Kamera Handphone Sudah Cukup

victoria.jpgUntuk jalan2 saya senang membawa kamera digital kecil yang bisa dimasukan ke saku. Sekarang ini kemajuan teknologi compact digital camera sudah semakin tidak terbendung. Bayangkan saja sebuah kamera digital Kodak Easyshare Z1275 mempunyai resolusi 12,5 MP jauh lebih besar dibandingkan dengan Canon EOS 40D yang cuma 10.1 MP. Jadi mana yang akan anda pilih?

Posting ini berdasarkan obrolan saya dengan seorang anak SMU yang minta pendapat tentang kamera digital mana yang cocok buatnya. Sebelumnya dia merengek kepada orang tuanya untuk dibelikan kamera digital profesional seperti Canon 40D yang saya punya. Di bawah ini sekedar tips buat anda yang mulai memasuki dunia digital berdasarkan pengalaman pribadi saya.

gereja.jpg

  1. Ini sangat penting.Sebelum membeli tanya pada diri sendiri apa tujuan membeli kamera. Setiap orang punya tujuan berbeda dan tujuan inilah yang akan menentukan kamera jenis apa yang akan dibeli. Kamera untuk keperluan bisnis foto perkawinan tentu berbeda dengan kamera untuk sekedar jepret sana sini.
  2. Sekedar untuk mendokumentasikan kegiatan, kirim email atau nge-blog seperti saya, sebuah kamera handphone dengan resolusi 2 mega pixel sudah memadai. Handphone Nokia N73 malah mempunyai resolusi 3.2MP yang hasilnya bisa dicetak hingga ukuran 5R (20X15cm). Jadi kalau sudah cukup dengan sebuah kamera handphone, buat apa membeli kamera digital lagi?
  3. Tetep mau beli? OK, jawab lagi pertanyaan ini? Dalam seminggu berapa kali kira2 kamera itu akan dipergunakan ? Seminggu sekali? Silakan beli. Tapi kalau hanya dipakai sekali-kali atau gara2 anda hanya ingin ngejreng, lebih baik pake saja kamera handphone.
  4. Resolusi kamera bukanlah segalanya. Jangan tertipu iklan kamera yang menonjolkan jumlah mega pixel yang besar. Sebesar apapun resolusi kamera digital sensor yang digunakannya tetap belum bisa mengalahkan kamera digital SLR. Belum lagi faktor effective pixel yang ditangkap kamera dalam merekam gambar. Gini, sebuah kamera dengan jumlah pixel 1 juta contohnya, harus menyisakan sebagian jumlah pixelnya untuk keperluan pengaturan warna. Jadi tidak semua pixel digunakan untuk merekam gambar.
  5. Dunia kamera digital adalah langit tanpa batas. Sekali memasukinya, bersiaplah untuk tergiur dengan tawaran berbagai lensa serta berbagai aksesorisnya. Sebuah digital back yang bisa dipegang dengan sebelah tangan harganya sama dengan sebuah mobil sedan Jepang yang masih gress.
  6. Fotografi adalah hobi mahal, syukur anda bisa mendapatkan uang dari hobi itu
  7. Kita harus menguasai teknologi yang ada di kamera, bukan sebaliknya. Jadi rugi bila punya kamera digital SLR lalu memilih pengaturan serba otomatis hingga anda tinggal jepret. Bukannya tidak boleh, dalam kondisi tertentu memang disarankan, tapi kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada karena itu tujuannya.
  8. Banyak situs fotografi untuk meperoleh informasi tentang fotografi, tapi sebaiknya juga berkonsultasi dengan teman2 yang sudah lama berkecimpung dalam fotografi digital.
  9. Terakhir saya selalu ingin mengulangi ini : foto yang bagus dihasilkan oleh fotografer, terlepas dari kamera yang digunakannya.
  10. Foto yang diposting di sini semuanya menggunakan kamera digital non DSLR dari Canon yang harganya sekitar 2-3 jutaan. Hasilnya tidak memalukan, bukan?

Itu saja, semoga berguna dan tidak menyesal karena terlanjur beli.

Tags: , , ,

4 Responses to “Kamera Handphone Sudah Cukup”

  1. n3l4 Says:

    OOww…!!! Gitu yey… Thanks banget deh. dari sini q bisa nambah ilmu n bisa pikir2 dl klo beli kamera digital. kan q da pny kamera d hp q. He..He..

  2. merry_4_love Says:

    Yes… kata2 terakhirnya SETUJU BANGET

  3. Indri Says:

    hehe kebetulan saya juga suka fotografi , tapi memang kalau jalan2 di banyak tempat membawa dslr keliatannya repot n berat.
    Terimakasih telah menjawab kebingungan saya, karena tadinya saya bingung memilih antara yang pocket ato dslr hehehe..

  4. bieb Says:

    syukurlah ada postingan ini, sehingga bisa membesarkan hati saya yang hanya punya camdig. hehehe. Klo gitu…mungkin saya harus berlatih teknik ny🙂

Comments are closed.


%d bloggers like this: