Lensa Normal Untuk Foto Makro, Emang Bisa?

macro1.jpg
Saya menyenangi foto makro karena selalu saja ada objek kecil yang menarik untuk dijepret. Sayang sampai sekarang masih belum sempat punya satu lensa khusus untuk keperluan foto jenis ini. Padahal sudah lama mengincar salah satu lensa makro entry level seperti Canon EF 100mm/f2.8, Canon EF-S 60mm/f2.8, (masing2 berharga 3.6 dan 4.6 jutaan), Tamron SP AF 90mm/f2.8 (sekitar 3.3 juta), atau Sigma 105mm/f2.8 (harganya hampir sama dengan Tamron).


Semua lensa yang saya sebutkan punya berbagai kelebihan dan mumpuni untuk dijadikan teman hunting foto makro. Tapi karena belum punya budget, saya mencoba lensa Tamron 17-50mm/f2.8 untuk sebagai lensa makro2an dan hasilnya seperti yang anda lihat di posting ini (teknik lain adalah dengan membalikan lensa dan menempelkannya ke mounting lensa kamera, tapi teknik ini agak sedikit ribet)

Semua foto diambil dengan kamera Canon 40D dan tentu saja bukan seperti foto makro yang sesungguhnya. Namanya juga usaha, tapi moga2 ketiga foto ini bisa dijadikan referensi bahwa lensa normal pun bisa “dipaksa” untuk menghasilkan foto seperti makro.

Anda tentu tahu caranya, tarik saja focal length ke jarak terdekat (50mm), gunakan bukaan terbesar (f2.8 di Tamron 17-50mm) dan voila, silakan dinilai sendiri.

macro21.jpg

macro31.jpg

Salam jepret.

* * * * *

Tambahan : Review serius tentang lensa2 makro entry level di atas bisa dilihat di sini

Tags: , , , ,


%d bloggers like this: