Ketemu hantu di hotel

Hotel selalu penuh pesona dengan berbagai cerita hantu. Bapak saya bilang jangan percaya dengan hantu karena di koran sekelas Pos Kota pun belum pernah ada berita seseorang mati dicekik dedemit. Ia benar, makanya saya percaya sama adagium ini.

Sayangnya, karena masa kanak2 dulu yang begitu nge-fans sama Nyai Roro Kidul yang diperankan mbak Suzana plus film2 mistis yang sering ditonton di bioskop misbar (gerimis ya bubar) di Bandung, membentuk mind set yang ngaco tentang eksistensi mahluk ini. Lagi pula orang tua dulu punya cara kreatif agar anak nurut, cukup takuti dengan kisah kuntilanak yang keluar saat senja agar mereka cepat pulang di sore hari. Ketakutan yang sifatnya sangat tidak rasional ini justru sering mengganggu terutama saat malam hari, di hotel, sendirian dan entah kenapa bayangan setan dan para tetangganya sering menggoda di saat yang tidak tepat itu.

Salah satu ritual kalau masuk ke kamar hotel adalah membuka tirai di bathtub (siapa tahu ada orang iseng lagi ngumpet🙂 )  Lucunya, bukan hanya saya, banyak juga kolega yang berpikiran sama. Anda ?

Saat menginap di sebuah hotel di kota Bogor, ranjang teman saya bergoyang tanpa sebab untuk beberapa detik, kejadiannya selalu pas tengah malam. Kolega yang lain, saat kamarnya digelapkan bisa melihat bayangan orang melintas di bawah pintu. Saat bayangan itu berhenti di depan pintu kamarnya,  tidak ada seorang mahluk pun saat di lihat di lubang intip. Boleh percaya atau tidak, yang pasti cerita2 membuat kami heboh.

Orang boleh mengklaim pernah punya pengalaman dengan mahluk halus. Masalahnya belum ada satupun bukti yang meyakinkan bahwa mahluk ini ada. MSNBC pernah melaporkan sebuah jajak pendapat di Amerika dan menemukan fakta bahwa 1 dari 3 orang di sana mempercayai adanya hantu, dan banyak mengklaim sudah “say hello” dengan mereka. Studi ini dilakukan oleh The Baylor Religious Survey di tahun 2006 dengan hasil sebagai berikut :

  • 75% percaya kepada pengobatan alternatif
  • 52% percaya bahwa mimpi bisa menjadi wangsit
  • 37% percaya bahwa ada tempat2 yang dihuni hantu
  • 25% percaya kepada UFO
  • 18% percaya suatu saat Lochness dan Big Foot akan ditemukan
  • 13% percaya kepada ramalan bintang, tarot, dan peramal

Menarik bukan ? Foklorist dari  Amerika  Wayland Debs Hand menyatakan bahwa kepercayaan akan hal2 supranatural merupakan bagian dari budaya setiap masyarakat di dunia.  Kita belum pernah mengadakan survey senis, tapi dengan masyarakat yang tingkat pendidikannya masih di bawah Amerika, mungkin hasilnya jauh lebih “menarik”. Keris, jimat, mantra2, kembang 7 rupa, kemenyan, dupa, dan berbagai pamali, sering digunakan sebagai medium untuk berkomunikasi dengan kekuatan “luar” sekaligus meminta perlindungan terhadap segala bentuk hantu dan para saudaranya.

Boleh tidak percaya dengan semua itu, tapi saya yakin bahwa hampir semua orang pernah mengalami ketakutan terhadap hal2 supranatural tanpa alasan jelas. Mayoritas dari kita juga mungkin meyakini bahwa hantu itu mungkin hanya khayalan belaka karena sekali lagi belum pernah ada satupun media massa yang memberitakan kasus pembunuhan dan tersangka utamanya adalah sang hantu.   

Salam.

 

 

 

 

 

 

Tags: , , , ,

22 Responses to “Ketemu hantu di hotel”

  1. Elyani Says:

    Mas Toni,

    Ketika tinggal di asrama sekolah dulu (awal 80’an) paling sebal kalau harus ke toilet malam2. Mana letaknya jauh, ada pepohonan lagi. Bila angin bertiup dan daun2 itu bergoyang, aduh rasanya bulu kuduk ikut merinding. Belum lagi jaman dulu lampu WC kebanyakan pakai boklam dan yg sinarnya agak redup pula! Tetapi karena yg namanya pipis gak bisa ditahan lama2, ya akhirnya pergilah saya ke toilet tanpa memakai kaca mata dengan harapan kalau ada hantu, pasti saya gak bisa lihat! hahaha… Teman saya yg penakut sampai beli ember plastik kecil supaya gak usah jauh2 ke toilet kalau kebelet pipis di malam hari!🙂 Untung sampai hari ini saya belum pernah bertemu dengan yang namanya hantu, kuntilanak dan teman2nya. Mudah2an jangan sampai ya!

    Hi hi hi, ember plastik buat kebelet memang ide bagus kalau lagi darurat

  2. Rafki RS Says:

    Dulu setiap ada cerita rumah hantu, jembatan berhantu, dsb, saya selalu berusaha membuktikannya sendirian mendatangi tempat yang diceritakan tersebut. Tapi tak pernah jumpa dengan yang nama makluk halus, dedemit, kuntilanak, hantu atau apapun namanya itu.
    Menurut saya, hantu itu tercipta dari dalam fikiran bukan dari luar. Artinya ketika ketakutan, mulailah fikiran memproyeksikan gambaran-gambaran menakutkan itu menjadi kenyataan.

    Hi Rafki, saya sependapat bahwa alam pikiran bawah sadar kita yang punya peranan besar dalam masalah perjurigan ini. Thanks udah mampir.

  3. Edwin Maolana Says:

    Saya mempercayai mahkluk halus yang dinamakan Jin. Memang Jin itu bisa menampakan diri dan bisa “usil” dengan manusia dalam kondisi tertentu menyerupai apa yang di inginkan, nah yang usil dan menggoda manusa ini nih yang dinamakan Setan dan sang Jendral yang bernama Iblis. Sebenarnya mereka itu kalo “adu-aduan” dengan kita takut juga menampakan diri.

    Nah yang namanya Hantu dalam bahasa Indonesia yang digambarkan macam-macam di Media memang bisa saja ditiru bentuknya oleh “mereka”.

    Kadang-kadang kita bisa merasakan kehadirannya, misal tiba-tiba “bulu kuduk” berdiri di suatu tempat atau seperti ada orang disamping kita padahal tidak ada. Saya pernah mengalaminya. Tapi saya Mah.. berdoa aja dan berlindung kepada Nya. Toh dia juga mahkluk ciptaanNya juga…

    Kalo di hotel Alhamudulillah ga’ pernah mengalami hal-hal yang aneh. Yang penting ya.. berdoa saja sih.. demikian komentar saya.

    Kalau saya sih memang merinding dan tiba2 jadi sunyi senyap. Berdo’a adalah satu2nya jalan, tapi pikiran kadang susah diajak kompromi.🙂

  4. therry Says:

    Haha. Jadi inget pengalaman pas saya SMP dulu; secara serempak di siang hari bolong dimana kami lagi suntuk2nya mendalami pelajaran Matematika, tiba-tiba terdengar teriakan2 dan kepanikan dari kelas A (saya kelas 3C).

    Ternyata sekitar tujuh perempuan dari kelas A semuanya kesurupan. Sebabnya? Mereka iseng main Jalangkung. Ada yang mencoba lompat ke bawah (kelas saya di lantai 3), ada yang sebegitu kuatnya sampai2 kakinya diduduki oleh teman saya yang cowok pun masih bisa mengangkat kakinya (dan badan teman saya itu tentunya.)

    Yang kocak, teman saya, anggap saja si B malah ngajak ngomong teman perempuannya yang lagi kesurupan itu, alias ngajak ngomong Setan, alias S.

    B: “Kamu kenapa kok masukin badan orang?”

    S: “Saya suka orang yang pikirannya melayang-layang..”

    B: “Ohh kalau gitu kenapa nggak masukin badan pramugari aja …”

    S: “Ha..ha.. ha.. kamu lucu sekali…”

    Gokil!!! lol

    Main Jelangkung emang asyik, tapi berabe kalau penghuninnya gak mau keluar dan itu juga pernah kejadian sehingga harus mendatangkan orang yang “bisa”. Kadang ada hal2 yang di luar jangkauan pikiran kita walau berusaha tidak mempercayainya. Thanks for sharing.

  5. letsgetluz Says:

    Saya sutradara film, bagaimana kalau pengalaman Anda ini dijadikan film dengan judul, say.. ‘Bangkitnya Dedemit Hotel’.

    Bagaimana, tertarik?😆 Kidding..

    Boleh, pemainnya Jaja Miharja ? Hi hi hi

  6. Kunti-cute Says:

    Dibelakang rmh saya ada gdung yg blm jd,tdny mw dbuat padepokan wayang golek,tp karena baru setengah jadi,jadi gak ditempatin!
    Nah..wkt itu sekitar jam 11.30 malam saya mendengar suara orang nangis memilukan!stlh itu,be2rapa hr kmdian,ttga2ku jg dgr!

  7. SAYA MELIHAT SETAN Says:

    HANTU

  8. Foto hantu Says:

    makanya kalo masuk hotel baca do’a dulu biar gak di gangguin gitu :p

  9. treestyara Says:

    Anak bungsu saya memiliki indra keenam yang membuat dia mampu melihat ‘sesuatu’ yang tidak bisa dilihat orang lain. Sayangnya dia masih kecil (sekarang usianya 3 tahun, dia mulai bisa ‘melihat’ sejak usia 4 bulan) dan terganggu dengan kemampuan itu…jadinya saya yang kerepotan menghadapi kerewelan dia saat dia ‘melihat’ sesuatu. Senjata saya cuma membaca ayat kursi terus menerus sampai rewelnya hilang…

    Koq sama dengan anak saya waktu usianya baru 2 tahun. Saat lewat ke gudang dia melmbaikan tangan sambil tersenyum. Langsung saya tersentak dan menutup pintunya. Serem😦

  10. Elyani Says:

    Pengen ngerasa`in melihat hantu kaya apa ya? Tapi jangan yg serem2 kayak di film Sixth Sense-nya Bruce Willis🙂

    Yang gak ada wajahnya saya udah pernah tuh El.😦

  11. Anonymous Says:

    sik bez lalu bha citato…

  12. Ksurupan Says:

    Guwa prnah ngliat org k surupan eh mlah orng yg ksurupan ngomng”siapa luh?”guw bngung kn??!ngapaen dy nanya2 kye geto ama guw!

  13. mamek Says:

    hantu juga bs jd aktris/aktor, bisa maen pilem kyk jaelangkung, pocong, tuyul, sundel bolong dsb, bcanda. Tp yg pasti ktakutan=ktegangan bs djadikan uang.

  14. Rini Says:

    Gua ce gak pernah ngeliat hantu,tp jgn smpe ngeliat dech. . .Amit2 jabang bayik,cukup liat d gmbr j udh ckup

  15. Spidersky Says:

    Ngapain liat hantu beneran? Liat difilm aja udah teriak-teriak, apa lage liat nyang beneran. Mang berani

  16. hantu Says:

    aku pernah liat antu, tapi cuman di tipi doank, ngimpi di kejar kejar hantu juga pernah, tapi kalo ketemu hantu beneran blom pernah
    apa lagi di takut2in ma hantu
    hiiiiiiiiiiiiiiiiii

  17. Yenny Says:

    Haix. .hantu dhotel? tu kasur nya brgoyang2 gempa x. .hwh. .mungkin az. .hh0. .
    Aix. .Jgn mau dah. .Liad hntu,jauhin dah. .Ngeri amat lor. .liad pilm na aza uda tkt. .Haix

  18. pesugihan dan santet Says:

    wooooooii….kui buat mrinding cah…..ngeri..
    tapi gimana..”’ ada air bekas memandikan orang gila mati, otak bayi yang sengaja digugurkan, darah ular hitam dan darah gua sendiri”’.nyntet bozzz, brani!!

  19. wien Says:

    gw pernah d jar ama hantu,pas hantunya dkatin aku,gw pake jurus andalan:jurus seribu bayangan pusing deh hantunya heheheh….

  20. the writer Says:

    hotel di bogor? penasaran apa ini hotel yang sama ditempat temen saya melihat hantu😦 memang auranya ga jelas tuh hotel😦

    Pokoknya pinggir toll deket real estate pertama di Bogor. Ayooo dimana …. ?🙂

  21. Yoga Says:

    Dipinggir jalan di Lawang, Malang ada hotel tua peninggalan Belanda yang kabarnya full occupied oleh hantu. Ingin booking? mesti cek dulu, ruang untuk manusia masih ada ndak.😀

    Oh ya, ih serem ah🙂

  22. Ekha Says:

    hahaa ,,, Aku juga sering ngelihat kayak gituan , tapi cuaman biasanya hari jumat aja,,
    waktu itu skitar jam 6 pagi aku keruang tamu untuk buka jendela , entah kenapa aku membalikkan badan dan melihat hantu (kuntilanak) sedang berdiri dan membalikkan badannya. pertama aku gak takut kukira itu adikku. tapi setelah aku berpikir sejenak ternyata adikku masih tidur dikamarnya. aku membalikkan tubuhku ternyata hantu itu sudah tidak ada iiiihhhh serem banget dc . setelah itu aku cerita sama bunda katanya itu penghuni rumah . sebenarnya banyak lagi cerita hantu yang saya alami dirumah saya, ……. t

Comments are closed.


