Matahari selalu terbit di Yosemite

Ansel Adams fotografer landscape yang karya2nya sungguh hebat itu menyebut Taman Nasional Yosemite sebagai tempat dimana matahari seakan terbit setiap waktu. Keindahan lembah ini bisa kita saksikan melalui karya2 foto hitam putih Ansel Adams yang menjadi rujukan bagaimana seharusnya sebuah foto pemandangan alam di buat. Kunjungan saya yang pertama ke Yosemite di tahun 2000 yang lalu, tempat yang senantiasa mengingatkan keindahan alam Amerika yang dijaga kelestariannya secara serius. Tidak perlu reservasi untuk datang ke tempat ini, kecuali bila anda menginap. Sayangnya banyak beruang hitam yang sering mencari makanan terutama di tempat2 berkemah.

Taman nasional Yosemite terletak di negara bagian California, sebelah Timur San Francisco dan ke Utara dari Los Angeles. Bangsa Indian telah menempati lembah ini sejak 8000 tahun yang lalu dan akhirnya sejak tahun 1864 Yosemite dijadikan salah satu taman Nasional oleh Presiden Abraham Lincoln. Luasnya sekita 3 ribu meter lebih dengan kekayaan flora, fauna, dan pegunungan granit raksasa yang menghiasi lembahnya.

Waktu tempuh dari San Francisco bay area menuju ke Yosemite dengan mengendarai mobil van (kami sewa 75 dolar per hari) selama kurang lebih lima jam (300km). Sepanjang perjalanan kami menikmati alam California di musim panas bulan Agustus dan beberapa perkebunan vineyard kecil. Rute perjalanan sangat mudah dengan memperhatikan peta melalui interstate 205, 120 dan 140 ke arah pegunungan Sierra Nevada hingga sampai di lembah Yosemite. Tiket masuk mobil berikut penumpang seharga 20 dolar belum termasuk log (semacam bungalow) yang harganya bervariasi.

Kembali ke masalah beruang hitam. Binatang ini punya nafsu makan yang agak kelewatan dan sering menghampiri orang2 yang sedang berkemah untuk mencari sisa2 makanan. Kami sudah di wanti2 oleh petugas Park Ranger untuk selalu menutup rapat2 semua makanan. Walau demikian tidak terhitung beruang yang bertamu tanpa diundang dan menyapa para pelancong yang ketakutan didatangi mahluk hitam besar ini.

Tidak cukup waktu sehari untuk menikmati keindahan alam Yosemite karena jarak antar tempatnya yang sangat berjauhan. Atraksi alam yang terkenal adalah El Capitan, sebuah gunung batu granit yang tegak lurus 90 derajat dan sering digunakan untuk panjat tebing. Apabila malam telah tiba dan puncak gunung belum tercapai, para pemanjat nekat ini tidur sambil bergelantungan !. Aktivitas lain adalah hiking, bersepeda, berkuda, memancing, dan teantu saja melihat Mariposa Grove dan Giant Sequoias, pohon raksasa yang entah sudah berapa ribu tahun usianya.

Jadi, bila berkesempatan ke California, pergilah ke Yosemite, dimana keindahannya sukar dilukiskan hanya dengan kata2 di blog ini.

Tags: , ,

15 Responses to “Matahari selalu terbit di Yosemite”

  1. Elyani Says:

    Ton,

    Dulu kalau sudah ada SLR asik banget ya bisa motret2 di tempat yg cantik ini. Berapa lama jalan untuk mencapai tempat photo ini diambil? atau semuanya ditempuh dengan berkendaraan? sering2 ya Ton menulis travelogue semacam ini. Senang bacanya🙂

    Supper asyik El, ini fotonya jam jebot pake film terus di scan. Untuk mencapai tempat ini bisa pake mobil, tapi karena pengen adventure ya jalan kaki, sampe mau pingsan🙂 Tunggu ya pengalaman travel lainnya.

  2. silly Says:

    Wahhh, itu moto sendiri?… gila, naik keatas aja gak kebayang saya, hehehehe… nyampe atas dah pingsan sebelum sempat foto2😛

    btw, dari kemarin saya dengar org bilang kamera SLR, apaan sich itu… (maaf, orang bego nanya pagi2 *melet*)

    Ah, lihat pemandangan seperti ini, indahnya luar biasa.
    God Is Great… He is So Great!!! (dadanya sampe sesek karna terharu, Tuhan itu luarbiasa yah)

    Tuh dah dijelasin sama fotografer di bawah. Pemandangannya luar biasa ! Overwhelmed deh. Keren. A must visit destination kalau sekali waktu ke sana.

  3. elyani Says:

    @silly: SLR itu singkatan dari Single Lens Reflex, dimana si pengguna kamera dapat mengontrol fokus, warna, framing dan gelap terangnya sebuah obyek yg akan difoto melalui view-finder (lubang kecil diatas kamera yg jarang kita gunakan pada kamera poket digital). SLR ada yg manual (menggunakan film…tapi sudah tidak populer) dan yg banyak tersedia di market sekarang adalah DSLR (digital single lens reflex).
    Bedanya DSLR dengan kamera poket digital pada lensa. Kalau kamera poket, lensanya paten gak bisa diganti dengan ukuran lain. Juga cara pengambilan foto hanya dengan ‘point and shoot/click’..dijamin gambar pasti bagus tetapi tidak bisa membuat efek “blur” kecuali pada obyek foto yg berukuran kecil. Untuk mendapatkan efek blur pada foto orang dengan kamera poket tidak bisa karena keterbatasan range lensanya.

    Sedangkan kamera SLR memiliki banyak pilihan lensa sesuai dengan kebutuhan si pemakai (mau foto macro, foto pemandangan dengan ketajaman gambar yg prima, foto makanan dsb…). Pilihan lensa tergantung kekuatan kantong masing2 karena lensa2 ini harganya bervariasi dari mahal…lebih mahal..sampai mahal sekalee🙂 Jadi kalau suatu hari ingin membeli DSLR, bisa membeli bodynya saja, lalu lensanya kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Atau untuk gampangnya, beli saja yg satu paket dengan lensa standard yg ditawarkan (biasanya 18-55mm). Selebihnya biar Toni saja yg menerangkan. Ini cuma kulitnya saja.

    Udah pinter banget nih. Cukup ah sudah jelas tuh.🙂 (sambil tepuk tangan dan senyum2)

  4. Chocoholic Says:

    IT IS BEAUTIFUL!!! belon pernah kesitu.. ke grand canyon aja belon pernah. abis dulu pas tinggal disana masih muda, bawaannya belanja dan clubbing. skrg dah umur gini baru deh seneng liat pemandangan, pengen ke tempat2 turis, gak genah kalo shopping doang, apalagi clubbing, wah terakhir clubbing 2 thn lalu.. hehheheeh
    kesian yah kalo udah mamah mamah? (anak aja belon punya udah ngaku mamah mamah..hehehe)
    tapi mas ton, bagus banget pemandangannya.. lagi dong yg lain2!!

    Sama Rim, habis teman2ku juga para animal party.🙂 Pemandangan di sini memang menakjubkan, walau kadang was2 sama si beruang2 hitam yang selalu kelaparan itu. Tungguin ya cerita tentang NY pas 9/11.

  5. ika Says:

    wah ton… indah banget.. jadi pingin ke sana nih

    Gak nyesel Mbak. Ini tujuan turis yang relatif murah walau harus naik mobil lima jam.🙂

  6. therry Says:

    Kok saya lebih penasaran sama pic yang ke 2. Itu jejaka di gambar ke dua siapa om?

    Kenalin dong😀

    Hi hi hi, waktu masih muda boleh juga ya Therry.🙂

  7. bonnie2405 Says:

    cantik..semoga tetap ada keindahan ini kalau pas dapat visa untuk bisa berkunjung ke Amrik🙂

    Semoga bisa menikmati kemegahan alam di Yosemite.🙂

  8. Chocoholic Says:

    @therry: jejaka? hahahahhahahhah

    Iya tuh Rim, masa jejaka, kita kan masih ABG😀

  9. Elyani Says:

    @Therry: duh Toni umurnya beda dikitlah sama daku. Jangan dipanggil oom dong…kasian..kayak Oom..Oom:D Aslinya beda2 tipislah sama Jason Tejakusuma atau Arif Suditama😉 bener gak Ton?

    Lewat Jason dengan Arif …😀

  10. therry Says:

    @Rim:

    Masih bagus jejaka, masakan perjaka?

    @Ely:

    Wah jadi manggilnya apa dong? Masa kk? Hi3x…

  11. ecky Says:

    @ Therry: Kalo kamu kesana dapet bonus jejaka yang di foto no 2 itu untuk foto-foto, dijamin hasilnya keren abis😀

    Uhuch, dah dikirim ya foto2nya.🙂

  12. agung Says:

    Kalau mau lihat pemandangan bagus gak usah jauh2 di bondowoso di kec. cermi desa jireg wah di sono wapih tenan tapiii? lho gak bisa soping sayang dong dan juga di jember di watu ulo dan dr sono lho naik prahu ke nusa barong tapiii? lho harus bawa bekel dan lansung ke rowo cangak asik deh goa bawa beberapa teman skolah dr londo cicilia mereka menagis saking senangnya gila gak itu smua punya kita orang indonesia swaardswal heidelberg di jerman gak ada apa2nye coba deh.
    Slamat mencoba salam dari negri kincir angin

  13. iwan Says:

    Hahahaha aku baru ABG anak baru gendut
    Matahari merindukan kegelapan, bitang2 susah tuk berkedip,
    Air lautan tak bertepian, gunung pun slalu indah di lihat dari ke jauhan
    salam persahabatan

  14. iwan Says:

    Mas Agung gimana budhagong.com nya kapan mulai kasih korting dong??? goa ada interes nicht ngomong2 cuma di pasarkan di eropa apa juga di indonesia krn yg buddha to buddha.com harga eropa.
    Goa sih mau kwalitas dan kondisi eropa tapi harga jawa bisa nnnngak dan garansinya tdk sampe pintu hihihi bercanda nicht and alamat emailnya kok di ganti yahoo sakarang dulu kan budhagong@live.nl pasti takut bayar pajak di blanda karena dengar2 di blanda harus bayar pajak 35procent ya ngak? jagn marah dong? orang yg cepat marah cepat tua salam nusa dua bali clief cendana famili

  15. agung Says:

    Yaya! maaan!! mas Iwan masalah korting jgn kawatir, yg penting berapa pc lho mau beli, dan atur2 lah dgn maneg AA goa, enter lagi januari banyak barang dan model2 baru don’t worry man kita kan sama wong indo ya ngak? slama bisa di kompromi dtk masalah
    Okelah salam tuk saudara2 di indonesia salam dr negri bunga tulip
    Agung

Comments are closed.


%d bloggers like this: