Pesan Mazzer Mini di Merdeka Coffee

mazzer

Akhirnya setelah keluyuran sana sini saya ketemu dengan penyalur mesin penggiling kopi (coffee grinder) Mazzer Mini yakni di Merdeka Coffee (thanks buat thetoomuchcoffeeman yang sudah memberi tahu dealer alat ini). Pecinta kopi harus punya grinder yang bagus dan ini wajib. Mengapa ?

Karena sebagus apapun mesin kopi yang kita punyai, tapi jika tidak ditunjang oleh grinder (bahasa Italinya macinadosatore) yang memadai tidak akan pernah menghasilkan rasa kopi yang nendang. Dalam dunia audiophile (penggila audio), grinder bisa disamakan dengan sepasang speaker, dan mesin espresso adalah amplifiernya. Jadi pilih grinder dulu, baru mesin kopinya, bukan sebaliknya.

Lalu mengapa saya memilih Mazzer Mini ? Ini alasannya :

  1. Mazzer (nama lengkap perusahaannya adalah Mazzer Luigi S.R.L.) adalah produsen grinder terkemuka di dunia dan hanya khusus memproduksi penggiling kopi.
  2. Mayoritas review di dua situs kopi terkemuka Coffeegeek dan Home Barista, memberikan pujian atas kehandalan mesin ini.
  3. Selain untuk di rumah, Mazzer Mini banyak ditemukan di banyak cafe2 sebagai grinder yang melengkapi mesin espresso.
  4. Built like a tank alias tangguh dengan berat 10 kg
  5. Burr bukan blade (beda metode penggilingan bisa di lihat di sini) yang akan menghasilkan bubuk kopi yang konsisten.
  6. Kualitas tidak diragukan lagi karena itu Mazzer merupakan produk yang paling digemari di seluruh dunia.
  7. Punya fasilitas pengaturan halus -kasar kopi yang digiling (stepless grinding adjustment).

Pak Alun dari Merdeka Coffee menjanjikan grinder ini akan dikirim paling lambat sekitar dua bulan karena harus diimpor dari Itali. Metode pembayaran simpel saja, uang muka 50%, sisanya dibayar setelah barang datang.

Selain Mazzer Mini sebenarnya saya juga mengincar beberapa merek lain yang kualitasnya sejajar seperti : La Cimbali Junior Espresso Grinder atau Macap M4. Keduanya sama bagusnya dan memperoleh review bagus dari situs2 kopi.

Berminat juga ?

Tags: , ,

31 Responses to “Pesan Mazzer Mini di Merdeka Coffee”

  1. aaqq Says:

    harga pak?

    Mereka menawarkan 5.7 juta Mas, relatif sama dengan harga yang ada di internet. Saya kasih contact langsungnya ya : Alun Evans, 081585017747🙂

  2. thetoomuchcoffeeman Says:

    wah, jadi juga beli mazzer nya….bakalan jadi pro home barista nih Pak Toni…
    Mazzer cuma produksi grinder, so kalo produk mereka jelek berarti suicide🙂
    Macap soon will be available in Indonesia….
    have a nice brew Pak….

    • Ake Says:

      Mohon infonya di mana beli Macap pak. Menurut review mazzer dan macap se level alias dan masing2 punya kelebihan dan kekurangan. Tapi harga lebih murah macap, jadi itu gak cukup utk memotifasi saya membeli mazzer. Saya sudah hubungi pak alun, dia tidak punya macap, dan saya janji klo g ktemu macap saya ambil mazzer. Mohon info tempat jual macap pak. Makasih.

  3. endang Says:

    Saya tertarik untuk buka warung kopi kecil-kecilan. Bisa nggak bapak kasih tau dimana saya bisa belajar meracik kopi. Terima kasih.

    Mbak Endang, kalau berminat saya akan kenalkan dengan pihak2 yang bisa bantu ibu membuka usaha ini. Mereka bisa memberikan saran dari pembuatan business plan hingga eksekusi bisnis-nya. Salam🙂

  4. Gilman Says:

    saya juga mo ucapin selamat ya buat mesin barunya bakalan jadi barista yang profesional dong….
    kalo punya receipe yang bagus-bagus shareknowledgenya yaaa….
    thank yaaa..

    Thanks Ruli, nanti saya main lagi ke Caswell’s ya?🙂

  5. indra Says:

    saya juga kepingin buka warung kopi, mas toni.
    mau dong dibantu…
    sambil nunggu grinder dua bulan itu, dimana bisa numpang nggiling ya, mas?

    Ada beberapa orang yang bisa diajak konsultasi buat buka “warung kopi”. Kalau berminat silakan tinngalkan pesan di blog ini. Kalau giling kopi harus ekalian beli kopinya juga Mas. Biasanya saya ke Caswell di Kemang. Salam🙂

  6. kanel Says:

    Pak Toni… kebetulan akhir-akhir ini saya lagi research soal bisnis coffee shop ini… pengen coba-coba buka juga…

    boleh saya dikenalkan dengan beberapa orang yang bisa diajak untuk konsultasi pak apalagi kalau bisa dari business plan sampai eksekusi nya pak… akan sangat membantu sekali pasti.

    sebelumnya terima kasih pak.

  7. Ruhyana Says:

    Nampaknya banyak juga roasters Indonesia dan yang diperlukan adalah mesin kopi. Rasa kopi Indonesia yang dibuat espresso blend, cappuccino tidak kalah lho…dengan yang dibuat oleh orang Italia. Ini terbukti pada acara Triestespresso Expo di Trieste-Italia pada tahun 2006 dan 2008 setiap bulan November. Ada baiknya bila roaster Ind dan mereka yg akan buka warung kopi dpt menghadiri expo tsb utk melihat mesin kopi buatan Italy (seperti yang dicari Mas Toni merl Mazzer, Macap)dan produk Eropa serta asoserisnya, sekaligus pula mempromosikan kopi bean Indonesia. Adapula perusahaan kopi espresso Italia menawarkan pelatihan singkat. Merdeka Coffee (Alun dan Arlini) salah satu peserta pada expo yg digelar tgl 13-15 Novembr 2008, membawa kopi matang produk merdeka coffee dan dibuat espresso blend dan cappuccino n disajikan kepada pengunjung, disamping sebagai roasted ia juga agent dari mesin kopi produk CMA.

  8. anita Says:

    hello, aku juga minat buka usaha warung kopi, berapa harga mesin kopinya? kapasitas berapa, cara operasinya bgmn?

    thanx and regards

    nita

    Hi Nita, tergantung mau kapasitas yang berapa besar. Mesin kopi seharga 600 dolar, tapi itu yang buat rumahan. kalau yang buat cafe 1500 US$. Biasanya supplier akan memberikan training untuk setiap pembelian mesin dari mereka. Moga2 info ini bisa membantu.

  9. Adri Says:

    Pak Toni, saya tertarik untuk belajar mengenai kopi lebih mendalam dengan keinginan untuk memulai bisnis kopi. Apakah bapak tahu tempat pelatihan barista yang dapat saya ikuti? Dan kalau boleh tolong saya direfrensikan ke pihak2 yg dapat memberikan konsultasi mengenai usaha kopi yang bapak sebutkan. Terima kasih banyak.

    Barista itu tidak sulit dipelajari koq pak. Beli mesin profesional, banyak baca2 di internet dan langsung praktek sendiri. Kuasai dulu seninya membuat espresso hingga kalau nanti bisnis, at least bisa tahu “soul” sebuah kopi itu seperti apa. Konsultan kopi misalnya Pak Faisal dari Toffin Coffee, buka saja link-nya. Salam.

  10. yoke Says:

    Pak,Toni, saya mau mulai membuka usaha coffee shop , minta ilmunya donk pak toni beserta harga-harga mesin kopin dan tempat dimana saya bisa membelinya…,terimakasih

    Boleh, silakan email saya untuk pertanyaan spesifiknya. Nanti akan saya hubungkan dengan orang2 yang berkecimpung dengan dunia kopi termasuk beberapa supplier di Jakarta. Salam🙂

  11. etanol Says:

    Pak.. minta review perbandingan antara grinder Rocky dan mazzer mini ini, kenapa bapak memilih mazzer mini ?

    salam dari jogja… ^^

    sudah coba kopi arang angkringan stasiun tugu pak ? hehe… kopi tubruk dimasuki arang panas, kata Bondan Winarno “mak nyusss… ” mohon review kopi arang jogja yg terkenal itu, apa benar mak nyus ?

    Dua-duanya grinder yang bagus, tapi menurut pendapat saya Mazzer lebih tangguh dan reliable. Perusahaan ini hanya memproduksi grinder jadi mereka sangat khusus berkonsentrasi menghasilkan bubuk kopi sesuai dengan keinginan pengguna. Saya sudah menggunakan Rocky yang merupakan padanan dari Rancilio, hasilnya sama saja. Ini masalah selera koq🙂

    Kapan2 kalau ke Jogja saya coba kopi angkringan yang pasti mantap rasanya.

  12. etanol Says:

    Pak.. minta review comparison (Perbandingan) antara Grinder dengan blade (pisau) terbuat dari stainless steel dan ceramic, apa betul teknologi ceramic ini adalah teknologi baru di bidang grinder ?

    saya denger2 keunggulan keramik grinder hanya di suara nya pas nge-grind, lebih hening dibanding stainless steel..

    salam dari jogja ^^

    Saya belum coba teknologi keramik, tapi sepanjang yang saya tahu conical burr masih diunggulkan karena bisa menghasilkan bubuk kopi yang konsisten dan suara yang lebih senyap. Mazzer, Rancilio, dan beberapa merek lain menggunakan teknologi ini.

  13. nola Says:

    Pak Toni…
    kalo aku mau beli burr grinder yang harganya di bawah 1 juta (soalnya yang pake cuma aku sendiri, jd gak perlu yg besar bean containernya&tabungan cukupnya yg segituan soalnya masih sekolah, hehehe) enaknya yg merk apa ya??? bingung soalnya milihnya…trs kalo di indonesia belinya di mana ya(sukur2 di surabaya ada ;p )??? ya kalo disini nggak ada, yah nitip sodara..
    Biasanya aku sih minta di-grind-in di *bucks..tp berhubung aku brsan perang sama baristanya,jd males balik lg…thank’s

    Coba main ke Ace Hardware di bagian peralatan dapur, mereka menjual dua jenis coffee grinder, yaitu merek Krup dan Braun. Keduanya berharga di bawah 750 ribu.

  14. vdianwm Says:

    Salam kenal Pak..
    Kalau untuk usaha apakah modal 10 juta cukup untuk grinder & coffee machinenya? Atau kira-kira modal berapa yang cukup untuk membeli grinder & coffeenya sehingga dapat digunakan untuk usaha secara maksimal. Dimohon saran & infonya. Terima kasih.

    Untuk cafe kecil sudah memadai dengan penyajian kopi yang tidak terlalu sering. Kalau cafenya sudah rame, mesinnya harus diupgrade. Pilihannya bisa langsung beli mesin kelas pro yang harganya 25jutaan atau Rancilio Silvia yang di bawah 10 juta untuk cafe kecil.

  15. dika Says:

    maaf pak sebelumnya, nama saya dika di jogja
    saya baru akan membuka kedai kopi di jogja, kebetulan ini saya masih bingung sekiranya memakai mesin kopi yang jenis apa dan seharaga berapa untuk awal2 buka usaha. Lalu untuk suplier kopi juga boleh deh rekomendasi. Dan yang terakhri ada gak buku panduan atau contoh business plan dari awal persiapan mpe operasional kedai kopi nya nanti , coz saya cuman modal kemauan dan modal duit dari ortu hehehe, gak ada modal keahlian, trims

    dika-08562873843

    Hi Mas Dika. Coba bermain ke blog Cikopi saya. Ada beberapa posting tentang bisnis kopi dari kelas jalanan hingga di cafe. Tinggalkan comment kalau ada pertanyaan. Pada dasarnya kopi alat pembuat kopi itu banyak : moka pot, french press, vietnam drip, hingga yang canggih seperti mesin espresso. Apapaun alatnya, yang penting harus didasari akan “passion” terhadap kopi. Akan beda hasilnya bisnis ini bila memang mencintai kopi.🙂

  16. Hatta Says:

    Salam Kenal Pak Toni

    Saya ingin tanya mengenai merek
    1. open untuk memasak kopi diatas 20kg,dan
    2. mesin penggilingnya
    kalu bisa saya minta spesipikasi mengenai kedua alat tersebut.
    Terima Kasih atas bantuanya

    Masadepan Cerah untuk kopi.
    wasalam…

    Salam kenal juga Pak Hatta …
    Sayang saya tidak punya pengetahun mengenai proses roasting, jadi tidak bisa membantu untuk pertanyaan di atas.

  17. Pambudi Wiyono Says:

    Salam Pak Toni,
    saya kesulitan mendapatkan mesin espresso sama grindernya. budget saya 10.jt apa bisa dibantu?

    Salam kenal Pak Pambudi. Kalau mau mencari grinder dan mesin kopi salah satu distributor yang bisa dihubungi adalah PT Bahana Genta Viktory, Jl. KH Hasyim Asyhari ID, Tel. 0062 21 6386 4152/4153.

  18. rama3i Says:

    @Etanol
    Coba jawab pak…

    Perbedaan mendasar antara blade dan burr grinder adalah hasilnya. Burr grinder memberikan hasil yang seragam. Sedangkan blade grinder tidak. Kalau anda membuat segelas espresso, tentunya keseragaman bubuk kopi adalah salah satu aspek yang wajib diperhatikan bukan🙂

    Yang kedua, perbedaan mendasar antara ceramic burr grinder dan Stainless steel burr grinder adalah heat resistance. Dalam pemakaian komersil, pemakaian grinder yang sering akan menghasilkan panas. Nha, ceramic burr memiliki heat resistance yang baik, sehingga dia tidak cepat panas. Panas akan mempengaruhi kopi yang tersimpan di bean hopper (kalau kopi disimpan disitu se :P).

  19. Santi Says:

    Dear pak Toni,

    Saya sangat suka sekali minum kopi, ada niatan untuk membuka cafe kopi, apakah ada pelatihan singkat yang bisa saya ikuti untuk bisa meracik kopi yang mantap.

    terima kasih atas informasi nya.

    • wahyu Says:

      klo mau tahu training ama price list Coffee machine bisa contact ke : wahyu, 0852 30144861 didaerah surabaya.

  20. Benny Says:

    Saya tertarik sekali membaca artikel Bapak. Saya di Surabaya, dan sangat ingin membuka kedai kopi.
    Barangkali Bapak punya informasi orang yang mau menuntun proses pembuatan kopi tersebut ? Saya mau belajar dulu. Terima kasih.

    • wahyu Says:

      klo mau tahu training ama price list Coffee machine bisa contact ke : wahyu, 0852 30144861 didaerah surabaya dan sekitarnya.

  21. anang Says:

    pak tony tolong email saya dimana ada pelatihan cara pembuatan atau resep2 minuman yg serba kopi, dimana membeli mesin mesinnya, soalnya saya pengen buka kafe tapi masih belum tahu semuanya, ada gak pelatihan yang bisa ngajarin saya dari nol, ditunggu bgt blsannya ya pak,..thx bgt

    • wahyu Says:

      klo mau tahu training ama price list Coffee machine bisa contact ke : wahyu, 0852 30144861 didaerah jawa timur dan sekitarnya.

  22. Helen Says:

    Hallo Pak Tony, salam kenal. Pertanyaan saya juga hampir sama dengan kebanyakan rekan yang lain. Saya punya rencana buka coffee shop, tapi masih buta sama sekali dgn proses pembuatan kopi. Taunya cuma kopi instan yg kl buat pun sering keenceran krn pake mug gede.Tapi saya tertarik bgt dengan dunia kopi, karena menurut saya potensinya gede untuk dikembangkan.Apalagi daerah saya penghasil biji kopi.Banyak yg berduit krn bisnis biji kopi. Well ada masukan buat saya tempat untuk belajar tentang perkopian?Pls help🙂 , thanks.

    Bisa hubungi Caswell’s kopi di daerah Kemang Jakarta atau
    http://www.toffinproduct.com/inside/index.php

  23. budi wijaya Says:

    Pak Tony, Mazzer Mini ada varian yang doserless gak yah?
    Soalnya kalo yg ada sekarang kopinya banyak numpuk di dalam doser dan rada repot nih ngeluarinnya. Maklum dipakenya buat rumahan, jadi volumenya hanya untuk sendiri ato berdua.
    Atau pak Toni mau bagi tricknya, supaya kopi gak terlalu banyak terbuang.
    Thanks.

  24. Helmi Says:

    Salam kenal Pak Tony.
    Terima kasih, banyak ilmu yg saya pelajari dari blog Anda.

  25. Debby Says:

    Banyak sekali info yg sangat berguna bagi saya dan idealisme saya terhadap dunia kopi yang saya dapatkan dari blog ini. Mohon pak toni berkenan email atau bantu saya utk merencanakan sebua Coffee Shop kecil-kecilan. Rgrds

  26. jimmy Says:

    dear pak tony,salam hangat dari pati,jateng.sy ingin bertanya ada nggk tmn bpk yg bs bntu sy yg mau bk coffee shop ditmpat sya.thx b4.sukses slalu buat bpk

  27. putri Says:

    Salam Pak Toni, saya lihat ada beberapa orang yang tertarik pada bisnis coffee shop….begitu juga saya…dan saya baca diatas bapak bisa mengenalkan kami pada orang yang berkepentingan, bisa mnta tolongi diperkenalkan dengan pihak2 tersebut?

Comments are closed.


%d bloggers like this: