Berbagi cerita mengenai CSR

air2.jpg

Kantor kami kedatangan tamu istimewa, para mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Airlangga, Surabaya. Ini acara tahunan mereka dalam mata kuliah Integrated Marketing Communication, dan untuk inilah mereka ingin mendengar pengalaman kami dalam mengelola aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kaitan dengan konsep branding suatu produk. CSR adalah jargon yang lagi nge-trend beberapa tahun belakangan ini. Maklum banyak perusahaan yang tiba2 jadi religious dan ingin menerapkan CSR, tapi aktivitasnya malah sama dengan philantrophy atau charity, bagi2 uang atau barang, selesai. Tapi ternyatanya CSR tidak sesederhana itu, setidaknya itulah menurut pengalaman kami yang diceritakan kepada teman2 dari pasca sarjana.

Tapi ini bukan posting mengenai apa dan bagaimana CSR, bisa panjang tuh ceritanya. Saya cuma ingin menyatakan bahwa kunjungan seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa ini sangatlah bermanfaat ketimbang studi gak puguh para anggota dewan kita yang terhormat. Kami bisa berbagai pengalaman dengan mereka, dan mahasiswa juga bisa membandingkan teori yang di dapat di bangku kuliah dengan praktek nyata yang kami lakukan. Jadi buat pak dosen, Pak Yan, yang sengaja membawa mereka jauh2 dari Surabaya untuk bertemu kami, we salute you.

air3.jpg

Tanya jawab selalu hangat dengan berbagai pertanyaan kritis, tajam, dan berbobot, namun tetap dalam konteks untuk belajar bersama. Oh ya, rata2 mereka akan segera lulus dalam beberapa bulan ke depan dan banyak yang sedang mengerjakan tesis. Hmmm, senangnya mau jadi Magister Sains.

air.jpg

Nah ini foto bareng selesai acara, sebelum mereka melanjutkan kunjungan ke Departemen Luar Negeri, untuk tujuan yang sama.

Pak Yan (berdiri paling kiri), sampai ketemu tahun depan ya.

Tags: , , ,

10 Responses to “Berbagi cerita mengenai CSR”

  1. Ersis W. Abbas Says:

    Asyik juga tu … lalu tentang CSRnya gimana tu. Tulis dong Mas; itu menarik, lho. Biara aja panjang he he

  2. ton6312 Says:

    Boleh pak, kapan2 kita posting tentang CSR dengan bahasa santai sajalah. Tungguin ya. Salam.

  3. eva Says:

    Saya pgn tau dong cerita lbh detailnya ttg CSR.btw, setahu saya Pasca Sarjana Unair jurusan Komunikasi hanya u/ kls non Reg yah??? apa bnr? coz sbnrnya saya interest bgt, n udh mo dftr lht di web site tp kecewa krn tidak buka kls reg. tlg infonya ya, sy bth sx…kbtln sy saat ini sbg dosen muda PTN Malang.thx b4.

  4. FIFers Says:

    Hello Mr.Toni Wahid
    Nice readings !
    Senang bisa membaca artikel mengenai CSR.
    FIFers Magazine sangat menghargai atas tulisan anda ini.
    Untuk artikel mengenai FIF bisa anda lihat di http://www.liteforward.com.
    Salam Smart FIFers

  5. FIFers Says:

    Thank You Pak..has visited my blog..keep spirit and keep in touch.

  6. eka setya Says:

    saya eka, sya snang sekali kalo bapak bisa balas email saya.saya mengininkan informasi tentang jurusan komunikasi yang ada di unair.untuk magister ,apa ada jurusan komunikasi di unair.coz saya cari di webside gak ada….tlong ya pak.trimakasih sblumnya

    Hi Eka, web-nya memang belum ada, tapi jurusannya ada, seperti tamu saya yang berkunjung itu.

  7. Yuli Purwita Says:

    saya mahasiswa magister Universitas Indonesia, jurusan ilmu kesejahteraan sosial, saat ini saya sedang menyusun tesis mengenai csr dan kebetulan sedang praktikum di Pelabuhan Indonesia II. Saya sangat membutuhkan informasi seputar csr dari rekan- rekan yang sepertinya lebih berpengalaman. siapa personal yang saya bisa hubungi khususnya di Univ. Airlangga. Terima kasih.

    Hi Yuli, boleh posting di sini saja info apa yang dibutuhkan tentang CSR. Moga2 saya bisa bantu.

  8. rosana Says:

    met malem mas
    saya mahasiswi semester akhir(dalam artian Bener2 akhir” dr jatah semester yg disediakan Universitas)
    maklum..lebih menarik dunia luar daripada dunia mahasiswa
    saya kebetulan mau sidang skripsi(Fak Ekonomi Univ Airlangga)& sudah 4tahun ini bergabung di sebuah LSM di Surabaya yg concern pd isu perempuan dan anak2.
    saya sbg staff divisi Pengorganisasian Masyarkat
    ceritanya saya gemes krn merasa kurang leluasa melakukan apapun(hambatan bukan dari LSMnya..sangat tepat saya bilang dari FUNDINGnya)
    saya ingin sekali bergabung dengan divisi CSR sebuah perusahaan
    niat saya,tetep concern di isu perempuan dan pendidikan
    mohon bantuan&info dari mas(sapa namanya ya?kok tdk dicantumin) supaya saya bisa bekerja di bidang CSR(dan tentu saja earning yang mencukupi kebutuhan saya dan adik saya :p)
    matur suwun sanget atas kesediaan&bantuan mas
    saya tunggu kabar selanjutnya ya

  9. Shanty Says:

    Maaf pak, saya pengen kuliah S2 ilmu komunikasi di Unair.
    Kapan buka pendaftaran?
    Saya lulus S1 Arsitek,latar belakang pendidikan saya apa nggak nyambung ya klo mau ambil S2 komunikasi?
    kira2 ada tidak semacam kuliah pengantar untuk mahasiswa yang tidak memiliki background ilmu komunikasi sebelum kuliah dimulai?
    termia kasih banyak.
    Kalau tidak merepotkan saya tunggu jawaban Bapak di email saya.
    Termia kasih banyak ya pak…
    Maaf merepotkan.

    Kuliah matrikulasi maksudnya ? Sepanjang yang saya tahu sih gak ada, tapi untuk fakultas tertentu seperti hukum biasanya diwajibkan. Silakan hubungi saja langsung mbak. BTW, saya juga gak nyambung anatar S1 dan S2, yang penting pede aja lagi😀

  10. yuli purwita Says:

    nyambung lagi………..saya mahasiswa yang sedang menyusun tesis……….saya butuh bgt info tentang CSR tapi yang berkaitan dengan marketing sosial…………….thanx ya

    CSR itu bagian dari social marketing atau PR, jadi info spesifik apa yang diinginkan : sejarahnya, pengaruh globalisasi, media exposure, dan banyak lagi. So ? Mau yang mana dijadikan variabel penelitian, alat ukurnya apa ?

Comments are closed.


