Form Imigrasi Amerika

arrive1.jpg

Horee akhirnya sampai di Amerika setelah perjalanan hampir 24 jam. Sebelum dizinkan masuk ke pintu gerbang setiap port di Amerika, isi dulu form imigrasinya. Biasanya pramugari akan membagikan form imigrasi sesaat sebelum pesawat landing. Tapi kalau tidak keburu, form ini bisa diperoleh sebelum counter gerbang imigrasi. Bagimana bentuk dan cara mengisinya?

arrive2.jpg

Form imigrasi Amerika bentuknya panjang, yang di atas ada hasil cropping bagian yang pertama. Form nya dikenal dengan nomor I-94 , seperti biasa terdiri dari dua bagian. Pertama adalah Arrival Record atau kartu kedatangan terdiri dari :

  1. Family Name : nama keluarga, kalau hanya satu nama, ya isi saja dengan nama itu
  2. First (given) name) : nama kita
  3. Birth Date (Day/Mo/Yr) : isi dengan 2 digit tanggal, bulan, dan tahun kelahiran
  4. Country of Citizenship : ya Indonesia lah.
  5. Sex (Male or Female) : maaf yang lain tidak ada
  6. Passport Number : Nomor paspor kita
  7. Airline Flight Number : Misalnya SQ 002
  8. Country where you live : Negara tempat kita tinggal
  9. City where you boarded : tempat kita berangkat. Kalau transit terakhir di Seoul, sebutkan saja kota itu, bukan Jakarta.
  10. City Where Visa was Issued : tempat visa Amerika kita diterbitkan, mis : Jakarta
  11. Date Issued (Day/Mo/Yr) : isi dengan 2 digit tanggal, bulan, dan tahun diterbitkannya visa.
  12. Address While in the United States (Number & Street) : Ini penting, siapkan alamat yang akan kita tinggali selama di Amerika dan jangan sampai kebingungan karena alamatnya terselip entah kemana.
  13. City and State : Misalnya Los Angeles, CA

Selesai untuk kartu kedatangan

Sedangkan Departure Record atau kartu keberangkatan hanya terdiri dari :

  1. Family Name
  2. First (Given) Name
  3. Birth Date (Day/Mo/Yr)
  4. Country of Citizenship

arrive3.jpg

Setelah di stempel, petugas akan memberikan potongan kartu keberangkatan dan di staple di paspor kita. Penting, kartu keberangkatan ini harus diserahkan ke pihak airline saat kita chek in pesawat. Kelalaian dalam menyerahkan kartu keberangkatan akan berakibat kesulitan masuk kembali ke Amerika, setidaknya menghindari deportasi karena disangka imigran gelap.

Khusus bagi yang mendapatkan keistimewaan karena namanya tercantum dalam watch list, anda harus kembali lapor di counter Homeland Security setelah chek-in. Petugas airlines akan menunjukan kantor mereka dan anda harus menyerahkan paspor beserta kartu keberangkatan kepada petugas di sana. Prosesnya tidak lama karena biasanya tidak ada tanya jawab. Mereka hanya akan menstempel paspor kita dan berkata you good to go.

Bagaimana kalau kartu keberangkatan sampai terbawa ke Indonesia? Memang agak memalukan sih, tapi segera serahkan kembali ke pihak Kedutaan Amerika atau Konsulat-nya. Minta tanda terima.

Selamat datang di Amerika.

Tags: , , , ,

6 Responses to “Form Imigrasi Amerika”

  1. Trip to USA: Jakarta - LA | pawitra.org Says:

    […] sebenarnya sudah menunggu pembagian form ini karena sebelum keberangkatan saya membaca salah satu blog yang menceritakan tentang form ini. Form ini harus diisi lengkap selengkap2nya.  Selain itu ada form lain yang menanyakan apakah anda […]

  2. vijasa basrie Says:

    I have legal Permanent Card, so I don’t have to worry about that !

  3. heechulforever Says:

    thanks for the information ! it helps a lot ! i’m a 17 yr old girl who wants to pursue my study in a college in san fransisco . my flight is next week . been nervous and still nervous , because no adults will accompany my flight , and i’ve never been to america before .. =.=

  4. FREDDY Says:

    Mohon informasi mengenai Form Imigrasi, dimana saat kita tiba di negara tujuan, masalahnya istri saya yg mau berangkat ke USA tidak bisa berbahasa Inggris, bagaimana caranya dia mengisi form itu ?

    Di pesawat sudah dibagikan, minta bantuan pramugari yang pasti akan membimbing istri anda. Kalau tidak, sebelum antri, minta istri anda mendekati petugas imigrasi Amerika yang memang disediakan untuk membatu para pengunjung mengisi form.

  5. Lala Says:

    Pak Toni, sy mau nanya bbrp hal, mohon sarannya:

    1. Waktu mendaftar online, dokumen apa saja yg harus sy siapkan untuk pengisian form online?

    2. Saya sdh pernah tinggal di Europe wkt skolah dulu thn 2003. Apakah ini bisa menjadi pertimbangan buat staff konsuler wkt interview?

    3. Brp lama jangka waktu boleh apply lg setelah ditolak visanya?

    Thanks a lot sblmnya,
    Salam….

  6. Fika Says:

    Pak toni,saya mau tanya :
    visa saya adalah visa immigrant (K3) dan saya hanya beli tiket oneway saja karena mau stay dengan suami di usa.
    1. Bagaimana cara isi form I-94? apakah saya tetap harus isi form pada bagian departure? atau saya harus isi kedua bagian (arrival dan departure) ?
    2. Apakah saya harus isi form tersebut dua kali ya ? karena saya perlu connecting flight untuk sampai ke tempat tujuan di usa. saya harus berikan form tersebut saya saat tiba di usa? atau saat saya berada di connecting flight?
    3. Adakah dolumen lain yang harus saya siapkan selain paspor? seperti surat pengantar dari kedutaan? atau??

    Mohon pencerahannya. Terima Kasih.

    Salam,
    Fika

    Hai Fika, maaf agak lama jawabnya :
    1. Isi dua-duanya, yang bagian departure diisi dengan N/A
    2. Diberikan pada saat pemeriksaaan di pos imigrasi yang pertama.
    3. Semua dokumen saat pengajuan Visa sebaiknya disiapkan, apabila diminta petugas.

Comments are closed.


%d bloggers like this: