Bawa Kamera Apa Untuk Travel ?

Mong KokBawa saja kamera digital kecil, atau kalau tidak ada, kamera handpone dengan kapasitas 2 mega pixel sudah cukup untuk mengabadikan perjalanan liburan kita. Kecuali anda seorang profesional dibidang fotografi, tidak perlu membawa gadget yang berlebihan.

Selain faktor keamanan juga sangat tidak praktis. Ini beberapa tips yang saya peroleh dari pengalaman mengabadikan perjalanan yang saya lakukan.

Kalau anda seorang profesional tulisan Philip Greenspun ini di situs photo.netbisa membantu persiapan untuk traveller photographer.

Tapi bagi kebanyakan orang awam seperti saya, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan khsususnya untuk perjalanan ke luar negeri.

  1. Kalau tidak punya kamera digital, cukup abadikan dengan hand phone, minimal kapasitas 2 mega pixel sudah memadai untuk cetak ukuran 3 atau 4R.
  2. Yang punya kamera digital, kapasita 3 MP juga sudah mencukupi.
  3. Tidak ada kamera yang bagus, yang ada adalah seorang fotografer yang jeli melihat momen, komposisi, dan pencahayaan. Enjoy saja dengan peralatan yang ada.
  4. Persiapkan objek apa saja yang ingin diabadikan sebelum keberangkatan dan bukan setelah ditempat tujuan. Buat list!
  5. Walaupun ini koleksi pribadi, tapi objeknya jangan foto anda saja. Toh wajah anda sudah cukup diabadikan di tempat yang bisa membuktikan bahwa you were there.
  6. Bawa back-up memory card dan batere cadangan bila perlu.
  7. Perhatikan post card yang dijual di toko buku di sana, jadikan itu inspirasi untuk objek foto anda.
  8. Minta izin dulu untuk memotret orang terutama di Amerika. Pergi saja kalau mereka marah2 atau minta uang.
  9. Belajar bahasa setempat, setidaknya anda tahu mengucapkan hallo atau terima kasih.
  10. Untuk yang gemar foro arsitektur seperti saya, pergilah ke museum, jembatan, patung, gedung, atau landmark kota itu. Tunggu waktu senja kira2 saat matahari terbenam dan lampu gedung mulai dinyalakan. Pada saat itu langit akan mengeluarkan warna indah yang istilahnya dikenal dengan golden hour. Kalau tidak sempat foto saja saat anda masih punya waktu.
  11. Pasar adalah objek yang menarik untuk dikunjungi. Suasana pasar di Mong Kok Hong Kong adalah objek yang banyak digemari para fotografer.
  12. Kalau anda punya account di Flickr, upload foto pilihan anda dan tunjukan pada dunia.

Semoga berguna.

Tags: , , , ,

2 Responses to “Bawa Kamera Apa Untuk Travel ?”

  1. jufron Says:

    salam kenal mas toni, kebtulan saya juga suka fotografi

  2. bieb Says:

    waaaahhh…makasih atas tips nya.salam kenal

Comments are closed.


%d bloggers like this: