Fotografi & Desain Grafis

desain1.jpg 

Ada pakem yang menyatakan bahwa sebuah karya foto “haram” untuk dimanipulasi dengan program desain grafis seperti Adobe Photoshop. Banyak teman sesama fotografer tidak terlalu suka fotonya di acak2 sedikitpun. Bagi mereka, kemurnian sebuah karya fotografi adalah seperti apa adanya, as is. Saya menghargai prinsip mereka, tapi menurut saya, seorang fotografer mutlak menguasai program editing foto, setidaknya tahu apa yang dimaksud dengan level, white balance, curve, atau sharpening

desain2.jpg 

Saya merambah jauh dari sekedar menajamkan foto atau menerangkan objek yang gelap, tapi juga menambahkan unsur desain grafis ke dalam foto itu. Ini sama sekali bukan tema baru bagi para desainer yang bekerja diperiklanan dan tulisan ini bukan ditujukan buat mereka. Saya hanya ingin sharing bahwa kombinasi dunia foto dan desain sangat mengasyikan dan setiap orang bisa melakukannya tanpa harus punya latar belakang seni rupa.

desain3.jpg

Ini tips berdasarkan pengalaman pribadi bagi para fotografer pemula yang mau mulai merambah menjadi desainer untuk mempercantik hasil fotonya.

  1. Pilih program yang serius kalau ingin bereksperimen tanpa batas. Semua pasti setuju bahwa Photoshop ada program olah foto dan desain grafis yang sangat powerful.
  2. Untuk inspirasi lihat situs desain yang bertebaran di jagad internet, salah satunya devian art  yang banyak digandrungi oleh seniman kita.
  3. Beli buku desain grafis, harganya memang mahal tapi ini untuk investasi jangka panjang. Beli saja yang temanya gado2 seperti kumpulan desain tahun 2007 yang isinya berbagai portfolio seperti annual report, stationery, poster, lay out majalah, atau typhography.
  4. Upload karya anda dan minta kritik dari mereka. Flickr, situs foto kepunyaan Yahoo yang terkenal tidak hanya menerima foto, banyak karya desain grafis yang bagus yang dipajang di sini.
  5. Desain grafis adalah karya seni tanpa batas, tapi orisinalitas tetap harus dijaga. Boleh saja mengambil ide orang, tapi implementasikan dengan gaya anda sendiri sehingga tidak dituduh plagiat.
  6. Tidak usah malu memajang karya sendiri, kalau anda tidak mau menghargainya, bagaimana orang lain?

Semoga berguna dan selamat berkreasi.

Catatan : Semua foto di sini  adalah hasil jepretan teman2 saya di Hong Kong. Saya hanya menambahkan unsur grafis yang hasil akhirnya moga2 tidak memalukan.

Tags: , , , ,

11 Responses to “Fotografi & Desain Grafis”

  1. Fotografi & Desain Grafis · Photography tips Says:

    […] post by Photography-myWeb.com â?? Recently about photography articles, tips & tricks and more&… and software by Elliott […]

  2. Marcolino Babo Says:

    hai friends, saya ingin mencari sekolah desain grafis melalui internet tapi saya tak tahu kalo ada yang tau tolong kirimkan ke alamat email saya.

    marcolino_babo@dai.com

  3. relia Says:

    can you help me…the name software for me to make a good design and easy to use?

  4. ton6312 Says:

    Hi Relia, as I said Adobe Photoshop is a powerful for a serious graphic designer, but you could try Photoshop Element, is more simple and easy to use.

  5. Syaiful Rakhmad Says:

    hello bro,, saya pengen tanya untuk memperdalam desain, saya harus sekolah dimana untuk daerah surabaya yang…

    balas ya

  6. Elyani Says:

    Wah saya belum bisa motret dengan hasil bagus begini. Maklum masih pakai compact camera…kemampuan-nya terbatas. Nanti kalau sudah beli kamera yg lebih bagus, saya boleh tanya ini itu ke mas Toni kan?🙂 (maksa)

    Foto2 saya malah banyak pakai yang compact camera karena memang lebih praktis. Tentu boleh dong, moga2 bisa bantu🙂

  7. jhu-ay Says:

    aku jhu-ay lg nambah ilmu di desain grafis nih. mohon petunjuk…

    kalau ada alamat website yg layak diliat kirim ya..
    thnk’s.

    Design War bagus tuh😀

  8. ace_part Says:

    great…….!!!!!saya sangat tertarik dan mungkin dapat dibilang sepaham namun saya ingin belajar banyak tentang design grafis itu sendiri lebih dalam ….thanks a lot n good luck

    Thanks juga.😀

  9. fahrul Says:

    apakah fotografi itu sekarang sudah memasuki era digital… bagai mana yang masih memakai film

    Foto produk iklan kami masih ada yang menggunakan film Mas. Annie Leibovitz contohnya, pasti tahu kan spesialis fotografer portrait di dunia yang kita gunakan untuk salah satu produk iklan.

  10. nira Says:

    minta alamat website tentang desain grafis donk

  11. pinsiltempur Says:

    setuju banget…

Comments are closed.


