Tolong Koper Saya Hilang di Miami Airport !

luggage-tags.jpgSebuah studi dari konsultaan penerbangan dari Swiss SITA Inc. mengungkap setiap tahun rata2 30 juta koper berpisah dengan tuannya di seluruh airport di dunia. Namun hanya 2% yang tidak pernah lagi bersatu dengan pemiliknya (The Travel Insider). Itulah yang terjadi dengan saya saat tiba di Miami, Florida.

Penerbangan ke Miami dari Denver hanya memakan masa kurang dari 4 jam. Namun sebelumnya saya harus transit 1 jam di Washington DC untuk ganti pesawat United Airlines dari San Francisco.Waktu transit yang hanya 1 jam inilah yang ternyata merupakan penyebab koper saya terlambat diangkut petugas di bandara.

Setiap koper dari pesawat yang baru mendarat akan dibawa ke luggage center dan dipilah secara otomatis menggunakan scanning dari bar code yang ditempelkan di setiap koper.

Kelemahannya, banyak tag koper yang terlipat atau tersembunyi hingga tidak terbaca oleh komputer. Koper2 ini kemudian akan dipilah secara manual, dan tentu saja perlu waktu.

Kasus yang saya alami lebih dikarenakan waktu koneksi pesawat yang terlalu singkat. Koper saja yang baru tiba harus mengalami kenyataan ditinggalkan pesawat karena terlambat tiba di luggage center.

Jadi apa yang harus dilakukan apabila kita menemui kejadian seerti ini :

  1. Segera lapor ke counter lost baggage claim yang ada disetiap bandara.
  2. Isi formulir dan tunjukan gambar koper yang anda miliki. Jangan khawatir, mereka punya koleksi gambar seluruh koper termasuk yang bentuknya aneh.
  3. Tentu saja anda harus punya bukti baggage claim, yang berupa potongan kertas kecil yang diberikan saat chek-in.
  4. Selanjutnya tunggu dan berharap koper anda akan kembali.
  5. Bagaimana jika dinyatakan hilang.
  • Pengggantian koper yang hilang tergantung dari jenis penerbangan yang anda naiki, domestik, atau internasional dan jumlahnya bisa bervariasi. Anda bisa lihat detailnya dalam Montreal Convention.
  • Bentuk penggantian berupa uang dan depresiasi barang yang anda declare yang terdapat dalam koper tersebut. (di Amerika sebesar US$ 3000 untuk penerbangan domestik dan 1500 untuk internasional)

Teman saya punya kebiasaan yang patut ditiru karena selalu menyimpan satu set pakaian dalam dalam dalam tas yang anda bawa ke pesawat untuk berjaga-jaga kalau koper anda hilang.

Akhirnya koper saya tiba di hotel setelah 12 jam menunggu. Untunglah koper ini bukan bagian dari 2% koper yang benar2 dinyatakan hilang dan berpisah selama2nya dengan pemiliknya.

Tags: , , , , , ,

One Response to “Tolong Koper Saya Hilang di Miami Airport !”

  1. Shelvy Says:

    Hmm.. I might be the person to be held responsible for the loss, as I was the one who arranged the itinerary. (Tul gak?)😛

Comments are closed.


%d bloggers like this: