Layanan Program KPR Fix & Cap BCA : Lama

bca.jpg

Karena tertarik dengan program KPR BCA Fix and Cap yang menawarkan bunga 9.75% untuk 3 tahun pertama dan 11% untuk 2 tahun berikutnya, saya mengajukan aplikasi untuk penambahan plafon kredit rumah. Kreditnya sudah disetujui, tapi bagi yang bermaksud untuk mengajukan aplikasi moga2 pengalaman di bawah ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Syarat dan ketentuan lengkapnya bisa dilihat di website-nya di sini yang hanya berlaku hingga akhir bulan Maret ini. Saya mendapatkan bocoran dari orang dalam BCA bahwa mereka cukup kewalahan dengan animo masyarakat yang mengikuti program ini. Di tengah perang bunga kredit antar bank, langkah BCA dengan mematok bunga tetap selama lima tahun merupakan langkah berani. Tentunya mereka telah memperhitungkan gonjang ganjing politik di Indonesia yang dinilai cukup aman untuk membuat program seperti ini yang kemudian banyak ditiru oleh bank2 lain.

Jadi berapa lama waktu yang diperlukan apabila syarat administrasi sudah lengkap dan kita dinilai cukup OK untuk menjadi debitur. Satu bulan. Ya itulah waktu yang diperlukan dari mulai kita mengirimkan formulir hinga tanda tangan di kantor Notaris.

  1. Hari ke-1 : kirim formulir aplikasi dan berbagai macam dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit.
  2. Hari ke-15 : Petugas appraisal datang, ukur rumah, foto2. selesai.
  3. Hari ke-18 : Saya telepon ke account officer-nya mengenai persetujuan prinsip apakah saya layak jadi penghutang. Katanya sudah OK
  4. Hari ke-22 : Petugas bagian kredit BCA telepon setelah jam kantor, tanya nomor fax buat tanda tangan persetujuan kredit.
  5. Hari ke-23 : Fax balik form yang sudah ditanda tangan, plus konfirmasi ke kantor Notaris buat atur jadwal tanda tangan.
  6. Hari ke-26 : Tanda tangan di Notaris. Salah satu petugas BCA datang bahwa dananya belum bisa cair kalau surat lunas kredit mobil saya hanya berupa fax dari bank yang bersangkutan. Langsung naik darah. Saya coba jelaskan bahwa BCA bisa telepon ke bank yang bersangkutan untuk verifikasi tanpa harus ada surat asli. Selain itu mohon dipertimbangkan credit rating saya yang belum pernah ngemplang atau telat sekalipun bayar cicilan selama hampir 10 tahun. Akhirnya, OK juga. Aaarrrrghhhh.

Itu saja pengalaman pribadi dengan BCA yang selama ini sih saya nilai masih OK dengan berbagai kelebihannya untuk kredit dibanding dengan bank lain. Minimal kalau mau dilunasi sebagian atau seluruhnya tidak dikenai penalti.

Kalau mau cepat, coba bank Niaga, mereka bisa menawarkan proses kredit yang lebih cepat, kira2 2 minggu kurang. Apalagi kalau kita pernah kredit ke bank mereka, prosesnya bisa lebih cepat lagi.

Bank2 lain sih gak tahu, larena dari dulu cuma jadi nasabah kedua bank ini. Silakan kalau yang punya pengalaman lain.

* * * * *

Posting lain  :

Advertisements

Tags: , , , , , ,

One Response to “Layanan Program KPR Fix & Cap BCA : Lama”

  1. farel Says:

    saya ingin mengajukan kredit dengan kolateral sertifikat rumah tanah dan bangunan, apkah bisa dibantu ? klau bisa silahkan hub : 081331398946 URGENT !!!!!

Comments are closed.


%d bloggers like this: