Kopi Toraja dari JJ Royal Coffee

Saya mencicipi kopi Toraja (penjajah Belanda menyebutnya kopi Cellebes Kalossi) jenis Arabica ini di Terminal 2 keberangkatan bandara Soekarno-Hatta. Diproduksi oleh perusahaan JJ Multi Utama Indonesia yang berdiri sejak tahun 2003. Sebenarnya mereka telah ada sejak tahun 90an sebagai pemasok salah satu duty free di bandara dan mulai ekspansi dengan mengemas kopinya untuk pasar dalam dan luar negeri sejak lima tahun lalu. JJ Multi Utama bukan satu2nya perusahaan yang punya spesialiasai kopi dari Toraja. Satu perusahaan Jepang Key Coffee malah sudah ada sejak tahun 20an dan berkonsentrasi pada jenis kopi ini.

Harga yang ditawarkan oleh JJ Coffee bervariasi, dari mulai 100an lebih per 200 gr hingga gift package berikut Bodum french press yang dijual seharga satu juta lebih. Bagaimana dengan rasanya ? Low-acid with great body kata situs kopi terkenal Sweet Maria’s tentang kopi dari Toraja. Buat saya sebagai penikmat, kopi Toraja tetap salah satu kopi terbaik di dunia dengan rasa full body dan aroma yang tidak kalah dengan kopi2 dari Amerika Selatan. Nikmat disajikan dengan french press maupun mesin espresso.

Enjoy your coffee.

Tags: , , , , ,

18 Responses to “Kopi Toraja dari JJ Royal Coffee”

  1. aNdRa Says:

    OOT: themes-nya baru nih.. lebih simple & clean..😀

    Thanks Andra, tapi namanya juga gratisan, jadi theme-nya terbatas.🙂

  2. andiesummerkiss Says:

    I seriously think coffee is becoming more and more expensive …

    We have supplies on raw coffee beans at home and we brought them to one of our relatives who have roasting machine. Our beans are fresh from Gayo. It is very rich and very bitter?

    I am very cheap. LOL.

    Not only for you Andie, I need to spend more and more for this black beverage. Actually, roasting is an art in coffee preparation and not many people doing that including me.

  3. uwiuw Says:

    ooooooh sambil nyeruput kopi campur karamel di cafe olala, plaet dago. kopi ngak ada eksotis eksotisnya acan malah diminum krn alasan perut yg lapar. (Teori para programmer yg rutin begadang: Kalau lapar, masukin aja perut dgn bergelas2 kopi, pasti maknyos. Perut kenyang dan mata jg ca’ang. Tapi besok pagi siap siap aja mencret🙂 )

    Saya ngakak baca komen ini karena pengalamannya hampir sama. Bedanya buka ngoprek program, tapi ya begadang aja dan kelaparan. Bandwithnya masih belum OK ya ?

  4. aaqq Says:

    ya saya setuju. salah satu kopi terbaik adalah toraja. saya coba sekali dan ‘nendang’.😀
    dan masih penasaran dengan kopi vietnam🙂

    Bener Mas, namanya juga kopi unggulan. Saya pernah coba kopi Vietnam dengana roma Moka yang kental, not bad.

  5. Ranto Ari Pratama Says:

    http://www.sangrapuan-coffe.com

  6. ryo Says:

    kopi Vietnam? Nguyen Trung Coffe…wonderful. Try it!!
    by the way, anyone knows where to buy VN coffe in Indonesia? willing to pay more…seriously!

    • ming fung Says:

      CV di COFFEE TREE Kelapa Gading Square, (pas belakang Restaurant Angke yg di MOI). tanpa promosi.

  7. sangmane Says:

    harga Kopi ini kok cukup mahal yah? Bagaimana dengan rasanya ?

  8. sangmane Says:

    kalo di Mall ada gak yah ? Sangmane

  9. BUDIONO KWEE Says:

    saya beli JJ Royal Toraja Arabica di Sinar Supermarket, Surabaya, harganya sekitar Rp80rb per kaleng isi 200gr, lalu saya coba dgn beberapa alat, electric coffee maker, french-press, vietnam drip dan bialetti moka express, yg paling nendang pakai moka express, ueeeenak tenan.

  10. del Says:

    koq mahal, ada diskon ngk klu beli bnyak?

  11. Lfc23 Says:

    Kebetulan saya kenal sama orang yang di perusahaan JJ Royal tuh…jadi asal muasalnya kopi ini memang karena hanya pakai Grade 1 Toraja beans, memang lebih mahal, karena kualitas ini biasanya untuk export ke Jepang, jadi dapatin stock grade 1 aja sudah susah banget.

    Setahu saya ada yang packagingnya pakai aluminium bag, harganya cuma Rp63,000. Kalau mau diskon, coba aja contact kantornya langsung di +6221 5882201 atau coffee@jj-multi.com.

    Semoga ini membantu teman2 yang berminat dengan kopi JJ Royal

  12. Engelhart Manumpil Says:

    Tadinya saya cuma iseng aja bawain client saya buat merka ngopi di kantor kalo ngantuk atau pusing karena kebanyakan lihat gambar kerja.
    Ehh sekarang satu kantor itu jadi ketagihan kopi JJ Royal hehehe.
    Kayaknya perlu minta komisi nih ke management JJ Royal hahaha.
    Sukses terus!!

  13. andi sanaf Says:

    Kalo saya lebih suka Arabika Torajanya Cafe Tator, saya beli biji kopi nya per 250gram sekitar 60 ribuan, giling sendiri dirumah, digiling sesuai takaran sekali minum saja, diproses pake coffee shypone. Tapi kemarin saya kesana mo beli, mereka out of stock. KEY coffee yg di pasar raya blok M juga enak, bisa beli masih dalam bentuk biji. Pernah sekali waktu ketemu sama penikmat kopi, katanya yg paling enak kopi sidikalang. Saya belum pernah nyoba dan penasaran nyari di JKT dimana ya?

    Coba di Anomali atau Caswell’s, googling aja ya🙂

  14. Yanti Says:

    Numpang promo boleh ya..🙂

    Etalase Oleh-oleh Khas Makassar

    Kami mendistribusikan produk-produk khas Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya seperti Minyak Gosok cap Tawon, Kopi Arabica asli Toraja, Abon Tuna, Sirup Markisa dan lain-lain. Silakan berkunjung🙂

  15. novi Says:

    wah.. lg ngomongin kopi toraja ni…
    kebetulan skrg saya lg domisili di toraja sulsel. jd kl ada yg mau minat ma kpi ini bisa pesen aj ke saya. langsung dari produsen. bisa kirim seluruh Indonesia. Harga: Robusta (17.000/250gr), arabica (22.000/250gr). HUb: 085216031750.

  16. lia Says:

    pak budiono kwee, bole tau alamat email anda? tq

  17. andreas Says:

    kalau masalah kopi toraja, ni benar – benar asli dari Tana Toraja yaitu “Toraja coffee by setia coffe” ini baru benar – benar asli bro…
    kalau belum dicoba ya belum tau rasanya, tapi kalau sudah dicoba sesuai dengan takarannya, dijamin puasss deh…

    kopi ini bisa di beli di beberapa supermarket loh…

Comments are closed.


%d bloggers like this: