Mengurus Paspor Hilang di Luar Negeri

paspor2.jpgPaspor laksana belahan jiwa anda selama berada di luar negeri, jangan sampai hilang kalau tidak ingin mengeluarkan biaya dan energi pembuatan paspor di luar negeri. Saya mau berbagi tips praktis agar si paspor tetap berada dalam pelukan anda.

  1. Sebelum anda berangkat, fotocopy semua identitas seperti KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan tiket. Selalu bawa setiap anda bepergian ke luar negeri.
  2. Jangan pernah menyimpan paspor di saku kemeja atau celana, simpan di dompet khusus yang banyak dijual untuk para traveller.
  3. Ini penting, foto copy dan simpan di tas yang terpisah. Kalau hilang, anda masih punya bukti kepemilikan saat mengajukan kembali di kedubes/konsulat kita di luar negeri.
  4. Simpan paspor di hotel. Jangan pernah membawa paspor dan dokumen perjalanan lain selama anda jalan2 di luar negeri. Masukan ke safe deposit box yang ada di hotel dan catat nomor kodenya, siapa tahu anda lupa.

Bagaimana kalau hilang ?

  1. Segera buat laporan kehilangan di kepolisian setempat untuk dibuatkan loss report.
  2. Buat pernyataan pribadi mengapa anda sampai kehilangan paspor. Pernyataan itu harus disahkan oleh notaris setempat yang akan membuatkan afidavit loss seperti yang disyaratkan kedubes Indonesia di Manila. Ada kedutaan yang tidak mensyaratkan ini (kedubes RI di Amerika), tapi untuk pastinya anda harus mencari informasi di kedubes atau Konsulat negara yang bersangkutan.
  3. Laporkan ke kedutaan besar atau kantor Konsulat terdekat, jangan ditunda dan bawa dokumen kehilangan dari kepolisian dan notaris.
  4. Anda akan diwawancara lagi oleh staf kedubes atau Konsulat
  5. Mengisi formulir aplikasi paspor baru (Perdiem 14)
  6. Siapkan pas foto dengan latar belakang warna merah. Tidak ada standard ukuran dan masing2 kedubes mensyaratkan ukuran berbeda, jadi telepon mereka dan pastikan ukurannya.
  7. Tunjukan semua foto copy identitas anda seperti yang saya sebutkan di atas.
  8. Membayar biaya denda yang jumlahnya berbeda di setiap negara.
  9. Bersiap untuk memperpanjang waktu tinggal, pengurusan paspor hilang memerlukan 3-5 hari dan itu tidak termasuk hari libur.
  10. Anda akan diberikan dokumen pengganti paspor yang dinamakan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang mempunyai kedudukan hukum sama. Masa berlakunya adalah satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Jadi daripada terlibat birokrasi pembuatan paspor, lebih baik jaga baik2 buku kecil ini.

Tags: , , , ,

6 Responses to “Mengurus Paspor Hilang di Luar Negeri”

  1. Andreas Harsono Says:

    Nasehat yang sangat berguna. Baru sekarang terpikir bahwa tindakan ini perlu. Siapa tahu kehilangan paspor saat jalan? Terima kasih.

  2. ton6312 Says:

    Terima kasih Mas Andreas, saya salah satu pengagum tulisan2 di blog anda.

  3. bova Says:

    Rasanya gak mungkin ninggalin pasport di hotel, kalau kita lg jalan2 trus ada masalah dijalan dan urusan ama yg berwajib berabe deh kalau gak bawa identitas. saya pernah mengalami di s’pore, menyebrang jalan tidak pada tempatnya, kena deh ditanyain polisi, aku bilang aja baru datang dan tidak mengerti, dan mereka memakluminya

  4. ton6312 Says:

    Thanks Bova. Itu juga boleh, tapi ini hanya untuk menghindari kalau hilang di jalan karena akan lebih berabe.

  5. iin Says:

    tolong di baca

  6. ayu Says:

    hai mas..

    thanks banget infonya, beberapa hari lalu teman saya kehilangan passpor di vietnam (sedang traveling sama saya), saya googling di hostel dan ketemu blog ini, sama persis caranya dgn yg mas kasih.. tp kita sedikit lebih sial, krn kena hrs urus visa lagi (u$35) dan U$5 untuk SPLP nyaa..

    sekarang sdh sampai dgn selamat🙂

    Senang bisa membantu🙂

Comments are closed.


%d bloggers like this: