Mengapa saya senang desain

desain2.jpg

Karena desain menyenangkan untuk dikerjakan, a lot of fun. Itu saja. Sekali lagi saya bukan profesional dibidang desain atau fotografi atau menjadikannya sebagai penghasilan untuk membuat dapur rumah tangga ngebul. Pernah kepikiran seperti itu dan dulu bercita-cita masuk ke seni rupa ITB, tapi karena gambar andalannya selalu dua gunung plus matahari dan hamparan sawah, maka saya tahu dirilah. Walau tidak bisa menggambar, bukan alasan toh untuk tidak bisa menggeluti hobi desain walau hasilnya pas2an.

Teman SMA hingga S2 saya banyak yang jadi seniman, salah satunya sudah jadi petinggi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) penggila komik seperti saya juga. Mereka banyak mempengaruhi saya dengan hasil karyanya yang keren dan bisa dijual tentunya. Jadi saya belajar banyak dari mereka tentang komposisi, warna, layout, tema, font, software desain, dan filosofi sebuah karya grafis.

Selanjutnya mulailah perburuan buku2 desain grafis yang harganya minta ampun mahalnya baik di dalam negeri maupun luar harganya sama saja. Jadi koleksi bukunya ya segitu-gitu saja, susah untuk nambah. Diantara sekian buku tersebut, ada dua buku yang selalu dijadikan sumber inspirasi untuk corat coret, yaitu American Graphic Design Award dan Color Harmony Layout.

desain.jpg

American Graphic Design Award adalah kumpulan portofolio desainer luar negeri yang karya terbaiknya dipilih oleh sebuah panel. Buku ini memuatberbagai desain dari mulai annual report, poster, brosur, packaging, logo, kalender, dll. Nah inspirasi desain biasanya muncul kalau sudah memelototi buku ini. Maksudnya, ide dasar tetap dari kita, tapi warna, tema, dan komposisi bisa dikembangkan dari beberapa desain yang kita pilih.

desain4.jpg

Plagiat? Bukan ah, kreatif saja. he3x. Buku yang satu lagi Color Harmony Layout cuma untuk kombinasi warna yang kadang sangat menyita waktu, saking banyaknya kombinasi warna yang bisa kita pakai. Sebagai catatan, mayoritas foto dan desain di blog ini saya buat sendiri, kecuali beberapa foto yang saya ambil dari sumber lain.
desain3.jpg

Yang di bawah sudah mejeng di Amerika :

desain41.jpg

Ya sudah itu saja pengalaman menjalankan hobi yang mengasyikan ini dengan mengandalkan laptop kantor dan Mac di rumah. Saya tidak mau mengatakan karya saya bagus, silakan dinilai sendiri deh.

Link terkait : Fotografi & Desain Grafis dan Just Enjoy

Tags: , , ,

3 Responses to “Mengapa saya senang desain”

  1. gama Says:

    pingin juga tuh, aku kayak bapak

  2. bloggerkampungan Says:

    Memang bagus, dan yang jelas lebih berkarakter,…salam kenal boss

  3. Desain grafis and advertising Says:

    Hobby + Referensi = Karya yang unik dan bagus.

    Ini adalah kesimpulan saya bila sebuah hobby ditekuni. Meski karya desain grafis bukanlah semata karya seni tp juga komunikasi. Namun rasa senang terhadap art and design akan membuat karyanya lebih greget. Salam…

    M. Ismail

Comments are closed.


