Hubungan Ngeblog dan Kesehatan

blog-health1.jpgSaya belum termasuk blogger serius yang menjadikan media ini sebagai self identification sebagaimana banyak blogger ngetop di Indonesia. Maklum, ngeblog saja belum lama dan masih banyak ilmu blog yang kadang membuat saya minder sendiri. Belum apa2 lah. Tapi sejak pertama ngeblog sudah haqqul yaqin bahwa ini adalah aktivitas yang menyehatkan selain tentu saja mengasyikan.

Duncan pernah menulis di Blog Herald tentang kaitan kesehatan pikiran dengan aktivitas ngeblog. Artikelnya yang berjudul “Blogging is good for your health” menyatakan bahwa setidaknya ada lima manfaat ngeblog buat kesehatan. Pertama, meningkatkan kemampuan analisis dan kritis. Kedua, orang yang terbiasa ngeblog terlatih untuk berpikir secara kreatif, dan intutif. Ketiga, mendorong pemikiran analog terutama dalam pemecahan masalah. Keempat, aktivitas ngeblog membiasakan kita untuk mengakses sumber2 informasi yang berkualitas untuk bahan tulisan kita. Kelima, bloh merupakan media terbaik bagi permenungan sekaligus interaksi sosial.

Tapi yang menarik, aktivitas ngeblog juga dianjurkan bagi para pasien penderita kanker di sebuah rumah sakit di Amerika yang bisa anda baca selengkapnya di situs http://www.msnbc.msn.com/id/9889617/.

Dalam tulisan tersebut, blog menjadi salah satu cara terapi alternatif para penderita kanker melawan penyakitnya. Posting para pasien justru membantu dokter dan perawatnya dalam memahami perjuangan pasien dalam menghadapi penyakitnya. Tulisan mereka juga menjadi suatu media komunikasi efektif dengan pihak keluarga untuk memberikan dorongan survival terhadap pasien. Blog bukan obat mujarab bagi mereka, tapi setidaknya sebuah comfort yang mereka butuhkan.

Akan tetapi seperti apakah nge-blog yang menyehatkan?. Saya punya kebiasaan buruk untuk menunggu hingga tepat jam 12 malam untuk melakukan posting atau sekedar duduk berjam2 memelototi layar komputer mencari inspirasi untuk posting. Sepertinya itu bukan kebiasaan yang sehat, jadi tidak usah ditiru. Tapi yang di bawah ini boleh disimak.

Ryan Caldwell memberikan 23 tips blogging yang menyehatkan al : lakukan aktivitas seks setidaknya 1x setiap 3 hari. Lho? Ya itulah salah satu resepnya agar kesehatan mental dan fisik kita tetap prima. Boleh juga. Silakan membaca postingnya di tautan yang telah saya berikan sebelumnya.

Wah semoga tips di atas bisa menambah semangat saya dan kita semua untuk terus ngeblog ya. Happy blogging.

Advertisements

Tags: , , , , ,

One Response to “Hubungan Ngeblog dan Kesehatan”

  1. Dina Says:

    tx 4 sharing ..:)

Comments are closed.


%d bloggers like this: