Visa Amerika (2) : Form DS-156

Posting saya mengenai Visa Amerika mendapatkan hits tertinggi dibandingkan dengan artikel lain. Masih berkaitan dengan Visa Amerika dimana setiap pemohon yang akan berkunjung diharuskan mengisi form DS-156 bisa didownload di situs kedubes amerika dengan link ini : http://jakarta.usembassy.gov/bhs/konsuler/informasi_visa.html. Ini adalah aplikasi Visa Non Immigrant bagi yang akan melakukan kunjungan singkat baik untuk keperluan social visit maupun bisnis. Terdapat form lain untuk tujuan lain untuk yang berniat berimigrasi di Amerika yang tidak akan dibahas dalam posting ini.

Sebelum mengisi, perhatikan setiap pertanyaan yang diajukan karena anda harus bertanggung jawab terhadap apa yang ditulis dalam form itu. Form DS-156 terdiri dari dua halaman dan di bawah adalah halaman pertama :

ds156.jpg

Form bagian pertama terdiri dari 29 pertanyaan yang terdiri dari identitas pribadi (sampai dengan pertanyaan 21). Pertanyaan selanjutnya adalah :

  • Kapan anda akan tiba di AS : sebutkan sesuai dengan tiket yang sudah dipesan
  • Anda akan tnggal di alamat mana di AS : sebutkan alamatnya secara lengkap + negara bagian
  • Nama dan nomor telepon orang di AS dimana anda akan tingga atau yang akan anda kunjungi untuk keperluan turis atau bisnis : Ini berkaitan dengan surat sponsor dengan pihak yang mengundang, jadi cantumkan nama dan nomor telepon mereka di AS.
  • Berapa lama anda akan tinggal di AS : Sekali lagi sesuai dengan tiket, imigrasi Amerika biasanya memberikan waktu 30 hari untuk setiap kunjungan walaupun. Bagaimana kalau kita akan berkunjung lebih dari sebulan? Anda diharuskan melapor pada kantor Homeland Security setempat untuk meminta perpanjangan waktu tinggal.
  • Apa tujuan perjalanan anda ke AS : Kunjungan sosial, turis, atau bisnis?
  • Siapa yang membiayai perjalanan anda ? Kantor atau pribadi. Kalau pribadi biasanya pihak kedutaan mewajibkan anda menyertakan rekening tabungan dalam proses wawancara.
  • Apakah anda pernah ke AS : Bagi yang pernah melakukan perjalanan ke AS, sebutkan setiap tanggal kunjungan.

Selesai untuk halaman satu dan inilah halaman dua :

ds156-b.jpg

Terdiri dari pertanyaan nomor 30 sampai dengan 39 :

  • Apakah anda pernah menerima visa AS : Ya atau Tidak
  • Apakah permohonan visa anda pernah ditolak : Ya atau Tidak
  • Apakah anda akan bekerja di AS : Ya atau Tidak
  • Apakah anda akan belajar di AS : Ya atau Tidak
  • Nama dan hubungan orang2 yang akan bepergian bersama anda
  • Apakah Visa anda pernah dibatalkan : Ya atau Tidak
  • Apakah seseorang pernah mengajukan petisi untuk visa imigran bagi anda : Ya atau Tidak. Ini berkaitan dengan lotere Green Card syang diadakan setiap akhir tahun
  • Apakah salah satu dari orang tersebut di bawah ini berada di AS atau mempunyai status penduduk sa,h, atau berwarga negara AS
  • Ini pertanyaan yang paling penting dalam proses aplikasi dimana anda akan ditanya tentang catatan kriminal, apakah pernah ditolak masuk ke Amerika, dideportasi, kaitan dengan organisasi teroris, ada kasus perwalian anak, dan atau apakah anda seorang warga negara AS yang nelepas kewarganegaraan untuk melepaskan kewajiban pajak?
  • Terakhir apakah si pemohon mempunyai riwayat penyakit menular, cacat mental, dan atau pecandu obat terlarang.
  • Baca lagi dengan teliti lalu kalau semua sudah benar anda tinggal membubuhkan tanda tangan dan tanggal permohonan.

Selesai, selanjutnya isi form DS-157 yang bisa anda baca pada posting saya di sini Semoga berguna.

Catatan : Link terkait dengan pengajuan Visa Amerika

Tags: , , , ,

11 Responses to “Visa Amerika (2) : Form DS-156”

  1. sugiyanto Says:

    Tulisan Anda sangat membantu sekali.
    Sebelumnya saya pernah mengajukan visa ke australia namun melalui agen.
    Saya akan mengajukan visa ke amerika untuk kunjungan ke kantor pusat saya.pertanyaan saya:
    1) apakah sifat kunjungan ini bisnis atau wisata? organisasi saya bergerak di bidang pengiriman tenaga kerja sukarela dari amerika ke indonesia.
    2) apa saja yang perlu diterangkan mengenai saya dalam surat sponsor yang ditulis pihak kantor saya di Amerika?
    3) saya memiliki tiga buku tabungan: satu pribadi, dua lagi dibuat atas nama saya tetapi merupakan uang dari organisasi tempat saya bekerja. apakah saya perlu membawa ketiga-tiganya?

    Demikian, terimakasih.
    Semoga kebaikan datang dari segala arah.
    Salam

    Terima kasih, dan ini jawaban saya :
    1. Kalau urusannya dinas, maka visanya tentu bisnis dengan golongan H1B.
    2. Yang perlu dijelaskan : tanggal dan waktu kunjungan, sifatnya (meeting, conference, dll), siapa yang menanggung biaya, serta penganggung jawab selama anda berada di sana lengkap dengan alamat dan nomor telepon.
    3. Untuk lebih “safe” mending bawa saja semuanya.
    Semoga bisa membantu. Salam.

  2. Dimaz Says:

    visa amerika bisa diperpanjang ga sih, soalnya visa bos gw dah mo habis, terus dia nanya bisa diperpanjang ga? gw disuruh ngurus.
    thanks

    Bisa diperpanjang dan dokumennya harus dilengkapi lagi dari awal.

  3. Faizal, Manhattan, New York Says:

    saya mah orang kampung, rumah saya dibawah gunung puntang banjaran alham dullilah dapet visa amerika kudu nyatei wee ari di wawancara mah…dont be nerves hehe

  4. Lestyani Yuniarsih Says:

    Kami akan menjadi tim DLELRI di Chicago tgl 22 – 27 Juni thn ini dan tentunya menggunakan passport dinas. Jika ya, apakah kami juga harus melalui wawancara juga?

    Thanks in advance,
    Lis
    ~~~~~

    Semua jenis paspor harus melalui wawancara, kecuali pejabat tinggi negara.

  5. IRENE Says:

    MAS, DI FORM DS156, ADA YANG LUPA DI “TICK MARK”, TAPI SUDAH KE PRINT, GIMANA DONG? BUAT LAGI APA BILANG AJA PAS INTERVIEW

    Buat lagi aja Mbak.

  6. Anonymous Says:

    Mas,form yg pertama sy isi ada perubahan.jadi saya bikin form yg baru lagi dg barcode baru.ketika di print,data tdk muncul.cuma form kosong dg nomer barcode aja.aduh salah saya apa ya?harus bgmn dong.makasih ya

    Buat lagi aja Mas, kan yang dibawa dan nanti diverifikasi cuma satu yang paling akhir.

  7. allain Says:

    saya pingin nanya…. kalo saya ditrima kerjan di hotel di amerika cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan visa kerja bagaimana??? thanks

    Perusahaan anda yang akan membuatkan surat sponsor tentunya disamping syarat lainnya.

  8. Denny willianto Says:

    Mas, mau tanya masalah dengan perwalian anak, apabila saya ingin tinggal di amerika, apakah ada masalah dengan perwalian anak seperti yang mas utarakan diatas. Tolong dijelaskan

    Pertanyaan k2, apabila melalukan wawancara, kita harus menunjukan rekening koran, tabungan dan termasuk juga sertifikat rumah di Indonesia supaaya kita dianggap akan balik k Indonesia. Nah pertanyaan nya? Jika saya menjual rumah dan tidak memiliki rumah di Indo lagi, maka apakah saya akan ditolak?

    Langkah apa yang akan saya tempuh?
    Trims

  9. ve Says:

    mo tnya aq mo apply visa wat boz qu mo ke amerika,,,saya harus open di link http://jakarta.usembassy.gov/bhs/konsuler/informasi_visa.html lalu saya daftar dsinih??? mohon bantuannya karena saya tdk pernah mengurus visa..thanx

  10. ve Says:

    maz berarti boz qu hrs isi ds156,ds157,ds158 smua wajib diisi yah???kalau sdah diisi smua lalu gmn???? mohon penjelasanna thanx

  11. ve Says:

    maz berarti boz qu hrs isi ds156,ds157,ds158 smua wajib diisi yah???kalau sdah diisi smua lalu gmn???? mohon penjelasanna thanx…agak ribet yah???aku tlp kedutaan tp kok bgtuh yah

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 93 other followers

