Tea Time & berbagai istilah minuman di Malaysia

Tea time itu tradisi Inggris dan banyak diadopsi negara2 bekas jajahannya termasuk India dan Malaysia. Tidak hanya pekerja kantoran, buruh pabrik pun disediakan waktu sekitar 15 menit untuk break dan ber tea time yang biasanya dilakukan sekitar jam 3-4 sore. Orang Malaysia memang senang ngemil, makanya warung mamak (warung India muslim, seperti warteg yang menyediakan berbagai macam camilan) bertebaran dimana-mana. Seminggu di Malaysia berat badan bisa bisa bertambah dengan pesat kalau mengikuti pola makan mereka.

Kuliner Malaysia merupakan gabungan dari Melayu, India, Cina, dan Portugis, sebagian lagi sumbangan dari negeri kita. Nasi dalam berbagai bentuk seperti ketupat atau lamang merupakan makanan pokok mayoritas penduduknya selain roti atau mie. Bila memesan kari ayam di Singapura biasanya pelayan di sana akan bertanya terlebih dahulu, mau kari India yang lebih kental atau Melayu yang agak ringan.

Selain warung mamak, restoran Cina juga tidak sulit untuk ditemui. Masakan Cina disajikan dengan cepat dan harus dimakan saat masih panas. Menkmati laksa dengan rasa orisinal harus datang ke Penang, sama halnya dengan makanan Cina Peranakan dengan restoran Nyonya, Malaka adalah pusatnya. Keturunan dari Puteri Hang Li Po (abad ke-15) dari Dinasti Ming memang menjadi istri Sultan Melaka pada saat itu dan melahirkan apa yang sekarang kita kenal dengan Cina Peranakan dan mewariskan kuliner sedap seperti ayam kluwak, laksa lemak, bakwan kepiting, sup perut ikan, dll. Etnis India juga mewariskan tradisi makanan seperti nasi kandar (sangat terkenal di Penang), roti prata/canai, nasi biryani, (rice casserole), nasi basmati (fragrance rice) dan teh tarik.

Jadwal ngemil dan makan di negera ini cukup padat, lihat saja jadwalnya di bawah ini:

  1. Breakfast : sarapan, biasanya dengan roti prata + kuah kari atau nasi lemak
  2. Tea time (pagi) : Camilan ringan berupa kue2 hingga mie mamak
  3. Lunch : makan siang : nasi + lauk pauk
  4. Tea time (sore) : teh tarik, pisang goreng, atau roti prata
  5. Dinner : makan malam dengan porsi biasa
  6. Supper : makan tengah malam

Tidak heran dengan pola makan seperti ini banyak orang Malaysia termasuk saya yang punya masalah dengan berat badan kalau lagi bertugas di sana. Jika dihitung mungkin kalori yang dimakan lebih dari takaran normal per hari, apalgi dengan banyaknya makanan yang berminyak seperti kari.

Satu hal lagi, istilah minuman di sana agak membingungkan. Kalau kita memesan teh atau kopi pelayan di sana akan membawakan teh/kopi yang dicampur dengan susu. Kalau yang dimaksudkan dengan teh tawar, maka kita harus menyebutnya “Teh O”. Demikian pula dengan kopi tubruk yang disebut dengan “Kopi O”. Seharusnya “air putih dengan es” disebut dengan “Ais O’, tapi mereka mengenalnya dengan sebutan “Ais Kosong”. Bigung kan ? Belum lagi nama2 ini

  1. Teh O Ais Limau – Iced Lemon Tea
  2. Air Suam – air putih hangat
  3. Kopi atau teh kosong – tanpa gula
  4. Teh O Limau – teh dengan jeruk limau
  5. Teh O Ais Limau – ice lemon tea
  6. Teh Tarik – teh dengan condesed milk

Harga makanan di warung2 tau restoran2 kecil relatif murah (roti canai + teh tarik sekitar 10 ribuan). Di antara smeua negara2 persekutuan yang ada di Malaysia, mungkin Penang yang sangat terkenal dengan kelezatan dan jenis makanan yang lebih bervariasi. Setiap malam di sebuah lapangan di kawasan Gurney Drive, penduduk lokal dan turis asing menghabiskan malam2 mereka menikmati pasar malam yang dipenuhi oleh berbagai jenis makanan khas Malaysia. Lupakan diet kalau ke sini. Salam.

Tags: , , , , , , , ,

4 Responses to “Tea Time & berbagai istilah minuman di Malaysia”

  1. silly Says:

    Arrgghh.. itu gambar2 makanan merusak program dietku sajahhh…๐Ÿ™‚

    Apa khabar pak Tony… iya, hayukk kopdaran ama mbak Elyani yukkk…๐Ÿ˜€

    Kabar baik Silly. Lha mari kita kopdar yuk dengan Elyani, dan gak usah diet ya pas ketemu kita๐Ÿ˜€

  2. Elyani Says:

    @Silly: ayo..kapan mau kopdaran? Silly sibuk melulu sih sama persiapan launching bukunya๐Ÿ™‚ Gimana Sil, foto2nya sudah selesai belum? mau difoto Toni gak?๐Ÿ˜‰

    Sekalian ajak si kecilnya ya๐Ÿ™‚

  3. Ivy Says:

    Aaarghhhhh….semua kesukaan aku niiiih mas. Jadi lapeeeer

    Makany Vy, kalau lagi tugas di sana jadi sedikit ndut, hi hi hi

  4. aNdRa Says:

    Bacanya ‘0’ itu ‘kosong’ apa ‘nol’ mas?…hahaha

    Istilahnya yang emang lucu itu Dra.๐Ÿ˜€

Comments are closed.


%d bloggers like this: