La vita è bella

Sayang kegiatan Ospek atau berbagai acara inisiasi di sekolah2 sudah banyak dilarang gara2 aktivitas yang kelewat batas. Saat di SMA/SMU ini acara yang selalu dinantikan untuk mencari “mangsa” baru memanfaatkan kepolosan anak2 SMP yang baru lulus. Sekolah saya di SMA 7 Bandung yang terkenal jago basket tapi tukang berantem, ospek dilakukan secara serentak. Acara masa orientasinya terkenal agak aneh dan rada2 gila karena alumninya selalu kompak dan punya hobi sama, mempermalukan anak baru termasuk saya. Ini masa keemasan karena masa orientasi itu bisa fun, tapi ya tetap … dipermalukan. Ini daftar kegilaan ospek di era kami plus berbagai aktivitas aneh :

  1. Hukuman yang paling ditakuti adalah menghitung luas lapangan basket dengan pentul korek api. Silakan dibayangkan berapa lama waktu yang dihabiskan anak baru menghitung sebuah lapangan yang berukuran sekitar 28x15m.
  2. Menyanyanyikan lagu dangdut tapi harus menggunakan bahasa Inggris. Misalnya lagu Mandi Madu dari Elvi Sukaesih diterjemahkan menjadi “wet, wet, all over my body, dst”. Ngaco ? Biarin aja kan namanya juga hiburan buat para senior yang begitu berbahagia melihat adik kelasnya sudah bisa jadi arranger musik.
  3. Dulu di Bandung saat lampu merah menyala pasti diiringi oleh lagu Halo Halo Bandung. Salah satu ide kreatif panitia adalah menyuruh empat orang anak baru menyanyikan lagu tersebut dengan semangat, yang satu jadi dirigen. Lumayan jadi hiburan gratis orang2 yang lewat, tapi malunya jangan tanya deh.
  4. Menaiki patung harimau di sebuah bundaran dan berlagak jadi koboi rodeo. Walau melanggar ketertiban kadang dibiarkan oleh petugas yang malah tertawa terbahak dengan kegiatan konyol ini.
  5. Mencatat harga dan merek underwear perempuan di sebuah supermarket sampai dicurigai sama satpam karena dianggap fetish.🙂
  6. Harus bisa menghafal tulisan di korek api jadul yang warna kuning itu. Banyak yang komat kamit menghafal sepanjang malam walau akhirnya pasrah karena ya memang susah.
  7. Disuruh membawa gas. Percayalah seperti adegan di film Warkop dulu, ada teman yang membawa tabung gas puluhan kilo demi mengindari hukuman para senior. Go figure !
  8. Salah satu lagu kebangsaan adalah kombinasi lagu Halo2 bandung dengan Gundul2 Pacul. Nyanyiannya : Halo halo Bandung dung, gembelengan …

Karena SMA ini terkenal tukang berkelahi kadang kedatangan kami ke sekolah lain sering disalah artikan. Sebuah SMA ngetop di Bandung menutup pintunya rapat2 dan menyuruh semua anak yang sedang jajan di luar untuk masuk karena kedatangan rombongan dari sekolah kami. Disangkanya mau ngajak tawuran pahal kami sekedar mau jajan bakso yang memang enak di SMA itu. Geli banget deh.

Kegiatan dan pretasi sepektakuler lain setelah jadi siswa :

  1. Loncat jendela kelas untuk menghindari pelajaran mumet
  2. Pura2 menghafal buku kimia, di dalamnya novel ngeres seperti Nick Carter.
  3. Mulai hobi foto gara2 kesengsem sama kakak kelas. Saat orangnya difoto hasilnya hitam sebagian karena kesalahan mengatur speed di kamera dengan lampu kilat. Gagal bro😦
  4. Rangking 53 dari 56 siswa karena sering bolos. Disangka nyogok sama teman2 karena bisa masuk universita negeri. Ah dasar iri kalian.

Akhir kata, kalau bisa memilih waktu ke belakang, sudah pasti masa SMA. Indah, konyol, seru, tapi sedikit banyak mempengaruhi cara pandang tentang kehidupan. La vita è bella, bahwa hidup itu indah kalau kita menjalaninya tanpa beban. Seperti di SMA.

Salam

Note : Tagged by Therry, Age that I wish to go back to, for all my dearest blogger friends aka my small giggling circle that keeps blogging a zillion funs.

Tags: , , , ,

12 Responses to “La vita è bella”

  1. Elyani Says:

    Kalau jaman saya

    1. Disuruh cari korek api yg ada cap duren 3. Sampai klenger juga gak bakal ketemu kecuali digambar sendiri.

    2. Disuruh menghitung tahi lalat di wajah kakak senior yg paling galak. Lha gimana dong? baru nengok aja udah dipelototin, mana sempat ngitungin tahi lalatnya satu2?

    Ngomong2 soal Nick Carter, kayaknya Therry belum beredar pas novel itu keluar..hehehe! Jaman saya sih udah ada…ikut baca juga!! LOL!🙂

    Korek api saya juga pernah, tapi kalau disuruh ngitung jerawat sih belum. Akal2an senior El, seleksi calon pasangan.🙂
    Nick Carter dan satu lagi novel stensilan karangan Enny Arrow. Duuh geli banget kalau ingat El.😀

  2. treestyara Says:

    Perploncoan dua tahun yang lalu,masih ada permintaan aneh-aneh dari senior, seperti harus membawa indomie rasa strawbery..mana ada? akhirnya memang harus kreatif dengan menempelkan kertas bertuliskan rasa strawbery yang menutup tulisan rasa ayam bawang, atau disuruh mencari semut sepasang dan harus bisa membedakan mana semut jantan dan mana semut betina…
    Btw, ada pertanyaan ni mas, di foto itu, mas Toni yang mana?

    Yup, memang harus kreatif walau tetep aja nanti dicari alasan untuk menyalahkan. Saya yang …😀

  3. Elyani Says:

    @treestyara: kalau lihat dari tampilan kayaknya Mas Ton ketiga dari kanan yg tangan-nya sedakep🙂 hayoooo..yg punya foto mana nih?

    Nanti saja kalau sudah kopdar😀

  4. treestyara Says:

    @elyani: kayaknya iya ya mbak…hahahaha…yang punya foto ga berani komentar mbak

    😀😀😀

  5. uwiuw Says:

    akhirnya kakang seniorku di sma 7 jadi juga posting soal masa itu…ternyata prestasi kita mirip juga. sy rengking ke 17 dari 18 siswa (maklum kelas bahasa)

    ….jadi pengen nongkrong di mang adang, tepat di depan gerbang 7.

    Hebat bakawan, ternyata yang rangking bawah toh setidaknya bisa jadi blogger kan ?😀 Nongkrong di warung terus “darmaji” pasti tahu lah istilah ini. Salam

  6. Chocoholic Says:

    duh mas, jadi inget masa ploncoan saya dulu.. memang fun banget.. tapi kenapa yang skrg2 ini kok jadi sadis ya? kalo jaman dulu lucu, kita takut sama senior tapi tidak takut digampar.. takut kita jaman dulu takut hormat dan kagum…
    nostalgia dulu ah…

    Sangat fun dan tidak terlupakan ya Rima. Jaman sekarang sih pada di abuse dan sudah gak lucu 😦 Senior perempuan sih mana mau di lirik🙂

  7. uwiuw Says:

    hehehe dan sama juga kayak akang: masuk negeri dan membuat orang juga iri. Bandel ngak berarti bodoh, khan ?

    Darmaji = dahar lima ngaku hiji…melakukan ini di warung mang adang ? mau digebukin! hahahah jadi inget masa sma dulu. Sma 7 emang beda.

    Bandel=kreatif+pinter😀😀 , Sekali-kali pernah berhenti di depan sekolah, rasanya gimana gitu.😦

  8. wong-cilik Says:

    kalo saya dulu cuman ada penataran P4…baris berbaris…sama nyanyi lagu2 daerah bareng2 di kelas…agak garing sih, tapi enak ngga ngerepotin… :p

    Yang lain sik OK, tapi bagian penataran bosen ya ?🙂

  9. Joice Says:

    Ya..ampun Ton.kayanya..2 minggu ke belakang ini..ada roh yang merasuki anak2 sekelas kita SMAN 7 angkatan 87, keluarnya.. bayangin aja..dimulai Minggu kemarin 20 Juli saya ke undangan teman kuliah, tiba2 ketika saya nengok ke belakang..ya ampun..kok rasanya kenal..maklum 21 tahun lalu bo..saya bilang Yayat..trus saya koreksi ..Dadang nya..Ha..ha..ha..
    Apa kabar Jo katanya..waduh kangen banget jadinya sama anak2 SMA..ya udahlah Ton selanjutnya baca di Blog ku aja nanti..2 hari kemudian ketemu eris dan poni, terus tel kamu..dan saya lihat foto2 teman kita kamu posting tgl 15 juli..lengkaplah roh SMA7 menyebar…I’m Glad to have you all…

    Senang akhirnya menemukan blog ini. Roh SMA ini memang lagi penasaran untuk menghantui semua alumnusnya😀 Sok atuh dikabarin ya kalau mau reuni.

  10. therry Says:

    Hmm.. jadi merasa tertinggal secara nggak pernah ngalamin yang namanya ospek waktu SMA. Kalau SMP sih pernah he3x…

    Nick Carter? Setau gw dia salah satu personel Backstreet Boys!! Coba aja di Google kalo gak percaya… hayoooo yang nggak gaul siapa neh huahaha😛

    Ternyata lebih duluan nih ndalemi yang ginian😀

  11. Ria Says:

    Hahaha… lucu, denger denger anak bandung terkenal paling jail🙂
    waktu masuk SMA dulu juga pernah disuruh bikin peyek ikan teri, tapi ikan terinya harus berdiri sama bikin telor mata sapi pake telor puyuh dan kuning telornya ga boleh pecah harus bulat ^-^

  12. Dedeh Says:

    Ton.. mana sih foto-foto kita waktu reuni tanggal 26 agustus kemaren.. ?jadi kepengen reuni terus ya.. walau telat selamat menunaikan ibadah puasa ya…
    Dedeh gitu lohh..

    Di Multiply Deh, udah di upload tuh. Emang SMA mah indah atuh. Selamat puasa juga (jangan batal ya🙂 )

Comments are closed.


%d bloggers like this: