Anak Tiri Golden Gate

bay-bridge.jpg

San Francisco memang kota yang indah dan romantis dengan jembatan Golden Gate-nya yang sudah jadi icon. Lucunya saya belum pernah sekalipun lewat di jembatan ini. Saya lebih sering dekat anak tirinya Golden Gate, si Bay Bridge.

Jembatan Bay Bridge memang tidak semegah Golden Gate, tapi menurut saya tidak kalah indahnya dari sisi aristektur. Jembatan yang menggunakan sistem kabel suspensi ini melintasi teluk San Francisco yang menghubungkan downtown dengan Okland.

Karena kantor saya berdekatan dengan jembatan ini, saya sering melewatkan waktu luang memandangi keindahan Bay Bridge sambil menikmati kopi panas untuk mengusir dinginnya cuaca saat itu. Walaupun musim panas, cuacanya sekitar 15 derajat C. Dingin buat orang yang terbiasa dengan panasnya Jakarta seperti saya.

Dengan panjang hampir 3km, jembatan super sibuk ini dilalui oleh 280 kendaraan setiap harinya!. Saya melintasi jembatan ini untuk pertama kalinya saat menghadiri sebuah pertemuan di Claremont yang berdekatan dengan Universitas Berkeley di tahun 1999. Sudah lama. Terakhir, melintasi di bawahnya dengan menggunakan boat dalam rangka makan malam di Tiburon.

Foto yang dipajang di sini adalah saat kunjungan saya terakhir di musim panas bulan Agustus tahun 2007.

Bay Bridge, you’re not step son of Goden Gate.

Tags: , , , , , ,


