Tersenyumlah di Imigrasi

imigrasi1.jpgMungkin ada di antara sebagian dari kita yang pernah mengalami masalah di counter imigrasi di negara tujuan. Banyak pengalaman menyebalkan yang pernah saya alami atau saksikan sendiri. Saya mencoba memberikan beberapa tips dan trick untuk sekedar memperlancar urusan keimigrasian di negara yang akan anda kunjungi. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya dalam melakukan perjalanan dinas ke beberapa negara di Asia termasuk Amerika. Inilah hal2 yang harus dipersiapkan sebelum kita menuju ke antrian imigrasi.

Pertama, perhatikan penampilan kita?. Buka topi dan lepas kaca mata hitam. Kedua barang ini haram dipergunakan selama berada di area imigrasi. kecuali bila anda bersiap untuk didekati petugas dan digiring ke ruangan khusus. Jauhkan juga ransel butut dan usahakan tidak memakai sepatu olah raga atau sneakcer. Kesan pertama sangat penting buat para petugas imigrasi, jadi jangan langsung mereka beranggapan bahwa kita akan menjadi pendatang haram di negara mereka gara2 penampilan kita yang amburadul.

Kedua, minta form atau kartu imigrasi sejak anda berada di pesawat. Mintalah kepada pramugari dan tanyakan kalau ada hal2 yang tidak dimengerti lalu isi dengan lengkap. Beberapa airlines biasanya akan membagikan kartu imigrasi beberapa saat sebelum pesawat mendarat. Jadi usahakan untuk bangun dari mimpi indah anda kalau ingin kebagian kartu.

Ketiga, siapkan semua dokumen perjalanan seperti : paspor, tiket pesawat, konfirmasi booking hotel yang akan anda tinggali, dan kartu kredit. Satukan paspor dengan kartu imigrasi karena hanya itu yang akan diserahkan, yang lain cukup siapkan di tempat yang mudah dijangkau. Keempat, selalu biasakan untuk mengantri. Saya sering meilihat orang Indonesia yang dengan tenangnya dan tanpa rasa bersalah memotong antrian panjang. Kebiasaan buruk di dalam negeri mohon jangan di bawa2. Petugas keamanan atau pengantri yang tidak senang dengan ulah anda akan membentak dan menyuruh anda untuk kembali ke belakang. Jadi jangan bikin malu bangsa ini ya untuk masalah seperti antri.

Kelima, ini bagian yang paling penting. Senyum. Berikan petugas imigrasi senyum terbaik anda walaupun mereka tidak membalasnya. Lebih baik tersenyum dibandingkan dengan menyodorkan wajah dingin atau gugup yang akan mengundang kecurigaan mereka. Jawab pertanyaan yang diajukan dengan singkat dan jelas. Pertanyaan umum biasanya berkisar tujuan dan lama kedatangan. Tunjukan tiket kepulangan bila diminta. Simpan baik2 potongan kartu imigrasi anda, foto copy untuk berjaga2 kalau hilang.

Itulah beberapa saran berdasarkan pengalaman perjalanan tugas kantor saya yang mudah2an berguna. Selebihnya silakan bagi para blogger untuk menambahkan informasi penting lain yang akan berguna bagi siapa saja yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali.

* * * * *

Posting terkait :

Tags: , ,

3 Responses to “Tersenyumlah di Imigrasi”

  1. julfan Says:

    Saya punya pengalaman buruk tentang imigrasi negara tujuan pak.
    terjadi pada tahun 2002, saat saya mendarat di bandara Vancouver, British Colombia, Canada. Saya sempat diinterogasi selama 6 jam. Padahal saya pakai passport dinas, dan itupun atas undangan negara mereka.
    Jadi aturan apa yang dipakai oleh mereka? apakah semau mereka dalam melayani orang?

  2. ton6312 Says:

    Turut prihatin pak Julfan, Itulah imigrasi, ya kadang begitu tuh.

  3. indahs Says:

    Kalau soal imigrasi, sungguh, saya sudah capek abis-abisan. Punya paspor hijau selalu ditanyain macam-macam, jadi sudah susah senyum…😦

    Apalagi kalau travel ke Amerika. Abis deh kita diinterogasi walau sudah berkali-kali berkunjung😦

Comments are closed.


%d bloggers like this: