9. yeftacahya Says:

    kota kelahiran gw emang ajeb banget kan Ton? … mampir kerumahku kapan2🙂

    Ajeeeb banget Yefta … emang waktu ke sana inget dirimu, jadi kapan2 memang harus diantar lihat Semarang, next time ya.

  10. Lorraine Says:

    Wah, jendela kaca warna warni di Lawang Sewu bener2 a piece of art. Kebayang ngga kalo cahaya matahari masuk & jatuhnya langsung bernuansa warna warni pasti baguuussss….banget. Udah jarang yg bikin sekarang nih mas, karena ‘lem’nya pake timah, dan timah udah susah dapetnya di NL.

    Dan seperti biasa foto2 makanannya menggiurkan sekali. Setuju dengan yang Elyani tulis diatas, 3 thumbs up!

    Ini bagian jendela yang masih utuh Yen, yang lain sudah gak ada lagi. Di jakarta hanya beberapa yang punya keahlian gelas patri dan memang harganya mahal banget.
    Thanks again compliment-nya.🙂

  11. woro tyas Says:

    Semarang udah ada kan, mas? Kok Jogja belum? jangan salah, buanyak banget yang bisa dijepret lho di sini🙂

    Jogja, here I come. 🙂

  12. azam-personal Says:

    Kota semarang,memang kota yang penuh sejarah perjuangan dan peninggalan masa penjajahan dulu..
    Karena saya juga dulu sekolahnya di semarang mass..

    Wah, dari Semarang rupanya🙂 Setuju Mas, Semarang kota yang vibrant.

  13. gambang semarang Says:

    Haloo salam kenal dari gambang semarang, foto-fotonya keren uey..
    Gambang semarang last post: Mengintip Kegiatan Imlek 2010 di Semarang

Comments are closed.


%d bloggers like this: