Mashed potato doughnuts

Judulnya dalam bahasa Inggris supaya keren, namanya sih “donat kentang”. Saya dapat resep beserta tip/trick-nya di Natural Cooking Club, (Society of Food Lovers) karena resep yang terdapat di salah satu majalah kurang reliable. Maksudnya mereka tidak menjelaskan proses peragian yang benar, cuma disuruh mencampur semua bahan2. Padahal “hubungan” ragi dengan garam serta mentega tidak harmonis, alias kalau dicampur bersamaan pada waktu yang tidak tepat raginya bakalan “rest in peace”. Yup, mari memasak sambil merayakan Agustusan !

Bahan lengkapnya bisa di lihat di website NCC, tapi selain dengan bentuk donat biasa, saya juga memodifikasi dengan bentuk bulat2 kecil yang dilapisi coklat cair lalu taburi dengan coklat meses, keju parut, kacang goreng, atau sesuai selera.

Satu lagi, karena bingung bagaimana membuat bolongan donat maka gagang obeng besar pun jadi alat praktis, hasilnya rapih koq πŸ™‚ .

Goreng dengan minyak yang banyak dan api sedang dan jadilah donat kentang yang bisa mengenyangkan.

Salam Merdeka !

Tags: , , , ,

14 Responses to “Mashed potato doughnuts”

  1. Joice Says:

    Ton..kamu bener2 bisa memasak ya..
    Ngak nyangka banget deh..

    Iya duonks, terlalu banyak hobi sih Jo, tapi jangan tanya rasanya ya. Maksudnya tanya anak gue aja deh, dia bilang sih enak πŸ™‚

  2. Ayin Says:

    Mas makasih ya udah mampir dialat masakku πŸ™‚

    saya juga udah pernah bikin donat kentang, rasanya emang mak nyoooos πŸ˜‰ empuk gitu.. lain kali saya mo coba lagi bikin donat krn donat yg bikin itu udah stgh tahun yg lalu πŸ˜€

    Sayangnya anak-2 saya cuma doyan topingnya saja 😦 donatnya cuma dikrikitin sedikit

    Hi Ayin, terima kasih kembali. Infomrasi ttg alat masaknya sangat membantu dan unik. Anak saya juga sama sih kalau sudah urusan topping. πŸ˜€

  3. therry Says:

    Bah… enak banget jadi anaknya si om!! πŸ˜›

    She’s precious, jadi dimanja ama bapaknya πŸ˜€

  4. treestyara Says:

    Ada sedikit info dari ibu saya, kalau tepung cakra yang jadi bahan dasar untuk membuat donat dikasih tambahan kentang, maka donat yang sudah digoreng, akan tetap empuk dan enak sampai 2 hari. Salam.

    Thanks Mbak. Tipsnya akan diingat baik2. Udah percaya kan saya bisa baking juga ? πŸ™‚

  5. Elyani Says:

    Nona cantik banget difoto sambil makan donut. Dari eskpresinya kelihatan banget dia sangat menyukai donut buatan papanya. Hebat!!! berikutnya bikin apa nih Ton?

    Donatnya sukse karena abis dimakan si genit ini El. Tungguin ya lagi liat resep2 nih. Dah kayak ibu2 nih kita πŸ™‚

  6. ecky Says:

    Aku mau dong diangkat jadi anak biar dimasakin yang enak-enak terus πŸ™‚

    Hi hi hi, nanti jadi gembil pipinya πŸ˜€

  7. Chocoholic Says:

    mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!
    Duh.. enak banget keliatannya… biar bolongannya pake gagang obeng juga.. lol

    Obeng memang serbaguna ya Rim, … πŸ˜€

  8. Elyani Says:

    Ton, tadi buka2 pantry ternyata ada cetakan donat 2 buah. Berhubung aku itu suka keisengan beli barang dan akhirnya gak dipakai..ya sebaiknya dihibahkan pada calon juragan donat kentang ya..hihihi! πŸ™‚ Komachi-nya ntar dicari’in di Titan.

    Thanks El, juragannya bentar lagi mau bikin donat ala J’Co. πŸ™‚

  9. Kaki jenjang Says:

    Kang.. donat kentang is one of my favorite snack juga. Jadi lapar euy.. and kangen untuk bikin kue lagi. Btw, NCC is the club yang membuat gw rada sedikit lebih pintar membuat kue. πŸ˜›

    Gue sih nyontek di sini dan hasilnya gak mengecewakan. πŸ™‚

  10. the writer Says:

    Wah, mas Toni pinter masak ya πŸ˜€

    Lumayan deh untuk resep yang gak ribet πŸ™‚

  11. Ivy Says:

    waaaah keliatan banget kesayangan sang ayah hehehe… jarang2 lhoo ada yg mau masakin…

    Manja karena satu2nya … jadi tiap hari nanya schedule baking-nya apa ? πŸ™‚

  12. aNdRa Says:

    Oh donat itu cara mbolongnya dari bentuk bundar buntet trus dibolong? Baru tau…Dulu aku pernah lihat donat tradisional, yg cuma digoreng lalu ditaburi gula halus itu lho… bikinnya dari bentuk silinder memanjang lalu disatukan menjadi bentuk gelang gitu. Hihihi kalo bikin kue2an aku nyerah deh… nunggu dikirimin sampel ama mas Toni aja

  13. Widya Says:

    Salute deh sama bapak…
    Jadi pengen bikin Donat Kentang juga nihhhh πŸ™‚
    Salam kenal pak..

    Hi Widya, terima kasih. Lumayan lah hasilnya, ayo dicoba πŸ™‚

  14. Dwi Says:

    pak, apa betul kalo menggoreng donat harus pake minyak padat? kalo kita pake tepung komachi hasilnya akan bagus ngga ya? soalnya kalo pake kentang teksturnya agak gimana gicu…

Comments are closed.