Visa Kamboja dan Tips Jalan2 di sana

visa-kamboja.jpg

Buat Mas Hendra dan siapa saja yang mau ke Kamboja ini beberapa tips yang moga2 berguna :

  1. Untuk warga negara Indonesia, pemerintah Kamboja memberlakukan Visa on Arrival, artinya visa langsung di proses pada saat tiba di airport sana.
  2. Bila kunjungan kurang dari 30 hari, ambil saja visa berjenis Social Visit yang biayanya 20 US$, sedangkan untuk bisnis US$ 25. Lumayan beda 5 dolar.
  3. Siapkan pas foto berwarna ukuran 6 x 6 cm.
  4. Pasport yang masih berlaku untuk minimal 6 bulan ke depan.
  5. Mengisi form yang sudah tersedia di airport, itu saja.
  6. Ini link Visa Kamboja untuk informasi lebih lengkap dan mereka juga menyediakan layanan e-visa dengan membayar melalui kartu kredit. Visa diambil saat kita tiba di airport Phnom Penh (saya merokemndasikan yang langsung saja di airport)

Tips lain untuk jalan2 di sana, silakan masuk.

  1. Bawa uang US$ dan tidak usah ditukar dengan mata uang sana (Riel), karena mereka sudah terbiasa bertransaksi dengan mata uang Amrik ini.
  2. Yang suka foto2 dengan kamera gede untuk berhati-hati, maklum masih banyak preman bahkan gangster yang bawa2 senjata api (dengan uang 100 dolar kita sudah bisa beli pistol FN).
  3. Orang Kamboja biasanya cukup ramah dengan Indonesia, mereka masih ingat jasa Soehato dan bangsa Indonesia yang membawa perdamaian buat negaranya dalam Jakarta Informal Meeting di tahun 1988.
  4. Yang mau jalan2 untuk melihat salah satu tragedi pembantaian manusia terbesar di dunia di era Pol Pot silakan melihat posting saya di sini : Tuol Sleng : Saksi Kelam Kamboja dan Cara Hemat Peluru : Tahanan Digebuk Dengan Bambu Hingga Tewas.
  5. Makanan di sana buat saya OK lah, banyak juga pilihan menu internasional di berbagai restoran dan hotel. Kalau yang di warung sih agak sedikit takut (agak sedikit jorok sih, he3x, tapi gak semua koq)
  6. Kunjungi Russian Market, buat segala macam barang palsu, terutama jam tangan. Rolex, Omega, Breitling, dan berbagai brand terkenal lainnya dengan kualitas hampir menyamai yang asli dijajakan dengan harga sejutaan. Tawar terus, tapi biasanya mereka agak pelit menurunkan harga.
  7. Saya belum pernah ke Angkor Watt, jadi gak bisa cerita tuh.

kamboja1.jpg

Itu saja tips nya, semoga berguna (foto di atas saat saya di Tuol Sleng, tempat penyiksaan manusia di era Pol Pot. Ini objek turis yang paling mengerikan yang pernah saya kunjungi, jadi bersiaplah untuk melihat betapa edannya sebuah rejim pemerintahan terhadap rakyatnya sendiri (kayak itu tuh …).

Salam.

Tags: , , , , ,

29 Responses to “Visa Kamboja dan Tips Jalan2 di sana”

  1. mei Says:

    Mas Toni, saya punya rencana jalan ke kamboja bulan April ini. Setelah saya cerita di atas, saya jadi penasaran kenapa Mas Toni menyarankan ambil VoA (bukannya yg elektronik). Kelebihannya apa ya? Bukannya kalau eletronik lebih cepat? Mohon informasinya ….

    Tks

  2. ton6312 Says:

    Sebetulnya sih gak apa, cuma kadang saya khawatir dengan birokrat di sana yang suka “aneh” berdasarkan beberapa kejadian yang sudah dialami oleh kolega saya yang mengisi formulir secara elektronik. Tapi saya dengar mereka sudah jauh lebih baik belakangan ini. Selamat jalan2 ya.

  3. Henny Says:

    minggu depan saya ada rencana ke kamboja..tapi saya bingung mau naik apa?
    bisa bantu saya…..makasih.

    Hi Henny, kalau saya naik SQ karena dibayarin kantor, selain itu mereka punya regular schedule ke sana dari Singapura. Coba Silk Air, anak perusahaannya yang tiketnya lebih murah. Have a nice trip.

  4. benni chan Says:

    terima kasih atas tipnya fren, tgl 13 may saya juga berangkat ke kamboja, via malaysia by air asia, rencananya shh mau ke provinsi battambang, Ohaya.. bagaimana dengan transportasi dari phnom phen ke battambang.

  5. aidil Says:

    bro Toni, rencananya saya mau ke kamboja 2 minggu lagi, rencana kesana via darat melalui KL. mau tau nih gimana caranya, sekalian tips hematnya..

    thanks

  6. aidil Says:

    ada yang ketinggalan, daerah yang mau saya kunjungi di kamboja adalah koh kong.

  7. Piet Says:

    Dear Mas Toni,

    Mohon infonya tentang ongkos sekali Jalan ke Kamboja berapa ya?
    Kalau tinggal lama di Kamboja, urusan keuangan (baca:bank), apa ada Bank dari Indonesia yang buka perwakilan di sana?
    Atau Mas Toni punya saran sebaiknya pakai Bank asing mana(yang juga ada di Indonesia) untuk urusan transfer keuangan?

    Terimakasih. Infonya sangat membantu.

    Tergantung penerbangannya pak. Kalau mau murah ada penerbangan Silk Air dari Singapore. Beberapa bank internasional membuka cabang di sini, jadi rasanya tidak terlalu sulit untuk urusan transfer uang. Enjoy the trip. :)

  8. Ryan Says:

    Salam kenal pak :) saya juga liburan juni/juli kemaren pergi ke Kamboja.. Jadi bernostalgia waktu baca tulisan bapak.. :)

    Salam kenal juga Ryan. Wah senangnya bisa travel ke negara eksotis ini :)

  9. rita Says:

    permisi..
    salam kenal :D

    mau tanya nih, ada ga sih penerbangan langsung dari kamboja ke jakarta?

    makasiiih :D

    Hi Rita, sepertinya belum tersedia, jadi harus ke Singapura dulu.

  10. lesvieto Says:

    salam kenal pak Toni

    pak toni saya kerja di investment teknologi khususnya telekomunikasi teknologi,.dan mengenal banyak investor,.investor saya mau investasi di kamboja tapi saya sangat buta dgn kamboja mgkn pak toni bisa bantu saya,person di kamboja yang bisa dihubungi untuk bantu saya atau pak toni sendiri bisa bantu saya,.

    terimaksih sblmnya,.dn ditunggu lo jawabannya

  11. Hendra Says:

    terima kasih banyak Pak Toni… Bulan depan saya kesana.. ;D
    infonya ngebantu banget….

    salam..

    Sama2 pak. Selamat jalan-jalan :)

  12. imelda Says:

    pak , saya mau ke kamboja. bagaimana dengan telekomunikasi disana? ada saran ndak kira2 operator mana yang bisa dibawa kesana? apakah kartu simpati bisa dibawa sampai dan dapat berlaku disana??

    Bisa Bu.

  13. meitri Says:

    pak, sy minta tolong isi JIM 1990…

  14. heru Says:

    halo pak salam knl? Mau ty kalau visa kerja cara bikin gmn

  15. heru Says:

    brp ya harganya bikin visa kerja

  16. ktinggalan tas Says:

    pak toni..saya mau tanya pariwisata pantai disana bagus2 ngga?saya ada rencana untuk kesana,tapi untuk anak muda sperti saya lebih suka yg berbau2 pantai hehe

  17. Rina Says:

    Pak Toni, terima kasih info visanya. Saya akan ke kamboja bulan depan, tapi ke Siem Reap seharusnya visanya sama ya ‘on arrival’. Dari comment bapak yang menyarankan untuk membawa US$, apakah sebaiknya pecahan kecil?

    Pecahan kecil lebih berguna.

  18. Wenny Says:

    Pak Toni, saya ada rencana berangkat ke Kamboja, via Siem Reap. Rencananya 4 hari disana, tapi tidak melalui tour travel. Apakah Bapak bisa rekomendasikan tempat-tempat yang menarik dikunjungi disana?
    Terima kasih sblmnya atas infonya….

    Siam Rep dan Angkor Wat, mungkin itu objek yang terkenal. Kalau tempat genocide seperti liputan di atas bikin merinding.

  19. me-r Says:

    hi, saya pengen nanya nih tempat wisata apa aja yg bagus di kamboja?? bisa bilangin nama tempat nya ngga??

    Angkor Watt, the biggest Buddhist temple complex in the world.

  20. .:Nathasia:. Says:

    Hi Mas Tony dan rekan2 sekalian,
    Salam kenal, saya rencananya 2 minggu lagi mau ke Angkor Watt.
    Apakah ada yg baru kesana akhir2 ini? boleh bantu info apakah lebih baik apply visa di kedutaan Kamboja yg di TB Simatupang atau hajar langsung dengan visa on arrival? Apakah perbedaan biayanya cukup jauh?

    Tks atas infonya ya.

    .: Nathasia :.

  21. Rina Says:

    To mba Nathasia, 2 minggu yang lalu saya dari cambodia. Untuk visa langsung saja apply disana, prosesnya cepat kok (kebetulan saya ke siem reap), siapkan saja foto 4X6 dan bayar USD 20. Semoga bisa membantu

  22. .: Nathasia :. Says:

    Hi Mbak Rina,

    tks bgt untuk infonya.. sgt memberi pencerahan =)
    btw, saya boleh japri mbak Rina ga? bisa hubungi kemana?

    Tks all & have a nice day!

  23. Rina Says:

    @mba nathasia, japri at syafrir05@yahoo.co.id

  24. Natalia Says:

    Hi…salam kenal semua..
    makasih buat info-nya, dalam waktu dekat sy hrs ke kamboja untuk ngeliat sidang hybrid kasus khmer rouge (ECCC), tapi sy pengen gaya backpacker-an aja…apa di kamboja ada kompleks turis spt di Khaosan ato jalan jaksa ? trus rate kamarnya berapaan yaah ?…transportasi ke objek wisatanya gmn ???..
    aduh kebanyakan tanya, soalnya hanya sendirian nihh…
    thankssss….

  25. Bunga Latief Says:

    Hi Natalia,

    Aku di Kamboja udah 12 tahun .. wew .. cukup lama .. untuk ke tempat wisata sekitar kota, bisa pake mobil, motor (ojek) namanya Motodop, bahkan becak yang sebutannya Cyclo. Tergantung kamu tinggal di kota sebelah mana. Tapi asalkan di Phnom Penh (ibukotanya), enggak bakal susah cari kendaraan umum diatas tadi. Jangan lupa nawar yah …

  26. Bunga Latief Says:

    salam kenal buat semuanya … saya berencana ke kamboja Februari ini .. rasanya seperti pulang ke kampung halaman .. bertemu dengan teman2, sekolah lama, rumah tinggal dulu, dan kantor lama pula … ada yang mau kesana juga bulan Feb 10?

  27. samuel adinugraha Says:

    thanks nich tipsnya.. kelak berguna nanti :)
    Music
    Inspirasi Samuel

  28. sari Says:

    Salam kenal pak, bisa minta tolong infonya dong , aku mo k kamboja bulan juni 2010 ini. aku akan masuk k maboja dari vietnam, apakah ada info tentang prosedur masuk dari vietnam k kamboja trus hotel yang letaknya srtategis dan murah (hehehe…..) dmn ya biar dekat kemana2. Tolong di balas d email ku aj ya pak

    TQ banget,
    Sari

  29. melda Says:

    Dear Mas Toni

    Apa kabar mas
    BTW bulan oktober 2010 saya mau ke vietnam dan ke kamboja
    oh ya kalo dari vietnam ke kamboja paling enak naik via pesawat atau bis atau kereta ..
    mas tolong dibuatkan tips transportasi apa aja kalo kita mau kesana
    misalkan ke tempat wisatanya, hostel dsb yang dekat dengan kota wisatanya.

    Saya tunggu balasan emailnya ya mas

    TQ so much
    melda

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

