Visa Amerika

visa2

Yang pernah mengajukan Visa di Kedutaan Amerika pasti punya banyak pengalaman akan sulitnya mendapatkan selembar kertas yang akan ditempel di paspor kita. Ada yang mudah tanpa wawancara yang bertele-tele, tapi banyak juga yang menyebalkan. Betapa sulitnya mendapatkan Visa Amerika adalah cerita dibalik ketatnya imigrasi negara ini dalam menyaring para pendatang yang akan berkunjung ke negara mereka. Walaupun sulit, setiap hari ratusan orang rela antri sejak pagi di gerbang Kedubes Amerika di Jalan Merdeka Selatan, sebagian kecil berhasil mendapat Visa, tapi banyak yang harus pulang dengan tangan hampa setelah mengeluarkan uang dan tenaga dengan sia2.  Di bawah ini adalah pengalaman saya yang mudah2an berguna bagi siapa saja yang berniat mengajukan Visa kunjungan baik untuk keperluan bisnis maupun turis, sekedar memberikn gambaran dan persiapan apa saja yang harus ditempuh.

Saya berhasil mendapatkan Visa Amerika di tahun 1999 dan berlaku untuk lima tahun saat pertama kali akan ditugaskan ke Amerika. Tidak langsung berhasil karena harus gagal di wawancara pertama karena si petugas Konsuler tidak percaya dan menganggap saya sebagai orang yang berniat untuk tinggal di sana.   Percuma memberikan menjelaskan ditambah undangan resmi dari kantor pusat di Amerika. Petugas tetap bersikukuh karena saya dianggap “illegal allien” atau calon pendatang haram. Maka melayanglah uang saya sebesar 750 ribu rupiah pada saat itu setelah seharian mengantri sejak jam enam pagi. Nasib.

Petugas security di sana menyarakan saya untuk mengajukan permohonan kembali dengan mengulang proses yang sama dari awal. Kali ini saya meminta kantor pusat saya mengirimkan surat sponsor untuk ditembuskan kepada Atase Perdagangan beberapa hari sebelum saya datang lagi ke sana.

Seperti biasa, antrian di kedubes tidak pernah sepi dan anda harus bersiap sejak pagi. Akhirnya wawancara berlangsung, kali ini bukan dengan si “nenek” tapi pria usia 40an. Ia hanya bertanya berapa lama saya akan di Amerika dan setelah itu meminta saya datang untuk mengambil visa tiga hari kemudian. Lega. Visa saya adalah B1 atau untuk keperluan bisnis dengan maksimal waktu kunjungan 30 hari.

Di tahun 2004 saya kembali mengajukan Visa karena masa berlakunya sudah habis dan saat itu saya harus kembali ditugaskan ke Amerika. Setelah peristiwa 9/11, mengajukan Visa jauh lebih sulit karena setiap permohonan harus melalui clearance dari Deplu Amerika dan ini memakan waktu.

visa

Form aplikasi (Electronic Visa Application Form) bisa didapatkan dengan men-download dari situs kedutaaan. Setelah informasi semua saya isi, dokumen di “submit“. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada di situ untuk menentukan jadwal wawancara.

Untuk kedua kalinya saya berhasil mendapatkan visa selama lima tahun, hanya sayangnya nama saya tercantum dalam daftar orang yang harus diawasi. Mengapa? Saya tidak tahu jawabannya, kemungkinan setiap pria dewasa, dan berasal dari counrty watch list akan mendapatkan “keistimewaan” ini. Konsekuensinya, saya harus selalu menjalani “secondary check” saat masuk dan keluar dari Amerika.

Dari pengalaman teman2, mengajukan Visa di kedubes Amerika seperti bermain lotere. Ada yang untung, tapi yang gagal pun banyak dengan alasan yang kadang tidak jelas. Ini beberapa tips yang mudah2an bisa membantu siapa saja yang akan  mengajukan Visa Amerika :

  1. Jangan gunakan travel agency, percuma karena mereka hanya memberikan jasa konsultasi, tidak lebih.
  2. Siapkan foto, atau lebih aman lakukan pengambilan pas foto di JAKARTA FOTO, yang terletak di Jalan Sabang Jakarta. Toko ini sudah berpengalaman dalam membuat pas foto untuk aplikasi visa. Saat diperiksa petugas, banyak yang fotonya tidak memenuhi syarat dan harus di foto ulang pada saat sudah antri. Rugi waktu.
  3. Siapkan dokumen dari mulai KTP, Tiket Pesawat (endorsable), Kartu Keluarga, Surat Sponsor, Buku Nikah, Rekening Bank, Kartu Nama, hingga Kartu Pengenal Karyawan. Jenis dokumen bisa bervariasi tergantung jenis visa yang diajukan.
  4. Bawa Visa anda yang lama bila pernah mendapatkannya, ini akan menjadi pertimbangan petugas untuk proses persetujuan berikutnya.
  5. Siapkan UANG PAS !. Staf lokal yang sangat “ramah” di sana tidak mau tahu kalau uang anda lebih, pokoknya harus pas. Cek biaya pengurusan visa di situs kedubes Amerika karena jumlahnya selalu berubah sesuai dengan pergerakan kurs.
  6. Form aplikasi visa elektronik bisa di download di sini. atau kunjungi situs kedutaan di sini. Yakinkan anda sudah mengisi formnya secara benar untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan nanti.
  7. Ajukan formulir yang sudah diisi secara on-line, pengisian dan penentuan jadwal wawancara sudah tersedia, tinggal dipilih tanggal yang tersedia.
  8. Datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian yang panjang. Ikuti intruksi petugas security yang ada di sana dan anda harus mulai mengantri di luar gedung kedutaan.
  9. Berpakaian rapi adalah wajib hukumnya, dan tidak memakai sandal.
  10. Sesaat sebelum masuk, petugas akan memeriksa semua barang bawaan.
  11. Lalu mulailah antrian untuk membayar fee, siapkan uang pas, anda akan diberi kartu yang berupa nomor untuk proses pemanggilan tahap selanjutnya. (Biaya terakhir sekitar US$ 100)
  12. Antrian berikutnya adalah saat akan memasuki ruang wawancara, tunggu sampai nomor anda dipanggil. Sebelumnya anda harus menitipkan handphone ke petugas keamanan dalam keadaan di off-kan.
  13. Di dalam ruangan anda harus mengantri lagi dan bersiap untuk dipanggil guna pengambilan sidik jari.
  14. Selanjutnya adalah wawancara, bagian terpenting. Pertanyaan berkisar tentang maksud kedatangan, berapa lama, apakah punya keluarga atau tidak, dst. Jangan gugup santai saja. Petugas konsuler harus menentukan kelayakan anda mendapatkan visa dalam waktu beberapa menit saja, jadi yakinkan mereka sebisa mungkin.
  15. Kalau semuanya beres nomor anda akan disobek, dan potongan yang satu akan dipakai saat pengambilan visa. Cek kembali di internet kalau nomor paspor anda sudah diumumkan untuk pengambilan visa yang bisa diwakilkan dengan menggunakan nomor pendaftaran.
  16. Foto copy visa anda dan simpan baik2.
  17. Bagaimana kalau gagal, banyak faktor yang tidak bisa dijelaskan di sini. Lagipula staf konsuler tidak akan mau menjelaskan lebih jauh.

Semoga berguna.

Catatan : Prosedur dan biaya pengurusan Visa bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak Kedutaan Amerika.

About these ads

Tags: , , , , ,

164 Responses to “Visa Amerika”

  1. david Says:

    kira2 bulan2 ap aja yang enak buat ngajuin visa…

  2. ton6312 Says:

    Biasanya selalu penuh Mas, jadi siap2 saja antri panjang. Salam.

  3. chanchani Says:

    mas..kakak saya bentar lagi jd warga negara amrik.dan saya diajak untuk berlibur kesana..dan katanya biar langsung di setujui visanya, dia langsung beli tiket pesawat untuk PP ke dan dari amrik..kira2 bener gak seh gitu?
    takutnya visa saya gak di setujuin dan tiketnya rugi…enaknya gimana ya mas???thx bgt…

  4. ton6312 Says:

    Pesen tiketnya jauh2 hari, tapi jangan di issued dulu. Jadi gak perlu bayar dan bisa dibatalkan sewaktu-waktu. Minta travel untuk print itinerary ticket, dan dokumen inilah yang dibawa saat pengajuan visa. Hope it helps.

  5. collin Says:

    pak, saya mau menanyakan apakah untuk mengurus visa amerika itu akan dilihat dari faktor umur dan nama dan kira2 berapa biaya keseluruhan yang dikeluarkan untuk dubes amerika dari awal administrasi sampe pada pengambilan visa..??

    kalau 3 bulan lagi saya akan ke amrik kira2 bisa tidak saya mendapatkan visa.. saya punya teman di washington dan dia kerja saya rencananya kan tinggal bersama dia.. apa kira2 ini cukup oh ya sebagai tambahan saya akan membawa uang kira2 4000 US dollar, apa cukp unruk biaya 2 bulan di Washington??

    Siapkan biaya sekitar 100 dolar (tinggal di kurs dan bawa rupiah saat pembayaran, bukan dolar) untuk processing fee-nya. Sepanjang yang saya tahu, umur bukan hambatan bagi seseorang untuk mendapatkan visa. Dengan uang 4 ribu dolar apalagi tinggal di rumah teman, biaya tersebut jauh dari cukup. Uang anda harus di declare saat masuk ke Amerika apabila jumlahnya melebihi 10 ribu dolar. Good luck.

    sebelumnya saya juga belum pernah ke amrik dan saya tinngal di sulawesi. trims

  6. angel Says:

    hallo pa,saya mau tanya..minggu depan saya akn interview bersama dengan oma saya usia 74thn,sebelumnya saya pernah ditolak karna mengajukkan visa sendiri,tujuan saya hanya untuk berlibur karna saya punya keluarga yg sdh citizen disana,apakah betul dengan saya mengajak oma saya permohonan visa saya dapat lebih dipermudah?trima kasih..

    Kalau boleh saya sarankan, saudara yang sudah jadi warga negara di sana bisa menjadi sponsor dengan mengirimkan undangan kepada anda plus foto copy paspor yang bersangkutan. Pihak Konsuler biasanya sangat mempertimbangkan dokumen ini dalam proses permohonan Visa. Jangan membawa Omanya nya, kasihan karena gak bisa masuk ke ruangan interview. Salam.

  7. Utty Says:

    Pak,
    Numpang tanya… saya pernah dengar kalau mau mengajukan visa ke Amerika harus punya dana (deposito) paling tidak 100 juta rp. Apa benar ? Saya dan suami bekerja dengan 2 anak. Siapa saja yang harus mengajukan visanya, saya dan suami saja ? bagaimana dengan anak-anak ? Tks atas infonya ? Salam.

    Tergantung, tapi harus dilampirkan. Untungnya saya waktu itu malah tidak ditanya rekening bank. Yang mengajukan visa adalah orangtuanya, sedangkan anak yang masih balita tentu nebeng dengan paspor suami/istri.

  8. Utty Says:

    Pak, maaf nich ada yang kelupaan mau ditanyain. Kalau mengajukan visanya masing-masing suami dan istri, berarti ada kemungkinan salah satu nggak keterima ya ? Waktu interview apakah harus bisa bahasa Inggris ? Saya kebetulan masih bisa lah dikit-dikit. Tapi kalau suami agak kurang kemampuan bahasa inggrisnya. Apa masih ada kesempatan ya ? Makasih banyak ya pak atas informasinya….. Salam, Utty.

  9. Sinyo Says:

    Pertama kali minta visa amerika tahun 2001 di Surabaya, paspor saya masih perawan. Waktu itu petugas sudah menolak saya (dia udah nutup berkas saya dan bilang maap tidak bisa memenuhi), tetapi saya ngotot aja (nyrocos). Saya cuman nanya ke dia, apakah Anda pikir saya mau jadi pembantu di negaramu ? Kemudian, akhirnya saya diberikan visa amerika di detik2 terakhir :p

    Kemudian, setiap tahun saya jalan2 ke USA. Di perbatasan hingga saat ini, saya selalu aman-aman saja. Mudah2an nggak pernah dibikin ribet.

    Visa berakhir tahun 2006, saya ajukan “perpanjangan”visa amerika di Konjen Amerika di Paris. Sempat terjadi ketegangan, karena pihak sana pikir Visa lama saya palsu, karena kata MEREKA, foto di VISA tersebut bukan saya. Wahh… saya sempat panik, gimana caranya nerangin kalau itu saya, khan gak lucu kalau ditolak karena foto saya dipikir bukan saya !

    Akhirnya, saya dapat ide, saya keluarkan semua kartu identitas saya, yah tentunya fotonya juga berubah2 sesuai dengan berat badan dan potongan rambut saya. Akhirnya dia percaya, dan terakhir saya bilang ke dia, foto di visa 2001 itu saya masih umur remaja dengan berat 72kg, sekarang ini berat saya sudah 100 kg+foto kepala plontos, bagaimana caranya mau sama 100 % ?

    Baik pertama kali maupun kedua kali mengajukan visa, pertanyaan tetap sangat ribet. Di Paris juga gak kalah ribetnya.

    Hi Sinyo, thanks for sharing pengalamannya. Bahwa mengurus visa Amerika itu memang sulit apalagi setelah kejadian 9/11 karena perlu clearance dulu ke pusat database mereka. Ada yang beruntung dan banyak pula yang harus mengulang lagi proses yang tidak mengenakkan ini. Salam.

  10. Hans Says:

    Salam kenal,
    Tgl 21/8/2008 lalu gw juga barusan di tolak.
    Mau tanya dong, skarang kalo di tolak, di halaman blkg paspor kita udah gak di stempel lagi ya?(application received at mm/dd/yyyy)
    Soale thn 2001 gw pernah 2x di tolak, trus ada 2x juga tgl penolakannya.
    Cape deh, 7taon lalu gw emang niat mo kerja… but now beneran mau jalan2 ama family (nyokap udah punya visa)
    gue, bini,+anak umur 4taon di reject bertiga!

    Pertanyyan yg diajukan standar aja sih…
    – brapa lama kamu usaha di toko X?
    >>> 7taon
    – kenapa pilih US, bukan negara lain?
    >>> US lebih bagus
    – Kenapa dulu di tolak?
    >>> Mungkin sy gak qualified, tapi saya thanks banget udah kamu tolak 7taon lalu, kalo gak… saya gak punya usaha ndiri skarang!!
    – di Fresno ada apa (wisata apa)?
    >>> factory outlet etc,
    – apa yg kamu suka dari Indonesia?
    >>> bisnis/pekerjaan saya (big income)
    – hotel apa kamu nginap?
    >>> belum tau, soale udah di atur ama Travel saya (VAYATOUR)
    – Trus apa lagi yg kamu mau ngomongin?
    >>> gw jawab aja yg kenceng: saya gak mau jadi tukang cuci piring atawa supir taxi di negaramu!!!

    Sambil geleng2, trus kyk bimbang2 gitu… akhirnya dia bilang maaf, gak bisa kasih visa krn kamu gak jelas tujuan hotelmu dimana aja!
    Kupreth!!! dasar emang kagak mau kasih aja tuh dia! pake alasan gak tau hotel sgala! soale gw juga mana perduli mo nginep di hotel mana/ alamat nya apa…
    wong visa aja masih gantung gitu!!!

    Akhirnya gw katain aja : “Sir! you’ve just made a big mistake!!!”

  11. roy Says:

    berapa batas waktu buat apply?
    kalo visanya ditolak terus bisa applay?

    Waktunya kapan saja, kalau sudah ditolak ada waktu tunggu, 1 tahun kalau gak salah.

  12. Elyani Says:

    @Hans : menghadapi pegawai kedutaan harus diawali dengan doa dan extra kesabaran. Usahakan emosi jangan terpancing karena mereka memang senang cari2 masalah. Kalau ditanya pekerjaan jelaskan panjang lebar dengan sabar, siapkan nama hotel dimana akan menginap (mereka toh kalau kita sudah pergi gak bakal ngecheck sampai ke hotel2), tunjukkan rekening koran dengan saldo yg jauh diatas saldo minimum, surat asli rumah dan fotonya kalau perlu, NPWP dsb. Lebih banyak dokumen lebih bagus. Kalau untuk kedutaan lain, misalnya kedutaan Kanada, penolakan biasanya hanya berupa sehelai surat yg formatnya standard. Artinya setiap orang yg ditolak pasti dapat surat cinta itu. Tetapi nomer penolakan biasanya sudah tercantum dalam database mereka. Makanya untuk interview harus menyiapkan diri sebaik-baiknya karena pergi tour dengan travel tidak menjamin dapat visa. Syukur2 ada undangan dari teman yg tinggal disana dan menjamin bahwa applicant akan kembali ke tanah air. Pengundang juga harus yg meyakinkan. Memang susah kita masuk ke negara mereka karena faktor paspor hijau. Coba kalau Anda berkewarganegaraan Singapura…punya rekening pas2an juga gak bakal ditanya ini itu.

    Kalau sudah ditolak disitu, sebaiknya apply untuk jalan2 ke nagara lain saja. Kalau applicant paspornya sudah pernah ada visa dari kedutaan Inggris (misalnya) atau negara eropa barat (Jerman, Perancis, Belanda dsb)…biasanya yg interview gak terlalu galak. Tapi kalau sudah pernah ditolak disana (US Embassy) dan masih keukeuh apply lagi…ya begitu resikonya :)

  13. roby Says:

    nama saya roby jumat kemarin pada tanggal 12/sep.2008 , saya bersama istri dan anak mengajukan visa amerika ke 5 x, di waktu ke 4 x saya hanya maju bersama istri saya dengan tenang dan pasti akan di berikan visa tersebut ternyata gagal dalam wawancara yg terakhir dia mengatakan bahwa saya nantinya takut tidak akan pulang lagi ke negara indonesia , jadi dia bilang apa bapak ada sesuatu yg bisa di buktikan atau pastikan akan kembali ke indonesia, lantas saya dengan istri menjawab saya pasti akan kembali karena saya masi mempunya anak berumur 1thn6bln, tisak mungkin anak saya tinggalkan begitu aja, lantas jawab petugas consuler,, baik … dengan nada yg menyepelekan buktikan jawabnya… selang 2minggu saya kembali tapi dengan waktu yg kebetulan saya bertemu dengan seseoarang yg mengatakan akan membatu untuk memperlancar waktu wawancara nanti yaitu dengan buku tabungan saya yg asli dan di buatkan SIUP yg katanya akan memperkuat… bodohnya saya yg waktu itu hanya mementingkan untuk diri sendiri , tidak mementingkan untk sanksi atau ganjaran yg akan berlaku jika ketahuan…. nasib sialnya akhirnya datang ternyata waktu wawancara 3 paspor saya,istri, anak di tahan berikut siup, buku rekening juga akte lahir anak saya,,, jadi saya mau numpang saran nich mas.. apa nantinya saya mengambil kembali paspor saya dan keluarga atau didiamkan saja, selanjutnya orang yg membuat siup dan rek tabungan tersebut lost contact sampai hari ini ,,, bagi teman2 hati2 jgn seperti saya yg naif….

    Kalau dokumennya ditahan oleh pihak Kedubes harusnya mereka memberikan tanda terima. Coba dihubungi lagi pihak ekdutaan atau dan kirim surat untuk menanayakan kejelasan semua dokumen Bapak.

    Sistem pembuatan paspor di kedubes Amerika tidak memerlukan calo dan jangan sekali-kali tergiur oleh tawaran mereka.

  14. nelly Says:

    saya pernah megajukan visa pada beberapa thn lalu&di- tolak. Mungkin pada bln ini saya berencana untuk mengajukan lagi, apakah kalau saya mengajukan lagi harus dijelasin bahwa saya pernah di tolak aau dian saja. terimakasih

    Kalau gak ditanya mending diam aja. Walaupun pernah ditolak, alasannya hanya pihak Konsuler yang tahu. Good luck.

  15. yan Says:

    Pak, Saya adalah single parent 3 anak. Saya berencana menikah kembali dengan seorang yang berkebangsaan Amerika bekerja sebagai dosen disalah satu perguruan tinggi di texas.Saya mohon saran :
    1. bagaimana yang lebih baik apakah menikah disini atau disana ya. Visa apa ya yang harus diajukan.
    2. Apakah saya akan sulit mendapatkan visa karena mungkin mereka kedutaan beranggapan kalo saya sudah menikah disana pasti tidak akan pulang.
    3. Bagaimana visa anak2 saya ya mereka (12 th, 10 th dan 5 th)
    4. Bagaimana proses visa dengan alasan saya akan menikah disana.
    5. Kalaupun menikah disini persyaratan apa yang harus diajukan pada saat permohonan visa.
    Atas sarannya saya ucapkan terimakasih.

    Bu, ini bukan saran seorang yang tahu banyak tentang hal2 yang ditanyakan, tapi saya jawab sebisanya :
    1. Dari sisi hukum bila menikah di Indonesia, namanya perkawinan campuran. Semua dokumen copy identitas diri harus dikirim dan diterjemahkan dahulu lalu dicatatkan perkawinannya di Catatan Sipil bila beda agama. Bila perkawinan dilaksanan di Amerika, maka akta nikahnya harus didaftarkan di Indonesia selama-lama dalam waktu satu tahun. Bila tidak perkawinan anda tidak akan diakui, termasuk anak yang lahir dari hasil perkawinan itu.
    2. Kecurigaan petugas Konsuler tentu ada karena Ibu akan dianggap hanya berniat berimigasi ke Amerika. Jadi ilihan yang paling memungkinkan adalah menikah di Indonesia.
    3. Pengajuan visa bisa dilakukan secara berbarengan, apalagi kalau sudah resmi menikah di sini.
    4. Sama dengan no. 2, pembuktiannya harus solid.
    5. Syaratnya sesuai dengan UU Perkawinan Indonesia : Paspor, Akta Kelahiran, Surat keterangan ia tidak dalam status kawin/akta cerai/akta kematian pasangan. Semuanya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan penerjemah resmi yang disumpah.
    Semoga bisa membantu.

  16. bastian Says:

    pak mau tanya dong
    saya kan mau liburan ke canada akhir tahun ini mau new year dan christmast, nah rencananya mau apply visa US juga sekalian biar saya bisa nyebrang ke US.dan saya juga dapat surat undangan dari temen di canada dan rencananya memang mau berlibur bersama teman2 dari US juga di canada, nah saya udah beli tiket pulang pergi dan visa canada dan juga visa transitnya, dan saya juga sudah punya surat sponsor dari teman saya yang di US.anyway saya udah ditolak 2x
    dan passport saya isinya full pak dengan visa visa dari negara lain.
    dan banyak stampnya dari negara asia
    dan saya juga udah memberitahukan ittinerary saya selama di canada dan di US nanti mau kemana saja.
    surat dari perusahaan juga sudah, bank reference juga suddah, surat rumah dan tanah juga ada, KK, akte lahir juga ada.foto foto bersama teman2 dari US juga udah disiapin, NPWP saya juga punya.
    apa lagi yang kurang pak?

    Satu hal yang harus diperjelas mengenai rute penerbangan, saya asumsikan bahwa pesawatnya tidak transit di Amerika. Kalau iya, Bapak harus punya Visa Amerika karena kedua pemerintahan memberlakukan “one land policy”. Syaratnya sudah lengkap dan akan lebih baik lagi kalau disertakan copy paspor dari sponsor saat pengajuan Visa. Good luck. (Bila takut ditolak di Jakarta, ajukan kembali di Kanada, tapi harus pergi dulu ke kota Ottawa).

  17. bastian Says:

    pesawat saya tidak transit di US
    dan saya paham dengan regulasi dan ketentuan pemerintah US mengenai transit,makanya saya memutskan untuk mencari flight langsung walaupun harus bayar lebih mahal, sudah menjadi resiko.
    dan kalau boleh saya tanya, memang boleh apply visa melalui negara canada or mexico?setahu saya tidak boleh deh, harus apply dinegara bersangkutan,kalau boleh tahu bisa dilihat dimana linknya/websitenya?
    thank u

  18. bastian Says:

    maksud saya memang boleh apply visa turis melalui negara canada maupun mexico, dikarenakan kedua negara tersebut sangat berbatasan dengan US.kalau boleh tahu boleh minta link websitenya, karena menurut saya sayang sekali kalau saya sudah jauh jauh dan bayar tiket mahal trus tidak mampir ke US.
    btw surat sponsor dan copy passport dari teman saya sudah ditangan saya semuanya.bahkan foto menunjukan kalau kita memang sering bepergian kemana mana.

    Pak Bastian, memang diperbolehkan untuk apply dari negara mana saja, ini link-nya untuk di Kanada : http://www.consular.canada.usembassy.gov/canada.asp . Bapak bisa apply waktu di sana dengan persyaratan dan dokumen yang sama. Moga2 bisa membantu.

  19. bastian Says:

    tapi rasanya akan lebih baik kalau saya apply dari negara sendiri, sehingga saya mentaati peraturan negara saya dan peraturan dari kedutaan US juga.saya ingin kberhasilan menyertai saya selalu
    apakah semua doc saya sudah siap pak?

    Sudah koq, tinggal yakinkan petugas Konsuler di sana melalui proses wawancara singkat.

  20. lina Says:

    8 tahun lalu pernah yll ke amrik, di tolak, dulu masih polos banget deh. padahal mau liburan doang. waktu itu pasporku gak polos, uda ada negara jepang yang susah juga, itu juga saya sebagai delegasi indonesia, artinya wakil negara.
    nah sekarang , sohibku mau kalau aku ketempat dia di seatle. udah niat nih, cuma trauma gagal lagi.karena kedubes amrik kayak makelar, mau duitnya doang…lumayan loh sekarang 131 US$.
    masalahnya, kalau minta rekomendasi kantor, saya baru 6 bulan disini, kantor sih mau aja kasih surat dinas.Kebetulan saya tim creative, yang biasa cari data, apakah surat kantor cukup kuat untuk mengatakan bahwa saya mau studi literatur, di amrik or enaknya polos aja, emang mau nengok temen

    Mending temannya di sana jadi guarantee dan berperan sebagai sponsor. Minta fax copy paspor dan surat deklarasi bahwa ia merupakan contact person selama anda berada di sana. Dokumen2 tsb kemudian dilampirkan saat pengajuan Visa. Cara ini lebih dipertimbangkan oleh petugas konsuler yang sering menanyakan apakah ada kerabat di sana. Maksudnya ya sebagai “close ties” sebagai salah satu pertimbangan dikabukannya visa.

  21. karib Says:

    Mau berbagi pengalaman aja ngurus visa amerika…Tapi sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pencerahan yg diberikan oleh blog ini (Mas Tony Wahid)..infonya bermanfaat sekali…
    Saya pemegang paspor dinas (service passport) dan akan menghadiri conference di Chicago. Saya apply visa di US embassy, Tokyo. Awalnya saya pikir, saya akan mudah mendapatkan visa sebagai pemegang service passport. Apalagi saya membawa surat Verbal Note dari KBRI, Tokyo. Ternyata dugaan saya meleset…sy diharuskan ikut interview, dan si visa officer (VO)-nya menyodorkan selembar kertas yg menyatakan bahwa visa saya di pending for administrative processing. Dan hrs melewati security clearance dari Washington D.C. Singkat kata, alasan nya karena saya lahir di Indonesia, trus nama depan saya Muhammad dan background pendidikan Chemical Engineering…Wah…Capek deh….

    Sekedar info: Watchlist Countries: Indonesia, Sudan, Iran, India, etc..
    Watchlist Name: Muhammad, Gonzales, Smith, etc…

    Thanks Mas atas sharing-nya buat pembaca di blog ini. Salam.

  22. bastian Says:

    bos aku dapat visa turis nih bos
    thanks ya atas pencerahannya, rupanya semua documentku memang lengkap semua
    sekali lagi terima kasih

    Wow … pasti senang sekali ya. Terima kasih juga sudah sharing di sini dan have a good trip :)

  23. beky Says:

    hi there.,. gw mo nanya dmn gw bisa pepanjangin visa f1 gw? bs ga lwt online (klo bs alamatnya kasi tau donk),.,, cuz gw dapet visa f1 nov 2004 (xpnya dec 2009) trus gw school di edmond okla jan 2005 gw balik ke indo july 2006 cuz gw ngelanjutin skul gw disini,. skrg gw pengen ngelanjutin skul gw di NY, bs ga ya diperpanjang

    Buka di US Embassy bagian Visa, gampang kok carinya. Sekolah dimanapun tentu bisa, tapi pihak Kedubes akan minta dokumen seperti penerimaan sekolah di NY dan surat keterangan dari pihak sekolah yang menjelaskan bahwa anda akan melanjukan pendidikan di lembaga mereka. Apalagi kalau anda sudah pernah bersekolah di sana tentu akan menjadi pertimbangan mereka.

  24. bastian Says:

    pak tony mau tanya dong
    apakah dengan tourist visa kita bisa bolak balik masuk ke US dari canada or mexico?
    misalnya saya dapat multiple entry

    Boleh dong, selama visanya belum expired. Kalau gak salah visa turisnya berlaku 90 hari kan ?

  25. bastian Says:

    saya belum ambil visa tourist saya pak, minggu depan baru diambilnya.

  26. cris Says:

    pak mau tanya donk kalo clearance biasanya makan waktu berapa lama, saya sudah 2 bulan apply c1d visa tapi belum ada kepastian, dan apa itu berarti direject atau approve?
    tolong pencerahanya thx…

    Relatif pak, karena pihak kedutaan harus mengirim semua dokumen ke Deplu untuk clearance. Untuk visa B1 kunjungan bisnis biasanya tidak lebih dari dua minggu. Untuk C1D (crew kapal/pesawat) saya tidak bisa memberi informasi, silakan terus cek website mereka untuk panggilan wawancara supaya tidak dianggap absen.

  27. Fierna Says:

    pak..!saya ada rencana mau ke Amerika, untuk menyusul suami saya yang sudah di Amerika, suami saya sudah 1 tahun lebih dan dia menggunakan visa H2B (mungkin bpk lebih tau) klo visa H2B tempat kerjanya berpindah2 dan perusahaannya tidak memberikan referensi untuk istri..masa berlaku visa suami saya 2 kurang lebih 2 taun lagi disana.
    saya banyak konsultasi ke org2 yang saya anggap mengerti,ada yang bilang saya lebih baik pake visa turis untuk jalan2 dan jgn bil klo suami saya kerja di sana, ada jg yang bilang saya lebih baik pake visa turis mengunjungi suami..aduh saya bingung banget…saya harus pake visa apa ya?dan dokumen apa yang mendukung biar visa saya di approve?
    Terimakasih banyak untuk pencerahan dan sharing nya..

    Ibu Firna, kalau mengajukan visa turis artinya ibu diharuskan kembali ke Indonesia karena biasanya hanya berlaku 3 bulan atau kurang. Masalahnya ibu kan berniat tinggal dengan suami di sana, di sini letak masalahnya. Pihak Konsuler tentu tidak bisa mengeluarkan visa kerja karena ketiadaan sponsor. Dengan visa turis pun ibu harus menunjukan tiket pp saat wawancara dengan mereka sebagai jaminan bahwa pemohon akan kembali lagi ke Indonesia. Posisinya sulit, kalau mau nekat pun tinggal di sana dengan visa turis (overstay) pasti akan kena masalah dengan pihak imigrasi saat pulang ke Indonesia.

  28. indra Says:

    pak, saya rencana mo apply visa ke amrik, tp saya betul2 blank cara nya gmnm? syarat2 nya…ada ga tips2 nya untuk inverview di embassy, trus kira2 pertanyaan nya mengenai apa aja? thanks

    Ada link US Visa yang saya sediakan buat yang baru pertama kali mau mengajukan Visa ke sana dengan beragam informasi. Blog saya juga menyediakan tips dan dokumen2 apa saja yang harus disiapkan. Kalau ada yang belum jelas silakan ajukan pertanyaan lagi di sini. Salam.

  29. Fierna Says:

    terimakasih byk pak informasinya…!!
    klo aku simpulin dari jawaban bpk, artinya kesempatan aku dpt visa ga ada ya pak??kecuali aku bawa tiket PP ya pake??kalo aku bawa surat cuti dari kantor dan surat pernyataan klo aku bekerja di perusahaan yang sekarang aku bekerja gmn?klo turis untuk jalan2, dokumen apa yang perlu pak??ada saran ngak pak??
    aku memang rencana nya mau merubah secara legal visa aku dari visa turis ke visa tinggal sampe visa suami aku habis.tolong bgt pak sarannya..terimakasih byk pak!

    Gini lho, dalam waktu kurang dari 5 menit kita harus meyakinkan petugas Konsuler agar mereka yakin kita tidak berniat untuk tinggal di sana pada saat tahap wawancara. Dikabukan atau tidaknya visa tergantung dari proses yang sangat singkat ini. Surat2 yang disebutkan itu memang jadi dokumen penunjang, tapi sebuah tiket pp adalah bukti kuat yang bisa membantu untuk memperlancar proses ini.
    Nah kembali lagi ke masalah jenis visa untuk menetap di sana dengan suami, saya tidak bisa memberikan saran lain kecuali visa turis karena ketiadaan sponsor dari tempat bekerja suaminya.

  30. sobat Says:

    wah..dapet juga akhirnya..B1/B2
    Makasih yah..mas tony..blog ini memang informatif banget..
    Saya udah recommend alamat blog ini ke 22 orang teman saya…
    Daripada nanya kedutaan…ribet..katanya pake acara bayar segala…mendingan ke blog ini aja..
    Mudah-mudahan mas tony di permudah rezekinya..amin…udah nolongin org banyak tuh..

    Senang sekali mendengarnya, memang artikel ini dibuat agar siapapun yang mengajukan visa bisa memperoleh gambaran tentang proses yang akan dilalui beserta persiapan mentalnya juga. Selamat ya atas Visa bisnisnya. Have a nice trip :)

  31. Wahyu Says:

    Pak,saya baru aja nyangkut di website bapak nih.Setelah saya baca pengalaman dari para senior,saya jadi lebih tahu soal cara apply visa USA.Kebetulan saya dan istri ada rencana mau honeymoon yg dl tertunda sekaligus ngerayain ultah pernikahan kmi yg k-3.Saxa ingin menanyakan,klo kmi apply visa di kdutaan interviewnya bareng atau saya dan istri dipisah?Terus biar lbh myakinkn ptgs,rncna nya kmi mau bawa anak kmi yg baru 1.Umur 2th.Kmi mau blng klo anak kmi tsb mau kmi ttpkn k kakek-ne2knya slma kmi di USA.Menrt Bapak apakah kr2 itu bs mmbntu meyakinkan petugas?Sekian dan terima kasih atas sarannya.

    Interview satu persatu, tapi kalau counter-nya bersamaan Bapak boleh maju berdua sambil menjelaskan bahwa pemohon adalah suami istri yang ingin berlibur. Saya sangat menyarankan untuk mem-print itinerary tiket (endorsable) pp selain kelengkapan dokumen lainnya dan bawa saat interview. Anak boleh dibawa, tapi menurut saya tidak akan berpengaruh banyak untuk mempengaruhi keputusan petugas. Salam.

  32. zainal Says:

    ass. pak nama zainal abidin masuk watch list name ga???
    saya ada keturunan arab itu pengaruh ga ya???
    saya hanya ingin liburan aj… sekitar summer nanti..
    k’lo visa ditolak itu bisa bikin lagi ga???
    dlm jangka waktu beberapa tahun???
    temen saya ada yang kerja disana,,itu bisa membantu da???
    thanks

    Orang Indonesia, dewasa, apalagi nama2 muslim biasanya harus clearence di Deplu kemudian saat di Imigarasi. Temannya yang di sana bisa menjadi penjamin alias sponsor. Minta foto copy dan surat undangan dia untuk dilampirkan di aplikasi visa. Good luck.

  33. reza Says:

    mas bagaimana caranya ke amrik, tetapi saya masih kuliah?n katanya sekarang bisa apply visa lewat internet tolong kasi tahu kalo da waebsitenya? thanks

    Di sebelah kanan sudah saya sediakan link-nya.

  34. berthy Says:

    malam pak..saya bertunangan dengan orang U.S tapi saya belum pernah datang kesana, tunangan saya beberapa kali meminta saya datang kesana tapi saya baru menyiapkan passport dan baru akan mengajukan visa,tunangan saya akan menjamin semuanya disana dan rencana ingin menikahi saya sebelum menikah di indonesia.alasannya supaya saya bisa mudah keluar masuk U.S. bagaimana menurut bapak? oh ya kami sama-sama muslim, saya sudah baca semua persyaratan tapi jadi ragu setelah membaca beberapa artikel, sulitnya dapat visa dari U.S. mohon bantuannya ya pak. terimakasih

    Menikah di Indonesia maupun Amerika harus melalui proses yang sama panjangnya karena masing2 berkewarganegaraan yang berbeda. Saran saya, ajukan visa turis untuk tujuan berlibur. Pihak Konsulat biasanya mencurigai bahwa Anda hanya ingin tinggal di Amerika dengan menggunakan alasan pernikahan di sana. Jadi jangan disinggung kalau anda mau menikah saat proses wawancara Visa, bilang saja mau liburan dengan sahabat anda. Tentu saja semua persiapan persuratan untuk menikah di sana harus lengkap sebelum keberangkatan.

  35. chel Says:

    malam pak..
    saya belum perna memiliki visa dr negara manapun dan masi berumur kepala dua..
    dan saya berencana mau apply visa turis ke amrik..
    kira2 berapa persen yah berhasilnya??

    Kalau cuma coba2, ya agak susah. Lagian kenapa coba2, kan biayanya bisa sampai sejuta, sayang kalau gagal.

  36. berthy Says:

    Pak..makasih sarannya..saya rencana ambil visa turis..begitupun saran tunangan saya, semua dokumen sudah di kirim sama tunangan saya, cuma saya masih bingung tahap tahapannya buat visa turis..mohon balasan secepatnya, karena insyaallah minggu2 ini saya berangkat ke jakarta..kalo bisa balas ke email saya. terima kasih
    email saya tifa_kirei@yahoo.com

    Hi Berthy, visa jenis apapun tahapannya tidak juah berbeda dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas. Good luck.

  37. andy Says:

    pak saya baru pertama kali mau mengajukan visa ke amerika dan passport saya juga masih baru saya buat bersama istri,yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa langsung apply berdua dan saya mempunyai kakak ipar perempuan orang amerika,apakah dia bisa menjadi sponsor saya?,tolong sarannya pak tony. thx

    Pak Andy, iparnya bisa menjadi penjamin dan memperkuat permohonan visa-nya. Lampirkan copy paspor ipar anda dalam permohonan dan surat sponsornya. Isi suratnya ditujukan kepada Konsuler Kedubes Amerika yang isinya adalah mengundang anda berdua ke Amerika, waktu spesifiknya, jadwal acara di sana/kota yang akan dikunjungi, dan yang paling penting nyatakan bahwa ia akan menjadi penjamin selama anda di sana.

  38. Trias Says:

    Pak, kalau aku mau nanya soal visa canada boleh ga?
    Aku mau apply untuk visa tourist, sponsornya ortu. Paspor masih baru, paspor lama ada tapi aku nempel ke ibu dan pernah ke canada jg tapi itu 17 thn lalu.
    1. Apakah dgn paspor yang masih kosong mempengaruhi keputusan diterima/ditolak?
    Untuk invitation letter,Sepupu ada disana tapi dgn work permit, sedangkan teman ada yang sudah jadi citizen..
    2. Mnurut bpk invitation letter dari siapa yang chances nya lebih bagus?
    3. Rekening tabungan 3 bulan terakhir, apakah harus dari bulan pertama modalnya besar yang katanya minimal 100juta? trima kasiiihh paaak atas bantuannyaaa :)

    1. Pengalaman saya, paspor kosong punya kesempatan yang sama koq.
    2. Dua2nya saja jadikan sponsor, lebih OK.
    3. Rekening bank itu hanya menunjukan bahwa kita punya uang. Kalau untuk visa pendidikan biasanya harus ada dana sebesar tuition, tapi kalau sekedar untuk turis tidak ada standard yang baku.

  39. Lili Says:

    Hai Pak Toni, benar2 posting yang bagus, sangat berguna bagi saya yg masih hijau :)

    Pak, saya boleh minta masukan/advisenya?

    Saya baru mau pertama kali apply visa US, tujuan pure untuk holiday bersama suami. Suami saya British, alamat tinggal kita di UK (permanent residence). Namun nationality saya masih WNI.

    Saya rencana mau liburan di Jakarta bareng suami selama 2 bulan, jadi saya pikir apa saya sekalian aja apply visa US, mumpung lagi di Jakarta, it will be handy. (Saya di UK tidak tinggal di London, jadi kalo mau ke London, ribet, mesti naek pesawat dan book hotel segala, total biaya jadi relatif mahal sekali)

    Yang saya mau tanyakan:

    1. Apply visa nya apakah sebaiknya di Dubes AS yg di Jakarta atau yg di London? Atau memang krn saya WNI jadi seharusnya apply dari Jakarta?

    Terus terang, saya bingung mau tanya siapa.. Saya coba telpon Dubes AS yg di Jakarta, eh gak ada yg angkat2. And I heard they are very unhelpful :(

    2. Kalo jadwal appointment interviewnya jam 7.00. Jadi saya sebaiknya tiba di dubes US jam brp ya?

    3. Apa boleh suami saya ikut temenin saya dan masuk ke dalam gedungnya?

    4. Kira2 lamanya berapa jam, dari pas kita tiba ngantri di depan gedung sampai selesai di interview?

    Makasih banyak ya Pak Toni..
    Salam hangat dari UK.

    Hi Lili, terima kasih :) Ini jawaban saya :
    1. Apply visa Amerika bisa dilakukan oleh WNI dari negara mana saja, karena tidak ada ketentuan bahwa permohonan harus diajukan di Jakarta.
    2. Karena antrinya panjang, datanglah minimal 2-3 jam sebelumnya.
    3. Suaminya boleh ikut mengantar, tapi hanya sampai pintu gerbang.
    4. Siapkan waktu seharian, dari pagi hingga sore hari. Ini proses yang melelahkan :(

    Petugas lokal di Kedubes Amerika di Jakarta memang terkenal “ramah” koq

    Salam dari Jakarta.

  40. berthy Says:

    pak…doain saya ya pak, rabu tgl 11 feb saya wawancara, duh jadi deg degan pak…

    Good luck, gak usah tegang, santai aja koq …

  41. Lili Says:

    Hi again,

    Terima kasih atas jawaban Pak Toni :)

    Saya sudah dapat tgl interviewnya dan dpt jamnya jam 7. Wah kalo gitu saya mesti tiba jam 6 ya. Bawa snack biar gak laper :p (Boleh gak bawa snack kayak roti gitu?)

    Ada beberapa yg saya mau tanyakan lagi:

    1. Yg sponsor finansial adalah suami saya. Akan saya lampirkan rekening tabungan beliau. Yg saya mau tanya, apakah tagihan2 credit card juga per lu dilampirkan?

    2. Krn yg sponsor suami, apakah rekening tabungan saya pribadi juga perlu dilampirkan? Juga tagihan credit card saya?

    3. Biasanya foto copy apa saja yg diminta kedutaan ya? Seperti surat2 tagihan credit card juga perlu di foto copy?

    4. Surat KK, akte lahir, KTP serta SIM, apakah perlu di translate ke bhs Inggris?

    5. Oh suami tidak boleh masuk gedung? Walaupun beliau adalah sponsornya dan juga akan travel ke US bareng saya? Suami saya tidak perlu visa krn paspornya adl paspor British. (Paspor beliau akan saya lampirkan bersama dokumen finansial lainnya)

    Maaf ya Pak, kalo terlalu banyak pertanyaan..

    Terima kasih banyak atas jawaban2nya/input yg diberikan. Semoga rezeki Bapak melimpah krn telah membantu kita2 semua :)

    Best Regards,
    Lili

    Boleh dong bawa makanan kecil+minuman. Jangan lupa juga bawa uang pas untuk bayar Visa.
    1-2. Tidak ada salahnya kalau semua dokumen seperti taguhan kartu kredit disiapkan. Petugas Konsuler biasanya hanya meminta rekening tabungan pemohon, tapi boleh menyiapkan rekening tabungan suami apabila diminta, apalagi kalau joint income.
    3. Semua tagihan boleh difoto copy, sekali lagi siap2 apabila diminta.
    4. Dokumen seperti KK, KTP, tidak perlu di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
    5. Memang tidak boleh, tapi coba meminta kebijaksanaan petugas security.

    Terima kasih kembali Bu semoga berhasil dan selamat jalan2 ke Amerika.

  42. berthy Says:

    siang pak…saya baru sampe jogja neh dari jakarta..uhhhhhhhh sebel pak..saya gagal dapet visa turis….saya udah nunjukin smua dokumen eh sama si bule di bilang maaf anda tidak punya hub. kuat sama org amerika sana kalo mau silahkan anda apply lagi dengan visa tunangan..gimana seh pak jadi binun deh..udah antri pagi pagi..ampe loket 2 dibilang poto slah gara2 kuping gak bgtu kelihatan walhasil foto lagi ke jalan sabang,untung jam 7 dah da yg buka..then antri lagi dari awal dg pemeriksaan sgla. akhirnya masuk kelompok 7 dweh awalnya kelompok 1. hmmm sedih bgt…uang mlayang gtu ja 1.572.000…menurut bpk ngajuin visa lagi setelah brp lama? kalo 3 bulan lagi kelamaan pak..skrg yg lagi urus2 pacar saya..dy juga sedih bgt bgtu tau saya gagal. sarannya ya pak..makasih

    Duuuh, turut sedih ya ): Pengalaman pertama saya juga seperti itu Berthy, dongkol banget. Kadang ada hal yang tidak bisa kita prediksi karena pemerintah Amerika Serikat menyerahkan keputusan diterima/ditolaknya Visa kepada petugas Konsuler yang harus bisa membuat keputusan dalam waktu kurang dari lima menit.

    Visa tunangan itu diberi kode K-1, tunangan anda harus mengajukan permohonan atau petisi ke Dept of Homeland Security dengan form I-129, biayanya sekitar 500 US$. Setelah disetujui, berkasnya kemudian dikirim ke Kedubes Amerika. Untuk selanjutnya silakan dowload link ini : Visa Tunangan

  43. lidya Says:

    Namaku Lidya,bulan desember kmarn aku barusan ditolak di kedubes USA padahal udah bawa undangan dari pacarku yang dilegalisir oleh Notaris di US dan dia sudah kirim email langsung ke dubes.
    Sekarang kita mau coba ke singapore apply lagi dan pacarku itu nanti kesana juga.
    Pertanyaanku :
    1. Bisa ngga ya pacarku itu ikutan masuk saat interview? pacarku itu orang bule asli sana and punya 3rumah di New jersey juga kerjaannya jelas.
    2. Apa menjamin dapet ngganya visa jika kita ajukan ke singapore?

    Sekali lagi masalah Visa itu sangat sulit ditebak. Hanya ada tiga pejabat di Washington yang bisa meng-override keputusan petugas Konsuler : Presiden, Menlu, dengan Jaksa Agung. Itu merupakan refleksi betapa berkuasanya mereka. Jadi di negara manapun, keputusannya tergantung para pejabat Konsuler.
    Yang bisa dilakukan adalah menyakinkan mereka saat proses interview bahwa kita tidak berniat menjadi “illegal allien”.

  44. lidya Says:

    kita emang rencana mau ajukan fiance visa tapi prosesnya lama and bertele2 dijakarta jadi rncananya kita mau proses di amerika aja biar cepat kata pacarku.
    Biasanya berapa bulan ya pngurusan visa tunangan itu?

    Petisi atau permohonan Fiance Visa memang harus diajukan di Amerika dan bisa minta bantuan lawyer di sana. Saya tidak tahu berapa lama prosesnya, tapi ini proses yang sebaiknya ditempuh dibanding dengan visa turis kalau pasangan sudah sepakat,

  45. Lidya Says:

    pacarku itu bisa ikutan masuk kedalam ngga ya pak sewaktu aku interview??diakan istilahnya yg punya kedutaan juga,asli usa.
    Kalau ngga bisa ya prcuma donk ya aku jauh2 kesingapura urus visa lalu ngga dapet

    Hmmm, kalau di Jakarta sih gak boleh karena pemeriksaannya sangat ketat, kecuali kalau pasangan Ibu ada urusan dengan Kedubes. Misalnya mau tanya2 masalah passport atau alasan lain. Mau coba ?

  46. lidya Says:

    Takut ih…..
    sayang duitnya juga mski dia yang bayar.
    mau ngga mau kita coba fiance visa aja kali ya pak..
    tapi ribet banget masa harus priksa keshatan pake tim dokter mereka dan kalau trnyata ada penyakit menular ngga bisa masuk ke negara mereka. Aku si ngga punya penyakit menular hanya ashma itupun udah lama ngga pernah kambuh,bisa dibilang dah sembuh kali soalnya aku seminggu bisa 5x ikut Gym and spinning jg sauna.
    aduh jadi bingung ya…
    Urus fiance visa pun kita harus punya bukti yang cukup bahwa kita emang bener punya hubungan yg dah cukup dket dengan calon kita.
    Saya minta saran bapak donk,sebaiknya gimana ya…
    bingung d >_<

    Bahwa ada “undisputed proof” bahwa anda berdua memang berniat bertunangan itu penting. Bukti itu bisa sangat banyak, contohnya surat, email, dari pasangan anda, kuitansi pembelian cincin tunangan, atau apapun yang bisa dijadikan alasan kuat aplikasi visa ini.
    Sekedar saran : mengapa tidak menikah di Indonesia ? Secara legal buktinya sangat kuat untuk mengajukan visa sebagai penduduk tetap walau prosesnya juga sangat panjang.

  47. Lidya Says:

    Pengen si nikah di Indonesia tapi masalhnya ortunya dia maunya di sana and mamaku juga pengenya di USA juga jd mama bisa skalian kesana jalan2+kerja gitu d… Kalau mikah di Indonesia bukannya ribet banget pak ngeliat warga negara asing?
    Kalau di Manado kampungku si kayaknya bisa diatur karena pejabat pemda nya family sendiri tapi takutnya belibet sewaktu pengurusan ke embassynya kita nikah tanpa ijin dulu.
    Nikah aja koq repot ya….kayak nikah ama polisi aja harus diinterview komandan,periksa kesehatan,tes psikologi etc.

    Pernikahan di Amerika juga sama ribetnya lho karena ibu bukan warga negara di sana. Begini saja saran saya :
    1. Ajukan lagi Visa-nya yakinkan petugas dan bilang calon suami Ibu menunggu di luar dan siap di verifikasi oleh pihak Konsuler apabila diperlukan.
    2. Cara legal lain adalah mengajukan petisi Visa Tunangan di Amerika. Masak sih prosesnya lama? Selain itu apabila berhasil, Ibu sudah yakin akan mendapatkan Visa.
    3. Calon suami ibu bisa menghubungi anggota Kongres dan Senat di negara bagian dimana ia tinggal. Setiap warga negara Amerika wajib mendapatkan layanan dari para pejabat publiknya karena mereka membayar pajak. Sudah ada yang mencoba cara ini dan berhasil dibantu oleh anggota Senat/Kongres karena mereka harus melayani konstituennya.
    4. Cara lain adalah menggunakan immigration lawyer yang bisa mengajukan petisi kepada Immigration & Naturalization Service melalui pengadilan perdata.

    Sebenarnya inti dari aplikasi Visa adalah proses wawancara-nya itu. Gunakan waktu tersebut sebaik-baiknya. Selamat mencoba.

  48. chandra Says:

    4 bulan yang lalu saya mengajukan visa untuk study i-20 ambil kursus 6 bulan di portland… hsilnya di tolak.. bulan ini feb,2009 saya mengajukan kembali untuk mengambil master… saya sedikit trauma dengan penolakan yang pertama… syukurnya dokumen sudah lengkap A-Z… tapi saya khawatir dengan penolakan yang pertama,,,

    pertanyaan: adakah pengaruh dari penolakan pertama?

    sebelumnya trimakasih.. forum ini sangat membantu sekali…

    Halo Mas Chandra. Terlepas dulu pernah ditolak, kalau dokumennya sudah lengkap mengapa harus khawatir ? toh Amerika juga perlu banyak mahasiswa untuk kepentingan devisa mereka. Selama dokumen inti seperti surat dari pihak Universitas dan rekening bank yang mengendap untuk biaya tuition sudah siap, maka anda sudah punya peluang untuk mendapatkan Student Visa.

    He3x, saya tidak menyangka akan menjadi “US Visa Consultant”, tapi saya senang bisa membantu banyak orang. Salam :)

  49. lidya Says:

    makasih sarannya Pak… semua sarannya akan saya bicarakan dengan pacarku dan kputusannya segera aku kabarin.

    Moga2 berhasil :D Share di sini ya apapun hasilnya.

  50. Lili Says:

    Hai Pak Toni,

    Saya kemaren baru di interview, interview nya sekitar 5 menit, kemudian disuruh balik besok untuk ambil paspor nya. Jadi saya belum tahu dapat visa nya yg berapa tahun. Mudah2an 5 tahun multiple entry, finger cross.

    Ternyata gak pengaruh, apply di London atau apply di Jakarta, asalkan semua dokumen2 yg mendukung dibawa lengkap dan mampu meyakinkan interviewer akan tujuan kita ke Amerika. (in my case, is holiday)

    Terima kasih banyak ya Pak Toni, atas saran2, nasehat2 dan waktu yg telah diluangkan untuk menjawab pertanyaan2 saya :)

    Best Regards,
    Lili

    Hi Lili. Selamat ya atas Visa-nya dan saya juga senang bisa memberikan sedikit “insights”. Have a great holiday there … :D

  51. berthy Says:

    pak…mo tnya..sy kmrn posting di blog bpk (ggl dpt visa) skrg tunangan sy yg apply dr sana ngajuin visa tunangn buat sy, tp sy keukeuh pngn nikah di indonesia. apa stlh sy dpt visa tunangan, kmdian nikah di indonesia saya bisa ikut suami (U.S)(sekedar trik)? krn yang dia khawatirkan kalo apply stlh nikah, istri bru bisa ikt suami stlh 2 tahun, apa benar pak?truz, kalo mo translate akta lahir dimana? syarat nikah bgi tunangan sy kira2 apa sj, krn saya cri info dr website U.S buat org amerika yang tinggal and bekerja disini. sy tunggu msknnyanya, trims ya pak.

    Kalau ibu sudah dapat Visa Tunangan tentu saja bisa ke Amerika. Menurut saya ini jalan legal yang layak dicoba. Perkara nikah dimanapun adalah pilihan yang harus diputuskan berdua.
    Semua dokumen yang bisa dikerjakan oleh penterjemah yang punya lisensi di sumpah. Jasa ini bisa ditemukan di yellow pages.

  52. peggy Says:

    Dear Pak Toni,

    saya peggy,saya mau tanya mengenai info visa tunangan.. menurut banyak orang memang cara termudah dengan menggunakan apply visa tunangan. dan petisi sudah kami kirimkan ke amerika, karena kebetulan tunangan saya civilian yang membantu di afghanistan saat ini.

    apakah apply petition untuk fiancee visa harus dibantu oleh lawyer???

    terima kasih

    Kalau mau tinggal beres ya dibantu lawyer, tapi yang saya tahu prosesnya sudah jelas, tinggal mengisi form lalu dikirimkan ke NIS

    peggy

  53. peggy Says:

    dear pak toni,

    boleh saya tanya untuk visa tunangan itu, kita harus menikah di amerika bukan di indonesia khan???? karena menurut saya kalau kita menikah di indonesia, persyaratannya calon suami itu harus mendapatkan surat keterangan belum menikah dari kedutaannya, kalau kita menikah setelah itu baru kita terbang ke amerika dan mendaftarkan pernikahan di catatan sipil disana,apakah visa tunangan tersebut masih berlaku???

    apakah masih diperbolehkan memakai visa tunangan sedangkan kita sudah menikah di indonesia dan terdaftar di kantor catatan sipil di indonesia.

    untuk mendaftarkan pernikahan di amerika dibutuhkan passport, dan tentunya di jelaskan kalau visa yang kita apply adalah visa tunangan, kalau begitu bagaimana menurut bapak untuk kasus ini???

    Visa tunangan atau K-1 memang dimaksudkan agar pasangan menikah di sana dalam jangka waktu 90 hari setelah kedatangan di Amerika. Kalau menurut aturan tentunya Visa tunangan tidak berlaku karena ibu sudah melaksanakan pernikahan di Indonesia. Coba apply visa immigran biasa yang disponsori oleh suami ibu.
    Catatan : Ibu bisa saja datang ke Amerika dan memberikan deklarasi belum menikah saat pengecekan di imigrasi agar visa K-1 nya bisa digunakan, tapi ini pelanggaran hukum.

  54. Patracya Says:

    Hi pak Tony –
    perkenalkan nm sy trecy, sy mau konsultasi dgn bpk ttg visa tunangan. Saat ini sy sedang mengajukan visa tunangan d amrik. Ktnya proses visa akan berlangsung slm 6 bln. Dan itu berarti visa tsb akan keluar bln juni ’09. Yg ingin sy tnyakan :
    1.apa saja hal2 yg akan diwawancarai pd saat wawancara? Apa yg hrs sy pertegas pd saat wawancara tsb? 2.surat apa saja yg hrs sy bawa utk ditunjukkan pd saat wawancara? 3.apakah para pewawancara itu baik n ramah? 4.mereka menggunakan bahasa apa saat wawancara?
    Atas bantuan bapak, sebelumnya saya mengucapkan byk terima kasih.

    Seperti beberapa komentar di atas, saat proses wawancara berlangsung anda harus menjawab dengan benar tentang maksud dan tujuan pengajuan Visa. Pertanyaannya pada intinya untuk melihat apakah anda benar2 memohon visa tunangan, jadi bawa dokumen selengkap mungkin. Tenang dan yakinkan petugas bahwa anda benar2 genuine. Good luck :)

  55. nisye Says:

    Halo Pak, makasih sharingnya bagus sekali…

    Aku sekalian mau berbagi pengalaman saat interview VISA US bulan Mei 2008 lalu, prosesnya panjang seperti yg kita ketahui bersama, harus foto di Jl Sabang, antri dan belum lagi menyiapkan semua energi utk kelengkapan dokumen.
    Tapi semua lancar….
    Ceritanya nih aku bisa kesini karena suamiku kerja di Arizona (org Indo), dulu kita masih pacaran, terus kita nikah di Indo dan saat suamiku ngurus perpanjangan VISA-nya, aku juga ikutan apply VISA. Dokumennya sama seperti yg sudah dikatakan oleh Pak Tony and temen2 diatas, sekalian juga kita berdua bawa surat sponsor dari perusahaan tambang tempat suami kerja…

    Syukur, lolos….
    Udah 1 thn ini aku tinggal di Arizona…

    Saat interview juga yg nangangin baik2, gak jutek/judes kok… Pokonya aku dan suami pas interview hanya memberikan jawaban selebarnya/sejelasnya, yg interview juga baik bgt, perempuan muda rambutnya merah, senyum2 sama kita, sambil bilang: happy honeymoon…

    Setelah itu, pas berangkat ke US, ada check point yg lumayan lama (sekitar 1jam) di LA setelah selesai, kita naik connecting flight lagi ke Phoenix…

    Asik banget deh pokonya :-)

    Saranku, berikan dokumen yg lengkap & jawab pertanyaan yg jelas, jgn gugup dan PD…

    Oiya Pak, aku sekalian mau tanya: kalo mau perpanjang visa usa di canada, bisa gak yah?
    Apa perlu visa canada dulu gitu?

    soalnya males pulang Indo karena biaya lebih banyak daripada ke Canada.

    Makasih sebelumnya :-)

    Hi Nisye, senang membaca cerita suksesnya mendapatkan Visa dan terima kasih telah memberikan tips untuk pembaca di blog ini.

    Perpanjangan Visa bisa dilakukan disemua Kedubes Amerika seluruh dunia. Bagi warga negara Amerika tidak diperlukan Visa untuk berkunjung, cukup menunjukan paspor di pintu masuknya. Kalau belum jadi warga negara Amerika tentu harus punya Visa yang relatif lebih mudah mendapatkannya kalau Anda sudah punya visa Amerika. Setidaknya itu pengalaman saya saat mengajukan Visa di kedutaan Canada di Jakarta.
    Alternatif perpanjangan Visa di Canada sambil liburan tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan biayanya kalau di Indonesia. Salam :)

  56. peggy Says:

    Dear Pak Toni….

    Terimakasih buat advicenya.. saya sudah mengirimkan petisi ke Amerika, mudah – mudahan semuanya berjalan dengan baik. Yang bisa di lakukan hanya berdoa dan berharap :)
    Saya juga tertarik dengan cerita dari Patricya, mungkin nanti dia bisa berbagi cerita mengenai tahapan yang di lalui sampai menerima visa tunangan, atau mungkin Pak toni ada email mengenai mereka yang telah berhasil menerima visa tunangan amerika???

    Terima kasih

    Sama2 Peggy. Hope and pray :)

    peggy

  57. Arifin Says:

    pak toni sebentar lagi saya akan mengurus visa amerika. Namun saya punya ganjalan, yaitu nama saya. Nama saya hanya tunggal Arifin. Nama inilah yang tertera di KTP dan SIM saya. Di pasport tertulis Arifin Ali Kaswandi. Ali Kaswandi adalah nama keluarga saya. Apakah ini akan menjadi masalah bagi saya ketika ngurus visa ?

    Moga2 sih nggak jadi masalah pak. Idealnya semuanya harus sama dari Akta Kelahiran, KTP, KK, Ijazah.
    Good luck :)

  58. debby Says:

    Pak toni..salam kenal ya,
    dalam pengisian formulir ada beberapa yang saya ragu dan lupa di isi..padahal beberapa hari lagi saya & keluarga akan diwawancara.
    gimana ya pak…apa saya harus isi formulir lagi yang baru ?

    dalam pengisian nama apa boleh terbalik antara surname ( midlle name ), sedangkan kita ga ada nama marganya..pengaruh ga ya pak ?

    Hi Debby, kalau documennya sudah di “submit” semestinya semua informasinya sudah OK, karena kalau belum lengkap biasanya minta diulang lagi. Mengenai salah nama, ini adalah kekeliruan yang banyak terjadi antara istilah surname, middle name, family name. Moga2 sih gak jadi maaslah kalau namanya itu2 juga.

  59. saras Says:

    Hallo..pak apa kabar?
    saya punya Visa turis yg masa berlakunya habis bulan desember 2009 thn ini.
    Rencana nya bulan juni 2009 saya mau pergi ke LA bersama anak saya yg juga sudah punya Visa,yg jadi pertanyaan saya adalah kapan batas berakhirnya Visa saya? kalo saya pergi bulan juni tanggal 15 masih bisa gak….saya takut di deportasi kan setelah sampai sana.
    Terimaksih Pak.mohon pencerahan nya?

    Enam bulan masa berlaku Visa biasanya masih bisa berangkat, tapi ada baiknya ibu telepon pihak airline untuk memastikan hal ini karena mereka yang punya wewenang untuk memperbolehkan atau tidak pada saat pemesanan tiket.

  60. mika Says:

    pak, saya mika..bsk pagi saya interview visa untuk berlibur dan ini untuk yg pertama kalinya. semua dokumen sudah lengkap dan saya membaca web ini..terimakasih ya pak..moga2 bsk saya dpt visanya. amin.

    Hi Mika, Good luck dengan visanya.

  61. Ade Says:

    Selamat Siang Pak,
    Saat ini saya bekerja di salah satu bank di Korea , minggu depan (April 30) saya berencana untuk apply visa US.Kunjungan saya ke US untuk summer vacation selama 8 hari. Saat ini dokumen yang ada : employement certificate, salinan tax salary dari pemerintah Korea, ID card di Korea, dan rekening tabungan. Apakah dengan dokumen tersebut sudah cukup untuk mendapatkan visa US?

    Terimakasih sebelumnya, info nya sangat membantu sekali.

    Itinerary yang dibuktikan dengan bukti tiket pp (endorsable), pemesanan hotel adalah dua dokumen penting untuk meyakinkan petugas. Kalau tidak ikut tur, setidaknya punya sponsor di Amerika yang bisa dijadikan penjamin.

  62. vera Says:

    Pak, tolong di bantu
    Saya sudah menikah dengan suami saya yang nota bene berwarga negara amerika, dan suami saya menganjurkan saya untuk mngajukan fiance visa, kalau saya boleh minta tolong, apa saja document yang harus dipersiapkan atau apakah ada cara lain untuk mendapatkan visa
    tq

    Hi Vera, ini link untuk informasi Fiancé Visa
    http://travel.state.gov/visa/immigrants/types/types_2994.html
    Jenis visa ini (K-1) sebenarnya ditujukan untuk calon pasangan yang akan menikah di sana, bukan bagi pasangan yang sudah menikah.

  63. Junita Says:

    Hi Mba Mika,

    Bagaimana visanya ? Apakah sukses ? Share dong ke kita2.

  64. fen Says:

    alo pak toni,
    saya punya rencana kerja ke as ato cuma berlibur dan saya punya teman di sana.
    tetapi saya tidak ada surat sponsor nya..yg saya punya cuma KK dan rekening, apakah visa saya bisa keluar?
    dan kira kira alasan apa yg harus saya gunakan ketika di wawancara?
    info ya pak.
    thx..

  65. Edwin Nasution Says:

    Hallo Pak Toni,
    Kawan saya, warga negara amerika mengundang saya untuk berkunjung ke USA. Mereka akan menanggung round trip airline ticket dan uang selama saya di US. Step pertama untuk saya mengajukan visa, apakah mereka harus mengirim e-mail ke konsular kedutaan besar amerika dan di cc kan ke saya atau bagaimana pak. Mohon pejelasan, terima kasih
    Edwin Nasution

    Hi Edwin … sebaiknya begitu. Terus minta faz passport mereka dan surat sponsor untuk diajukan bersama dokumen yang lain.

  66. Nugroho Says:

    mau tanya, wawancaranya dlm bhs indonesia atau inggris?

    Bahasa Inggris, tapi petugas juga mengerti bahasa Indonesia.

  67. Nugroho Says:

    foto yang harus disiapkan ukuran berapa x berapa? jumlahnya berapa lembar?

    Klik link http://jakarta.usembassy.gov/consular/IVHOME.html untuk semua persyaratan yang diperlukan.

  68. fariz Says:

    mas mau tanya nehh saya bekerja di cruise line..kebetulan kapal saya portnya di denmark trus cross ke amerika..berarti saya harus bwt visa amerika juga kan..trus mas nama saya ada mochamad nya..yang nota bene itu nama islam..nah pertanyaan saya seberapa penting nama saya bagi mereka,apakah itu bisa membuat gagal saya memperoleh visa US ?..trus apa yang harus saya buat untuk menyakinkan mereka kalo kapal saya itu hanya transit di US ?,dan saya pun tidak mungkin untuk turun dari kapal,karena sya harus bekerja..untuk catatan saya bru kali ini jalan keluar negeri..mohon dibalas yah mas saya bingung sekali sekaligus takut kalo visa saya ditolak..thanx

    Nama keluarga saya juga “Wahid”, tapi masih bisa mendapatkan Visa. Masalahnya mereka perlu waktu untuk clearance setiap laki2 dewasa yang berasal dari negara2 seperti Indonesia. Nah, waktu ini kadang yang sulit diprediksi.

  69. mashudi Says:

    mas tony saya mau nany saya mau jerja di cruise line.. tapi setelah interviu visa tgl 20 febuary kemarin sampe sekarang mash pending,apa ini karena nama saya yang hanya satu kalimat (mashudi) jadi agak susah karena denger saya di anggap tidak py keluarga dgn tidak ada nama belakang.sampe skrg saya stress karena batal berangkat karena visa msh pending.

    Coba tanya lagi lewat email ke Kedutaan, terus apakah dimungkinkan untuk mengajukan Visa lagi. Kalau sudah interview biasanya diterima atau ditolak dapat diketahui pada saat itu juga.

  70. mashudi Says:

    untuk mas fariz mungkin anda satu agrnt dgn saya karena sport sayapun sama dgn anda di denmark tgl mei 16 brkt tgl 23 oktober crosing ke usa.tp smua batal karena visa usa msh pending sampe skrg.

  71. trecy Says:

    Hi mas tony – terima kasih atas sarannya. Kali ini saya sudah mendapat dokumen yang harus diisi dan dilengkapi untuk visa tunangan. Dokumennya langsung dikirim dari kedutaan amerika ke email tunangan saya. yang ingin saya tanyakan apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan untuk menuju tahap wawancaranya? sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih. .

    Siapkan semua dokumen, termasuk email dengan pasangan anda yang berkaitan dengan rencana pernikahan atau apa saja yang bisa mengaitkan hubungan dengan pasangan di sana. Semuanya dimaksudkan agar petugas melihat keseriusan rencana pernikahan ini. Mungkin dokumen tersebut tidak diminta, tapi proses wawancara kadang sulit ditebak. Selanjutnya yakinkan petugas dalam proses wawancara.

  72. gustina Says:

    Hi Pak tony, salam kenal yah..
    saya ingin nanya, saya punya pacar WNI pemilik Green card dan bekerja di amrik, rencananya kami ingin menikah. sebaiknya menikah di mana dan bagaimana tahap2 dalam pengurusan visa amrik? apakah memakai visa petisi dan form K-1? bukankah form K-1 itu untuk pernikahan citizen amrik dgn WNA dalam hal ini Warga negara Indonesia?
    btw, saya sudah 2x di tolak visanya walaupun rencananya saya dgn orangtua hanya ingin jalan2 pake tour dan memang benar2 murni utk tour. apakah mempengaruhi dalam proses pengurusan petisi nantinya?

    thank u

    Nikah di Indonesia saja lebih mudah lalu mengajukan Visa di Jakarta. Suami bisa memberikan rekomendasi apalagi dia sudah punya Green Card. Yang pengajuan petisi memang untuk salah satu pasangan yang berwarga negara asing, jadi tidak applicable.
    Kalau gagal sebelumnya, ya harus terus dicoba dan berusaha meyakinkan petugas Konsuler saat wawancara.

    • gustina Says:

      Hi..
      jadi untuk pengurusan, saya memakai visa apa yah untuk menyusul suami di amrik setelah kami menikah di indo? dan berapa lama waktunya untuk mendapatkan visa tsb serta dapat berkumpul dgn suami nantinya?
      jika calon suami saya pemegang green card dan ingin merubah menjadi citizen, prosesnya brapa lama yah sampai mendapat kewarganegaraan tsb?

      thanks b-4

      Jenis Visa yang diajukan adalah “Immigrant Visa” karena ibu berniat untuk tinggal di sana. Ada beberapa alternatif jenis Visa yang bisa diajukan antara lain “K3 Visa” atau “V Visa”. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di website http://www.usvisa.in/.

      Seseorang pemegang PR yang minila telah lima tahun bermukim dapat mengajukan kewarganegaraan Amerika apabila telah memenuhi persyaratan lainnya. Misalnya tidak pernah melanggar hukum di sana. Waktunya tidak ada ketentuan Bu.

  73. Yanti Says:

    Pak, saya mau nanya nih, saya udah 2 kali mengajukan visa kunjungan ke amerika, dan di terima, tapi itu dulu waktu saya mengajukan, saya masih mahasiswa, dulu saya mengajukan visa kunjungan bersama ortu dan kakak saya, saya ada kakak di amerika dan udah jadi warga negara sana.

    Kakak saya ada mengajukan visa imigrasi buat saya pada tahun 2007 dan sementara masih proses dan prosesnya itu masih 8 tahun lagi baru selesai, saya liat di visa buletin, saya rencana tahun depan mau ke tempat kakak saya bersama ibu saya dan tinggal di sana selama 3 bulan lebih, pertanyaan saya, apakah kalau saya mengajukan visa kunjungan, kira2 dapat diterima nggak? karena saya dengar2 dari orang2 katanya kalau sudah mengajukan visa imigran trus kemudian mengajukan visa kunjungan, katanya bisa ada kemungkinan untuk di tolak, dalam hal ini visa saya belum pernah di tolak.

    Trus pertanyaan saya, apakah perlu menyediakan bukti tiket pp, sementara saya bisa memperlihatkan fotokopi paspor amerika kakak saya, beserta alamat kakak saya dan surat sponsor kakak saya, karena saya belum memastikan tahun depan berangkatnya kapan, terima kasih atas infonya.

    Kalau pernah mengajukan Immigrant Visa artinya memang berniat untuk menetap di sana.
    Apakah akan ditolak atau tidak saat mengajukan lagi visa kunjungan, saya tidak bisa memberikan jawaban. Ajukan saja visa nya, apalagi kan anda pernah diterima, moga2 pengajuan berikutnya tidak dipersulit.
    Sebaiknya mengajukan Visa saat anda memang berniat ke sana, jadi jangan dulu memohon Visa kalau jadwal keberangkatnnya saja tidak anda.

  74. Anita Says:

    Hay pak tony.. wah senang bgt bisa menemukan web ini :)
    Saya juga sedang tahap mau apply visa holiday ke US untuk yg pertama kali nih… sudah dapat tgl wawancaranya besok tgl 1 juni jam 8 pagi di surabaya.
    Saya pergi berdua dengan mama (mama saya sudah pernah mendapat visa US sebelumnya tapi karena februari kmaren habis ini apply baru lg).
    Ada bbrp point yg mau saya tanyakan mudah2an pak tony atau temen2 laennya berkenan membantu menjawab pertanyaan saya…
    Begini :
    1. Bisa ngga mamaku dan saya berurutan pada saat wawancara? soalnya rencana saya mau bilang kalo saya mau menemani mama yg tdk bisa bahasa inggris untuk jalan2+mengunjungi sister saya di USA.

    2. Saya ada sister disana yg punya PR dan sudah menikah dengan bule warganegara USA. Nama sister saya itu juga sudah saya cantumkan di form aplikasi visa. Dokumen apa saya dari sister saya yg harus saya bawa untuk memudahkan meyakinkan petugas bahwa saya+mama ada penjamin (sister) di US sana?

    3. Saat ini status saya sudah bertunangan dengan WNI. Apakah berpengaruh jika saya meyakinkan petugas bahwa saya punya tunangan di indo jadi pasti akan pulang ke indo karena tahun depan mungkin akan menikah?

    4. Saat ini saya bekerja membantu di toko mama saya dan CV tunangan saya. Jadi statusnya saya juga owner toko mama tapi tidak ada bukti tertulisnya. Nanti kalau ditanya pekerjaan saya sebaiknya jawab bagaimana? Apakah sebaiknya saya mengaku bekerja di CV tunangan saya saja? karena kalau CV kan bisa mengeluarkan surat keterangan resmi kalo saya memang pegawai disana dan ada ikatan kerja?

    5. Wawancara yg dilakukan apakah selalu dalam bhs inggris? kalau saya lancar berbahasa inggris apakah ada poin plus nya agar bisa lebih mudah diterima visanya?

    Sekian dulu pertanyaan saya. Terima kasih banyak atas pencerahannya :)

    1. Biasanya bisa pak, banyak yang melakukan ini.
    2. Minta fax paspornya/green card untuk dilampirkan.
    3. Tidak terlalu berpengaruh.
    4. Kalau saya akan menjawab wiraswasta, sudah cukup. Kalau mereka minta detail baru jelaskan.
    5. Dua bahasa karena petugas Konsuler biasanya fasih berbahasa Indonesia. Kalau ingin menjawab dengan bahasa Inggris tidak apa2, tapi tidak ada jaminan akan diterima.

    Good luck.

  75. Antonius Says:

    Hallo Pak. Tony,

    Saya ada rencana mengajukan Visa di awal bulan Juni 09 ini, berhubung teman saya di sana(dia greencard holder) akan mengajukan cerai dng istrinya, dan ingin property nya di balik namakan ka atas nama saya (krn khawatir sang istri bisa menuntut bagian).

    Pertanyaan saya:

    1. Apakah sebaiknya saya mengajukan visa turis? atau visa bisnis?

    2. Surat undangan/sponser dari ybs, apakah dengan menyebutkan bhw kehadiran saya di sana dibutuhkan untuk sign dan ketemu notaris disana dalam rangka balik nama properti – akan MEMBANTU? atau malah sebaliknya menyebabkan saya ditolak? – krn mungkin Visa officer nya akan mengira bhw dng ada nya property atas nama saya disana – berarti saya tidak akan kembali ke Indo.

    Mohon pencerahannya.

    Bagusnya Visa Bisnis. Untuk memperkuat permohonan, minta notaris di Amerika menjadi sponsor dengan mengirimkan undangannya, fax ke anda tembuskan ke Kedubes Amerika. Posisi ini tentu lebih kuat dibandingkan kalau kita hanya mengajukan visa kunjungan biasa.

  76. vera mujica Says:

    pak tony, saya mau tanya. Rencana saya dan suami untuk tinggal sekitar 1 tahun di Indonesia untuk pengurusan visa saya, apakah lebih baik begitu ?
    tq

  77. Antonius Says:

    Makasih atas sarannya pak ..

  78. angie Says:

    hi.. salam kenal.. senangnya bisa membaca banyak pengalaman teman2 yg apply visa ke amrik :)
    saia rencana ke amrik bulan Dec ini, berhubung tiket dah di tangan, mau nggak mau harus mati2an mendapatkan visa turis nya. berhubung ini pengalaman pertama saia ke US, mungkin pak tony bisa bantu memberikan saran :)

    tujuan saia ke US cuma bertemu teman (bukan resident & warga amrik) di NY dan rencananya kami pengen taon baruan di times square dan jalan2 sekitar east coast. jadi, rencana kunjungan saia cuma 3 minggu aja. saia juga punya seorang teman lagi yg tinggal dan bekerja di NY (WNI dgn work permit).
    setelah membaca begitu banyak cerita, saia jadi kuatir, bagaimana chance saia utk dpt visa turis yah?

    Jika saia ngurus sendiri, selain bukti2 finansial (rekening deposito, tabungan), surat keterangan dari kantor tmpt kerja, paspor yg banyak stempel nya (saia pernah kuliah di aussie, sering ke malaysia & spore, hk, china, pernah ke UK jg), dokumen / bukti apalagi ya yg diperlukan?

    Mengenai invitation letter, kalo teman saia yg di NY itu yg menulis (dia cowok, single), takutnya dianggap dia pacar saia sehingga mungkin saia berniat utk stay disana? >.<

    utk application yg ditolak (smoga nggak kejadian), berapa lama waktu yg diijinkan utk apply kembali?

    makasih banyak sebelumnya buat kesediaanya menjawab pertanyaan2 saia :)

    Dokumen yang dipersiapkan sepertinya sudah lengkap. Surat sponsor tidak ada hubungannya dengan rencana menikah atau tidak, itu hanya untuk meyakinkan bahwa anda di sana ada “tie in” yang setidaknya bisa menjamin keberadaan selama di sana.
    Saya tidak tahu untuk pertanyaan terkahir mengenai berapa lama bisa pply kalau sudah ditolak.
    Anyway, good luck.

  79. JO pet Says:

    hallo ,
    saya sudah pernah ditolak 2x apply visa amrik, dan paspor saya di stempel application recived di bagian belakang paspor ditahun 2006, alasan saya adalah untuk liburan.
    skarang saya ingin bekerja di floating hotel. dan paspor saya sudah berganti menjadi paspor pelaut.
    pertanyaan saya:
    1. apakah ada kemungkinan mendapatkan visa
    2. apakah surat dari perusahaan bisa menguatkan tujuan saya.
    3. apakah paspor lama saya sudah di cap illegal alien.

    trimakasih .

    Ajukan lagi dengan surat sponsor dari perusahaan, itu jauh lebih kuat.
    Paspor lama yang sudah ditolak tidak ada hubungannya dengan illegal alien.

  80. Yanti Says:

    Hai Pak,

    Terima kasih atas info sebelumnya, saya udah langsung email ke kedubes di surabaya tentang kalau udah applied visa imigran dan sementara masih pending trus ajukan lagi visa kunjungan itu otomatis di tolak apa nggak? trus kedubes surabaya bilangnya sih tidak, asalkan kita mampu untuk menyakinkan kedubesnya, okey bagi saya mudah2an bisalah menyakinkan petugas interviewnya.

    Saya sudah merencanakan untuk pergi bulan feb dan saya stay selama 4 bulan disana, yang saya mau nanya nih,kalau seandainya kasus saya sudah pernah mengisi form DS-156 secara online di website kedubes surabaya tapi belum mendaftar interview ke kedubes surabaya, karena memutuskan untuk di ajukan nanti aja bulan oktober.

    Pada waktu saya mengisi form DS-156 saya memutuskan berkunjung ke amerika dengan ibu saya, saya ada saudara kandung disana dan udah jadi U.S Citizen.

    Tapi setelah di pikir2 akhirnya saya sekarang memutuskan untuk pergi sendiri aja, tujuan saya adalah berkunjung sekalian membawa saudara saya datang ke indonesia, karena saudara saya punya 2 anak dan masih lumayan kecil, yang paling tua br 5 tahun dan yang muda br 2 tahun, nah karena saudara saya mau datang indonesia dengan anaknya tapi repot kalau dia sendiri yang datang sama anak2nya, maka di putuskan kalau saya berangkat kesana sekalian menjemput saudaraku pulang.

    Nah yang saya mau tanyakan, saya mau mengisi ulang lagi form DS-156nya, soalnya saya seblumnya mengisi di form itu kalau saya mau mengunjungi saudara saya dengan ibu saya, kira2 bisa nggak iya kalau saya isi ulang lagi form DS-156nya? atau pakai yang dulu aja untuk daftar interview? trus kalau saya isi form yang baru, apakah yang saya harus isi di pertanyaan “tujuan anda ke amerika untuk apa?”, apakah saya harus isi hanya berkunjung ke saudara saya, trus kalau pas di interview baru saya jelaskan, atau cantumkan juga kalau saya sekalian mau menjemput saudara saya datang di Indonesia?

    Terus apakah perlu sebelum interview saya membeli tiket pp (Indonesia-USA-Indonesia) dan tiket pp saudara saya dan keponakan saya (USA-Indonesia-USA) untuk memperlihatkan bukti kalau saya jemput saudara saya. Tolong di jawab pertanyaan saya, thanks before

    Deklarasi dalam pengisian form apapun itu sangat penting dan ini yang akan menjadi pegangan pihak Konsuler. Sebutkan saja tujuannya untuk social visit, sudah cukup.
    Belilah tiket yang endorsable untuk ditunjukan sebagai itinerary anda. Good luck.

    • Yanti Says:

      Terima kasih atas infonya, jadi saya cantumkan yang mana ini “social visit” atau cantumkan “visit my sister & my nieces” ? trus perlu nggak saya jelaskan kalau saya rencananya jemput saudaraku dan keponakanku ntar pas interview? supaya menyakinkan ke petugas pewawancaranya kalau saya pasti pulang indo.

      Trus yang form DS-156 nya saya isi ulang aja iya kalau gitu, kira2 yang dulu yang saya buat form DS-156 tercatat nggak iya di embassy usa? takutnya ntar di liat double input trus di tanya-tanya lagi, sori banyak tanya hehehe :)

  81. Benny Ghea Says:

    Saya mau tanya berapa lama proses pembuatan untuk Visa C1/D ?

    Dan Syaratnya apa Saja untuk Seafarer Agency Untuk Pembuatan Visa C1/D

    Syaratnya hampir sama dengan ketentuan pembuatan Visa biasa, namun ditambah dengan buku pelaut dan rekomendasi dari perusahaan pelayaran. Setidaknya itu yang saya tahu.
    Berapa lama ? Tidak ada batasannya Mas.

  82. mashudi Says:

    selamat siang bung tony….saya mau curhat nih tentang visa pelaut(C1D)yang udah 4 bulan pending, saya udah krm email nanyain status visa saya,dan di jawab msh proses administarasi tambahan dan pihak kedutaan tidak tahu berapaa lama proses itu berlangsung dan tidak ada cara apapun untuk mempercepatnya.langsung lemes saya baca email dari sec consuler kemarin.krna dah kelamaan nunggu,bikin stress berratt.mohon pencerahanya tentang kasus saya ini bung tony,karena denger dari agency cruise line sy krna nama saya hy satu kalimat,jadi dianggap tak py keluarga.alias org gak jelas.duh tragis banget gue.nasib nasib…,padahal rekan2 seangkatan saya sudah pada berangkat.tinggal saya masih bergelut menunggu visa yang belum keluar sampe sekarang.

    Mas Mashudi, saya turut prihatin dengan masalah ini. Setelah peristiwa 9/11, pihak Amerika tidak bersedia meratifikasi Konvensi ILO mengenai kemudahan bagi “crew members” untuk memasuki negara tujuan hanya dengan menunjukan ID seperti seafarer identification dengan alasan keamanan.

    Kemudahan yang diberikan ILO untuk para pelaut dimaksudkan untuk memperlancar tugas2 mereka tanpa harus direpotkan dengan urusan Visa saat mereka berlayar ke negara manapun. Sayangnya Amerika masih memberlakukan peraturan tersebut termasuk kepada crew dari negara2 Eropa sehingga pernah menimbulkan ketegangan dengan negara seperti Norwegia.

    Mengenai nama yang hanya satu, saya berpendapat bukan menjadi penyebab utama karena bukankah didukung oleh Kartu Keluarga untuk melihat asal usul anda.

  83. mashudi Says:

    untuk postingan bung beny ghea,kalau gak salah dai pt ckp.yang kemarin postinganya saya baca di milist pelaut boleh kah saya gabung kalau salary buat rank ab lebih bagus dari agency saya yang skrg.

    rgds.
    mashudi

  84. Yanti Says:

    Terima kasih atas infonya, jadi saya cantumkan yang mana ini “social visit” atau cantumkan “visit my sister & my nieces” ? trus perlu nggak saya jelaskan kalau saya rencananya jemput saudaraku dan keponakanku ntar pas interview? supaya menyakinkan ke petugas pewawancaranya kalau saya pasti pulang indo.

    Trus yang form DS-156 nya saya isi ulang aja iya kalau gitu, kira2 yang dulu yang saya buat form DS-156 tercatat nggak iya di embassy usa? takutnya ntar di liat double input trus di tanya-tanya lagi, sori banyak tanya hehehe

    Isi saja untuk “social visit” karena sudah mencakup segala keperluan.
    Kalau boleh saya sarankan, gak usah mengisi form lagi, cukup sekali saja, tinggal nanti dijelaskan. Itu juga kalau mereka tanya.

  85. arum puspo Says:

    mo tanya jadi sekarang bayar pas visa interview berapa ya? (dalam rupiah)
    aku udah nyari2 di situs dubes ga ada?
    bisa minta tolong bantuannya?

  86. Anita Says:

    arum puspo : saya baru aja apply minggu lalu terhitung mulai mei kmaren bayar biaya apply visa = Rp 1.375.500

    HTH ya :)

  87. Adha Says:

    Hi pak ,

    Salam kenal..Pak saya punya pertanyaan,mohon di bantu infonya ya pak. Saya sudah menikah dengan orang warga negara Amerika dan sudah mempunyai anak 1 dan juga sudah mempunyai paspor Amerika. Saat ini kita tinggal di Indonesia dan tidak ada/belum atensi untuk migrate ke Amerika,karena suami saya bekerja di Indonesia.

    Bulan depan kita mempunyai rencana akan pergi liburan ke Amerika selama 1 bulan. Nah,visa apa yg saya butuhkan ya pak, dan apakah susah untuk mendapatkannya. Karena saya denger/ baca bahwa suami Us citizen tidak menjamin untuk mendapatkan visa tourist…soalnya kalau pakai visa immigrant visa kan lama ngurusnya,dan lagi pula saya hanya kita hanya satu bulan disana. Bisakah saya apply non immigrant visa(touris visa).atau percuma saja.Karena saat ini saya tidak bekerja(ngurus anak masih kecil) dan tidak ada asset rumah..yg ada hanya tabungan dan deposito aja yg atas nama saya.
    Untuk surat invitation dan sponsor mertua saya di amerika sudah bikin,dan apa saja ya pak yg saya butuhkan?
    Terimakasih sekali pak..saya membutuhkan bantuan dan infonya..

    Salam Adha.

    Hi Adha, coba ajukan suami anda menjadi sponsor dengan memberikan affidavit atau surat pernyataan akan menanggung segala biaya selama anda di sana. Surat tersebut beserta paspor suami dilampirkan saat pengajuan Visa. Moga2 jawaban saya bisa membantu.

    • Lili Says:

      Kpd Adha,

      Karena sudah memiliki paspor Amerika, jadi tidak perlu memohon tourist visa atau visa2 lainnya. Yang diperlukan hanya tiket pesawat saja :)

      Hope this helps..

  88. Adha Says:

    ohh maaf,mbak lili…saya belum punya paspor amerika anak saya yg sudah punya..saya masih WNI. terimakasih..

    salam.

  89. putra Says:

    alooo all…. saya udh baca smua experiences di ats..
    kebetulan td pagi saya interview buat visa student F-1
    hufff… tp unfortunately gagal : ( udh cape2 ngantri dr pagi jam 5an
    padahal saya udh jawab dengan santai tp klo saya bole jujur mgkn kurang bs meyakinkan dy klo saya hanya emg buat sekolah di amrik..
    oia aq pengen nanya ne klo pas di loket penyerahan documents apakah bs mengasikan bukti lain seperti accepted letters dari university selain application form U.S.

    butuh sarannya dunk : )
    rencananya saya mo apply lg dan saya akn persiapin dengan baik lg smuanya..

    Doain yah all…

    Dokumen penerimaan dari Universitas di sana seharusnya dilampirkan sebagai bukti bahwa kita serius mau sekolah di sana.

  90. crocz Says:

    Mau numpang tanya nih pak toni.. Saya sudah punya visa amrik dan skrg istri saya mau apply visa tourist buat honeymoon dgn saya, apakah saya bisa ikut masuk menemani istri saya apply visa? Thanks

    Menemani masuk biasanya tidak diizinkan, tapi biasanya boleh hingga batas sebelum interview. Setelah itu pemohon harus masuk ruangan tanpa ditemani.

  91. crocz Says:

    Thanks buat infonya, jd saya hanya bisa menemani sampai kursi yg diluar ruangan tempat interview yah?

    Minta izin sama security di depan agar bisa msuk hingga antrian untuk membayar Visa.

  92. Tedi Says:

    Apa tandanya kita sebagai orang sedang diawasi, dan apa konsekuensinya

    thanks

    Hanya laki2 dewasa dari negara2 watch list terutama dari negara2 dengan pemeluk muslim terbesar. Konsekuensinya hanya memerlukan waktu yang agak lama karena harus mendapatkan clearance terlebih dahulu dari data base mereka.

  93. Lely Says:

    Saya udah isi for DS-156 tapi saya lupa is yang kosong dengan “not applicable”. bermasalah ga ya? apa perlu buat form baru? soalnya saya udah buat perjanjian untuk interview next week dengan barcode yang ada. gimana donk pak?

    Tetap pada form semula aja Bu. kalau ditanya baru dijelaskan.

  94. putra Says:

    udah di lampirkan ne surat accepted lettersnya om.. ntr itu di kasiin ke loket B n C yah,., ato kita bawa ke tmpt saat kita interview..
    aq kmren sempet “cek cok” am pegawai loket B tuh gara2 accepted letter klo surat itu emg hrs di lampirkan bareng I-20.. ntr tgl 26 in bakalan “cek cok” lg ne hehe..
    doain pass yah om :)
    wasalam..

    Jawab dengan meyakinkan waktu wawancara bahwa anda mau sekolah dan bukan tinggal di sana. Good luck.

  95. putra Says:

    thx mas…. skr makin semangat ne : )

  96. vioRenZ Says:

    ALow pak..
    saya baru saja isi visa elektronik buat ke amrik..
    kenapa saya mau pergi ke amrik?
    karena ibu saya tgl di amrik kurang lebih 10 tahun lamanya..
    dari semenjak saya SMU sampai saya bekerja sekarang..
    disana ibu saya menikah lagi dan suaminya sudah punya greencard(sekarang sedang proses citizen),sehingga ibu saya sekarang sudah pny greencard (dalam pengajuan citizen)juga..
    dia mengirimkan surat untuk pengajuan visa sy yg isinya menjamin biaya akomodasi dan biaya2 lainnya selama sy berangkat hingga pulang,juga menjamin tempat tinggal bersamanya..
    kira2 ngepek ga yh pak?
    kira2 pihak kedutaan akan menelpon ibu saya atau tidak ya?
    trus mengecek tempat tinggal dan pekerjaan dan sebagainya?
    saya benar2 ingin bertemu dengan ibu saya yang sudah 9 tahun tidak bertemu..
    trus kalau nanti di interview bilangnya saya mau tinggal berapa lama yh?
    mau saya sih sampai batas maximal yaitu 6bulan.. tapi nanti dipikir kelamaan mau tinggal trus ditolak ga yah?
    berapa lama juga panggilan setelah visa elektronik telah kita kirimkan?
    terima kasih ya pak atas jawabannya..

    • Yanti Says:

      Hi vioRenZ,

      salam kenal iya, aku mau bantu dikit jawab, maksudnya visa elektronik apa? bukan maksudnya visa non-immigrant iya?
      kan ngisi formulir visanya lewat website kedubes surabaya atau jakarta (tergantung mau apply dimana) pilih visa appointment online trus habis ngisi formulirnya baru buka schedule appointment nah disitu br janji wawancaranya, tinggal tentuin sendiri harinya tanpa harus di tentuin sama kedubesnya, jadi nggak usah nunggu panggilan tinggal datang aja ke kedubes sesuai janji yang udah dibuat.

      kalau masalah ibunya udah ada green card sih, saya juga kurang tau, mungkin mas Toni bisa jawab, cuman setahuku sih pengaruh sih kalau ada keluarga disana yang udah greencard, apalagi u.s. citizen, tapi kalau mau ngomong ada keluarga yang green card atau citizen sih, biasanya disertai dengan bukti pendukung contohnya surat undangan dari pemegang green card atau u.s. citizen, dan surat sponsor apabila pemegang greencard atau u.s citizen berniat untuk menanggung semua biaya selama di Amerika.

      Trus sekalian aku mau numpang nanya sama mas Toni nih, surat undangan yang dari pemegang green card atau u.s.citizen itu di tulis atau di ketik iya mas?
      dan kalau bisa yang pertanyaan vioRenz yang menanyakan tentang mau tinggal agak lama di amerika berpengaruh apa nggak sama pengajuan visa, bisa di jawab sekalian nggak mas?
      kan memang batas maksimal tinggalkan 6 bulan, soalnya saya juga rencana mau tinggal selama 3 sampai 4 bulan.
      Terima kasih iya mas

      Ps: sori untuk vioRenz, saya hanya bisa bantu dikit :)

      Thanks Yanti untuk bantuan jawaban untuk Viorenz. Saya coba jawab mengenai deklarasi/pernyataan/affidavit pihak sponsor. Boleh ditulis tangan atau diketik dan ditandatangani oleh si sponsor yang isinya menyatakan bahwa si applicant menjadi tanggung jawabnya selama kunjungan di Amerika. Lampirkan green card-nya+passport dan bawa saat wawancara untuk memperkuat posisi anda mendapatkan Visa.

      Lamanya Visa kunjungan sosial atau non immigrant visa biasanya diberikan tergantung kepada petugas Konsuler, bisa 1, 3, 6, atau juga lebih. Makanya saat pengisian form harus diisi berapa lama anda berniat tinggal di sana dengan bukti endorsable tiket pesawat dan nyatakan lagi kepada petugas saat anda di wawancara. Moga2 hal ini bisa membantu. Salam.

  97. Yanti Says:

    Iya sama-sama mas Toni, mau nambahin lg dikit, itu lampiran greencard dan passport dari pemegang green card berupa fotokopi iya? trus kalau U.S. Citizen gimana? kalau saya lampirkan fotokopi passport U.S dari pemegang U.S. Citizen bisakan?

    untuk vioRenz, kamu bisa nyari format surat undangan dan surat sponsor dari internet, banyak kok contoh2 format suratnya,
    trus alamat ibu harus di ingat, apalagi pas udah nyampe di amerika, vioRenz kamu cewek atau cowok?
    ini sekadar sharing iya, kalau cewek sih nggak terlalu bermasalah setauku, kalau cowok itu biasanya, banyak prosedur yang hrs di lewati contoh kayak kakakku cowok pada saat baru tiba di Amerika, dia di tahan di bagian imigrasi, trus di tanyain macam2 dan berulang2 walaupun akhirnya lolos sampai pesawat kami terpaksa di cancel dan diganti pesawat selanjutnya, kalau beli tiket usahakan jarak pada saat connecting flight sekitar 2 jam kalau bisa lebih, lebih bagus lagi supaya tidak repot dan pusing kalau misalnya di tahan di bagian imigrasi,
    nah pada saat di wawancara oleh petugas imigrasi sana,alamat dan no telepon ibu vioRenz itu penting, soalnya kalau ditanyain sama petugas imigrasi disana, langsung bisa menjawab, trus di haruskan ibunya vioRenz harus stand by di depan telepon, karena pasti akan di telepon ibunya untuk konfirmasi.

    oh iya untuk cowok biasanya pada saat mengisi formulir pengajuan visa non-immigrant DS-156 secara online, juga harus mengisi form DS-157(ini diperuntukkan bagi pria yang berumur 16 sampai 45 tahun) secara offline, maksudnya offline disini yaitu tidak connect langsung dengan kedubes, tapi di kumpulkan bersama dengan form DS-156 pada saat interview, nah formnya bisa di ketik dulu lalu di print atau langsung diprint dan ditulis tangan, terserah dr yg bersangkutan.

    mudah2an dengan sharing saya bisa membantu vioRenz untuk pengajuan visa non-immigrant, memang agak ribet, kalau yang betul2 lega itu pada saat udah masuk di Amerika, dan udah melewati bagian immigrasi, dan ingat harus dengar dan ikuti petunjuk bagian imigrasi, terutama pada saat sebelum pulang ke Indonesia, biasanya di suruh melapor lagi di bandara untuk pria, supaya pada saat kamu mau datang untuk ke-2 kalinya , tidak bermasalah dengan bagian imigrasinya okey :)

    Hi Yanti, sekali terima kasih untuk bantu sharing pengalamannya di sini.
    Dokumen pendukung untuk US Citizen berupa paspor tentunya yang bisa dikirim ke alamat kita melalui fax atau paket pos.

    Yang dialami oleh saudara laki2 Yanti istilahnya “Secondary Check” saat nama2 laki2 dewasa dari negara watch list termasuk Indonesia harus melalui pemeriksaan terpisah di kantor Homeland Security. Sebagai tips karena saya selalu mengalami hal ini siapkan semua dokumen pendukung berupa :
    – Surat sponsor
    – KTP/KK/Rekening Bank
    – Kartu kredit (mereka akan mencatat nomornya)
    – Benar, nomor telepon yang bisa dihubungi saat di Amerika
    – Itinerary berupa tiket pesawat dan konfirmasi booking hotel
    Prosesnya bisa lama, jadi benar kalau ada connection flight mending pilih yang lebih dari tiga jam karena mereka gak akan peduli kalau kita terlambar boarding.

    Saat pulang, lapor lagi, tapi gak usah terlalu khawatir dengan proses yang agak menjengkelkan ini. Saya justru ketemu orang2 eks Indonesia yang menjadi petugas di sini, Officer Sunaryo, Homeland Security Officer di bandara Los Angeles :)

  98. yustika Says:

    Mas, bulan april dan may 2007 saya pernah coba apply visa tourist 2 kali di Jakarta, tapi keduanya ditolak, padahal saya udah punya surat undanganyang disahkan notaris NY dari WN America tapi saya gak tahu kenapa ditolak mungkin karna masih single dan ga punya property kali.Tahun ini saya mau coba apply lagi di Bangkok, kebetulan teman saya dari Amerika bakal balik Juli ini ke negaranya jadi saya mau bareng ama dia, dan bilang ke kedubes kalo teman saya ini ngajak saya dan dia akan jadi sponsor saya selama saya di sana. Gimana ya mas chancenya , bisa dapat visa kagak ?

    Thanks

    Banyak kemungkinan Visa anda ditolak, tapi bisanya tidak kan pernah diberitahu oleh pejabat Konsuler.
    Silakan dicoba lagi karena saya tidak bisa memberikan gambaran apakan visa anda akan ditolak atau tidak.

    Yustika

  99. Enny Says:

    Dear Pak Toni,

    salam Kenal pak..saya minta infonya pak regarding visa tourist. beberapa hari yg lalu saya sudah apply formulir online.tetapi setelah saya lihat lagi, saya kelewatan mengisi tentang bersama siapa anda akan berpergian..saya isi kosong.padahal sebetulnya saya akan berpergian dengan suami dan anak saya. dan juga pada isian when you intend to arrived in USA..saya juga nulisnya tanggalnya kecepatan(karena waktu itu saya tidak tahu bahwa interview saya di jadwalkan 2 minggu kemudian).

    Pertanyaan saya..bagaimana saya merevisi applikasi saya? ataukah saya e mail ke embassy atau bagaimana pak..? soalnya saya agak takut gara2 tidak diisi maka visa saya tidak di approve..Mohon advice dan infonya..terimakasih..interview saya minggudepan..tolong ya pak..

    terimakasih
    Enny..

    Kalau dokumennya sudah di “submit” bilang bahwa ini adalah kekhilafan dan tidak ada ada niatan apa2 pada saat wawancara nanti.

  100. wt Says:

    Kalo visa di tolak selang berapa lama bisa apply lagi?

    Tidak ada ketentuan berapa lama grace period, besok mengajukan lagi juga boleh.

  101. Vera Says:

    Dear Pak Toni,

    salam Kenal pak. ibu saya mau apply visa tourist, surat2 apa saja yg perlu beliau lampirkan ya pak.. beliau membantu usaha bapa, apakah beliau perlu membuat surat kalau beliau wiraswasta ? apakah lampiran SIUP di perlukan ?

    Persyaratannya bisa di lihat di link visa Amerika. Semua dokumen termasuk SIUPP boleh dilampirkan kalau nanti ditanya sama petugas.

  102. mashudi Says:

    Dear Mas Tony

    Mas minta pendapatnya nich,visa saya (c1d pelaut) masih pending padahal udah 5 bulan.dan tiap di tanya kedutaan pasti jawabanya lg proses tanpa tau kapan keluarnya tapi juga tidak di tolak,jika saya mengundurkan diri dan mengambil pasport saya apakah jika lain waktu saya aply lg nama saya sudah di black list atau gmana ya mas ? sudah kelamaan nunggu hampir gila nih mas,rencana mau ambil paspor aja,dan nyari kerja kapal yang tidak masuk usa.tapi saya masih sangat berharap lain waktu saya aply bisa berhasil dan tidak bemasalah,mohon pencerahanya mas tony,terima kasih.

    Mas Mashudi … Visa pelaut sekarang ini memang agak ribet mengurusnya. Bukan hanya Indonesia, Filipna dan bahwan negara Eropa pun kesulitan memasuki Amerika gara2 masalah Visa. Saya kira ini masalah politik keamanan yang merupakan warisan Bush setelah peristiwa 9/11 dan belum ada rencana perubahan kebijakan untuk mempermudah Visa bagi pelaut. Sepertinya, mereka ingin membatasi keluar masuk para pelaut yang dulu tidak pernah ada masalah.

  103. cece Says:

    saya sudah pernah apply visa amerika 4x terakhir di th 2007 utk visa sstudent tp ditolak….trus saya jalan2 ke china (2008) dan eropa may 2009 (termasuk inggris)…dan tahun ini saya mo coba lagi apply .saya ke amrik tujuan bt jalan2…yg mo sy tanyakan adl sbb :
    1. apa perlu pakai travel agent utk persiapan dokumen liburan
    2. perlu dengan keluarga?..krn jalan2 kemarin saya sendiri tanpa keluarga..status saya single dan kary. swasta.
    3. sebaiknya kapan bisa apply lg krn baru2 ini saya jalan2 ke eropa..perlu bbrp bulan lagi?

    .mohon pencerahan. Terima kasih

  104. ari Says:

    Halo Pak,
    Saya pernah isi for DS 156 dan saya tulis tgl keberangkatan dan disponsori Mr.X.
    Tp karena ada satu dan lain hal,tdk pernah sy ajukan.skarang saya berniat mengajukan visa tapi dgn tanggal dan sponsor yg berbeda.apakah saya harus isi ulang formulir?bagaimana jika pihak kedubes bertanya ada double form DS 156 ?apa yg harus saya lakukan?atas jawaban bpk,sy ucapkan terima kasih:-)

  105. blabla Says:

    halo pak, websitenya sangat membantu sekali ya, btw saya hanya ingin menanyakan, saat interview kemarin, saya ngga terlalu denger interviewernya ngomong apa tp kalo ngga salah cm bilang “come back on july 31st” tanpa bilang visa saya di approve atau ngga, cuman passport saya ditahan mereka dan saya dikasih kartu putih kecil, apa itu artinya visa saya di approve? makasih pak.

    • Lili Says:

      Hi Blabla,

      Selamat ya..itu berarti kamu sudah di approve visa nya.. :)

      Kartu putih itu jangan hilang, kamu bawa pas tgl 31 Juli untuk nebus pasport kamu..

      Once again Congratulation!

      Regards

      Thanks Lili sudah menjawab pertanyaannya. :)

  106. blabla Says:

    wah, senangnya, thanks to God. makasih atas jawabannya ya mbak lili :)

    Congrats …

  107. blabla Says:

    iya, tadi aku udah ngambil visanya, senangnya.
    sekedar untuk berbagi tips, kmrn itu saya apply dengan bawa surat sponsor dr sodara yang kebetulan di amerika, surat itu sangat membantu dan si consular jd sangat pertimbangin kita, jadi ada baiknya surat itu bener2 diminta dikirim lewat email, bahkan bisa diemail lgs dr amerika sama sponsor ke email us embassy itu (alamatnya ada di website mereka), tapi pas interview, saya banyak ditanyain ttg sponsor, seberapa dekat hubungannya, dtanyain kapan mereka nikah (kebetulan sepupu saya nikah sama WN amerika), dimana mereka ketemu, punya anak berapa, anak2nya umur berapa, kerjaan mereka apa. jadi mereka tau kalo sponsor di US memang benar kenal deket sama kita. sewaktu interview kita harus jawab PD, jadi si consular memang jadi yakin kita kenal dekat sama sponsor. memang bukan jadi jaminan kita dapet visa, tapi buat consular ini bisa dianggap jadi bahan pertimbangan penting. thanks.

    • Stevi Says:

      Hm..sorry nih aku mau tanya..
      surat sponsor nya itu seperti apa sih bentuk na??
      hmm..aku memang punya teman di amerika, dan dia telah mengajkan suaka di amerika, dan hasilnya dia di terima, dan skrg dia legal di amerika..n skrg ktnya sih tgl apply green card aja..apa dengan status sperti itu bsa jamin kita or sponsor kita untuk ke amrik..thankss

      Surat sponsor itu berupa pernyataan bahwa yang bersangkutan mengundang anda ake Amerika dan bertanggung jawab selama anda berada di sana, termasuk akomodasi dan pembiyaaan selama berada di sana (in case kalau pulang gak punya ongkos :) ) Minta dia kirimkan surat pernyataan/deklarasi/affidavit yang disertai dengan copy green card+passport. Semua dokumen ini disertakan dalam pengajuan Visa di kedubes nanti.

  108. Lim Chandra Says:

    Hai, Caya Lim 23 tahun asal jkt, Mau tanya ne :

    Saya punya teman indo yang sudah greencard, kebetulan di pulang ke indo ne, nah saya mau diajak sama dia untuk liburan selama =/- 5 bulan.
    Apakah bisa kalau dia ajak saya? apakah dia bisa jadi sponsor?
    Apakah jaminan yang harus dibuktikan bahwa saya benar untuk berlibur. trims.

  109. Stevi Says:

    Hmm..saya udah liat nih form u/ pengajuan visa,,tp saya masi kurang mengerti u/ cara pengisiannya..
    bisa saya minta tolong u/ cara pengsiannya..karna saya akui memang inggris saya sangat kurang..thanks

    Sudah saya jelaskan koq di sini Visa Amerika (2) : Form DS-156, DS 157, DS-158.

  110. Stevi Says:

    oh ya saya juga ingin bertanya..apabila ada teman saya yang berada di amerika telah legal di amerika,apa bisa dia menjamin saya untuk pergi ke amerika??
    thanks..silahkan email saya stephiegonzales@hotmail.com

    Bisa.

    • Anonymous Says:

      hmm..setelah saya baca per comment, untuk menjamin kita itu perlu surat sponsor dr org yg punya green card di amerika bahwa dia mengundang kita untuk dpt pergi ke usa..nah untuk buat surat sponsor itu seperti apa ya??
      maap ya kalo aku banyak bertanya,,hehe,,sekali lagi thanks info nya..

      Mengisi form I-134, sifatnya tidak wajib, tapi bisa membantu pengajuan Visa.

    • Stevi Says:

      untuk membuat sponsor bahwa dia mengundang kita untuk dapat ke usa seperti apa ya pak??
      mohon bantuannya..thanks..

      Ini form I-134 dari Homeland Security yang harus diisi olem pemberi sponsor. Keterangan mengisi bisa buka di sini.

      • Stevi Says:

        hmm..kalo mo stay di usa lebih lama gimana caranya ya??
        apply visa immigrant ya??
        misalnya saya mau di usa kira2 6bln – 1thn..

  111. Stevi Says:

    mohon bantuannya ya pak..thankss..
    website ini sangat berguna sekali,,hehe,,

  112. Stevi Says:

    hmm..kalau KTP saya luar kota, tapi saya tgl di jkt itu gmana ya??
    alamat nya alamat di jkt or di luar kota itu??thX

    Alamat yang tertera di KTP tentunya.

  113. Lim Chandra Says:

    Selamat Siang Pak.
    Saya Lim 22 tahun. saya ingin sekali apply visa USA (visa tour)
    kebetulan teman saya sudah greencard
    dia ingin sekali mengajak saya untuk liburan disana.
    Namun saya saat ini bekerja, so tidak punya waktu untuk mengurus visanya.
    Apakah Bapak punya reverensi Agen yang memberikan konsultasi kepada saya untuk mengurus syarat2 apply visa tersebut, sehingga saya tingal menunggu schedule kapan saya wawancara ke DUBES. Dan kira-kira sekitar berapa biaya untuk jasanya saya diluar biaya Visa.
    Ada hal yang ingin saya tanyakan juga.
    Saya tidak memiliki tabungan / rekening yang banyak, apakah bisa untuk pergi ke USA? akan tetapi teman saya lah yang membiayai semua akomodasi selama saya berlibur disana.
    Teman saya berencana ingin membuat surat untuk Dubes USA yang isinya bahwa dia menjamin saya kembali lagi ke indonesia.
    Terimaskasih banyak sebelumnya Pak atas bantuannya. GBU.

    Agen hanya bisa memberikan konsultasi, tapi tidak bisa menjamin keberhasilan mendapatkan Visa. Selain itu proses dari sejak antrian, bayar Visa, hingga wawancara harus dilakukan sendiri.
    Temannya bisa menjadi sponsor. Caranya ? Baca komen2 yang di atas. Good luck.

  114. SARAH Says:

    salam pak,

    saya mau apply visa turis ke USA untuk liburan sekeluarga.
    apakah lebih baik schedule appointment ke dubes pada hari yang sama, atau hari yang beda? (takutnya salah satu anggota keluarga di tolak visa)

    lalu, salah satu anak saya baru lulus sekolah, status sedang mencari kerjaan sambil usaha freelance.
    sebaiknya ditulis freelance/student di kolom occupation?

    terimakasih banyak atas bantuannya.

    Buat janji pada hari yang sama karena bisa menghadap secara bersamaan saat interview. Tulis saja graduated gitu lho.

  115. gavleen Says:

    pak,saya mau tanya,kalo mau ngajuin visa,musti punya tabungan min 100jt ya,dan harus bawa buku aslinya?soalnya saya 1 keluarga mau ajuin suami,istri serta 2 org anak,yg perlu di bawa apa aja ya pak?terus sekarang biayanya brp ? terima kasih infonya

    Syaratnya KTP, KK, Akta Kelahiran, dan berbagai dokumen lainnya. Bisa Bapak lihat di web mereka.
    Tidak ada ketentuan berapa isi buku tabungan.

  116. Ayu Says:

    Hi pak, saya rencana mau mengajukan visa ke amerika bulan depan tapi saya masih bingung akan pake visa tourist or bisnis. Kalau pakai visa tourist, saya punya temen di sana, yang satu warga negara Amerika dan yang satu lagi green card holder. Apa perlu saya minta mereka untuk buat surat sponsor buat saya? atau mendingan tidak usah sama sekali?
    Terus kalau saya akan pake visa bisnis, rencananya saya akan pake surat sponsor dari kantor (agent education) yang menerangkan kalau saya kesana akan mengunjungi sekolah2x yang akan di ajak kerja sama dengan perusahaan tempat saya bekerja ini.
    Minta saran dong pak, lebih baik saya mengajukan visa tourist dengan dokument sendiri atau visa bisnis yang pakai sponsor perusahaan? Sebetulnya siy saya kesana mau untuk holiday aja, tapi bingung mau ngajuin visa supaya bisa di approve. terimakasih sarannya.

    Visa bisnis maupun turis harus dilengkapi dengan surat pendukung yang kuat. Buatlah surat dari sponsor di Amerika yang menerangkan maksud kunjungan, berapa lama, siapa yang membiayai, alamat dan nomor telepon si pemberi sponsor. Dokumen penting ini bisa dilengkapi dengan paspor si pemberi sponsor yang nantinya diajukan bersama-sama saat pengajuan Visa. Pihak Konsul negara mana saja akan sangat mempertimbangkan surat sponsor ini dan tentu saja tiket pp agar anda tidak dilihat sebagai calon imigran gelap.

  117. dina Says:

    Dear Pak Toni,

    nama saya dina, saya sedang apply visa tunangan di kedutaan amerika jakarta. saya ada sedikit masalah dengan akte lahir saya, di bulan maret tahun 2009 saya mengganti akte lahir saya yang lama dengan akte lahir baru yang sudah ada bahasa inggrisnya. akan tetapi di halan belakan tercantum kalau akte ini dikeluarkan kedua kali berdasarkan surat pernyataan yang saya buatdan notes ini dalam bahasa indonesia.
    kira – kira apakah ini menjadi masalah ngga ya buat saya???
    karena saya tidak punya kopian dari surat pernyataan tersebut, dan akte yang lama di pegang oleh catatan sipil tersebut.
    menurut pak Toni bagaimana??? mungkin bisa memberikan saran.
    kalau dari pihak konsulat, saya sempat bertanya, mereka bilang tetap harus di translate ke dalam bahasa inggris.
    saya hanya ragu apakah ini akan jadi masalah buat saya jika saya pakai yang baru dengan catatan dibelakangnya??

    terima kasih

    Hi Dina, menurut saya tidak perlu mengkhawatirkan dokumen ini, selama Akta itu asli/valid maka unsur legalistas yang akan dilihat oleh pihak Konsulat. Mereka abiasanya kan lebih memeperhatikan surat sponsor sebagai penjamin selama kunjungan anda di Amerika.

  118. Muhammad Agus Salim Says:

    Pak,tgl 8 sept interview visa B1/B2, stlh selesai dia bilang tunggu telepon dr dia.dan passport ditahan dan saya diberi kertas : kasus anda sdg diprocess admi.bla2.saya coba tlp ke kedutaan usa siangnya, dia bilang data2 tidak ada masalah, hanya butuh waktu lebih..trus dia bilang coba tlp 1 minggu lagi untuk cek visa selesai atau belum padahal tgl 3oct saya harus sdh berangkat.kira2 hasilnya bisa disetujui atau tidak ya Pak?thanks a lot

    Kalau menurut saya sih Visanya sudah disetujui, biasanya di kertas putih yang diberikan tertulis tanggal pengambilan Visa-nya, tapi memang biasanya perlu waktu saat tahun ajaran baru saat banyak orang mengajukan Student Visa.

  119. Lim chandra Says:

    Halo Pak Wahid, Jika saya ingin mengajukan visa touris tanpa tiket PP apakah bisa?? saya takut jika tidak di setujui nantinya kalau saya sudah beli tiket PP. Mohon sarannya. terimakasih banyak.

    Pesan tiket ke travel agent dengan jadwa keberangkatan yang sudah pasti, tapi jangan dulu di issued. Terus minta agen perjalanan untuk mengirimkan detail jadwal penerbangannya/itinerary. Bawa dokumen tersebut saat mengajukan Visa.

  120. sari Says:

    halo pak wahid, saya mau tanya….
    semoga bisa dibantu…
    besok desember suami saya akan berangkat ke amerika untuk sekolah yang disponsori oleh dinas.
    saya berencana hendak menyusul nantinya walau hanya dengan status turis dan maksimal hanya 6 bulan.
    tapi ada beberapa kendala disini.
    pertama, saya masih berstatus mahasiswa di indonesia.
    kedua, saya tidak mempunyai penghasilan selain dari pemberian orang tua dan suami.
    ketiga, pasport saya juga masih perawan….
    yang ingin saya tanyakan pada pak wahid, sebaiknya dokumen apa yg saya ajukan untuk mempermudah saya dalam pengajuan permohonan visa?
    terima kasih

    Mbak, suaminya bisa jadi sponsor terlepas marital status di paspor anda.

  121. Fika Says:

    Dear Pak Toni,

    Pak, sebelumnya saya sudah apply visa turis 2 kali (2007 dan 2008) keduanya ditolak. saat itu,saya tidak tahu alasannya apa,padahal saat itu saya ingin mengunjungi calon suami saya (citizen u.s) dan keluarganya di u.s. tapi dengan adanya sharing ini,sekarang saya tahu kekurangan dokumen saya saat pengajuan visa turis tersebut. thank you pak.
    bulan agustus lalu calon suami saya datang ke indonesia utk ketemu saya dan keluarga disini dan kami menikah di indonesia. semua surat dan dokumen sudah diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah. saat ini suami saya sedang mengurus visa k3 dengan lawyer di u.s.a. pertanyaan saya :
    1. dokumen2 apa saja yang perlu saya siapkan jika pihak kedutaan usa di jakarta memanggil saya untuk interview ? mereka akan menanyakan hal apa ? saya agak trauma dengan interview terakhir (visa turis) karena petugasnya galak banget…
    2. Apakah dengan bantuan lawyer dari u.s, visa k3 jauh lebih mudah dan pasti didapat visa k3 atau masih tergantung dari hasil interview dengan kedubes jakarta?
    3. Jika saya ingin mengajukan visa turis kembali, apakah mereka akan kembali menolak saya?
    4.Akan menjadi masalah atau tidak jika saya dapat visa k3.saya hanya pesan one way ticket? saya kawatir menjadi pertanyaan pihak imigrasi di bandara amerika.
    5. saat saya foto utk aplikasi visa u.s.a,saya pakai contact lens, tapi ada larangan tidak boleh memakai contact lens di pesawat. apakah bisa menimbulkan masalah saat saya tiba di bandara u.s dibagian immigrasinya mengingat ketatnya pengecekan?

    mohon sarannya pak dan terima kasih banyak.

    Moga2 kalau dibantu lawyer prosesnya akan lebih mudah karena biasanya mereka akan menyiapkan dokumen affidavit yang berupa surat pernyataan sekaligus sponsor untuk keperuan kedatangan anda di Amerika. Ajukan saja visa K3 kalau dokumen termasuk copy affidavit sudah lengkap untuk dilampirkan.
    One way ticket kan karena anda berniat untuk tinggal di sana,jadi kalau diminta ya tinggal ditunjukan saja. larangan penggunaan contact lens demi alasan kesehtan dan keselamatan selama penerbangan, jadi moga2 tidak ada kaitan dnegan pemeriksaan pihak imigrasi.

  122. momo Says:

    oak salam kenal,saya jef…

  123. momo Says:

    oak salam kenal,saya jef…saya bulan depan akan ajukan visa saya…saya mendapatkan surat sponsor dari teman saya bule atas nama perusahaan film di new york,pertanyaan saya :
    1.mereka bertanya,apakah saya mau dibuatkan sponsor diudang sebagai pengisi music di perusahaan film itu,atau di undang di seminar perusahaan tersebut.manakah yang lebih kuat kira2?
    2.jika visa bisnis,document apa aja yang diperlukan?
    3.berapa lama biasanya visa bisnis itu?
    4.saya sebelumnya belum pernah pergi ke negara manapun,apakah itu berpengaruh?
    5.berapa lamakah proses pengajuan visa?

    thx infonya pak….

  124. beth Says:

    selamat pagi pak Toni, apa kabar?pak, alhamdulillah nich visa yang ditunggu jadi juga stlh kurang lebih 8bulan nunggu, sebelumnya saya ngajuin tourist visa bulan februari tapi ditolak dengan alasan lebih baik saya ajukan fiance visa, akhirnya tunangan saya yang apply disana dan baru di approve skrg, sekarang saya tinggal nunggu dokumen yang akan dikirim tunangan saya. yang saya tanyakan, setelah saya terima dokumen2 itu bagaimana saya membuat janji dengan U.S embassy di Jakarta? apakah sama seperti sebelumnya?apakah akan ada interview juga? bagaimana kalo ada pertanyaan, “setelah menikah kita(kami) akan tinggal dimana?” kemudian apa saya perlu foto lagi?secara foto visa saya ambil bulan februari?mohon balasannya.makasih sebelumnya pak. GBU

    Hi Beth … sebelum semua dokumen diterima, minta pasangan anda untuk membuat salinan dengan di foto copy terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan pengurusan apabila hal2 yang tidak dinginkan terjadi, misalnya hilang saat proses pengiriman dan ini sering terjadi. Kedua, prosesnya selanjutnya tinggal mengikuti instruksi di dokumen saat nanti anda diminta untuk menghubungi pihak Konsuler. Proses wawancara pasti ada karena anda akan diberikan Fiance Visa yang berlaku selama 90 hari. Karena petisi yang diajukan oleh suami anada dikabulkan oleh pemerintah Amerika, maka saya kira proses wawancara tidak terlalu berbelit sebagaimana pengajuan visa biasa.

    Cuma harus diingat bahwa dalam jangka waktu 90 hari setelah tanggal kedatangan di Amerika, proses pernikahan harus dilaksanakan, apabila tidak terjadi maka si pemohon akan diminta untuk meninggalkan negara Amerika. Begitu sedikit ketentuan yang saya pahami. Good luck.

  125. randy Says:

    Pa..sy mau tanya..dulu tahun 2006 dec saya mengajukan visa study untuk ke usa dan ditolak 2kali sekarang saya mau mencoba mengajukan visa kerja h2b karena petisinya udah ada..kira2 apakah kejadian ditolak pad wktu itu masih berimbas sampai sekarang dan memberatkan saya untuk mendaptkan visa h2b.thnx

    Kalau dulu mungkin suratnya belum meyakinkan, tapi ajukan saja lagi, apalagi kalau anda punya surat sponsor dari perusahaan di Amerika.

  126. candra Says:

    Wah, betul2 bermanfaat blognya pak. Selain berbagi artikel, tanya jawabnya juga aktif, jarang saya liat yg seperti ini. Oya saya mau nanya,

    surat2 macam surat keterangan kerja itu perlu ditranslate ga ya ? kalo perlu, translatornya bebas atau disediain pihak kedutaan ya pak ?

    saya rencana mau nengok istri (kebetulan istri saya orang asing). semua dokumen sudah,mulai KTP/KK/Buku Nikah/Foto2/Rek Bank/Surat Ket Kerja,dll. tapi masih kuatir aja, soalnya ada yg bilang kalo tujuannya nengok istri, sering ditolak visanya.

    Apalagi ini rencana perjalanan pertama saya ke US

    Mohon infonya pak apabila mengetahui…trims before

    Kalau mau diterjemahkan harus yang tersumpah pak, dimana saja koq tempatnya.
    Salah satu faktor keberhasilan Visa adalah adanya bukti kuat/strong ties antara kedua pihak. Kalau istri anda di sana, ia bisa membuat affidavit atau surat deklarasi yang dikeluarkan oleh Homeland Security. Jalur ini lebih mempunyai peluang lebih besar dibandingkan dengan surat sponsorship biasa. Kalau repot, minta istri anda mem-fax copy paspor-nya beserta surat jaminan bahwa anda akan ditanggung semua biaya dan akomodasi selama di sana.
    Good luck.

  127. ange Says:

    Salam kenal pak,
    saya senang skali bisa mendapat masukkan2 dr pengalam bapak dan yang lain jg. Sekarang ini saya dalam proses menjalani visa tunangan. Petisi dari tunangan saya di US sudah diapproved, dan saya jg sudah menerima email tsb. Yang ingin saya tanyakan, selain akte kelahiran dan KK, apa perlu mendapat surat dr kepolisian? apa surat tersebut harus di translate ke dlm bhs inggris jg? selain itu apa ada dokumen lain yang harus saya cantumkan? Mohon dbalas, terima kasih banyak :)

    Surat keterangan dari kepolisian Harus dipersiapkan tentunya.
    Dokumen yang harus disiapkan hampir sama dengan permohonan visa ditambah dengan surat cerai atau surat kematian pasangan (kalau sudah menikah), akta lahir, KK, KTP, passport surat vaksin/kesehatan, bukti2 bahwa anda mempunyai hubungan dengan calon pasnagan (surat, email, kuitansi pembelian cincin tunangan, atau bukti2 tertulis lainnya).

  128. Pungkas Says:

    Pak wahid, saya ingin bertanya, saya ingin pergi Ke USA tepatnya Atlanta, saya ingin mengunjungi calon mertua saya yang sedang sakit keras ( warga negara US ), disana saya akan tinggal di rumah calon suami saya yang kebetulan juga warga negara US, apakah tetap akan susah memproses visanya? dan berapa saldo minimal dalam 3 bulan terakhir yang harus saya miliki, apa saja syarat2 yang harus disiapkan oleh calon suami saya tersebut sebagai bukti sponsor.

    Thx

    Pihak calon suami anda harus membuat surat sponsor untuk kedatangan ke Amerika. Ini merupakan syarat penting dalam pengajuan Visa. Informasi lengkapnya di sini.

  129. Pungkas Says:

    pak, satu lagi, alamat di passport saya itu berbeda dengan alamat KTP saya yang sekarang, karena waktu saya buat passport saya masih tinggal ditempat lama dan skr sudah pindah ketempat baru ( alamat KTP sekarang), apakah perlu mengurus perubahan alamat di passport terlebih dahulu pak? sementara masa expired passport saya masih lama 2 tahun lagi

    Pengalaman saya sih gak usah pak, yang penting KTP dan KK mempunyai alamat yang sama.

  130. Fery Says:

    Salam kenal pak. Doa kami semoga bapak selalu diberikan kemudahan dalam hidup oleh Tuhan krn bapak sudah mempermudah orang banyak. Amien :)

    Saya sdh pernah dapat visa turis Amrik 2 kali. Yg pertama waktu thn agt 2003 cuma dikasih 1 thn krn saya gak bawa data apa-apa (deposito etc) termasuk ittinerary. Alasan saya, agen tour minta kepastian visa dulu, baru berikan jadwal perjalanan. Jadi petugas kedubes berkeputusan ngasih 1 thn saja dulu. Jika nanti apply lagi n visa terdahulu tidak bermasalah, maka kata petugas tsb saya akan dikasih min 5 thn.

    Dec 2004 saya + suami + ibu saya apply bersamaan. Alasan saya, pas thn 2003 kan saya hanya jalan sendiri ke east. Sekarang rencana jalan sama keluarga ke west. Akhirnya benar dikasih 5 thn. Visa ini akan berakhir 12 jan 2010. Jadi visa ke-1 dan ke2 sama-sama baru terpakai utk 1 kali perjalanan.

    Pertanyaan saya ada 4 poin sbb :
    1) Jika saya bersama suami berencana ‘jalan’ dari tgl 14 dec 09 sd 30 dec 09 ini, apa masih bisa menggunakan visa tsb (kadaluarsa 12 jan 2010)? Ataukah mesti apply baru?

    2) Jika saya juga mau mengurus visa turis utk anak saya (9 thn) apakah anak saya juga sebaiknya ikut serta dalam proses wawancara dsb? Atau cukup oleh ortunya saja.

    3) Mengingat pas pergi terakhir (bersama suami n ibu), suami saya sempat masuk ke ruang interograsi di imigrasi bandara LA n juga pas pulang harus lapor kembali. Apakah utk kedatangan selanjutnya, tetap akan berlaku prosedural yang sama?

    4) Kami berencana melanjutkan perjalanan ke Canada, apakah cukup waktu utk proses pengurusannya di jkt ataukah lebih mudah n cepat diurus di Amrik saja? Berapa lama ya pak kira2, pengurusan visa canada di Jkt. Apa persyaratan dan kesiapan mentalnya sama dengan ngurus visa Amrik? Atau ada tambahan lainnya? ;P

    Thks,
    Fery

    Hi Fery, terima kasih ya. Langsung saya jawab :
    1. Masih bisa digunakan tentunya karena masih berlaku.
    2. Karena belum dianggap dewasa maka orang tuanya dianggap sebagai guardian dalam proses pengajuan Visa, tapi menurut pendapat saya anaknya tetap harus ikut dalam proses wawancara.
    3. Semua lelaki dewasa dan berasal dari negara2 watch list termasuk Indonesia akan secara random dikenai prosedur ini setiap masuk ke Amerika. Dikenal dengan istilah secondary check, sebuah proses wawancara oleh petugas Homeland Security saat kedatangan dan keberangkatan.
    4. Visa Kanada lebih baik diurus sekalian di Jakarta, prosesnya tidak sesulit visa Amerika.

  131. ange Says:

    Ada yang bisa kasih info atau masukkan tentang wawancara visa tunangan? apakah interviewnya di ruangan yang sama dgn loket visa tourist atau terpisah? :D butuh masukkan secepatnya…. terima kasih seblmnya.

  132. indra Says:

    Dear pak tonny,
    Mhn informasinya,benarkah apabila visa USA yg sudah kita dapatkan,apabila ternyata tidak digunakan s.d expired,apabila kita mengajukan lagi akan ditolak?

    Thks,
    Indra

    Sepanjang yang saya tahu UU Imigrasi Amerika tidak ada ketentuan seperti itu, jadi ajukan saja kembali dan persiapkan alasan valid kenapa waktu itu Visanya tidak digunakan, apabila ditanya oleh petugas.

  133. Michael Says:

    Pak Tony, thanks baget untuk blognya plus saran tentang itenerary ticket. Barusan saya interview di US Embassy JKT, pas dapet si cewe bule cakep itu dan dia bilang “your visa will be ready on 30th”. Wew…
    Saya ditugaskan company ke US untuk mengikuti training. Kebetulan, company tempat saya bekerja bermitra dengan salah satu perusahaan solusi perangkat telekomunikasi ternama di US. Memang, saya dilengkapi dengan Surat Undangan dari Principal dan surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya dibiayai oleh perusahaan.
    Sebelumnya saya sampai gak berani berharap visa di approve, melihat pengalaman kawan-kawan di atas.
    Pertanyaan yang di ajukan cukup simple kurang lebih:
    What is your purpose of visit?
    I got invitation from Principal to be trained in our Principal Office. I have the copy of sub-contract agreement between my company & Principal. Wait.. I will show you (sambil ubek2 dokumen cari dokumen sub kontrak itu)
    No .. I don’t need that.. just answer my question.
    What is the training about?
    The training will tell me about how to install, configure, administrate, and run the solution that we will deploy in one of the largest Indonesian Telecommunication Operator
    What kind of solution?
    This solution is ……………. disini saya berusaha menjelaskan solusinya dengan kata2 non teknis sehingga dapat dengan mudah ditangkap dan dimengerti oleh si pewawancara.
    How long have you been working in your company?
    arround 3 years and something
    Trus itu petugas sibuk mengetik di komputernya.. lalu .. “Your Visa Will be ready in 30th”

    Total wawancara 3menit aja.

    Mudah-mudahan blog & forum ini bisa membantu kawan-kawan yang lain juga.

    Hi Micahel, terima kasih sudah berbagi di sini. Pengalaman di wawancara dengan petugas Konsuler tentu sangat membantu pembaca untuk mempersiapkan tahapan penting ini. Selamat buat Visanya.

  134. indra Says:

    Dear pak Tonny,

    Thks buat jawabannya, tentang visa yg tdk digunakan s.d expired,lalu kami ingin mengajukan kembali, bisa beri kami alternatif alasan yang masuk akal,tentang mengapa visa yang sdh kami dapatkan tidak kami gunakan s.d expired?

    Thks,
    Indra

    Jawabannya bisa begini : training-nya pindah ke negara lain, tugasnya di jadwal ulang, saat itu perusahaan lagi mengurangi biaya overseas travel.

  135. Bambang Says:

    Dear pak Tony,

    Terimakasih untuk smuanya,banyak yang telah saya dapatkan disini,informasi yang sangat berguna tuk proses saya ke depannya.
    Begini pak,saya sekarang gi proses tuk bkerja di luar negeri,khususnya USA,sekarang masih tahap menunggu petisi,setelah petisi(kontrak kerja) turun,saya lampirkan itu tuk aplikasi visa H2B(visa kerja),
    yang saya tanyakan:
    1. Apakah wawancara tuk visa ini lebih sulit/lama daripada visa yang lain,
    dan dituntut tuk menguasai bahasa inggris dengan baik?karena ada yang
    bilang pemohon harus menguasai english minimal 70%?
    2. Seumpama ditolak(semoga aja enggak),apakah ntar paspor saya
    ditandai ato distempel oleh mereka?dan apakah berpengaruh bila saya
    mengurus visa ke negara lain?(ausyie,NZ,Canada,etc)
    3. Oh ya,saya pernah ke Jepang sebagai peserta magang selama 3tahun,
    apakah itu bisa mempermudah untuk diterima permohonan saya?
    4. Yang terakhir(hehehe..maaf pertanyaannya buanyak),gampang mana
    sih visa kunjung & visa kerja?

    Saya harap pak Tony atau rekan2 yang lain bisa memberikan jawaban dari pertanyaan2 saya tersebut…
    Terima kasih sebelumnya…

    Hi Pak Bambang, ini jawaban untuk pertanyaannya :
    1. Waktu wawancara tergantung kelengkapan persyaratan yang diperlukan. Apabila surat2 sudah lengkap, biasanya hanya berlangsung singkat, apalgi sudah ada surat dari si pemberi kerja.
    2. Saya pernah ditolah Visa-nya, tapi tidak masalah ketika mengajukan ke kedutaan negara lain.
    3. Mungkin bisa membantu.
    4. Apapun jenis visanya diperlukan dokumen yang mendukung tujuan anda untuk pergi ke Amerika. Visa turis pun banyak yang gagal apabila kelengkapan kurang yang membuat petugas mencurigai anda sebagai illegal alien.

  136. Bambang Says:

    Pak Tony yang berbahagia…

    Terimakasih banyak atas jawabannya,sekarang sedikit lega,karena selama ini saya takut dengan ketakutan saya sendiri,takut visa saya ditolak,karena kalo ditolak,rugi waktu dan biaya..(jangan sampe lah)..
    Oh ya ketakutan saya yang lain,takut kalo mereka nanyain tabungan di Bank,terus terang saya tidak mempunyai tabungan sebanyak itu tuk saat ini,udah saya investasikan tuk beli tanah dan kebutuhan yang lain.Kira2 ditanyakan gak pak ya?Karena kita disana kan tuk nyari duit/kerja,bukan tuk berlibur…
    Sekali lagi thanks pak…forum ini benar2 bermanfaat,tuk rekan2 yang lain,SELAMAT BERJUANG!!
    Oh ya pak,kapan2 bisa nanya lagi ya?hehe..

    Wassalam..

    Sama2 pak. Tidak ada ketentuan tertulis dalam UU Imigrasi Amerika tentang jumlah uang dalam deposit bank. Syarat ini diminta semata-mata untuk mengukur apakan si pemohon mempunyai uang yang “cukup” menurut penilaian petugas Konsuler. Cukup di sini dalam arti kata bila terjadi apa2 ia bisa membeli tiket pulang ke Indonesia. Berbeda halnya dengan Visa Student dimana uang tabungan dilihat sebagai salah satu syarat untuk biaya tuition. Good luck.

  137. Anna Says:

    Hallo Pak Tony, saya mau apply visa tourist untuk ke Amerika. Saya agak binggung nich gimana caranya mengisi formulir bagi yang hanya mempunyai “Single” name. Jika di paspor saya hanya tercantum nama “Anna”. Pada saat mengisi formulir DS-156 apakah saya harus mengisi nama saya di kolum “Surnames” atau di kolum “First and Middle names”. Saya udah pernah mencoba mengisi form DS-156 lewat internet, dimana saya mengisi nama saya “Anna” di kolum “Surnames” dan saya berhasil melewati tahap pengisian form DS-156 dengan sukses, tapi saat saya akan mengisi formulir jadwal untuk interview dimana saya hanya mengisi nama saya di kolum “Surnames” saya tidak bisa ke tahap selanjutnya jika di kolum “first names” nya saya biarin kosong. Apakah saya harus mengisi “Anna” lagi di kolum “first names”nya atau ada ketentuan tertentu bagi yang hanya mempunyai “Single” name. Apakah yang hanya mempunyai “single” name akan di tolak langsung saat wawancara tanpa memperhatikan lagi dokumen lain yang kita bawa saat wawancara. Sekian dan Terima Kasih !

    Hi Anna, banyak nama orang Indonesia yang tidak disertai dengan nama keluarga. Kalau anda tidak punya nama keluarga saya sarankan isi saja dengan “not applicable” untuk kolom nama keluarga. Moga2 ini bisa dipahami oleh petugas dan supaya anda bisa mengisi jadwal interview. Tentu saja tidak ada ketentuan kalau namanya hanya satu langsung ditolak.

  138. beth2001 Says:

    malam Pak…apa kabar??? pak saya visa amerika udah dapet, makasih atas infonya, tapi mungkin saya pengen jalan2 dulu ke Hongkong cuma 3 hari, kira2 perlu visa juga gak pak??sama juga prosesnya seperti buat visa amerika? untuk ke amerika saya pake Qatar Airways, dan beda bulan dg ke Hongkong, rencana ke Hongkong pertengahan desember. terimakasih pak, GBU.

    Orang Indonesia tidak perlu Visa untuk melakukan kunjungan ke HK.

  139. Angelika Says:

    Dear Pak Tony yang baik,

    Pak Toni mohon bantuan akan info2 nya dengan sangat ya Pak :
    Bulan April 2010 saya akan nikah dg laki-2 berWN US di Indonesia (Jakarta). Setelah pernikahan itu nanti, kami berencana akan pergi bersama ke US embassy utk apply visa menetap di US. Karena saya jadi paranoid akan crita teman saya yg 4x visa turisnya ditolak danaakhirnya hub dia dg mantannya juga putus karena visa itu ditolak terus, maka saya urung utk visit dia pada September kmrn, dg maksud agar history pengajuan visa saya bersih. Yang menjadi pertanyaan saya :
    1. Apakah masalah nantinya bila saat wawancara, saya mengajukan info bhw saya akan tetap jadi WNI meski pindah ke sana ikut suami?
    2. Adakah kendalanya, bila selama saya menetap di sana nanti, tapi tetap jadi WNI?
    3. BErapa lamakah proses menunggu mendapatkan visa menetap? Karena saya harus mengatur proses resign saya dari perusahaan asing tempat saya bekerja?
    4. Adakah saran atau trik agar saya dapat visa menetap itu dg lancar dan cepat, selain semua hal-2 di atas yg telah saya pelajari.
    5. Apakah biaya mendapatkan visa ini sama dengan visa turis?
    Terima kasih banyak untuk kebaikan Bbapak dg berkenan menjawab eMail saya ini.
    Salam-Angelika..

    Hi Angelika,
    Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk pengajuan Visa apabila anda akan melakukan pernikahan di Indonesia. Pertama, suami mengajukan Visa Imigran khusus melalui petisi dengan mengisi form I-130 di kantor US Citizenship and Immigration Service Center (USCIS). Apabila disetujuioleh USCIS, dokumen ini akan dikirm ke kedutaan tempat pernikahan berlangsung dalam hal ini Kedubes Amerika di Jakarta. Sedangkan anda akan mengajukan Visa Non Imigran dengan jenis K-3 (untuk spouse), dan bukan Visa turis. Proses lengkapnya bisa dilihat di sini : http://travel.state.gov/visa/immigrants/types/types_2993.html

    2. Kalau anda tetap ingin mepertahankan WNI tidak jadi masalah, statusnya nanti hanya PR.
    3. Waktunya pengurusannya bervariasi, tidak ada ketentuan.
    4. Tidak ada trik khusus, ikuti saja prosedur yang berlaku.
    5. Biayanya berbeda dengan jenis Visa, bisa di lihat di link di atas.

  140. beth Says:

    wah seneng banget saya liat penjelasan bapak dr postingnya Angelika… saya juga rencana marriednya mo disini, tp tunangan saya selalu bilang bakal sulit untuk bisa dapet visa, so kami ajukan visa tunangan dan dapet. kata dia, ada temennya dapet suami orang indonesia kemudian gak bisa langsung ke U.S, di pending sampe 2 tahun lebih. sebenarnya apa sih pak yang jadi alasan???oh ya pak, makasih atas saran yang rencana saya mo berlibur ke HK, berarti saya bisa langsung beli tiket aja ya pak? terimakasih

    Lama atau tidak sebuah Visa tergantung dari banyak faktor yang tidak bisa dijelaskan satu persatu karena masing2 berbeda kasusnya. Selamat jalan-jalan.

  141. Angelika Says:

    Dear Pak Toni yg Baik,

    Terima kasih untuk penjelasannya yang details dan kongkrit; sungguh sangat membantu. Sebelumnya saya sempat hopless karena tidak menemukan info yg sedetail & kongkrit spt dari Pak Toni ini. Karenanya, saya meminta tunangan saya untuk membatalkan proses vianse visa-nya. Dan lalu kami memutuskan untuk mengurus visa setelah menikah nanti.
    Namun setelah membaca penjelasan-2 Pak Toni di atas, ada beberapa pertanyaan yg saya ajukan kembali. Maaf ya Pak. Dan berkenan untuk menolong lagi. Terima kasih, sebelumnya.

    1. Karena asumsi saya pengurusan bisa utk menetap di USA bila diurus setelah menikah akan makan waktu menunggu sekitar 1-2 tahun,
    2. Maka bila sekarang-2 ini tunangan saya mengurus vianse visa; dan bila visa tsb didapatkan, apakah bila setelah menikah pada April 2010 nanti, saya bisa langsung ke USA dan tanpa harus urus visa menetap ke embassy? (tanpa form K-3)?
    3. Adakah masalah yg timbul di kemudian hari bila saya ke sana pd April tsb dg vianse visa namun pada kenyaannya saya sudah menikah sah di gereja dan CaPiL?
    4. Langkah atau prosedur apalagi yg harus saya lakukan setibanya saya di USA?

    Pak Toni yg Baik, minta tolong lagi ya Pak .. untuk berkenan menjawab dg detail; agar saya tidak mengalami kesulitan nantinya. Hanya doa yg dpt saya panjatkan kiranya Pak Toni selalu diberi berkah yg melimpah karena sudah menolong banyak orang. Salam – Angelika

    Hi ANgelika yang lagi bingung, moga2 jawaban ini bisa sedikit membantu :
    1. Lama pengurusan Visa itu relatif, banyak faktor yang tidak bisa dijelaskan di sini yang bisa membuat Visa diproses lebih cepat atau sebaliknya. Selama dokumen lengkap dengan tujuan yang meyakinkan tentunya Visa bisa dikabulkan dengan cepat.
    2. Yang diurus oleh calon suami anda adalah Petition for Alien Fiancé(e), untuk membawa anda ke Amerika. Petisi ini hanya bisa diajukan oleh calon pasangan anda di Amerika. kalau sudah disetujui, dokumen ini kemudian dikirim ke kedutaan dimana anda berada. Setelah itu anda akan dimita untuk datang ke kedubes guna mengurus Visa dengan jenis K1 bukan K3.
    3. Ini yang tidak saya sarankan karena anda dan pasangan sudah membuat deklarasi untuk membawa anda menikah di sana dengan mengajukan petisi. Kecuali calon pasangan anda mengajukan petisi untuk membawa istri yang sudah dinikahi di Indonesia yang disebut dengan Petition for Alien Relative (Visa K3 untu anda) . Jadi putuskan dulu apakah anada akan menikah di Indonesia atau di Amerika karena ada dua petisi dan jenis Visa yang berbeda.
    4. Kalau petisi dan fiancee visa anda dikabulkan, setiba di Amerika pasangan akan diminta untuk melangsungkan pernikahan dalam jangka waktu 90 hari. Kalau pernikahan itu tidak jadi dilaksanakan dalam jangka waktu tersebut, calon suami/istri akan diminta untuk meninggalkan Amerika.

    Pilihan untuk menikah di Amerika atau di Indonesia sering menjadi dilemma, dan anda beserta pasangan harus bisa memutuskan masalah ini.

  142. Elvi Says:

    Dear pak Toni,
    Saya butuh extra info nih…saya ada rencana mau spend christmas and nyear holiday di US sekitar 10 hari (new york) pake travel agent skitar tgl 23-24an but unfortunately, saya baru dpt jadwl intvw di US Embassy akhir bulan december 2009.

    But, karena saya juga ada plan ke surabaya and kebetulan di sana juga ada jdwl intvw awal december, apakah bisa saya reschedule untuk intvw di sana meski saya penduduk and pegang ktp Jakarta?

    Saya udah noted mengenai dokumen2 yang perlu, tapi karena saya pergi ber2 dengan teman by travel agent di sini purely untuk holiday dan tidak ada relatives yang ingin kita visit,apakah hal itu malah akan membuat visa saya lebih sulit untuk disetujui? (Sebelumnya saya udah pernah punya visa USA BI/B2 yang udah expired 7 tahun lalu dan beberapa visa negara lain : Australia, Jepang, Korea)

    Bisa dijelaskan mengenai surat sponsor, karena kakak saya ada di sana sudah 2 bulan untuk ketemu teman2nya, tapi dia bilang jangan mentioned about relasi yang ada di sana..bisa tidak surat sponsor dari orang yang di jkt seperti misalnya orang tua atau one up level supervisor.?

    Apakah proses approval Visa di Surabaya juga akan diberi keputusan saat itu juga atau akan dikabarin beberapa hari sebelumnya? Karena rencana saya akan pulan ke jakarta setelah proses intvw selesai.
    Kindly to Reply my email. Thank You so much yach..
    Best Regards,
    Elvi

    Hi EVi …
    – Saya tidak bisa menjawab apakah harus interview di Jakarta atau Surabaya.
    – Kalau sudah pernah punya Visa Amerika biasanya proses selanjutnya akan lebih mudah.
    – Kalau hanya untuk keperluan turis dengan menunjukan itinerary dan keterangan dari travel agent sepertinya sudah cukup.
    – Keputusan diterima atau ditolak akan langsung diberitahu setelah wawancara.

  143. Mia Says:

    Dear Pak Toni,
    Saya lgi mau mengajukan visa kerja ke US tpi saya blm punya kerjaan yg pasti di sana. Saya punya teman yg sudah menjadi WN sana, apakah teman saya bisa menjadi jaminan tuk saya agar lebih mudah mendapatkan visa? Satu lgi alternatif, saya punya teman warna negara Australia yg sedang bekerja di sana? Kira2 lbh bagus saya mengajukan teman yg mana sebagai penjamin saya yach? dan harus mengajukan visa apa ? visa kerja atau turiskah?
    Seblmnya saya pernah ke Taiwan 2 kali, pertama kali sebagai turis dan ke2 kali tuk kepentingan kantor, jdi menetap selama 1thn di Taiwan.
    Saya takut jg klo pengajuan visa saya akan ditolak nantinya…

    Best regards,
    Mia

    Penjamin mana saja yang mau menjadi sponsor. Kalau mau mengajukan Visa Kerja anda harus mempunyai surat sponsor dari perusahaan di Amerika. Visa Turis hanya berlaku 3 hingga 6 bulan dan tidak boleh digunakan untuk bekerja.

  144. putra spiel Says:

    malam pak tony..

    saya mo tanya ne.. dec ini saya mau interview. saya mo nanya ne.. sekurang2nya buat deposit ke amrik berp ya.. ” saya ngajuin visa F-1 ”

    best regard..
    thx alot before for info

  145. neni Says:

    maaf. saya neni..
    mw tanya mas, saya punya sodara yang udah bertahun2 tinggal di US bahkan sekarang sudah menjadi WNA.

  146. neni Anggraeni Says:

    maaf. saya neni..
    mw tanya mas, saya punya sodara yang udah bertahun2 tinggal di US bahkan sekarang sudah menjadi WNA. rencananya saya akan pergi ke US untuk kerja disana bersama sodara saya, tapi belum tau akan kerja dimana..terus melanjutkan kuliah disana dan tingal bersama sodara saya. tapi saya tidak akan menetap disana mungkin hanya 3-4 tahun.
    tolong bagai mana seharusnya untuk mengurus segala keperluan passport dan visa nya???? apakah izin kerja atau touris???
    Tolong bantuannya ke email saya A_syalsabila@yahoo.com….terimakasih..

  147. neni Anggraeni Says:

    maaf mas,,apakah surat izin kerja ? kunjungan?? atau liburan?? atau gimana>?? tolog mas bantuan dan pendapatnya..terimakasih..

  148. serli Says:

    pak, saya mau nanya adik saya bis kena depor pdahal dia dah stay di usa 10 years n punyak aset di usa.n skill workers cos dulu skol disono. n skrg mo kerja dicanada/australia. mnrt pnglaman bpk, lebih gampang masuk untuk jadi PR n brapa lama prosesnya? n sebaiknya buat paspor baru/ paspor lama ya biar cpat prosesnya? trims banyak ya pak

  149. taufiqurrahman Says:

    salam, pak mau tanta saya mau ngajuin visa k3, dokumen yang di perlukan apa aja ya? prosedurnya seperti apa ya? thanks pak.

    Ini link informasi lengkapnya : http://travel.state.gov/visa/immigrants/types/types_2993.html

  150. iwan Says:

    bro aku kmaren bulan agustus Pply visa c i d kok ditolak ya trus masih ada gak kesempatan buat aku..paahal aku resmi aku sekarang kerja di holland america line salah satu kapal pesiar,,,,kira kira kapan aku bisa intevew lagi???I tahun atau kapan..makasi ya bro ditunggu jawabannya,,,

  151. bayu Says:

    mas mau minta saran
    tgl 30 nov aku interview sm nyokap, aku mau study n nyokap ngnter aku n mengunjungi kakakku, wkt intrview kita bareng2,pas di interview tu bule tanya ke aku, aku pikir giliran ibuku bt diinterview stlh aku, pas tu bule mnt rekening koran dll aku serahin surat sponsor skolahan n sponsor ka2k ipar aku n tabungan yg gak sberapa, wkt itu dia ngecek lamabnget smpk tu bule bilang maaf agak lama soalnya informasinya banyakbngt, trus tnpa bertanya lagi dia langsung ngasih ke aku surat pnolakan, pdhl ibuku blm di interview,sponsor n tabungannya blm smpt dkasihkan
    emang sih kmngknn ada beberapa faktor, kakakku yang lainnya jg disana dia dl jg study tp udh 3th n kali ini diperpanjang lagi, trus jg wkt itu sponsor n tabungan nyokap gak aku serahkan sekalian coz aku pikir ada giliran tersendiri bt ibuku
    nah yang jd soal kakakku yg disana nyuruh aku bt apply lg n tgl 11 ini mau interview, ibuku udah nyiapin dokumen2 pnting br tu bule percaya kl dia bklan balik, pkknya persiapannya udah lmyan matang, masalany ternyata sponsorku dr sekolahan sm dr kakakku ditahan n aku gak nyadar, minta saran n tanya apa dengan sponsor yang ditahan aku masih bisa interview dengan sponsor itu sebagai dokumenku ato aku minta lagi ke kakaku buat ngirimkan lagi sponsornya tapi diliat dr jadwal yg tgl 11 itu apa wktunya cukup apa appoinmentnya aku cancel aja
    bingungnya lagi sekolah dimulai tgl 4 januari jd sblm tanggal itu aku kd udah disana
    bner2 minta sarannya

    Moga2 bisa bantu ya. Buku tabungan harus berisi minimal sebesar biaya tuition sekolah tersebut, bagusnya ada cadangan untuk biaya hidup di sana. Kecil kemungkinan Visa diterima apabila surat dari sponsor/sekolah tidak ada. jadi mending dipersiapkan semuanya dulu daripada anda kehilangan biaya satu juta lebih.

  152. Fidelis Bone Says:

    Halo mas.. Saya mau tanya nih.. Saya rencananya mau pergi ke LA tahun depan, ngunjungin temen saya. Terus saya mau apply visa gimana ya? Saya baru buat passport dan saya baru umur 15 tahun. Dan saya applynya harus sama org tua atau gimana? Apa aja persyaratannya untuk remaja seumuran saya? Karena saya mau pergi kesana sendiri. Trima kasih ya mas.

    Syaratnya sama saja dengan orang dewasa, dokumen termasuk surat sponsor dari Amerika.

  153. Rian Says:

    Selamat siang mas,
    Saya Rian, mau bertanya tentang aplikasi Visa US. . .
    Mas Toni, Saya dengar kalo kita mau aplikasi Visa US itu kita juga harus melengkapi dengan medical check up sebelum interview yah mas (terutama bagi WNI yang mau sekolah atau visa tinggal). . .
    Kalau mas tony tau medical check up nya itu yang “General Medical Check Up” (yang cek fisik telanjang bulat seperti mau masuk jadi Polisi/TKI gitu) atau cuman macem cek-cek gula darah, jantung, X ray, dsb.
    Terima kasih mas toni, semoga mas toni dapat membantu menjelaskan,
    Saat ini saya sedang explore dulu masalah visa ini,

    Best Regards,

    Nah, saya belum tahu kalah masalah medical chek-up untuk aplikasi visa student.

  154. Travel Visa Says:

    Travel Visa…

    WHo says the internet is full of garbage? Great post! Rock on……

Comments are closed.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: