Bunga Tidak Boleh Tumbuh di Crissy Field

crissy.jpg

 

Kedengarannya aneh, tapi saya bersama teman seluruh kantor yang datang dari berbagai negara melakukan kerja sukarela dengan mencabuti bunga di Crissy Field. Tempat ini adalah suatu lapangan rumput luas di bawah naungan Golden Gate National Park di San Francisco.

Menempati lahan seluas 8 kilometer persegi, Cissy Field terletak tepat di pinggir jembatan Golden Gate. Crissy Field pada awal mulanya adalah sebuah lapangan udara yang dipergunakan selama perang dunia ke-2. Nama Crissy Field merupakan penghormatan kepada Major Dana Crissy yang berjasa mengembangkan tempat ini sebagai salah satu pusat penerbangan pihak sekutu.

vMaka di suatu pagi yang cerah di musim panas bulan Agustus tadi, kami mulai berkumpul di Crissy Field untuk di briefing tentang apa yang harus dilakukan. Petugas Park dengan ramah memberikan petunjuk cara mencabuti bunga dengan menggunakan sekop kecil.

 

Seorang teman bertanya, mengapa bunga cantik yang warnanya kuning harus dibuang. Ia menjelaskan bahwa bunga tersebut harus dienyahkan karena merupakan hama yang akan memakan seluruh padang rumput kalau dibiarkan.

Mulailah kerja bakti kami yang memakan waktu hingga 3 jam sampai makan siang. Lumayan berat karena tidak terbiasa melakukan pekerjaan seperti ini. Pertama kita harus membungkuk sepanjang waktu, lalu menarika akar bunga yang cukup dalam, kalau bandel harus di potong dengan sejenis pisau. Untuk area yang kecil boleh lah, tapi padang rumput ini luasnya 8 km!.

 

Namun semua pekerjaan berat tersebut setidaknya diimbali dengan keindahan jembatan Golden Gate yang terlihat sangat dekat. Di sekitar lapangan ini, beberapa orang tampak melakukan jogging dengan ditemani anjing labrador. Ada juga yang asyik naik sepeda, skate board, atau hanya duduk2 di taman sambil menikmati kudapan pagi. Fasilitas publik di Amerika memang boleh diacungi jempol.

pin.jpg

Akhirnya selesai juga my first volunteer in the US, dan sebagai kenang2an pihak Park membagikan pin sebagai tanda terima kasih. Mereka memang sangat menghargai kerja volunteer seperti ini, terlepas dari hasil yang kita dapatkan.

 

Link Cissy Field bisa dili hat di sini.

Tags: , , , ,


%d bloggers like this: