Jihad itu …

  1. Jihad itu perjuangan seorang ibu dari Wonosari yang berjalan puluhan kilometer sejak tengah malam dengan penerangan obor ke kota Jogja untuk menjual hasil buminya yang tidak seberapa
  2. Jihad itu perjuangan korban lumpur Lapindo yang sampai sekarang harus kehilangan tempat tinggalnya
  3. Jihad itu erang kesakitan luar biasa seorang ibu yang akan melahirkan buah hatinya.
  4. Jihad itu saat polisi lalu lintas berdiri berjam-jam di jalan raya yang pekat dengan polusi udara dan sorenya kembali ke baraknya yang sempit dan bocor karena tidak mampu membeli rumah sederhana sekalipun.
  5. Jihad itu manakala guru terpencil tetap setia mendidik muridnya walaupun gajinya sering terlambat berbulan-bulan.
  6. Jihad itu saat si Brengos supir metromini dari Toba tidak bisa mengeluh saat solar dinaikan oleh pemerintah
  7. Jihad itu pada saat dokter di pedalaman Kalimantan yang harus berjalan puluhan kilometer menembus hutan demi membantu seorang ibu yang akan melahirkan
  8. Jihad itu apa yang dilakukan alamarhum Munir membela orang yang termajinalkan dan dihilangkan paksa oleh penguasa
  9. Jihad itu seperti memerangi korupsi seperti yang dilakukan oleh aktivis Indonesian Corruption Watch
  10. Jihad itu seperti yang dilakukan Wahyu Susilo yang membela buruh migran Indonesia yang ditindas di luar negeri.
  11. Jihad itu saat anggota Dewan tidak tertidur saat sidang tengah berlangsung
  12. Jihad itu mengharumkan nama bangsa seperti para pemenang Olimpiade Fisika
  13. Jihad itu saat proklamator Mohamad Hatta yang antri membayar listrik seperti rakyat biasa
  14. Jihad itu apa yang dilakukan buruh pabrik yang harus duduk selama tujuh jam dengan upah minimum.
  15. Jihad itu menebar kasih sayang tanpa membedakan dengan nama apa ia memanggil Tuhannya.

Jihad itu bukan bom bunuh diri atau meledakan bom untuk membunuh orang yang tidak berdosa.

Jihad itu …

Tags: , ,

10 Responses to “Jihad itu …”

  1. Nugi Says:

    16. Jihad itu perjuangan menjalani hidup dengan susah payah berdasarkan prinsip2 kebenaran dan hati nurani yang bersih, melawan segala macam tantangan dan kesulitan yang menghadang.
    17. JIHAD ITU BUKANLAH JALAN PINTAS UNTUK MASUK SURGA (ingat cari uang 100juta aja sulit, apalagi masuk surga…). Yang pasti bunuh diri itu jalan pintas masuk NERAKA.

  2. treestyara Says:

    18. Jihad itu pengorbanan seorang ibu yang mengurus keluarga, anak-anak dan suami, dengan ikhlas dan cinta dari pagi sampai malam walau terkadang masih menerima perlakuan tidak layak yang disebut kekerasan dalam rumah tangga

  3. jempol Says:

    Seandainya semua org memiliki pengertian jihad seperti anda, betapa peacefulnya dunia.Banyak org sekarang ini menjustifikasi nafsunya dengan topeng agama.Saya pikir seandainya Nabi Muhammad SAW masih hidup sampai sekarang, pasti dia sedih sekali melihat umat2nya hidup penuh nafsu dan kebencian,tapi mengatasnamakan Islam

  4. ecky Says:

    Aku gak abis pikir deh tadi liat berita ada siapa lah itu pemimpinnya bilang kalo Imam Samudra gak perlu di doain karena udah pasti masuk surga hallooo emang situ Tuhan yang menentukan siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka….

  5. Elyani Says:

    …jihad itu yang jelas tidak identik dengan sesuatu yang jahat, namun karena ulah segelintir orang jihad terdengar sangat seram dan menakutkan.

  6. merry Says:

    Coba semua orang pandangannya sama seperti itu,ya?tambahan lagi: jihad itu jika seseorang tidak merasa terganggu jika ada orang dengan agama yang berbeda sedang menjalankan ibadahnya.

  7. Nugi Says:

    Orang dengan agama yang berbeda bukan berarti musuh, walaupun saat ini dia kelihatan kurang baik belum tentu bakal begitu terus. Siapa tahu suatu saat dia mendapatkan hidayah kemudian jadi orang yang lebih beriman daripada kita?? kalau kita bunuh sekarang berarti kita membunuh bakal calon orang beriman.

  8. Joe Says:

    Setuju Om…

  9. bung tobing Says:

    Saya pribadi bukan Muslim dan merasa tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membahas mengenai Jihad. Yang saya bisa katakan, contoh2 yang anda sebutkan itu begitu indah, merubah definisi jihad yang selama ini ada di pikiran banyak orang.

  10. Rich Says:

    Jihad yang sangat manusiawi.. salam

Comments are closed.


%d bloggers like this: