Food Photography : Eksperimen Tanpa Flash

food6

Food photography dikategorikan sebagai cabang yang paling sulit untuk ditekuni oleh para fotografer. Istilahnya, kalau sudah mahir dalam bidang ini, you merely can shoot anything. Kesulitan terutama disebabkan oleh prosesnya yang harus berlangsung dengan cepat karena makanan beserta garnish-nya akan segera layu dalam hitungan menit saja. Saya bukan fotografer spesialis makanan, tapi mencoba belajar keahlian ini dan ini hasilnya termasuk foto yang di atas.

Fotografer spesialis food di Indonesia bisa dihitung dengan jari, berbeda dengan dengan wedding yang seabrek. Di antara yang saya tahu misalnya : Anton Indarno, Artli Ali, Harry Wibawa, Arif Ginting, Brian Rachmat, dan John Allan. Karya2 mereka sudah bertebaran diberbagai media, dan tentu saja menikmati kesuksesan dengan spesialisasinya itu.

Karena banyak terispirasi dengan hasi karya mereka, saya juga mau coba2 eksperimen dengan hanya mengandalkan ambient light dan kamera Canon 40D, lensa Tamron 17-50mm/f2.8, dan Canon EFS 60mm/f2.8. Hasilnya tentu jauh dibandingkan bila menggunakan lampu studio dan pencahayaan terukur, tapi kalau menunggu sampai alat2 lengkap kapan mau praktek?

food21

Lagi :

esp

Yang ini juga :

food31

Silakan dinilai sendiri hasilnya, sebagian ada di account My Flickr dan always happy shooting.

Tags: , , , , , , , , ,

15 Responses to “Food Photography : Eksperimen Tanpa Flash”

  1. aNdRa Says:

    Bagus tuh hasil jepretan food-nya😀 apa aku yang gampang ngiler liat makanan yah…

  2. lita Says:

    enak….
    bagus fotonya…

    Thanks Lita.

  3. merry_4_love Says:

    Jadi Enak makanannya… NGILER…

  4. identitas Says:

    ajar dulu dunk…skalian ajak makan..:}}}}

  5. Djohan Says:

    Hasilnya bagus. Saya lagi mau bikin menu untuk proyek restoran, bisa bantu?

    Thanks Pak Djohan. Saya bukan profesional food photographer, tapi kalau tertarik silakan email saya di toni_wahid@yahoo.com. Salam.

  6. novi kurnia Says:

    makanannya kayaknya enak tuh jadi ngiler dan kepingin kira-kira harganya berapa sih??? dan resepnya apa!!

    Makanannya emang enak Novi dan harganya di kisaran 20 ribuan. Hmmm resepnya kita diskusikan nanti ya😀

  7. angkasa Says:

    wah siom ni kreatif dan pandai memanfaatkan yang ada…

  8. rendy sajah Says:

    mas..
    saya kan masi awam d bidang fotografi, ngeliat food photography nya mas tony, manteb bgt..
    saya udh pernah beberapa kali nyoba ngejepret makanan2 tuh, tp slalu gagal,alias kurang menarik.. kira2 komposisi apa yah yg harus d perhatiin klo mw ngejepret makanan..
    thanx b4

    Terima kasih Mas. Overall yang harus diperhatikan food style-nya, prop (aksesoris penunjang), lighting, dan terkahir jepret sebanyak mungkin. Itu kali yee, saya juga harus belajar banyak koq. Salam🙂

  9. suhadi Says:

    halo mas tony, saya tahu blog anda dari teman saya Anita (finally woken)

    saya juga tertarik banget dengan food photography. Saya amat senang apabila mas bersedia memberi komen kepada foto2 food saya di website yang saya cantumkan di form comment ini.

    salam kenal,
    Suhadi

  10. Nonce Says:

    potonya wokeh bgt mas!
    jadi makin minat ma photography, makanannya juga.
    hehe😀

    Ayo mulai di upload foto2nya🙂

  11. mae Says:

    Halo mas Toni, salam kenal…

    Kebetulan saya suka sekali dengan food photography. Awalnya hanya iseng karena untuk motret makanan yg saya buat, lama lama jadi suka en jd hobby. Belakangan saya juga berniat untuk mendalami bidang fotografi ini lebih dalam. Hanya saja saat ini saya masih pake poket, blm bisa beli DSLR. Kapan2 boleh ya sharing…

    Foto foto mas Toni bagus bagus🙂

    Hi Mae, salam kenal juga & thanks complimen-nya.
    Itu foto2 di blognya juga dah bagus2 banget koq walau pake camdig.
    Boleh dong kita saling sharing. Mau beli Canon kan ? 🙂

  12. NVOANDA NUR AZIZAH Says:

    makanannya kayaknya enak tuh jadi ngiler dan kepingin kira-kira harganya berapa sih??? dan resepnya apa!!

    Makanannya emang enak Novi dan harganya di kisaran 20 ribuan. Hmmm resepnya kita diskusikan nanti ya
    by novi kurnia September 5, 2008 at 4:01 pm
    enak….
    bagus fotonya…

    Thanks Lita.
    by lita May 8, 2008 at 9:29 pm

    Jadi Enak makanannya… NGILER…
    by merry_4_love May 21, 2008 at 2:36 am

    ajar dulu dunk…skalian ajak makan..:}}}}
    by identitas June 17, 2008 at 8:33 pm

    Hasilnya bagus. Saya lagi mau bikin menu untuk proyek restoran, bisa bantu?

    Thanks Pak Djohan. Saya bukan profesional food photographer, tapi kalau tertarik silakan email saya di toni_wahid@yahoo.com. Salam.
    by Djohan July 13, 2008 at 4:05 pm
    mas..
    saya kan masi awam d bidang fotografi, ngeliat food photography nya mas tony, manteb bgt..
    saya udh pernah beberapa kali nyoba ngejepret makanan2 tuh, tp slalu gagal,alias kurang menarik.. kira2 komposisi apa yah yg harus d perhatiin klo mw ngejepret makanan..
    thanx b4

    Terima kasih Mas. Overall yang harus diperhatikan food style-nya, prop (aksesoris penunjang), lighting, dan terkahir jepret sebanyak mungkin. Itu kali yee, saya juga harus belajar banyak koq. Salam
    by rendy sajah October 6, 2008 at 2:13 am

    halo mas tony, saya tahu blog anda dari teman saya Anita (finally woken)

    saya juga tertarik banget dengan food photography. Saya amat senang apabila mas bersedia memberi komen kepada foto2 food saya di website yang saya cantumkan di form comment ini.

    salam kenal,
    Suhadi
    by suhadi November 25, 2008 at 11:32 pm

    potonya wokeh bgt mas!
    jadi makin minat ma photography, makanannya juga.
    hehe

    Ayo mulai di upload foto2nya
    by Nonce February 3, 2009 at 10:05 am

    Halo mas Toni, salam kenal…

    Kebetulan saya suka sekali dengan food photography. Awalnya hanya iseng karena untuk motret makanan yg saya buat, lama lama jadi suka en jd hobby. Belakangan saya juga berniat untuk mendalami bidang fotografi ini lebih dalam. Hanya saja saat ini saya masih pake poket, blm bisa beli DSLR. Kapan2 boleh ya sharing…

    Foto foto mas Toni bagus bagus

    Hi Mae, salam kenal juga & thanks complimen-nya.
    Itu foto2 di blognya juga dah bagus2 banget koq walau pake camdig.
    Boleh dong kita saling sharing. Mau beli Canon kan ?
    by mae February 28, 2009 at 6:15 pm

  13. thofa Says:

    …:::4R untuk anak cucu kita:::…

    Reuse, Recycle, Reduce, Replant

    Reuse adalah pemakaian kembali barang bekas sedangkan
    Reduce adalah pengurangan dalam pemakaian barang-barang non-

    organik atau organik, contoh nya pengurangan pemakaian

    Listrik, Plastik sampah, dll.
    Recycle adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi

    PRODUK BARU, contoh nya botol jadi vas bunga, siapa tau itu

    bisa jadi modal usaha kita karna kreativitas-an kita terasah.
    Asyik gak tuh, gampang kan sebenernya?
    Replant juga sebenernya patut dilakukan loh, mengingat banyak

    hutan yang udah ditebangi jadinya gundul. Dengan menanam 1

    pohon saja, kita bisa menyumbangkan oksigen ke dunia loh!

    Bangga kan? Asal pohon-nya dirawat ya!
    Ayo Semuanya jaga bumi kita yang udah tua ini ya, biar makhluk

    hidup di dunia ini bisa tetap hidup!
    Masih sayang sama bumi kan?

    :::GO GREEN:::

  14. rofie Says:

    Salam kenal..
    dan sukses selalu

  15. ema Says:

    Hallo mas Toni..,

    Salam kenal…nice sharing..
    Sedang kepengen beli2 lensa lagi terdampar disini…, mksh untuk ulasannya.., kapan2 bs saling sharing ya…, krn aku jg suka membuat photo Foods tanpa flash..:)

    Thank’s
    Ema

    Hi Ema, terima kasih. Moga2 berguna sharing sesama food enthusiast🙂

Comments are closed.


