Jura Impressa X90 : Praktis

Mesin espresso biasanya digolongkan ke dalam tiga golongan, manual, semi otomatis, dan fully automatic. Perbedaan lengkapnya bisa di baca di sini karena terlalu panjang untuk di posting. Gambar di atas adalah mesin espresso super otomatis merek Jura dengan model Impressa X90, harganya 20 juataan ! Tidak seperti mesin manual atau semi automatic, Jura menawarkan kemudahan bagia yang tidak mau report dengan segala ritual membuat espresso. (Lihat posting saya di Kopi Saya Espresso-2). Tinggal pencet, jadilah segelas espresso dengan waktu kurang dari 30 detik.

Saya menyenangi mesin Jura, kecuali harganya🙂, tapi saat ini masih lebih menikmati senang ritual pembuatan espresso dari mulai grinding (menggiling kopi), dosing (menuang ke portafilter), hingga tamping (memadatkan dengan tamper), hingga memencet tombol “go”. Semua proses mengasyikan walaupun bagi orang yang tidak terbiasa terlihat agak ribet.

Tanpa di setting pun sebetulnya tidak apa2 karena mesin sudah punya ukuran automatis . Namun bagi yang ingin men-tweak mesinnya, Jura menyediakan fasilitas untuk pengaturan :

  • Volume air per gelas
  • Halus atau kasarnya kopi yang digiling dalam mesin
  • Volume kopi per shot, dan
  • Temperatur kopi yang dinginkan

Selain membuat espresso, mesin ini dilengkapi frothing otomatis untuk menggelembungkan susu saat kita membuat cappucino atau latte. Prosesnya simpel, susu akan disedot dan di froth secara otomatis di dalam mesin.

Hanya dalam hitungan detik espresso sudah mengalir dari mesin karena inilah yang ditawarkan Jura Impressa, kepraktisan dalam membuat espresso ataupun minuman berbasis susu lainnya seperti cappuccino.

Tags: , ,

7 Responses to “Jura Impressa X90 : Praktis”

  1. Heri Setiadi Says:

    Halo Pak Toni … senang sekali kita bisa ketemu tadi di Electronic City. Terus terang ini pertama kali saya kasih komen di sebuah Blog. Semoga bisa jadi keterusan secara .. hobi kita sama … kopi … hehehehe …

    Memang buat yang enggak mau repot, mesin seperti Jura sangat praktis, tinggal pencet satu tombol, minuman kopi yang kita inginkan sudah jadi.

    Saya pribadi sebenarnya sama dengan Pak Toni. Lebih suka yang melalui proses grinding, dosing, tamping, etc … (mesin espresso manual).

    Saya sendiri menggunakan Saeco Magic Cappuccino Combi untuk di rumah. Salah satu keuntungannya menggunakan mesin espresso manual adalah daya tahannya. Umur mesin saya tersebut sudah lebih dari 5 tahun dan masih ok. Padahal dulu sempat juga digunakan untuk komersial lohhh… Ada sih penggantian beberapa spare part .. tapi ok lah … sampai sekarang setiap pagi saya masih bisa menikmati secangkir espresso yang sempurna di rumah.

    Sayangnya … mesin ini sudah tidak lagi diproduksi oleh Saeco .. padahal kalo masih ada mungkin saya mau beli lagi satu untuk cadangan kalau yang saya punya sekarang ini rusak.

    Ada satu mesin lagi yang menurut saya cukup bagus dan harganya tidak semahal Jura .. yaitu Expobar MS Office. Mesin ini ada yang manual dan ada yang semi automatic (masih menggunakan porta filter). Saya tidak tahu tepatnya harganya, tapi rasanya masih lebih murah dari Jura (tidak sampai 20 juta) tapi memang belum berikut grinder. Mesin ini juga sudah bisa digunakan untuk komersial (cafe kecil). Saya sendiri pernah menggunakan mesin ini.

    Mesin ini lebih solid, kokoh, dan lebih berat karena bodynya stainless. Cuma kelemahannya adalah di steamnya. Mungkin karena boilernya kecil, jadi steamnya cepat habis. Tapi overall … ok lah .. value for money. Harganya agak lebih murah dari Jura atau Saeco mungkin karena mesin ini buatan Spanyol dan belum banyak orang yang tau.

    Mungkin Pak Toni pernah dengar mengenai mesin ini?

    Sama2 pak Heri, dengan demikian bertambah lagi para coffee connoisseur di blog saya. Bedanya Pak Heri sudah lebih jauh dengan membuka bisnis cafe, kala saya masih dalam taraf penikmat saja🙂.

    Saeco produk yang bagus dan saya lihat banyak digunakan juga di beberapa cafe. Beruntung masih mendapatkan Saeco Magic Combi yang memang salah satu produk unggulan mereka. Saya masih mengincar Rancilio Silvia yang begitu banyak digandrungi orang, tapi harganya di sini sekitar 7.5 juta atau ebda 2.5 juta dengan di luar.

    Expobar saya pernah dengar dan mendapat review yang bagus dari situs2 kopi dunia. Kapan2 saya harus coba mesin ini.
    Sekali thanks pak Heri, kapan2 saya akan buat posting tentang cafe-nya plus tentu saja berikut foto2 nya. Moga2 semakin banyak orang yang bisa mengapresiasi kopi dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Ditunggu blog kopi pak Heri.Salam.

  2. Sascha Says:

    hehe

  3. Andie Summerkiss Says:

    That is a beauty! We use Electrolux espresso machine at home – the cheapest one available. Still better than drip coffee maker, I’d say!

    Now my dad has been rambling all month long about buying a home roaster. He already has a big grinder (made in China, of course). Anyway, if you have a review on a home roaster, that would be great. He wanted me to get one from Amazon.com. Of course, they don’t ship to Indonesia. So that’s a no go.

    Hi Andie, you know what, we have similar gear for espresso. Yes Elextrolux is my equipment too for making espresso. Though is modest in term of price, it can produce a good espresso, though.

    For home rosating, if I may recommend the 3 gears :
    1. IRoast 2 : small capacity (US$ 170)
    2. Hot Top Electric Drum Coffee Roaster : max 1/2 kilogram (US$ 495)
    3. Gene Coffee Drum Roaster : professional home roaster (US$ 700)
    Hope that help your dad in choosing the right roaster.

  4. BUDIONO KWEE Says:

    Dear pak Tony,
    Berapa ya harga Jura Impressa X90? Dimana belinya? Apakah di Surabaya ada?
    Thanks.

    Kalau saya gak salah sekitar 25 jutaan.

  5. shandy kho Says:

    hi sahabat pecinta kopi, silahkaan berkunjung ke Suprajaya, kami akan hidangkan kopi yang nikmat sambil membicarakan dunia kopi, alamat kami di Roxy Mas blok C.4 no.14-15, telp.6331177…..kami tunggu ya
    info untuk Pak Budiono Kwee, kami distributor Jura Indonesia.

  6. iwan kurniawan Says:

    Dear pak Tony,
    kisaran Berapa ya harga Jura Impressa X90? Dimana belinya? Apakah di Surabaya ada?
    terimakasih sebelumnya

  7. rahmawati Says:

    Dear pak Tony,
    kisaran Berapa ya harga Jura Impressa X90? Dimana belinya? Apakah bisa beli secara on line ?
    terimakasih sebelumnya

Comments are closed.


%d bloggers like this: