Sweet sour fish stew = pindang ikan patin

Seharian di kantor mengurus budget tahunan yang nolnya banyak pasti membuat bete. Math is not my department, jadi mending kabur ke supermarket dekat kantor dan belanja bahan masakan. Iya, kadang2 saya masak sendiri, sedikit keterampilan yang diperoleh karena lama nge-kost. Kebiasaan yang dibawa hingga sekarang kalau masakan catering agak menjemukan. Mari kita memasak.

Sudah lama tidak menikmati masakan pindang ikan patin, bahasa kerennya sweet sour fish stew. Ini salah satu kuliner dari Palembang yang terkenal selain pempek. Resepnya banyak bertebaran di internet, saya dapat dari sini atau ini. Kadang memasak itu punya seni tersendiri. Bahan dan bumbu boleh sama sesuai dengan resep dari buku, tapi rasanya akan berbeda karena masing2 punya selera sendiri. Jadi saya sih pake feeling saja saat tahapan akhir mencampur gula, garam, asam/cuka. Selama ini sih OK, walau anak saya enggan memakannya dan lebih memilih happy meals.๐Ÿ™‚

Menyiapkan bumbu adalah tahapan yang paling menyebalkan apalagi blender lagi ngadat. Jadi harus rela mengolah bumbu hingga halus dengan tangan sampe pegel. Sebelumnya ikan dibersihkan diberi perasan limau untuk menghilangkan bau amis, cukup 15 menit. Selanjutnya didihkan air, masukan bumbu halus, daun salam, sereh, dan ikan patin yang malang itu. Aduk2 sebentar, tambah gula, asam, sedikit kecap dan aroma harum mulai tercium, menggiurkan. Jadilah semangkuk pindang patin ini, tapi jangan tanya rasanya ya. It’s only taste good for me.๐Ÿ˜€

Tags: ,

20 Responses to “Sweet sour fish stew = pindang ikan patin”

  1. the writer Says:

    That definitely looks great, mas. Didn’t know that you could cook. I learned to cook when I moved here two years ago and started enjoying it๐Ÿ™‚

    Thank you, at least I can eat it๐Ÿ˜€ . It’s fun activity indeed, so bear with me with next amateurish foods and cookies from my kitchen.๐Ÿ™‚

  2. elyani Says:

    Toni,

    Lain kali kalau masak pindang ikan patin, undang2 ya๐Ÿ™‚ Biasanya suka beli di Sari Sanjaya (rumah makan Palembang dekat2 sini) dan minta cabe rawit merahnya lebihan dikit, karena saya senangnya kerasa pedas, asem, asin dan manisnya. Harus sampai berkeringat , baru mantap๐Ÿ™‚

    Sebaliknya juga, kalau buat kue2 telepon2 ya.๐Ÿ™‚ Bener El, makannya harus sampe berkeringat, extra pedas, baru top deh pindangnya.

  3. Chocoholic Says:

    duh kayanya enak banget nih.. tapi aku gak doyan ikan.. jadi gimana dong??
    tapi sumpah, keliatannya enak, sampe perutnya keroncongan gini..๐Ÿ˜›

    Asyik sih Rim, makannya bisa sampe ngos2an karena pedes๐Ÿ˜€

  4. therry Says:

    Adopsi saya dong hahahahaha… nyammm

    Nyesel nanti, g bawel๐Ÿ˜€

  5. Finally Woken Says:

    Aduh jadi pengen makan ikan patin. Yang beginian ga ada di Scotland. Yumm…

    Hi hi hi, kadang Mbak, ngebayangin masakan Padang di luar negeri saja bisa menahan air liur. Salam๐Ÿ™‚

  6. treestyara Says:

    Bisa dicoba ni….
    Ga bisa bayangin, mas Toni meracik semuanya sendiri..apa iya?

    Saya memang penuh misteri dan kejutan Mbak๐Ÿ˜€

  7. Ecky Says:

    Halo, salam kenal.. saya banyak mendengar crita ttn Mas Toni dari Elyani, Anita & Therry, maklum abis kopi darat kemaren.

    Wah fotonya bagus2 banget Mas, walopun saya gak terlalu suka ikan tapi ngebayangin asem pedesnya udah langsung laper nih๐Ÿ™‚

    Dear Ecky salam kenal juga. Semoga mereka tidak menceritakan kebiasaan jelek saya “dancing on the table when I’m drunk”๐Ÿ˜€
    Foto2nya sengaja agak dibagusin untuk menyembunyikan rasa masakan sebenarnya๐Ÿ™‚
    Nice to know you Ecky. All the best.

  8. Joice Says:

    Ton..kayaknya kamu harus ke rumahku deh..bawa anak2 dan istrimu..jadi sambil kamu bekerja,mereka main2 di rumah kami.Kayaknya kami perlu foto keluarga yang baru..

    Duuh Djoice, anak gue satu deh. Nanti orang2 nyangka gua mengikuti jejak para poligamer๐Ÿ˜€

  9. elyani Says:

    @Joice: hmmmm..anak2?๐Ÿ™‚ kayaknya Toni cuma punya satu puteri cantik yg dipanggil Nona aka Farah. Kalaupun ada adik2nya ya boneka Barbienya Nona๐Ÿ™‚

    Thanks El atas konfirmasinya. Teman SMA ku ini memang belum pernah ketemu sejak kami lulus.๐Ÿ˜€

  10. Joice Says:

    Ralat ya..buat semua..Toni putrinya cuma satu..tadi sore saya udah diancam…:D

  11. arfi Says:

    ahhh pindang ini sudah lama sekali tidak mampir di lidah dan perut saya mas Toni๐Ÿ™‚ lapar nih!

    Thanks Mbak, tapi blog “homemades” nya benar2 asyik banget buat saya belajar lebih jauh keterampilan ini, inspiring๐Ÿ™‚

  12. Rusman Says:

    Ass Wr….well selain penikmat kopi ternyata mas toni jago juga buat pindang ikan..:-),kalo pal-ik (Pala ikan) bisa khan mas…boleh juga tuh resepnya….

    btw: kapan ada hunting ke daerah banten…

    Rusman

    Nuhun Kang rusman. Nanti di japri kalau mau ke Banten ya. Saya pengen sekali ke Kampung Baduy.

  13. devi Says:

    mas toni ternyata multi talent ya… saya dibagi resep sweet sour fish stew-nya donk…sy cari resep ini udah lama lho, ndak dapet-dapet.

    Gak lah, cuma sekali-kali. Linknya tinggal di klik di postingannya mbak, atau di sini . Selamat masak๐Ÿ™‚

  14. Rusman Says:

    ok..mas toni, tak tunggu deh kalo amo ke hunting ke baduynya kebetulan saya dah pernah kesana dan juga saya punya temen yg juga jaro disana…insya allah nanti tak kenalin sekalian…
    oh yah email mas toni apanya..?? ada sedikit oleh-oleh waktu ke baduy euiy..

    salam

    Rusman

    Hatur nuhun Kang, silakan email ke toni_wahid@yahoo.com. Diantos๐Ÿ™‚

  15. novi Says:

    wahhhh ini mah masakan favorit saya, tapi biarpun udh 4 thn tinggal di Jambi saya kok gak bisa2 ya masak pindang patin?…..hehehehe,salut ih mas bisa masak pindang patin….bisa paketin ke Jambi gak?..hehehehe

    Lumayan lah rasanya asem2 pedes. Thanks for the compliment, btw.๐Ÿ™‚

  16. infogue Says:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/sweet_sour_fish_stew_pindang_ikan_patin

  17. aNdRa Says:

    Pindangnya warna merah banget tho mas? Selera kami dirumah kalo bikin pindang patin ini, mirip2 ama sayur asem sih bumbunya, pakai irisan tomat, tapi cabe merah dipotong agak besar, dan cabe rawit hijau dibiarkan utuh (buang tangkai aja). Kalau bisa nemu belimbing wuluh, lebih segar lagi. Coba deh…versi lain dari pindang patin…hehehe.. Oh ya ini mas pake daun kemangi ya..boljug tuh dicoba..aku biasanya gak pake kemangi.

    Thanks Dra, emang tergantung selera sih. Tipsnya boleh juga di coba nanti. Pake deh kemangi, ini penyedap yang luar biasa.๐Ÿ™‚

  18. nina Says:

    dari gambarnya kelihatan enak aku juga suka makan ikan menyehatkan

  19. desy Says:

    wah…. jd pgn balik palembang nih…
    n makan pindang patin buatan nenek…..
    kalo liat gambar n bahan2na, sama tuh…
    salam kenal

  20. nurhiqmah Says:

    allhamdulillah suami muji bgt pindang patin buatan sy yg pertama,sy jg ngira2 ternyata hasil uenak kt suami sy,gk tau dh yg lain,rasa asam itu boleh pake jeruk lemon gk?

    Boleh diambahkan sesuai selera tentunya. Salam.

Comments are closed.


