Changi Airport Memang Keren

changi1.jpg

Inilah airport yang beberapa kali memenangkan perhargaan sebagai “the best airport in the world” walau untuk tahun 2007 kalah dengan HK International Airport. Tidak berlebihan, saya dan siapapun akan terkesan akan keteraturan dan efesiensi ala Singapura dalam mengelola fasilitas airportnya. Kadang sering ngenes kalau membandingkan dengan bandara kita yang menyandang nama besar Proklamator Soekarno-Hatta. Changi adalah lambang keberhasilan pemerintah Singapura dalam menerapkan good governance, dan saya hanya bisa terkagum-kagum.

Airport Changi merupakan lalu lintas dunia di belahan Asia Tenggara yang mempermalukan Indonesia. Negara liliput ini sangat serius mengelola airportnya demi kenyamanan para penumpang dari lima benua. Hampir semua perusahaan penerbangan terkemuka di dunia yang terbang melalui Asia Tenggara dipastikan transit di Changi.

Mengelola airport pada prinsipnya adalah mengatur lalu lintas jutaan manusia dan pesawat yang hilir mudik setiap saat. Diperlukan koordinasi dan peralatan modern agar semua berjalan seusai dengan yang telah direncanakan. Saya tidak mengerti sistem yang mereka terapkan, tapi selama singgah di sana, selalu saja ada hal baru, entah itu atraksi musik berkelas, atau sekedar pembukaan fasilitas paling anyar.

Semuanya dilakukan untuk kenyamanan penumpang agar tidak bosan. Ya, bosan adalah musuh utama setiap orang dan perjalanan menggunakan pesawat selalu ada waktu tunggu. Dari mulai chek-in hingga boarding, entah satu jam atau malah seharian. Inilah celah yang dimanfaatkan oleh manajemen Changi dalam meng-entertain setiap traveller untuk sekedar mengusir waktu luang para penumpang.

Apa sih yang tidak kita dapatkan di sini? Semuanya ada, dari internet yang gratis, toilet yang terawat dan wangi, toko atau boutiqe bagi yang berniat belanja, restoran, coffee shops, hingga tempat merokok dimana saya biasa nongkrong. Letih? Ada quite room buat sekedar melepas kepenatan akibat perjalanan panjang.

Skytrax yang setiap tahun melakukan survey terhadap kepuasan penumpang membuat 10 kategori penilaian terhadap airport di dunia. Penilaian mereka terdiri dari : free duty shops, dining, security processing, bagage delivery, kebersihan, toilet, transit, leisure amenities, layanan imigrasi, dan keramahan staf. Changi di tahun 2007 menyabet dua kategori sebagai the best duty free shopping dan leisure amenities airport di dunia selain layanan imigrasi, best transit airport, best airport dining yang berada diurutan kedua.

Siapa saingan Changi di Asia? Hong Kong International Airport (HKIA) dan yang untuk tahun 2007 ini dinobatkan oleh Skytrac sebagai yang terbaik di dunia setelah tahun sebelumnya dipegang oleh Changi yang menduduki tempat kedua bersama dengan Seoul Incheon di Korea Selatan.

Bagaimana dengan airport kita? Anda tahu sendiri jawabannya. Hiks.

Posting lain yang terkait : Our Humble Airport is CGK

Tags: , , , , , ,

7 Responses to “Changi Airport Memang Keren”

  1. sumatraindonesia.co.cc Says:

    wah.. jadi pengen nih..

  2. ton6312 Says:

    Memang bagus sekali, cobalah sekali-kali menghabiskan waktu di sana. Thanks for comment.

  3. Rainal Rais Says:

    Changi tdk membosankan..meskipun kita menunggu disana selama 3 jam..

    Betul pak Rainal, kapan ya bandara kita seperti merekašŸ˜¦

  4. Jaring Says:

    Yup sepakat..Changi emang top markotop. Tapi yg lucu (soale baru nemuin kali itu) tempat ibadahnya nyampur semua agama (CMIIW). Soalnya pas sholat waktu itu berbarengan sama orang beragama Hindu/Budha. Dan memang pas di Changi berasa di mall, bukan di bandara he2..

  5. darwin Says:

    sangat luar biasa. bandingkan dengan cengkareng, bagusan terminal bus di desa2 di japan

  6. indahs Says:

    wah, bukannya Hong Kong (HK) Airport yang jadi nomer satu tahun 2008 ini ya mas? Changi memang baik sekali manajemen-nya tapi kalu saya perhatikan, manajemen di HK jauh lebih baik lagi, terutama dari segi sarana informasi, fasilitas (misalnya wifi di HK airport gratis, saya gak tahu kalu di Changi, soalnya pas pengalaman di Changi gak pernah coba pakai laptop) dan keramahan pegawai airport-nya. Pengalaman saya di Changi, pegawai airport-nya judes-judes…mungkin karena tampang saya melayu banget…hihihi..

    Dua2nya memang bagus, tapi Changi dinilai lebih dalam kemewahan lounge, passenger experiences dengan fasilitas shopping yang lengkap, dan menu makanan. Selain itu semua poin-nya hampir lebih sama dengan HKIA.

  7. gregmarindra Says:

    betul ..
    Incheon juga bagus..kok

Comments are closed.


%d bloggers like this: