Beli motor baru : Kartu kredit gak bisa

Adik laki2 saya minta tolong untuk membelikan motor karena ia belum punya uang cash dan malas kredit karena masih penduduk Bandung. Jadilah jalan2 ke Dewi Sartika di kawasan Cawang Jakarta menyambangi beberapa dealer motor Honda di sana.

Mbak saya mau beli motor
Silakan pak model yang mana
Yang ini saja dan ini KTP saya
Cara pembayaran bagaimana ?
Sebagian debit, sebagian lagi kartu kredit ?
Oh kalau debit bisa, tapi kalau pake Kartu Kredit gak bisa ?
Lho kenapa ?
Kita memang tidak melayani pembelian dengan kartu kredit, kalau sistem kredit bisa, tapi harus disurvey dulu
Masak sih perusahaan sebesar ASTRA tidak melayani pembelian dengan kartu kredit
Sudah kebijakan perusahaan pak
Ooooooo …..

Saya baru tahu karena setelah mengunjungi beberapa dealer motor Honda yang lain jawaban yang diberikan hampir sama. Bahwa mereka tidak melayani pembelian dengan kartu kredit, kemungkinan disebabkan :

  1. Bunga kartu kredit lebih murah dibandingkan dengan lembaga pembiayaan yang dimiliki atau bekerja sama dengan Honda. Eazy Pay Citibank bunganya 0.99% per bulan atau 11.88 % per tahun. Bunga pembiayaan bisa lebih dari 12% plus berbagai persyaratan adminsitrasi dan pembayaran asuransi yang dibebankan ke konsumen. Contohnya, di sini 1.6% per bulan, yang ini jauh lebih besar. Dengan kata lain perusahaan sebesar ASTRA mengendaki sistem pembayaran cash atau kredit saja.
  2. ASTRA mengeduk keuntungan yang lebih besar dengan pembayara kredit melalui lembaga pembiayaan yang bekerja sama dengan mereka atau milik mereka sendiri seperti PT Federal International Finance.

Pilihannya tergantung kondisi keuangan pembeli, tapi saya agak sebal dengan cara2 yang dilakukan dealer motor yang melakukan penggiringkan konsumen hanya kepada kedua pilihan tadi, bayar lunas atau kredit.

Kalau mau melakukan pembayaran cash sebagian dan sisanya dengan kartu kredit ya terpaksa belaja di Carefour yang tadi masih membuka gerainya. Di hypermarket ini pembeli bebas menentukan cara pembayaran, mau semuanya gesek OK, mau setengah2 juga boleh. Pilihan lain buat saya, pesan lewat katalog Citibank yang kebetulan lagi jualan motor dan tidak setiap saat ada.

Saya tidak tahu di dealer lainnya, jadi posting ini hanya terbatas di kawasan yang saya sebutkan, tapi asumsinya pasti sama saja.

Punya pengalaman lain ?

About these ads

Tags: , ,

8 Responses to “Beli motor baru : Kartu kredit gak bisa”

  1. uwiuw Says:

    sayang sy ngak punya pengalaman sejenis. Krn waktu mau atau butuh sesuatu, uangnya harus ada dulu…kayak waktu beli motor dulu…hahaha maklum didikan keluarga, usahakan jangan mengutang.

    Eh baru muncul nih. Itu prinsip bagus, sebisa mungkin bayar cash terutama untuk barang2 yang konsumtif, tapi maklum purchasing power kita kan gak nyampe, jadi ngutang deh :) . Thanks for dropping by.

  2. Ersis Warmansyah Abbas Says:

    Ya ya … aku pingin ganti mobil juga, blum cukup uangnya. Kredit … duh jadi takut.

    Gap apa2 Pak Ersis, sekali-kali kan boleh tuh … :)

  3. Rudy Says:

    Beli barang konsumtif dan mahal enaknya cuma beberapa hari, sisanya bikin pening kepala…

    Memang paling benar, beli sesuatu selagi ada dana tunai yang cukup.. tidak perlu cemas waktu melihat tagihan kartu kredit datang… :)

    Bener banget Mas, tapi purchasing powernya masih rendah sih … :)

  4. Andie Summerkiss Says:

    We have a subsidiary that sells motorcycle on credit. They charge interest up to 36% per terms at times. No credit cards too. That’s interesting. Never heard of buying motorcycle by credit cards before

    They are allowed last time, but not anymore since consumers must face two options, cash or using their financing company. Sad isn’t it?

  5. Rinaldi Says:

    Mas,
    kalau beli motor di jakarta dengan KTP daerah bisa gak ?
    Terus kalau pake ktp teman jakarta yang terpecaya diperbolehkan nggak tuh ? Apa nanti gak masalah dengan administrasi. Thanks

  6. Cep_Deden Says:

    wah ternyata emang bner juga yak…
    gini bro.. gw dah 3 hari kliling bogor nyari dealer yang bisa bayar pake kartu kredit, trus jawabannya sama. “Maaf..kami tidak ada kerjamasa dengan bank”… gileee. trus gw bilangin “masak sih dealer segede gini gak punya system kayak gitu?!!!.”
    Trnyata stlah gw pikir2 dan gw bilangin aja ke orang dealernya jadi tu dealer maksa orang supaya cash ato leasing via dia punya rekanan…Arrgghhh…
    Emang di carefor suka ada grainya ya.. trus bisa pake CC…
    Thanks Bro..

    Sama2. :) Jadi strategi beli di Carefour lebih OK kan ?

  7. terong-belanda Says:

    Hmm nice info.
    Ada yang punya pengalaman di dealer lain dan merek lain selain honda ga?

  8. Sabarina Says:

    Iya nih, rencana nya mw beli motor pake credit card jg.. knp gak ada layanan dgn pembayaran by CC yah? (red- Credit Card).
    Honda harusnya punya pemikiran kedepan, hari gini sistem pembayaran sudah berubah jadi mesti dikondisikan sesuai jaman.

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: