Gemblong a.k.a Glutinous Rice Cake

gemblong11

Sudah tahu kan makanan tradisional ini ? Gemblong yang terbuat dari tepung ketan berbalut gula merah adalah salah satu favorit kudapan anak saya. Makanan tradisional seperti gemblong tidak terlalu sulit untuk dibuat. Bahannya simpel, prosesnya cepat, dan tentu saja yummmmy. Yuk ke dapur saya.

 
gemblong4

Resepnya saya ambil dari buku “Kue Kue Tradisional Indonesia” yang disusun oleh Yasaboga, speasialis pembuat buku resep terbitan Gramedia. Ini bahan2nya :

  • 200 gr tepung ketan
  • 100 cc santan cair yang mendidih
  • 2 sdm tepung sagu 
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 1/2 butir kelapa parut (jangan terlalu tua)
  • 1 sdt garam
  • minyak untuk menggoreng

 

gemblong3

Campur tepung ketan, kelapa parut, sagu, garam dn air kapur sirih, aduk rata. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit, uleni hingga bisa dibentuk. Bentuk sesuai selera lalu goreng dengan api yang tidak terlalu besar, sisihkan.

gemblong2

Bahan gula di atas di panaskan dengan api sedang saja dan aduk hingga kental. Kecilkan api lalu masukkan gemblong yang sudah digoreng, angkat dan dinginkan.

BTW, bagi saya kegiatan di dapur itu selalu menyenangkan. Sama halnya dengan dunia fotografi, bereksperimen dengan bahan kue merupakan seni dan keterampilan yang harus selalu di asah. Kue gosong dan berbagai kegagalan adalah hal yang biasa dan kadang sering jadi bahan lelucon. Percayalah saya belum bisa membuat bolu kukus yang merekah karena walau caranya sudah dikuasai.

gemblong6

Satu hal yang terpenting, kegiatan di dapur selalu membuat anak saya yang gemar makan itu menjadi bersemangat menunggui hasilnya. Bahagia tentunya kalau melihat matanya bersinar karena menyukai gemblong ini. Tuh bener kan, dia sudah gak sabar mencicipi gemblongnya :) 

Makanan ini asyik dinikmati sambil ditemani segelas teh panas yang kental. 

Enjoy🙂

Tags: ,

15 Responses to “Gemblong a.k.a Glutinous Rice Cake”

  1. the writer Says:

    gemblong ini kayaknya pernah nyobain deh, tapi ga pake saus gula merah🙂 jadi kangen jajanan indo😛

    Yang asli emang gula merahnya gak encer, ini sih supaya fotonya menarik🙂

  2. Hery gunadi Says:

    Pa Toni, saya akan coba resepnya, bareng2 anak2 saya, kegiatan masak bersama memambah kedekatan rasa keakraban😉.

    Selamat masak memasak, dijamin ketagihan terus ke dapur🙂

  3. Coca Cola Cake Says:

    gemblong nie kuenya kaya mana sie…kok nga ada pict nya pa…pengen nyoba resepnya dulu pa…

    Ada koq, tuh segambreng🙂

  4. Lorraine Says:

    Waaaahhhhh Gemblong yang bikin sakit gigi tapi enak banget.

    Thanks untuk berbagi resepnya mas Toni.

  5. boy Says:

    ton, nanti pas kopdar jangan lupa bawa Gemblong yaa😉

  6. Indonesia-Eats Says:

    mas, saya masukin ke blogroll saya yahhh
    thankss

  7. Dony Alfan Says:

    Gile, makanan tradisional ternyata bisa tampil cantik setelah difoto Om Toni! Rasanya gimana nih, kirim lewat attachment yak😆
    Saya baru tahu, ternyata sampeyan jago masak juga. Bener2 multi talenta!
    Oya, itu si adik matanya belok banget deh, cantik, hehe

    He3x, makasih Mas. Jadi chef di rumah, fotografer, plus beres2 sendiri, capek bener. Si kecil adalah tester terpercaya🙂.

  8. Philippines Travel Blog Says:

    Hi, I would like to feature one of your best travel posts/photos in my
    blog Philippines Travel Blog (agiledeals.com). This blog has a
    relatively high Alexa rank and gets around 400-500 pageviews a day.
    I’ll put your blogpost in the front page of my blog and link back to
    you
    using whatever anchor text you would like. I’ll make sure that your
    blog should appear in the front page for at least 5 days. This should
    open up a whole lot of traffic for your site. Please send me a note at
    thirdworldgeek@gmail.com if you’re interested.

    Hope to hear from you!

  9. edratna Says:

    Wahh nggak nyangka, ternyata mas Tony suka masak juga.
    Udah lama nggak pernah menikmati “gemblog” ini

    Lumayan Bu, sudah kadung cinta sama dapur🙂

  10. therry Says:

    Aduh si nona, cantik banget deh🙂

    Untung gak mirip bapaknya ya😀

  11. Ivy Says:

    omg….pagi2 uda dibikin ngiler ama mas toni…. si nona cantik ya turunan dari papanya ituuuu….

    Ivy … maklum lagi tumbuh jadi ya … gembul🙂
    Papanya boleh lah😀

  12. narpen Says:

    ya ampun oomm… saya ga suka gemblong lho, asli! dari bentuknya aja ga suka..
    Tapi yang tampak disini… -amaze-
    Bagaimana bisa gemblong yang saya ga suka bisa tampak begitu cantik?
    -jadi penasaran pengen nyoba rasanya om, tapi males bikin :p

    Duh jadi tersipu ane. Ya itulah tantangan foto makanan, yang biasa harus keliatan menggemaskan.

  13. sari Says:

    resepnya baru saja dicoba (minus air kapur sirih), hmmm… lecker!
    makasih 🙂

  14. Lina Says:

    Gemblong itu apa sich. Aq lom pernah rasain, tapi ingin nyoba keliahantannya enaaaaak….

  15. z4di3s Says:

    klo air kapur gak ada boleh pake air beton gak?
    masak pa bangun warung?

Comments are closed.


%d bloggers like this: