Lensa Boleh Murah, Hasilnya … (Canon 50mm/f1.8)

canon-501.8

Saya selalu ngiler kalau melihat lensa L series dari Canon karena dibuat dari optik terbaik dengan konstruksi kokoh kedap air. Inilah jajaran lensa kelas wahid dari Canon yang ditandai dengan gelang merah di ujung lensanya. Fungsi auto focus-nya halus dan tidak mengeluarkan suara seperti gergaji seperti lensa third party yang saya punya. Kualitas gambar? Bening.

Harga L series termurah adalah 17-40mm/f4 USM sekitar 6 jutaan, yang paling mahal? Siapkan uang belasan hingga puluhan juta rupiah (600mm/f4 sekitar 77 juta!). Sebagai fotografer yang masih belajar dan budget pas2an, saya menyiasatinya dengan memilih lensa Canon 50mm/f1.8.

Ini lensa termurah dari Canon dan tentu saja bukan kelas “L”. Banyak menjadi favorit fotografer amatir maupun profesional, paling tidak dijadikan sebagai cadangan. Canon 50mm/f1.8 dijual di jual sekitar 700 ribuan, atau lebih murah sekitar 2.2. juta dari seniornya yang mempunyai bukaan 1.4 (50mm/f1.2 dari L Series harganya sekitar 12 jutaan!)

Untuk kamera dengan crop factor 1.6 seperti Canon EOS 40D, lensa ini sama dengan 85mm. Sebenarnya tidak terlalu cocok untuk foto di ruangan sempit karena focal length-nya yang agak panjang, tapi dengan bukaan f1.8 lensa ini jago kalau di pakai di tempat yang pencahayaannya kurang mendukung alias remang2.

50mm2

Jadi apa keunggulannya yang sudah saya rasakan selain murah? Beratnya ringan, hasil gambarnya super tajam, lalu Bokeh atau background & foreground blur yang halus karena bukaanya f1.8. Lensa ini telah dipergunakan di berbagai medan fotografi dan selama ini tidak ada keluhan yang berarti. I love this lens. Contoh foto di bawah adalah dengan bukaan 1/1000s/f1.8 tanpa olah digital.

50mm

Review saya di atas hanya berdasarkan pengalaman pribadi yang tidak harus dijadikan referensi (saya mah cuma pengguna doang). Ini beberapa tautan yang bisa dijadikan patokan :

Semoga berguna & always happy shooting !

Update : Sebagian hasil foto dengan menggunakan lensa ini bisa di lihat di posting : Food Photography Tanpa Flash : Emang Bisa?

Tags: , ,

43 Responses to “Lensa Boleh Murah, Hasilnya … (Canon 50mm/f1.8)”

  1. bookbabie Says:

    Nice photos, have you ever thought of selling on a website like iStockphoto.com? You don’t make much per photo, it’s all about quantity, but kind of fun!

  2. ton6312 Says:

    I thought about it too. WIll do soon, thanks for visiting.

  3. oktavian Says:

    Ini emang lensa yang ‘murah meriah’ keluaran Canon. Saya juga pake lensa ini. Menurut saya
    pros : tajam, f/1,8, relatif murah.
    cons : berisik, body plastik (ringkih), fokus agak susah di cahaya gelap.

    overall, this is good lense for its price.

    Selalu setia dengan segala kekurangannya. Salam

    Satu lagi, selalu ada di tas setiap photographer di dunia. Salam

  4. Raze Says:

    keren !!!

    Thanks mas. :D

  5. rendy sajah Says:

    mas mw nanya..
    emg lensa yg satu ini fit di canon 400d..
    maklum saya masi awam..
    klo saya metjoba mencari lensa ini, masi d jual kan.,.

    Bisa digunakan tentu saja, banyak dijual seharga 700 ribuan. :)

  6. BuyunQ Says:

    mas, saya mw tanya2..
    saya mncoba mnggeluti dunia fotografer,
    blm tw banyak ttg lensa.
    yg saya mw tanyakan,
    lensa apa yg cocok untuk outdoor?

    tentunya dengan budged y pas2n..
    maklum aja, msh kuliah..

  7. BuyunQ Says:

    O iya, camera saya EOS 400D..
    trim’s..

    Jawabannya panjang, tapi Canon 400D biasanya di jual dengan lensa kit-nya yang 18-55mm, bukan ? kalau budget-nya ngepas, maksimalkan dulu lensa ini, apalagi untuk keperluan outdoor yang hasilnya tidak terlalu mnegecewakan. Kalau sudah punya uang lebih silakan pilih lensa lain sesuai dengan kebutuhan :)

  8. BuyunQ Says:

    mas, apa seh lensa L itu?
    trz, apa bedanya dg lensa sigma?

    Lensa “L” itu lensa terbaik dari jajaran lensa Canon yang ditandai dengan gelang warna merah. Harganya mahal, menggunakan material pembuatan lensa terbaik, weather proof, dan hasinya tentu kinclong. Kalau Sigma sih produsen lensa, kamera, dan flash.

  9. tezar Says:

    klo buat nikon kira2 lensa apa yang murah namun lumayanlah.. hehehe.. bru pengen belajar interior nih mas, lam kenal

    Yang keren 12-24mm f/4 AF-S DX, kalau gak ya 18-70mm/f3.5 A FS DX, kit nya Nikon.

  10. Mr. Not So Magnificent Says:

    Om.. terimakasih atas pencerhannya.. nyari-nyari tentang lensa dimana-mana.. ketemu disini ternyata.. sekali lagi terimakasih..

    Sama2 Pak, senang bisa membantu :)

  11. nshu _86 Says:

    keren juga kameranya, boleh kirim gam yang detail mengenai kamera tersebut

  12. tommy Says:

    mas mau nanya kalo lensa 50 mm itu fungsinya apa?trus kalo buat motret kira2 40 orng tpi orang tersebut kelihatan ga kecil?

    Itu lensa standard dari Canon yang punya focal length tetap. Kalau mau foto group harus pake lensa wide yang biasanya sudah terpasang di kamera poket biasa.

  13. tommy Says:

    mau nanya lagi mas kalo kelebihan dan kekurangan lensa tamron AF 17-50 f/2.8 xr apa?

    Ini lensa bagus karena saya memakainya dalam waktu yang lama. Hasilnya tajam walau auto focusnya bikin gereget karena sering lambat kalau pencahayaan kurang. Satu lensa ini sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan, apalagi dengan bukaannya yang f/2.8.

  14. rmat Says:

    mas tw lensa wide yg cocok bwt eos 450d ga,,
    saya mw beli lensa wide niy tp bingung mw beli yg mn..

    Tergantung mau foto apa. Lensa 18-55 itu sudah sangat mencukupi koq. Kalau foto interior saya pilih Canon EFS 10-22mm, tapi kalau sehari-hari pake yang 17-40mm/f4L.
    Cuma kalau sudah ke L, susah selingkuh, habis bagus tuh … :)

  15. khadafi Says:

    mw nax mas, lensa yg bgs supaya gambar menjadi tajam??
    lensa sy eos 400d
    thx….

    Semua lensa punya “sweet spot” biasanya di bukaan f8 ke atas. Jadi sesuaikan saja penggunaan lensa dengan kebutuhan.

  16. Dr. Delta Says:

    Hallo admin..
    Saya pemula di ftgrafi, baru mulai.
    Saya mw nanya lensa apa yg cocok wat dipakai sgala kondisi, trus 55-250 utk canon siip ga? Sy pake EOS 450D.
    Trims…

    Tergantung mau foto apa karena kalau lensa sapu jagat sih gak ada.
    Kalau punya uang beli L series, kalau gak Tamron 17-50mm, Canon 18-55 yang kit juga OK.
    Bukan alat, tapi fotografernya :)

  17. dedet Says:

    kalo keunggulan lensa standard canon 18-55mm IS bisa di paparkan nga mas.thx

  18. gung tra Says:

    Setuju nih, lensa wajib punya! Lensa murah dengan bukaan (cukup) besar, ketajaman khas lensa prime, dengan bokeh yang cantik. kecil, ringan, ringkas pula.
    Kekurangannya tidak terlalu mengganggu dan untuk harga segitu, saya rasa tidak pantas komplain mengenai kekurangannya. Perform sangat baik di foto potrait dan detil arsitektural.

    @Mas Dedet : Lensa kit canon yang baru ini cukup mumpuni untuk berbagai occasion kok Mas. Di photozone disebutkan karakter ketajaman (resolusi) nya mirip EFS 17-55 f/2,8 bahkan sedikit di atas EFS 17-85.
    http://www.photozone.de/canon-eos/181-canon-ef-s-18-55mm-f35-56-is-test-report–review?start=2

  19. Budiman Says:

    Halo mas..sy Budiman,mo minta saran nih mas..sy rencana mo beli kamera,EOS 500 D + Canon EF 28-135 mm / f 3.5-5.6 IS USM + Canon EF 50 mm / 1.8 II.. kira2 klo bwt newbie ky saya paket ni cukup ” all around ” ga??foto2 bwt hobi aja…tp kadang2 suka bantu tmn2 yg emg jual jasa jg ( tp kameranya msh nambut!hehe )..sering kebagian foto candid n seneng bgt motoin barang close up…ditunggu advisenya mas..thx

    Cukup banget … 28-135mm itu lensa saya pertama dan hasilnya tidak mengecewakan, pake IS (Image Stabilizer) pula.

    • Budiman Says:

      Ok deh..mo nanya lg mas..klo spek yg diatas cukup mumpuni ga bwt ngambil wide picture??ada yg nyaranin ambil paket kit yg sama 18-55mm IS + 28-135mm..ada jg yg kasih saran ambil BO 500D + Canon EF 17-40mm f/4L USM..alhamdulillah kebetulan bwt budgetnya emg nambah dikit nih mas!!dan betul kt mas, semakin byk referensi mlh smakin bingung!!hehehe….mohon pencerahan lg ya mas…soalnya udh mikir sesuai saran mas soal ” balik lg ke fungsi / tujuan kita punya kamera bwt apa? “..tetep aja bimbang…

      Saya akan milih yang kedua tentunya. Body 500D + lensa 17-40mm. Dijamin gak akan nyesel … karena bagaimanapun lensa ini pasti akan kita beli karena L series yang punya saturasi warna jauh lebih memikat dibandingkan dengan yang non L. Saya akan bertanggung jawab kalau nanti nyesel … lho ? :)

  20. Budiman Says:

    Bener bgt mas Toni…sy dah nyobain ko kmrn,pinjem 50D + 17-40mm L F.4!!hadoooohh…setuju bgt,saturasinya ciamik mas!!tp sy cek tuh rata2 7 jutaan mas harga lensanya…yg 6 jutaan kt mas dmn ya??

    Harganya emang segitu, yang second 6 jutaan tuh di FN.

    • Budiman Says:

      iya ya bwt second emg segituan..mmm tp kynya ga berani beli second mas!!!tkt knp2 jg…ok deh ntar klo dah pegang senjata, sy bkl ngerecokin blognya lg ya mas…nuhun pisan pencerahannya…sukses mas toni!!

      Sip … selamat jadi juru potret :)

    • Koen S Says:

      Harga sekitar 6 jutaan saya lihat di JPCKemang.com

  21. auzan Says:

    lensa 50mm/f 1.8 apcen oye. . .
    lumayan buat belajaran. .
    tu lensa wajib bgi para agama canon wajib punya. . .
    ehehehe. ..
    salam kenal smw. . .

  22. Agus s Says:

    Mas,saya mau nanya,masih bingung memilih lensa,bagaimana kualitas lensa2 ini,Canon 70-200mm f/2.8 L IS USM,Canon 70-200mm L f/2.8 USM,Canon 100-400mm f/4.5-5.6 L IS USM and Sigma 50-500mm f/4-6.3 EX DG HSM.

    Regards

    Agus

    Hi Agus. Saya langsung akan vote yang ada “IS”. Setelah merasakan betapa bergunanaya fasilitas ini terutama di lensa2 berat seperti 70-200mm. Jadi pilihannya yang f4 IS atau yang f2.8 IS, tergantung bujetnya.

  23. John Says:

    hi, mas toni, ni lagi binggung nyari lensa… ternyata canon ada lensa yang sesuai dengan budget…. apa lensa 50mm/f1.8 ni fit di canon eos 350d. thanks atas info nya…

    Lensa wajib … gak nyesel untuk dimiliki.

  24. cipto Says:

    mau tanya boleh g yachh mas..canon eos 500d klo pake Canon EF-s18-55mm F3.5-IS 5,6 ini ah lumayan lom ya

    Digital Picture memuji lensa ini, Photozone menyebutnya lensa yang terlalu mahal dibanding kualitas gambarnya. Saya pribadi akan menunggu harganya turun atau lebih memilih lensa 17-40/f4L, yang bergelang merah itu. Focal range-nya memang tidak sepadan, tapi dengan harga yang lebih murah anda sudah mendapatkan kualitas lensa L series. IMHO.

  25. jovan Says:

    mas mau nanya… kan tiap lensa f-nya beda2. ada yg f1,8 ; f4,5 ; dll. trs ada jg yg lensa 90-300mm, 75-300mm, dll. itu bedanya apa si mas? mohon dijelaskan. heehe.. maklum pemulaaa.. trs yg bagus yg mana yaa mas? saya pake canon 450d. oiyaaa.. buat 50mm f1,8 kan ga ada ISnya, tp tetep bagus yaa mas? thx.

    • setzz Says:

      f menunjukkan aperture (bukaan) semakin besar F nya di tunjukkan dengan semakin kecil nilainya, mis, f1.2 f1.8 f.2.8. f4 dan semakin besar bukaannya DoF (depth of filed) nya semakin besar (back ground/ foreground semakin blur-tergantung fokusnya dimana) dan shutter speed menjadi lebih cepat. sehingga gambar menjadi lebih tajam. dan tentu saja harga lensanya sangat mahal. rata2 diatas rp.17 jt

      sedangkan IS hanya bekerja di lensa yang punya cpu, dan tidak terlalu berpengaruh. kalo mau bener2 minimize shake harus pake tripod atau pencahayaanya harus optimum.

      • setzz Says:

        sory salah ketik

        Dof = Depth of Field

      • Koen S Says:

        Bukaan makin besar (f makin kecil) apa bukan berarti depth of field-nya makin tipis, sehingga back ground blur bisa didapat, dan yang tajam hanya object yg menjadi fokus kita.

  26. faro Says:

    mas saya punya canon 1000D jadi saya bingung mau beli lensa
    bagusan yg mana ya mas 75-300 ato 18-135 ya?

  27. onny Says:

    nice review…menguatkan hati saya untuk beli lensa ini…salam kenal bang…

  28. andy Says:

    Saya sudah membeli 50mm f/1.8 bener2 maknyus. Sekarang saya bingung pilih lensa karena itu satu-satunya. Pilihannya jatuh ke 17-40L atau 15-85. Mohon pencerahannya….

  29. Prema Says:

    tx, ifonya bagus bngt . . . ^^)b
    oy, mas blh nanya ga???
    kl, canon 550D lensa 18-135mm gmn itu????
    msih, bingung mlih” lensa mas . . .
    mohon pencerahannya . . . Tx

  30. sugi Says:

    Salam kenal semua, ini saya sebagai pemula ingin nnya,kalo saya beli canon 550d itu paket kotaknya sdh dpt lens atau belom bnrnya ya? Kalo mmg da dpt, lens tipe apa? Apakah bs diandalkan? Thanks.

    Paket kit ya dapet lensa 18-55mm. Bisa diandalkan ? Yang pasti bisa dan banyak digunakan fotografer.

  31. Riecqo Says:

    Mas… Saya Punya 450D + Lensa kit…. Rencana mau nambah/ganti lensa…. Bagusan mana (kualitas gambar) “18-135mm f/3,5-5,6 IS” atau “28-135mm f/3,5-5,6 IS USM” atau “18-200mm f/3,5-5,6 IS” ….. Mohon pencerahannya… Terimakasih sebelumnya, mas…

    Gak bisa komen ttg 18-135mm dan 18-200mm karena belum pernah menggunakan. Yang 28-135mm banyak digunakan dan hasilnya tidak mengecewakan, buat saya tentunya.

  32. andre Says:

    Mas tanya dong.
    Saya punya canon 1000D. dan punya lensa Canon EF 75-300mm f/4-5.6 III USM, ini bisa konek enggak? kalo saya paksa, takut kenapa-napa. Trims :-)

  33. hardianto Says:

    Met siang,
    saya mau nanya ……hal apakah yang harus saya lakukan sebagai seorang photografer pemula………….

    Jepret terus, keep shooting and you will learn.

  34. ganefs Says:

    Friend, saya pemula, pake canon 500D, selama ini jeprat-jepret dgn dengan lensa Kit, so ada rencana meningkat ke lensa yang lain, sebaiknya saya mulai dengan lensa apa dulu nih ?

  35. mpoed Says:

    met kenal mas …
    pertanyaan sama dengan mas Ganefs … trus apakah semua lensa keluaan canon cocok sama 500D ???

  36. silvia widianti Says:

    Mas, mau tanya, maksud dari istilah USM dalam lensa canon itu apa ya? apa bedanya dengan lensa yg tidak ada USM nya. thx

  37. adhie Says:

    mas aku mo nanya neh, aku baru dibelikan canon EOS 500D, apa sih keunggulannya? thanks ya sebelumnya

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 89 other followers

