Go To Secondary Check !

statue_of_liberty_800.jpgSaya tiba di bandara internasional San Francisco sekitar pukul tujuh malam setelah menempuh perjalanan panjang selama 16 jam dari Jakarta. Itu belum termasuk waktu transit di Singapura dan Hong Kong. Terbang dengan kelas ekonomi Singapore Airlines perlu stamina prima belum lagi pengalaman di imigrasi Amerika yang perlu diketahui oleh para traveller yang baru pertama kali ke sana.

Memperoleh visa di kedubes Amerika tidaklah mudah. Kalaupun sudah dapat, belum ada jaminan kalau kita akan bisa masuk ke negaranya. Saya beruntung mendapatkan visa lima tahun dengan multiple entries. Teman saya sekantor hanya memperoleh tiga bulan saja. Antrian mendapat giliran untuk pemeriksaan paspor cukup panjang. Tidak kurang 45 menit waktu tunggu, bergabung dengan berbagai wajah dari banyak negara terutama Asia. Banyak yang terlihat kurang tidur karena perjalan panjang.

Seperti biasa setelah semua dokumen dipersiapkan saya mendapat giliran untuk menghadap petugas imigrasi. Paspor diperiksa beserta semua kartu imigrasi, dan … dia berkata “go to secondary check in that room” sambil menunjuk ruangan kecil sebelah kanan dari antrian.

Ini adalah prosedur tambahan bagi anda yang yang masuk watch list dari departemen luar negeri mereka. Siapa? Tidak ada yang tahu kriteria pasti, tapi setiap lelaki dewasa, berasal dari negara dengan penduduk mayoritas Islam seperti Indonesia, Bangladesh, Pakistan, biasanya langsung dimasukan ke dalam daftar ini. Termasuk saya. How lucky.

Di tempat pemeriksaan kedua ini sudah terdapat beberapa warga asing dari India, Cina, dan tentu saja Indonesia seperti saya. Mereka akan memanggil kita, foto, sidik jari, dan wawancara. Siapakan semua surat sponsor atau undangan dari pihak Amerika, kartu nama, KTP, kartu kredit, dan sekali lagi konfirmasi booking-an hotel yang akan kita tinggali.Kalau semua dokumen lengkap pemeriksaan biasanya hanya berlangsung kurang dari 15 menit.

Menurut saya pemeriksaaan kartu kredit biasanya dilakukan untuk melihat apakah ada dana yang kita gunakan untuk keperluan pembiayaaan teroris, atau adakah kaitan nomor kartu kredit kita dengan setiap transaksi keuangan yang mencurigakan. Setiap kecurigaan akan memakan waktu wawancara yang lama. Untuk itu persiapkan waktu connection flight (kalau ada) anda beberapa jam ke depan untuk mengantisipasi lamanya pemeriksaan.Petugas yang memeriksa (Homeland Security) tidak akan peduli apakah anda punya penerbangan lanjutan atau tidak.Kalau tidak ada masalah yang berarti maka paspor akan mereka cap dan selamat datang di Amerika.

Sebagai catatan tambahan, menurut American Civil Liberties Union (ACLU), sebuah LSM yang membela hak2 sipil di dalam situsnya melaporkan bahwa tidak kurang dari 300 ribu orang ditahan diberbagai pejara Amerika karena pelanggaran imigrasi. Mereka juga menyediakan layanan pro bono atau gratis apabila pendatang seperti saya kena masalah di imigrasi dengan nomor telepon bebas pulsa. Tapi kalau kita memang tidak punya latar belakang macam2, bisanya masuk ke Amerika tidaklah terlalu sulit seperti yang sudah saya alami.

Semoga informasi ini bermanfat bagi siapa saja yang akan masuk ke Amerika pertama kalinya.

Salam

Tags: , , , , , , , , ,

One Response to “Go To Secondary Check !”

  1. art Says:

    menarik, singkat, dan jelas sekali pemberitaan anda. semoga aja ini bermanfaat untuk mereka yang berminat mengunjungi Amerika

Comments are closed.


%d bloggers like this: