Siapa mau ngurus buruh ?

spsi.jpg 

Hari ini kami mendapatkan kehormatan lain untuk bertemu dengan dua tokoh perburuhan di Indonesia, Ari Sunarijati dan Indra Munaswar. Keduanya adalah Ketua dan Sekjen dari Dewan Pimpinan Nasional Federasi Serikat Pekerja Tekstil, Sandang, dan Kulit. Ini pertemuan informal di kedai kopi Starbuck Pancoran untuk sekedar sharing informasi. Banyak yang kami bicarakan, dari masalah pembayaran pesangon buruh yang seringkali gak beres, sistem outsourcing (kerja kontrak), Jamsostek yang kinerjanya belum memuaskan hingga perlakukan Malaysia terhadap buruh migran kita.

Tidak ada hal muluk yang kami rencanakan, cuma apa yang masing2 pihak bisa lakukan untuk sekedar melihat permasalahan buruh Indonesia yang kompleks ini. Sebagai pengurus di organisasi buruh mereka tidak punya gaji yang tetap atau THR yang pasti datang setiap tahun. Tanpa komitmen untuk memperjuangkan perbaikan nasib pekerja, mungkin Mbak Ari dan Bung Indra sudah meninggalkan profesi ini dan memilih hidup di comfort zone sebagai karyawan biasa, atau mungkin malah jadi pebisnis dan bisa kaya. Toh mereka tidak melakukan itu dan tetap memilih untuk di Serikat Pekerja dan berdiri di garda terdepan untuk meneriakan perbaikan nasib buruh kepada telinga pemerintah dan pengusaha yang kadang pura2 tuli dan masa bodoh. 

Mau jadi pengurus buruh ?

Tags: , , , , ,

3 Responses to “Siapa mau ngurus buruh ?”

  1. asep lukman Says:

    saya tertarik dengan apa yang anda lakukan, apakah saya bisa mendapatkan no kontak mba ari sunarijati ? saya tergugah dengan pertanyaannya ?
    dimanakah alamat Dewan Pimpinan Nasional Federasi Serikat Pekerja Tekstil, Sandang, dan Kulit ?

  2. ton6312 Says:

    Pak Asep, maaf saya baru ketemu kartu nama mereka. Ini alamatnya : Jl. Sunter Garden Blok D8 Mo. 11 P/Q Lantai 4, Sunter Agung Utara, Jakarta.
    Tlp: (021) 65307236.

  3. Budi Says:

    Mas Tony,
    saya tertarik dgn tulisan anda. kebetulan saya jg aktivis buruh meski masih baru seumur jagung alias newbee buangets..!
    anda aktivis dr serikat buruh mana ya..?
    maaf, saya jrg online, bisa mail saya or sms saya ke 08566527173 – Budi/bujank .. jika tdk merepotkan dan tdk keberatan. terimakasih.
    budi batam

    Hi Pak Budy. Kebetulan saya tidak menjadi anggota serikat buruh atau LSM manapun. Tulisan tentang dunia buruh merupakan salah satu bentuk kepedulian saya tentang nasib mereka dan moga2 bisa memberikan sedikit pandangan kepada pengunjung blog ini tentang kehidupan buruh di Indonesia. Selamat berjuang untuk perbaikan nasib buruh dimanapun anda berada. Salam😀

Comments are closed.


