Sleep or shutdown ?

sleep.jpg

Laptop Dell Latitude inventaris dari kantor biasanya selalu saya matikan saat pulang kantor. Ini wajib, apalagi dulu perusahaan ini pernah menarik baterenya akibat insiden terbakar disebabkan faulty dari pabrikan untuk model2 tertentu. Lain halnya dengan komputer I Mac di rumah, selama ini saya selalu dibingungkan apakah sebaiknya dimatikan (shutdown) atau dibiarkan dalam mode sleep. Buku petunjuk dari Mac hanya menyebutkan : “If you won’t be using you I Mac for more than a few days, shut it down” Dengan kata lain, Apple menyarankan untuk terus menyalakan komputer tanpa mematikannya apabila kita bekerja terus menerus. Well?


Selama ini saya mencoba mencari jawaban pertanyaan di atas di berbagai situs Mac dan para fanatik penguna sistem operasi si macan ini. Sayang banyak jawaban yang rasanya kurang straight forward antara kedua opsi yang ada. Dengan kata lain pengguna Mac terbelah antara dua kubu mematikan atau membiarkannya tertidur.

Alasan yang terbiasa menidurkan Mac-nya antara lain : mudah dibangunkan dan siap untuk diajak bekerja tanpa waktu booting seperti dimatikan, hanya menggunakan power yang kecil, Ram dan Video RAM tetap dalam keadaan semula. Selain itu sleep membuat kinerja komputer Mac menjadi lebih OK (hmmm, kalau yang ini gak ngerti, karena rasanya sih sama saja setelah dicoba).

Lain halnya yang lebih senang mematikan Mac-nya karena : khawatir kalau ada kilat menyambar listrik di rumah kita yang membuat Mac kesayangan wafat. Selain itu menyalakan terus menerus membuat komponen yang ada dalam Mac akan lebih cepat aus termakan usia dibandingkan bila kita mematikannya. Rasanya ini agak masuk akal sesuai dengan petunjuk si penjual waktu saya beli Mac.

OK, the verdict? Saya bingung, tapi sebenarnya sudah mencoba kedua alternatif tadi. Seringnya sih mematikan secara total, maklum kalau gledek menyambar saat musim hujan seperti ini, emang PLN mau ganti mainan kesayaangan ini?

Sleep memang menyenangkan, tinggal sentuh keyboard atau mouse Mac bisa langsung diajak beraktivitas. Lain halnya saat kita shut down, setidaknya Mac perlu waktu untuk reboot lagi. BagusnyaI Mac saya hanya perlu waktu kurang dari 30 detik untuk reebot (waktu pertama beli, rekornya kurang dari 15 detik!).

So, how about you, Mac users? Sleep or Shut down?

Tags: , , ,

7 Responses to “Sleep or shutdown ?”

  1. Anita Says:

    Always shut down!🙂

    My dear macbook perlu tidur juga🙂

    Thanks Mbak Anita, kayaknya lebih safe di shut down 🙂

  2. uwiuw Says:

    Sleeplah…..krn saat kita bangun…terjaga…ngusap mata…buka layar layar lcd laptop…langsung tancap gas : kerja!….ngaka da mandi, membereskan tempat tidur, atau makan….mode *workholic* is on

    Tapi itu kalau sy.

    Kadang2 saya juga begitu, tapi suka kasihan sama Mac nya, he3x.

  3. Andy Laver Sirait Says:

    Biasanya sih shutdown karena toh Mac super cepat saat di-reboot. Btw, nice blog you have here🙂 Salam kenal dr Tokyo.

    Thanks Mas Andy yang ternyata masih saudara dengan Mas Rudi Sirait yang suka saya kunjungi blognya.

  4. merry_4_love Says:

    Sleep aja deh…
    Malahan komputer saya ini walau bukan Mac, sering kuajak Kerja Rodi…

    dalam 1 hari / 24 jam (komputer bisa menyala sampai 14 – 19 jam…
    Apalagi kalo lagi dapet Tugas or disuruh gambar 3D pake 3dMax…
    Bisa2 Pagi, Siang, Sore kerja…
    Malem Nge-Rendering…

    Duh kasian sich emang komputerku Seperti kerja rodi aja…

    Lebih baik mana Sleep / Shutdown?
    pertanyaa-nya sama sepeti
    Lebih baik mana, Komputer Sering dipake daripada komp jarang dipake?

    He he he he

    =)

    Thanks for sharing. Kadang kalau pekerjaan mepet Mac saya sering ikut begadang. Untungnya belum pernah kena masalah, jangan deh.

  5. dickka Says:

    huah.. memiliki problem yang sama.. dlu waktu masi pake pc.. saya dengan kejam menyiksa mereka kerja rodi 7 x 24 jam / 30 x 24 jam tanpa istirahat.. begitu pindah ke imac.. kayanya kasian buat menyiksa sekejam pc dulu..

    Sama Mas, lagian ngutangnya belum lunas. Hi hi hi.

  6. dakosyi Says:

    kembali lagi ke subject nya , apa si sebenernya fungsi sleep,
    namanya barang elektronik itu ada umurnya , tanpa kecuali , jelas lebih panjang masa nya bila di mati in total , lebih baik korban bli batre setaun skale dri pda mb 466zp ane cacat dah gara2 kga pernah di shout down, pisss

  7. dakosyi Says:

    lagian juga mb ane di pake buat ym an , ma fb klu gi di mall ma cafe, ma nemenin tidur dah ma pacaran , agagaggagaga ,, klu buat kerja mah pake PC aja dah , klu ga satellite jadul ane, pissss

Comments are closed.


%d bloggers like this: